Minggu, 06 Maret 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012 (Bgn 7)

 

  

Kami memberi ceramah menggunakan jaringan internet sudah sekitar dua dekade lamanya, menggunakan siaran satelit sudah satu dasawarsa lamanya, semua ini terjadi secara alami, tanpa ada unsur kesengajaan.

 

Siaran satelit diwujudkan oleh para sahabat Dharma, menyiarkan DVD ceramah kami, siang malam 24 jam berkesinambungan tidak terputus, seluruh penjuru dunia juga dapat menikmati siaran televisi ini.  

 

Semuanya terwujud secara alami, kami tidak perlu merisaukan-nya sama sekali, ada juga bagus, tidak ada juga bagus, tidak ada yang perlu dirisaukan. Setiap insan bekerja mewujudkan tekad hati masing-masing, karma sendiri ditanggung sendiri, inilah pesan yang saya sampaikan.

 

Anda melakukannya secara benar, pasti ada manfaat yang dapat dipetik, ada balasan yang baik. Sebaliknya jika anda mempergunakan peluang ini guna mengejar ketenaran dan keuntungan pribadi, akan memperoleh balasan yang tidak menyenangkan.

 

Buddha Sakyamuni telah memberikan teladan yang baik bagi kita semuanya, demikian pula dengan para Guru Sesepuh. Master Yin Guang, mempergunakan seluruh dana persembahan umat untuk mencetak buku-buku Dharma, sementara dirinya sendiri tidak pernah menyentuh dana tersebut sama sekali, ini merupakan cara yang bagus!

 

Padahal dengan nama besar Master Yin Guang, untuk mendirikan Vihara merupakan hal yang gampang sekali, tetapi beliau tidak menghendakinya, sepanjang hayatnya beliau tidak membangun Vihara, tidak menerima murid, ini merupakan Maha Maitri Maha Karuna.

 

Jika murid yang ditahbiskan itu melatih diri dengan benar, syukurlah, sebaliknya jika murid yang ditahbiskan itu tidak baik, maka si guru harus melapor ke Neraka, “Di depan gerbang Neraka terdapat banyak praktisi non awam”, beliau tidak menciptakan karma ini.

 

Dana persembahan dari sepuluh penjuru mesti digunakan untuk memupuk jasa kebajikan buat umat manusia di sepuluh penjuru, Dharma Dana adalah yang terunggul, maka itu digunakan untuk mencetak buku Sutra.

 

Terhadap proses percetakan buku Sutra, beliau sangat teliti dan cermat, melakukan pemeriksaan secara langsung. Maka itu buku cetakan mereka memenuhi standar buku bermutu.

 

Bagaimanakah standar sebuah buku bermutu? Tulisan dicetak dengan jelas, mutu kertas dan pekerjaan penjilidan yang rapi, sehingga setiap orang yang melihatnya akan timbul hati sukacita, inilah buku bermutu.

 

Pertama kali saya menginjakkan kaki di Hong Kong guna memberi ceramah di sana, tinggal di Perpustakaan Buddhis yang dikelola oleh Master Changhuai, di sana banyak terdapat koleksi buku terbitan “Hong Hua She” (percetakan yang didirikan oleh Master Yin Guang).

 

Kami memberi ceramah pada malam hari, pagi harinya memiliki banyak waktu luang untuk membaca buku-buku terbitan Hong Hua She, memahami bagaimana kesungguhan hati Master Yin Guang.

           

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

我們講經,用網路大概有二十年了,用衛星十年,都是自然成就的,不是有心有意去做的。衛星是居士們發心自己做的,我們講經這些錄像、光碟,他們拿去播放,二十四小時不中斷,全球都能夠收看到。沒有一樣不是任運自然成就的,我們沒有操一點心,有很好,沒有也好,不操心。各人隨著自己的意願去做,各人因果,各人承受,我教大家就這一句。你真幹,準有好處,有好的果報。如果拿著這個求自己的名聞利養也行,還是一樁好事,你得的是人天福報。如果貪圖自己的名利的享受,會招致不善的果報。這經上統清楚,所以不能不讀經,不能不學佛。

 

