Selasa, 08 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012 (Bgn 1)

 

  

Mengapa kita tidak bisa mencapai pembebasan? Oleh karena hati kita tidak hening. Hening di sini maksudnya adalah suci. Di hatimu masih ada niat pikiran, makanya tidak bebas; di hatimu masih terdapat perbedaan dan kemelekatan, sehingga anda menciptakan karma. “Ksitigarbha Sutra” menyebutkan, “Para makhluk di Jambudvipa, niat pikiran yang timbul, tidak ada yang tidak merupakan karma, tidak ada yang tidak merupakan dosa”.

 

Maka itu Buddha Sakyamuni menampilkan pada kita, apapun tidak dihendakiNya. Andaikata Sang Buddha menghendakinya, cobalah anda bayangkan, berapa banyak siswa yang dimilikiNya, diantara siswa awam-Nya terdapat 16 orang raja dari kerajaan besar, para hartawan yang banyak jumlahnya, andaikata Sang Buddha menghendaki persembahan dana, siapa yang tidak sudi mempersembahkannya? Siapa yang tidak bersukacita? Namun Beliau tidak menghendakinya, se-sen pun tidak dihendakiNya. Apa yang ditampilkanNya? Hening (suci), Beliau mencapai pembebasan agung.

 

Jika memiliki uang, pikiran pun jadi tidak terfokus, selalu saja terpikir uang itu mau digunakan untuk apa, ini namanya cari masalah sendiri! Hal ini akan mencelakaimu, bukan membuatmu berhasil. Buddha Sakyamuni merupakan sosok yang hebat, takkan terpengaruh dan dicelakai, anda takkan bisa mencelakaiNya, oleh karena Beliau tidak menghendakinya.

 

Beliau hanya menghendaki semangkok nasi, semangkok nasi ini juga bukan diperoleh dari satu rumah saja, namun dikumpulkan dari satu rumah ke rumah lainnya, inilah yang disebut satu patra (mangkok) berisi nasi dari ribuan keluarga, jadi bukan dari keluarga anda saja. Makan cuma satu kali saja yakni sebelum melewati tengah hari, malam beristirahat di bawah sebatang pohon, besok pindah lagi.

 

Keheningan (kesucian) itu adalah pembebasan, bebas dari kekotoran batin, bebas dari samsara, bebas dari tumimbal lahir.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

我們為什麼不能解脫,自在得不到?我們的心不寂。寂就是清淨,你心裡有念頭,就不自在;有分別、有執著,你就造業《地藏經》上說得好,「閻浮提眾生,起心動念,無不是業,無不是罪」。所以釋迦牟尼佛示現給我們看,什麼都不要,常寂。釋迦牟尼佛要是要,你想想看,他多少弟子,在家弟子有十六大國王,大富長者不知道有多少,他要是要供養,誰不供養?誰不歡喜?不要,一分錢都不要。這示現什麼?寂,他得大自在。有錢,心就不定,總會想著這個錢怎麼用法,這麻煩,這找麻煩!這害你,它不是成就你。釋迦牟尼佛這個人真是了不起,不受你的怨害,你害不了他,他不要。他要的是一缽飯,一缽還不是一家的,你這家拿一口,那一家拿一口,一缽千家飯,不是你一家的。你們家吃剩的,多下來的,給一點點,他就要這一點。日中一食,樹下一宿。寂就解脫,解是什麼?解除煩惱;脫是什麼?脫離生死,脫離輪迴。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 

 

Keheningan (kesucian) itu adalah pembebasan, bebas dari kekotoran batin, bebas dari samsara, bebas dari tumimbal lahir.

 

Maka itu harus diketahui bahwa menerima dana persembahan dari dermawan bukanlah hal yang gampang. Si pendana memberikan persembahan dana, jika kelak anda tidak memiliki hasil apapun dari melatih diri, dia tidak bisa memperoleh berkah, anda sendiri juga harus mengembalikan padanya.

 

Insan zaman dulu berkata, “Sebutir beras yang didanakan oleh dermawan, budi ini besarnya bagaikan Gunung Sumeru, bila pada kehidupan ini tidak mengakhiri samsara, maka kehidupan berikutnya harus datang melunasinya”.

 

Ini merupakan masalah besar, jika anda telah mengamatinya dengan jelas, maka anda takkan menghendakinya lagi. Tetapi bagi anggota Sangha, dermawan datang mempersembahkan dana adalah untuk menanam berkah, anda juga tidak boleh tidak menerima persembahan.

 

Untuk hal yang satu ini, saya meneladani Master Yin Guang, beliau mempergunakan seluruh dana persembahan untuk mencetak buku Dharma. Beliau tidak langsung menerima dana tersebut, namun ada orang lain yang mewakili menerimanya.

 

Mencetak buku Dharma itu sangat bagus, dapat menyelamatkan para makhluk. Master Yin Guang menggunakan dana persembahan untuk mendirikan percetakan di Vihara Baoguo di Suzhou. Nama percetakannya adalah Hong Hua She.

 

Saat bencana melanda, ada bencana banjir, ada pula bencana kekeringan, setelah Master Yin Guang mengetahuinya, beliau menyisihkan sejumlah uang dari dana percetakan buku, untuk membantu menanggulangi bencana.

