Jumat, 09 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012 (Bgn 1)

 

 

Para Buddha dan Bodhisattva berasal dari manusia biasa, Mereka bukan Dewa, namun Mereka juga pernah menjalani pelatihan diri serupa dengan diri kita, hanya saja Mereka telah berhasil menyingkirkan segala rintangan sehingga menemukan kembali jiwa sejati, memperoleh kembali segala kemampuan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati.

 

Lantas apa yang merupakan rintangan kita? Yakni khayalan, perbedaan dan kemelekatan, yang juga disebut sebagai kekotoran batin. Oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan inilah, sehingga kebijaksanaan, keterampilan melatih diri, kemampuan gaib dalam dirimu tidak dapat muncul ke permukaan.

 

Jika ketiga rintangan tersebut berhasil dilenyapkan, maka anda dan Buddha tidak ada bedanya lagi. Andaikata anda berhasil menghapus kemelekatan, kemampuan anda telah pulih 1/3 bagian.

 

Untuk apa kita belajar Ajaran Buddha? Untuk memulihkan kemampuan kita. Kita telah tersesat untuk waktu yang begitu lama, kita juga tersesat dengan sangat mendalam, sehingga kehilangan seluruh kemampuan yang sejak semula sempurna dalam jiwa sejati.

 

Sepanjang hari, sejak pagi hingga malam, kita bergelut dengan bentuk-bentuk pikiran, berpikir sembarangan, ini adalah penyakit batin kita yang parah, ini bukanlah kebijaksanaan. Kebijaksanaan itu tidak menggunakan niat pikiran, namun dalam menangani urusan, hasilnya akan sangat sempurna, takkan ada efek sampingnya.

 

Manusia hobi berpikir, padahal bagaimana pun dia berpikir, tetap saja ada celahnya, apa alasannya? Oleh karena belum menemukan kebenaran sejati, sehingga apa yang anda pikirkan, apa yang anda lakukan tidak terjalin dengan kebenaran sejati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012

 

這些諸佛菩薩,就是這些修行人,他們是人,他們不是神,他們也不是仙人,他們是人跟我們一樣,只是他們能夠把障礙除掉恢復正常。所以佛菩薩,我們可以這樣說法,他是正常人,我們是不正常的人。正常人告訴我們,我們的障礙在哪裡?在妄想分別執著,也叫做煩惱。眾生有這三樣東西,所以你的智慧、你的道力、你的神通都不能發現。如果這三樣東西你放下,他說你跟我一樣,我們兩個毫無差別。佛說你只要能放下執著,於世出世間一切法不執著,你的能力恢復不到一半,叫三分之一。也就是說,我們肉眼看不到的,你都能看到,你不但有天眼,你比天人能力高,天人看不到的,你也能看到,就是你有法眼,或者叫慧眼。這兩個名詞互相顛倒用的時候,經上都有根據。你再能提升一級,不但不執著,分別也沒有了,大概你的能力恢復一半,你是菩薩,菩薩有法眼、有慧眼、有天眼,還是這隻眼。也就是說,他能看到光波的能量比我們強得太多了,我們這個頻率,跟我們不相應的看不到,他頻率跟我們不相應的,他全能看到。再向上提升不起心、不動念,他就全看到了,整個宇宙都看到。我們現在看得非常有限,侷限在這麼一點點,千分之一、萬分之一都不到。

 

學佛為什麼?為恢復我們的本能。本能恢復,我們坐這兒不動,遍法界虛空界色聲香味觸法全知道。為什麼?沒有空間就是沒有距離。天文學家告訴我們,幾百光年的世界,甚至於幾千光年的星球,那太遠太遠,恢復能力的人,看這個星球就在眼前,千百光年變成一剎那。這是什麼原因?告訴你,宇宙本來就是這樣的。我們現在是迷得太久、迷得太深,把本能統統喪失掉,一天到晚還是在胡思亂想,這是我們的大病,不是我們的智慧。智慧不要起心動念,而且辦的事情都辦得非常圓滿,美好到極處,不會產生絲毫副作用。我們人為怎麼想,想得再怎麼好,都會出紕漏,那什麼原因?你沒有見到事實真相,你所想的、所做的跟事實真相不相應。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十三集)  2012/11/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0013

 

 

 

 

Manusia hobi berpikir, padahal bagaimana pun dia berpikir, tetap saja ada celahnya, apa alasannya? Oleh karena belum menemukan kebenaran sejati, sehingga apa yang anda pikirkan, apa yang anda lakukan tidak terjalin dengan kebenaran sejati.

 

Serupa dengan dokter yang menangani pasien sakit kepala dengan mengobati kepalanya, kaki sakit mengobati kaki, tidak tahu mencari sumber atau akar penyakitnya terletak di mana, akibatnya pasien tidak dapat sembuh total.

 

Ilmu pengobatan Tiongkok berbeda dengan dunia barat, bila tidak mencari sumber atau akar penyakit, maka penyakit pasien selamanya takkan sembuh total. Demikian pula dengan alam semesta ini!

 

Di manakah sumbernya? Yakni jiwa sejati. Asalkan dapat menemukan kembali jiwa sejati, maka segala permasalahan telah terurai. Jadi sumber permasalahan itu ada dalam diri sendiri, jangan cari di tempat lainnya.

 

Asalkan dapat melenyapkan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, anda adalah Buddha, jasa kebajikanmu telah sempurna, karena anda telah menemukan jiwa sejati, menemukan jiwa sejati mencapai KeBuddhaan.

