Dalam menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, hendaknya menggunakan ketulusan hati, tiada kemunafikan sama sekali.
Kekotoran batin, kegelapan batin dan tabiat mesti dilenyapkan, janganlah melekat pada bentuk-bentuk pikiran yang timbul, baik maupun buruk biarkan saja berlalu.
Hendaknya menggunakan hati Maitri Karuna yang tulus, yang tanpa perbedaan; dalam beramal juga tidak membedakan si penerima, apakah dia berperilaku baik atau jelek.
Senantiasa teringat pada sosok Buddha Amitabha, ketika Buddha Amitabha menghadapi situasi begini, apa yang akan Beliau lakukan? Buddha Amitabha memperlakukan semua makhluk dengan Maha Maitri Maha Karuna.
Buddha Amitabha sangat bersabar menanti dirimu kembali ke jalan yang benar, saat waktunya tiba, Sang Buddha akan muncul di hadapanmu, menyampaikan Dharma kepada dirimu, menyelamatkan dirimu.
Sebaliknya jika anda masih belum sanggup menerima ajaranNya, Buddha pun takkan muncul di hadapanmu, meskipun sesungguhnya Beliau tidak pernah meninggalkan dirimu sesaat pun, hanya saja anda tidak mengetahuinya.
Buddha Amitabha tidak pernah mengabaikan semua makhluk, poin ini mesti kita pahami. Yang mengabaikan para makhluk bukanlah Buddha dan Bodhisattva.
Arahat dapat mengabaikan, oleh karena para makhluk terlampau sulit diselamatkan, terlampau merepotkan, makanya Arahat melatih diri sendiri, Dia tidak datang menyelamatkan dirimu.
Lain halnya dengan Bodhisattva, bagaimana pun anda menciptakan rintangan bagi diriNya, namun Beliau tetap datang menyelamatkan dirimu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Oktober 2012
處事待人接物用真誠心,沒有一絲毫欺騙。煩惱、無明習氣要斷掉,不要認真,無論是善、是惡都隨他去吧。用一個慈悲心來對待,真誠的慈悲,沒有分別的慈悲;行善,慈悲心對你,造惡也是慈悲心對你。常常想到阿彌陀佛,阿彌陀佛看到這個樣子,阿彌陀佛怎麼個想法?阿彌陀佛沒想法,一片慈悲。很有耐心,等你回頭,什麼時候能接受,佛就來示現,為你說法,就來度你。你不接受,佛不來,佛來了你也不知道。佛總是不捨眾生,這一點我們一定要知道。捨眾生的不是佛菩薩。阿羅漢會捨棄,眾生太難度、太麻煩,他退心了,他不度你了;菩薩不會,菩薩你給他怎麼樣的難看、折磨,他還是來度你。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三集) 2012/10/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0003