 

Sesungguhnya mencetak buku Sutra barulah membantu menanggulangi bencana, tidak ada orang yang memahaminya. Jika setiap orang dapat membaca sutra Buddha, maka mereka akan menjadi orang baik, orang baik adalah insan yang memiliki pahala, insan berberkah menempati lahan berberkah, tempat yang didiami insan bajik tidak akan dilanda bencana.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

寂就解脫,解是什麼?解除煩惱;脫是什麼?脫離生死,脫離輪迴。所以一定要知道,接受人的供養可不是容易事情。人家供養,你是三寶,供養你,希望他得福,你將來沒有真正修持,他得不到福,你得要還他。古人講的話有道理,「施主一粒米,大如須彌山,今生不了道,披毛戴角還」。這是麻煩事情,你看穿了、看透了,我們就不要了。

 

但是出家人,人家來供養是種福田,你又不能不接受。這一招我是學印光法師,這李老師教給我的,印光法師所有供養的錢,他摸都不摸,有人替他收,幹什麼用?專門印書。這老人教我們就做一樁事情,印書好,普度眾生。印出來,他拿去賣也好,為什麼?人家買,總會看,這書只要有人看,哪個人看,哪個人得度。所以他全用在這上面。拿這分供養建了個印刷廠,在蘇州報國寺,叫弘化社。那是印光大師創辦,供養他的全部都進入那裡頭。第二個,有災,有水災、旱災,這些災難老和尚知道了,也不能不問,也得表示一下,去救災。救災,從印經錢裡面撥出一點點拿去救災。實實在在講,印經布施是真正的救災,沒人懂,那是從因上下手。人都能讀佛經,都是好人,好人是有福報的人,福人居福地,好人居住的地方不會有災難。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 


Bencana adalah diundang oleh kekuatan karma kita, hati (ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, kecurigaan); pikiran (dendam, benci, gelisah, marah, jengkel); karma (membunuh, mencuri, asusila, berbohong, minum arak), inilah yang dilakukan.

 

Semua hal ini jika dilakukan setiap hari, mana ada alasan tidak mengundang bencana dan musibah? Jika dapat menerima Ajaran Buddha, menyingkirkan semua karma jelek ini, bencana pun menjauh.

 

Maka itu sosok yang benar-benar Maha Maitri Maha Karuna penyelamat manusia dari penderitaan dan kesusahan adalah Buddha dan Bodhisattva, Buddha Sakyamuni sepanjang hayatNya memperlihatkan teladan kepada kita semuanya, sayangnya tidak ada orang yang memahaminya, juga tidak ada orang yang menjelaskannya.

 

Semua makhluk adalah setara, Buddha Amitabha memperlihatkan teladan kepada kita semuanya, demikian pula Buddha Sakyamuni menetap di dunia ini selama 80 tahun guna menampilkan teladan, kita harus memahaminya, harus tahu cara melihatnya!

 

Pepatah mengatakan “Insan yang tahu cara melihat adalah menyimak ajaran dibaliknya, sebaliknya orang yang tidak tahu cara melihat adalah menonton keramaian”.

 

Orang yang cuma menonton keramaian takkan memperoleh manfaat, sementara insan yang menyimak ajaran dibaliknya, barulah memetik manfaatnya, masalahnya apakah anda mampu atau tidak.

 

Mengapa tidak mampu, sudah lihat seumur hidup masih juga tidak mengerti? Kekotoran batin dan tabiat tidak  disingkirkan. Enam akar indria-nya (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) ditutupi oleh kekotoran batinnya, makanya dia tidak dapat melihat, tidak dapat mendengar, tidak tercerahkan, tetap saja seperti dulu, terbuai oleh harta, rupa, popularitas, makanan dan tidur, apa daya lagi.

 

Terhadap orang yang tidak berdaya diselamatkan ini, pada akhirnya masih ada satu cara, yakni dengan Pendidikan Hukum Karma. Menyampaikan padanya bahwa menciptakan benih karma jelek akibatnya akan jatuh ke alam penderitaan, menjalani siksaan di tiga alam rendah, sehingga dia merasa ketakutan, asalkan bisa sadar maka masih bisa terselamatkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

Pendidikan Hukum Karma Menyelamatkan Hati Manusia

http://tujuhmustika.blogspot.com/

 

災難是我們業力感召來的,心,貪瞋痴慢疑;意,怨恨惱怒煩;業,殺盜淫妄酒,搞這些。這些東西,你要天天做的話,哪有不遭災難的道理?接受佛陀的教誨,就能把這個東西斷掉,遠離開,就不遭災難了。所以真正大慈大悲救苦救難是佛菩薩,釋迦牟尼佛做了一輩子做給我們看,沒人看懂,也沒有人解釋。

 

下面,「光即般若德,智光遍照」。光是自性本具的智慧,《華嚴經》上佛說「一切眾生皆有如來智慧德相」,所以一定要肯定一切眾生是平等的。阿彌陀佛做出來給我們看,釋迦世尊住世八十年表演,我們看到了,得會看!諺語所謂「會看的看門道,不會看的看熱鬧」,看熱鬧不得受用,看門道得受用,問題是會不會。為什麼不會,看了一輩子都不會?煩惱習氣沒斷。他的六根有煩惱蒙蔽他,所以他看不到、聽不到,不覺悟,依舊是迷在財色名食睡裡頭,這就沒有法子了。這就是講了,對這些沒法子救的人,最後還有個方法,因果教育。教他看造惡因墮惡道,受三途的苦報、受三途的折磨,他害怕了,他驚醒了,這驚醒都有救。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026