Sabtu, 12 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012 (Bgn 6)

 


Saya selalu mengingatkan praktisi sekalian agar jangan mempersembahkan dana kepada diriku, memberikan persembahan hanya membuat diriku tambah repot. Lantas persembahan apa yang paling bagus? Asalkan anda baik-baik melafal Amituofo membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka anda telah memberikan persembahan terbaik kepada diriku, setibanya di Alam Sukhavati, begitu kita bersua, ternyata anda juga berada di sini ya, inilah persembahan yang sesungguhnya.

 

Hal lainnya hanyalah semu belaka, bukan hanya semu, bahkan ada dampak buruknya, kebenaran ini mesti dipahami dengan jelas dan dimengerti. Pengalaman begini sudah banyak saya lalui, selama 60 tahun belajar Buddha Dharma, kondisi sulit lebih banyak, sebaliknya kondisi lancar lebih sedikit.

 

Sekarang saya tidak mengharapkan kondisi lancar lagi, asalkan mampu menenangkan pikiran, segalanya jadi lancar, segala kondisi sulit berubah jadi kondisi lancar.

 

Maka itu keheningan merupakan kata yang luar biasa! Asalkan anda dapat mengheningkan diri, segala kondisi sulit berubah jadi kondisi lancar. Terhadap diri sendiri tidak ada satupun hal yang tidak membantu mewujudkan kemajuan batin, membantu diri sendiri melepaskan kemelekatan, membantu diri sendiri sanggup mengikhlaskan.

 

Faktor kemunduran yang banyak, “Karena itu jumlah praktisi itu banyak sekali bagaikan bulu kerbau, namun yang berhasil itu jumlahnya sedikit bagaikan tanduk unicorn”.

 

Orang yang melatih  diri itu jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil itu cuma sedikit, demikian pula dengan Aliran Sukhavati. Praktisi yang benar-benar meraih keberhasilan, hendaknya bebas tanpa rintangan, tidak jatuh sakit, tidak butuh sahabat Dharma membantunya melafal Amituofo. Yang paling bagus, tidak membiarkan orang lain tahu kapan dia akan terlahir ke Alam Sukhavati, diri sendiri sudah janjian dengan Buddha Amitabha kapan mau berangkat, mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, namun tidak memberitahukan kepada siapa-siapa. Mengapa demikian?

 

Kalau bilang ke orang lain, mungkin saja dia malah menciptakan rintangan mara, dia datang menghalangi dirimu. Saya datang membantumu melafal Amituofo, sesungguhnya dia malah datang menghambat dirimu. Kalau memang mau membantu, setelah saya berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, barulah anda datang membantu, sebelum saya berhasil, tidak perlu kalian mengganggu di sini.

 

“Di Alam Sukhavati mudah mencapai KeBuddhaan, oleh karena tidak mengalami kemunduran lagi”, sementara di dunia fana ini faktor kemunduran itu terlampau banyak, rintangan juga terlampau banyak, hal ini tidak boleh tidak diketahui.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

 我常常勸同修不要供養我,供養我是給我添麻煩。什麼供養?你老實念佛求生淨土,是真供養我,到極樂世界我一看,你也在那個地方,這真供養。其他全是假的,不但是假的,還起副作用,這副作用都不善、都不好,道理要搞清楚、搞明白。我是經歷這些事情經歷太多,學佛六十年當中逆境多、順境少。順境現在也不要,心定了什麼都順了,一切逆境統統順了。寂這個字了不起!只要你有這個字的時候,一切逆境都是順境,對自己沒有一樣不是幫助自己提升的、幫助自己放下的、幫助自己看破的。

 

退緣多,「故修道者多如牛毛,得道者少如麟角」,這話是真的,一點都不假。學道的人多,修道的人多,成就的人沒幾個。淨土宗成就的就是得道,但是真正成就的不多。真正成就往生,要自在,不能生病,不需要人助念。最好,根本就不能讓人知道,自己跟阿彌陀佛約好什麼時候去,預知時至,不告訴任何人。為什麼?告訴人,那個人叫魔障,他來障礙你。我來,我來幫助你助念,其實他是來障礙的。要助念,往生之後你再來幫忙,往生之前用不著你們。這就是真正得道,末法今天除淨宗之外,一個都找不到。「極樂成佛易,無退轉故」,為什麼容易?就是因為不退轉。這個地方退轉的太多,障緣太多,這不能不知道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 

 

Di dalam Sutra Usia Tanpa Batas bab 25 “Sebab Terlahirnya ke Alam Sukhavati”, tercantum “Para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, sempurna akan tubuh keemasan dan 32 tanda Buddha, pasti mencapai KeBuddhaan.”

 

Ini adalah bait Sutra, diungkapkan dengan sangat jelas. Kalimat “Para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati”, praktisi manakah yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati?

 

Cobalah anda merenungkannya, saat sahabat Dharma berdatangan ramai-ramai ke rumahmu, maksud hati membantumu melafal Amituofo, sesungguhnya juga penasaran ingin melihat apakah dirimu benar-benar bisa berhasil atau tidak ke Alam Sukhavati, setelah anda menghembuskan napas terakhir, mereka akan mencoba meraba-raba, apakah puncak kepala anda masih hangat atau tidak, ini merupakan rintangan!

 

Apalagi ternyata di dalam grup tersebut ada musuh kerabatmu pula, dia takkan membiarkan dirimu serta merta berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, dia akan berupaya menghalangi dirimu, cari masalah.