 

Bersamaan itu pula kebijaksanaan sejati atau prajna muncul ke permukaan, di dalam hati tidak ada sebutir pun niat pikiran yang timbul, inilah yang disebut sebagai pikiran benar. Sebaliknya jika masih timbul niat pikiran, tidak dapat disebut sebagai pikiran benar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012

 

我們人為怎麼想,想得再怎麼好,都會出紕漏,那什麼原因?你沒有見到事實真相,你所想的、所做的跟事實真相不相應。像大夫頭痛醫頭、腳痛醫腳,不知道病源在哪裡,他沒有從根本治療。中國的醫學跟外國這也是不一樣,發病的地方跟那個病源,往往是有很大的距離。治病在哪裡?要從根治,從源頭治,這裡病自然就好了。你在發病地方你治療,那是治不好的。宇宙亦如是!

 

根源是什麼?根源是自性。只要把自性找到,什麼問題都解決了。源頭在哪裡?源頭在自己身上不在別的地方。只要把起心動念、分別執著放下,放得乾乾淨淨什麼都沒有了,你就是妙覺如來,你的功德就圓滿,你的身就真叫報身。為什麼?智慧開了,明心見性,見性成佛。明心見性是智慧開了,自性本具的般若智慧現前,也就是你三種煩惱真放下,心裡頭沒有一個念頭生,那叫正念。正念是什麼?正念是無念,有念都不正。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十三集)  2012/11/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0013

 

 

 

 

Sang Buddha mengajarkan pada kita berbagai metode pelatihan diri, dimana keseluruhannya merupakan upaya kausalya, guna menuntun dirimu memasuki pelatihan diri.

 

Maka itu siapa yang bisa membantu dirimu mencapai KeBuddhaan? Diri sendiri. Sang Buddha tidak dapat menjadikan dirimu seorang Buddha. Andaikata Sang Buddha dapat mengangkat dirimu menjadi seorang Buddha, maka anda tidak perlu bersusah payah melatih diri lagi.

 

Jadi yang sesat itu adalah diri sendiri, yang tercerahkan itu juga adalah diri sendiri.

 

Banyak cara untuk mencapai pencerahan, namun persoalannya terletak pada diri sendiri, bukan di tempat lainnya, apakah kita sendiri sanggup membangkitkan keyakinan? Apabila kita sanggup meyakini dan menerima-nya, barulah metode tersebut jadi efektif.

 

Sebaliknya jika anda meragukannya, anda tidak bersedia menerimanya, bersikukuh menggunakan cara sendiri, maka apa boleh buat, perjalanan yang harus anda tempuh masih jauh sekali.

 

Apabila anda benar-benar dapat meyakini dan menerimanya, maka jalan anda mencapai KeBuddhaan sudah dekat sekali. Maka itu Buddha Dharma amat menekankan pada pentingnya keyakinan.

 

Di dalam Buddha Dharma, Aliran Sukhavati merupakan Pintu Dharma yang paling sulit dipercaya, dimana orang sulit membangkitkan keyakinan pada metode ini, “Hal yang paling sulit diantara yang tersulit, tidak ada yang lebih sulit lagi”.

 

Tak peduli siapapun yang bersua dengan Pintu Dharma ini, apakah bisa menjadi kunci keberhasilan atau tidak, bukan terletak pada Buddha, juga bukan terletak pada Dharma, namun keseluruhannya ada pada diri sendiri.

 

Rintangan terbesar yang ada di dalam diri sendiri adalah tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Rintangan ini jika tidak sanggup dihancurkan, maka apa yang kita pelajari sepanjang hayat, hanya bisa menambah sedikit akar kebajikan diri sendiri, namun pada satu masa kehidupan ini belum bisa mencapai keberhasilan, masih harus berputar-putar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

 

Begitu jatuh kembali ke dalam lingkaran tumimbal lahir, entah kapan barulah dapat bertemu dengan kesempatan untuk terbebas darinya, hal ini nyata adanya, oleh karena diri sendiri tidak dapat menjadi majikan bagi diri sendiri, hanya bisa pasrah mengikuti tabiat diri, menuruti kekotoran batin, hanyut dibawa arus samsara.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012

 

佛教給我們種種方法,佛教的全是方便法,真實法說不出來,「言語道斷,心行處滅」,怎麼教你?用方便誘導你自己悟入真實。所以成佛是誰幫你成的?自己成的。佛能幫助人成佛,佛很慈悲,我們就不要修行,都幫助我們成佛,做不到。迷是你自己迷的,悟還是得你自己悟。

 

  覺悟的人巧妙的方法很多,那問題?問題在我們這邊,不在他那邊,我們這邊肯不肯接受?肯不肯相信?頭一個就是相信,你真正相信、真正接受,那個方法就很有效。你對它懷疑,你不能完全接受,還得用自己的方法,那就一點辦法都沒有,你的路還很遠很遠。如果你真正能相信,真正能接受,那你成佛的路很近。所以佛法對這信特別重視,我們前面花了十幾個小時講信。佛法是世出世間一切法裡頭,難信之法,淨宗是佛法裡頭的難信之法,「難中之難,無過此難」。無論什麼人遇到,所以成不成的關鍵,不在佛、不在法,完全在自己。自己裡面確確實實最嚴重的一個大障礙,就是放不下。這一關要不能破,我們這一生所修學的,只是把自己善根增加了一些,這一生不能成就,還繼續去搞六道輪迴。六道這一進去,不知道什麼時候才能出得來,這是真的,因為自己完全做不了主,隨著習氣、隨著煩惱去流轉。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十三集)  2012/11/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0013