佛是我們的榜樣,特別是釋迦牟尼佛,出現在這個世間,給世間人做好樣子,祖師大德都給我們做榜樣。印光大師,在家出家一切大眾的供養,全部交給弘化社,自己摸都不摸,這個法子好!建道場容易,以印祖的聲望,建道場太容易了,不幹,一生不建道場,不收出家徒弟,這大慈大悲。出家徒弟修得好,很好,修得不好墮地獄,地獄門前僧道多,他不造這個業。十方供養要給十方人做功德,法布施是第一,所以統統印經。印祖對於印經非常慎重、非常仔細,親自去校對。所以他們印的本子,夠得上善本的標準。善本是什麼?字印得清楚,沒有錯字,紙張、裝訂讓人看到生歡喜心,這是善本。我第一次到香港講經,住在暢懷法師的佛教圖書館,那裡面收藏弘化社的書很多。我們晚上講經,白天沒有事情,我就看弘化社的書,知道印祖的用心。現在弘化社的本子都成了善本。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 


Kalimat berikutnya adalah “Karena itu dikatakan bahwa melafal Amituofo dengan pikiran yang tidak terfokus, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati pada tingkatan tanah suci paling rendah yakni Tanah Suci Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”, ini adalah melafal Amituofo dengan pikiran tidak terfokus.

 

“Andaikata mampu melafal Amituofo hingga mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan, ini merupakan persyaratan untuk terlahir di Alam Sukhavati pada tiga tingkatan Tanah Suci yang lebih tinggi. Ini merupakan pengamalan yang dijalankan oleh insan suci dan bijak, bukanlah sanggup diwujudkan oleh orang awam”, hal ini mesti dipahami.

 

“Andaikata mewajibkan setiap praktisi harus mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan, barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, cobalah bertanya ada berapakah makhluk di lautan penderitaan ini yang dapat terselamatkan?”

 

Ini merupakan perkataan yang sejujurnya, untuk mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan adalah sulit, sebaliknya melafal Amituofo dengan pikiran tidak terfokus adalah gampang, pastinya dapat terlahir ke Alam Sukhavati pada tingkatan tanah suci paling rendah yakni “Tanah Suci Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

下面說,「蓋謂散心持名,即得往生同居淨土」,這是散心持名。「若能念到一心不亂,乃往生上三土之所需。此實為聖賢之行境,而非芸芸凡夫之所能」,這個不能不知道。「若必一心不亂,始能往生者,試問苦海眾生能有幾許得度?」這個話是真話,一心不亂難,散心持名容易,決定得生凡聖同居土。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 

 

Keunggulan Alam Sukhavati adalah setiap praktisi yang terlahir di sana, mencapai sekaligus empat tingkatan tanah suci. Apa alasannya? Setibanya anda di Alam Sukhavati, Buddha Amitabha dengan jasa kebajikan tekad agungNya memberkati dirimu, anda langsung menjadi Bodhisattva Avaivartika, keistimewaan ini tidak ada di sepuluh penjuru alam.

 

Bodhisattva Avaivartika telah mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan, jadi tidak perlu capek-capek melatihnya, namun dengan sendirinya telah tercapai. Dengan demikian hati kita pun jadi tenang.

 

Meskipun di Alam Sukhavati terdapat empat tingkatan tanah suci, namun merupakan satu kesatuan, bukan terbagi-bagi, tidak ada sekatan atau pemisah. Para penghuni empat tingkatan tanah suci tersebut hidup bersama dan belajar bersama, melakukan aktivitas bersama, betapa istimewa-nya!

 

“Kalau bukan demikian maka predikat yang disandang sebagai Pintu Dharma yang paling praktis dan mudah, akan berubah menjadi metode yang sulit diamalkan”, ini merupakan perumpamaan, jika mewajibkan setiap praktisi harus mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan barulah bisa terlahir ke Alam Sukhavati, maka metode praktis dan mudah akan berubah jadi metode yang sulit, tidak dapat dikategorikan sebagai metode yang mudah diamalkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

極樂的殊勝,只要生到極樂世界,個個都是圓生四土。為什麼?你到極樂世界,阿彌陀佛本願功德加持你,你就得到阿惟越致菩薩,這是十方世界沒有的。阿惟越致菩薩就是理一心不亂,不必修的,自然就得到。我們這就放心了。極樂世界雖有四土,它在一起,它不分的,沒有障礙的。四土的人生活在一起,學習在一起,所有一切活動也在一起,這多麼殊勝!「則此持名方便法門,亦將是難行道矣」,這個就是比喻,如果一定要一心不亂才能往生,那持名方便也是難行道,不能算易行道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030