 

Kita tidak boleh membiarkan hal ini terjadi, jadi harus tahu berdiam diri, jangan bilang ke orang lain, dengan tenang terlahir ke Alam Sukhavati, baik dalam posisi duduk bersila maupun berdiri, lihatlah betapa elegannya, alangkah bebasnya.

 

Mewariskan teladan ini buat diperlihatkan kepada orang banyak, inilah jasa kebajikan tak terhingga, apa alasannya? Meningkatkan keyakinan hati para praktisi, agar setelah mereka melihatnya, jadi semakin yakin bahwa Alam Sukhavati nyata adanya.

 

Terutama lansia, harus lebih giat lagi, waktu semakin mendesak, tiap menit dan detiknya tidak boleh longgar sama sekali, melepaskan segala kemelekatan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

經中《往生正因品》裡頭有這麼一段話,「諸往生者,皆得阿惟越致,皆具金色三十二相,皆當作佛」。這是經文,說得很清楚。諸往生者,就是一切往生到極樂世界的這些人。哪個是真往生的?所以你想想看,助念的時候,人家看你是不是往生了,摸摸你的頂熱不熱,這障礙!臨終他都不饒他,他來找麻煩。我們萬萬不求這個事情,安安靜靜的,沒人知道,坐著走、站著走,你說多瀟灑、多自在。留下這個榜樣給人看,那就是無量功德。為什麼?增長念佛人的信心,讓念佛人看到,這真的,這不是假的。特別是年歲大的人,加功用行,來日無多,分秒必爭,真的萬緣放下。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 


 


 

Praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, terhitung dari Tanah Suci tingkatan paling dasar hingga tingkatan ketiga, seluruhnya bergelar Bodhisattva Avaivartika.

 

Tiga ketidakmunduran adalah tingkatan Bodhisattva takkan mundur lagi, pengamalannya juga takkan mundur lagi, niatnya juga tak mundur lagi, dengan memiliki tiga ketidakmunduran ini, pasti mencapai KeBuddhaan.

 

Mengapa dikatakan sempurna akan tubuh keemasan dan 32 tanda Buddha? Hal ini harus kita jelaskan dengan mengaitkannya dengan kata sempurna, jangan melekat pada istilah 32 tanda, istilah 32 tanda ini hanyalah upaya kausalya dari Buddha Sakyamuni dalam menyampaikan Dharma.

 

Orang India kuno menyebut 32 tanda ini sebagai rupa agung, orang kaya, si A punya wajah agung, 32 tanda. Kenyataannya, dunia fana ini manalah mungkin bisa dibandingkan dengan Alam Sukhavati, orang India kalau mengatakan 32 tanda sudah sangat luar biasa.

 

Sementara itu di dalam “Amitayurdhyana Sutra”, disebutkan bahwa Buddha memiliki 84 ribu tanda utama, tiap butir tanda utama memiliki 84 ribu tanda sekunder, tiap butir tanda sekunder memancarkan 84 ribu cahaya, di dalam cahaya tersebut terdapat jelmaan Buddha dan Bodhisattva sedang membabarkan Dharma. Hal ini tidak berdaya kita bayangkan, kondisi batin yang tidak terbayangkan, kita harus mengetahuinya.

 

Jadi ketika melihat angka, hendaknya dipahami bahwa ini melambangkan sempurna.

 

Di dalam “Amitabha Sutra”, angka 7 melambangkan sempurna, sedangkan “Avatamsaka Sutra” menggunakan angka 10 untuk melambangkan sempurna, jadi menggunakan angka 1 sampai 10 untuk melambangkan sempurna.

 

Maka itu kalimat “Sempurna akan tubuh keemasan dan 32 tanda Buddha”, hal ini menunjukkan bahwa penduduk Alam Sukhavati memiliki rupa nan sempurna, tidak ada yang berbeda, segalanya adalah setara, tubuh yang setara yakni tubuh Vajra yang takkan rusak. Pasti mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

  

Penjelasan Bodhisattva Avaivartika baca di :

http://daunbodhi.blogspot.com/2014/07/bodhisattva-avaivartika.html

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

 

一切往生的人皆得阿惟越致,它沒有說哪一品,換句話說,從凡聖同居土下下品,到實報土上上品,全都是阿惟越致。三種不退,位不退、行不退、念不退,具足這三種不退,決定成佛。為什麼皆具金色三十二相?這一句我們要看作圓滿來解釋,不要執著這三十二,三十二是世尊方便說的。古印度很多人都把這三十二相稱作貴相,人間富貴,某人長的是貴相,三十二相。實際上,我們這個世間跟極樂世界不能相比,印度人稱三十二相就不得了,就好相了。《觀無量壽佛經》裡面告訴我們,佛有八萬四千相,每一個相又有八萬四千好,每一個好能放八萬四千光,光中有化佛菩薩在那邊大作佛事,佛事就是講經說法教化眾生。這都是我們無法想像的,不可思議的境界,我們一定要知道。所以看到數字就懂得,那是圓滿。《彌陀經》上講七代表圓滿,七是四方、上下,加上當中,這個圓滿。《華嚴》用十代表圓滿,它用數字,一到十,是個圓滿數字。所以表法的意思多。皆具金色三十二相,就是到西方極樂世界相貌是圓滿的,沒有差別,平等的;身體是圓滿的,金剛不壞身。「皆當作佛」,生到極樂世界就告訴你,你決定作佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026