Kamis, 12 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012 (Bgn 1)

 

 

Raja Dewa dari Alam Parinirmita-vasavartin adalah Raja Mara Papman (Papiyas), dia merupakan orang baik bukan orang jahat, hanya saja dia terlampau melekat pada rakyatnya, tidak berharap kalian dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, apabila para makhluk masih tetap berada di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, barulah mara merasa amat bersukacita, kalau ada yang keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka dia akan sakit kepala.

 

Maka itu ketika melihat dirimu melatih diri ingin keluar dari enam alam tumimbal lahir, mara pun datang merintangimu, berusaha menarikmu kembali, inilah yang disebut raja mara.

 

Ketika Buddha Sakyamuni menampilkan “Delapan Tahapan Kehidupan Buddha”, salah satu tahapannya adalah menaklukkan mara, yang boleh dikatakan, asalkan tidak terpengaruh oleh godaan maka anda telah melampauinya.

 

Godaan itu tak lain adalah ketenaran, keuntungan, apa yang dimaksud ketenaran? Pujian, penghormatan, semua orang menyukainya, memberimu kedudukan yang tinggi, ini termasuk dalam cakupan ketenaran. Keuntungan adalah harta benda, rupa yang menawan, terakhir adalah kekuasaan.

 

Jika keempat hal ini, anda tidak menghiraukannya, hatimu tidak goyah, mara akan salut padamu, ternyata anda benar-benar melatih diri, bukan ecek-ecek, maka mara akan berbalik arah, bukan hanya takkan merintangimu, malah bersedia menjadi pendukung Dharma bagi dirimu.

 

Buddha Sakyamuni setelah berhasil menaklukkan mara, mara kemudian menjadi pendukung Dharma-Nya.

 

Sebaliknya jika terhadap godaan, hatimu malah goyah, mara akan meremehkanmu, sehingga pada satu masa kehidupan ini, pelatihan dirimu takkan berhasil.

 

Maka itu terhadap empat godaan tersebut, benar-benar harus mewujudkan tak tergoyahkan oleh godaan ketenaran dan keuntungan, terhadap kekuasaan, saat tertekan oleh kekuasaan takkan melanggar kebenaran, orang begini baik di dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, pasti memiliki pencapaian yang sangat besar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012

 

Delapan Tahapan Kehidupan Buddha :

http://daunbodhi.blogspot.com/2017/11/delapan-tahapan-kehidupan-buddha.html

 

他化自在天的天王就是波旬,魔王波旬,好人,不是壞人,只是他對於他的子民情執太深,不希望你們離開六道輪迴,在六道他很喜歡,出離六道他就頭痛了。所以你想修出離法,他障礙你,他把你拉回來,這就叫魔王。釋迦牟尼佛示現八相成道,裡頭有一相降魔,也就是說,不受他的誘惑你就能超越。誘惑裡面不外乎名、利,名是什麼?讚歎、恭維,人都喜歡,給你很高的地位,這都屬於名,利是財富、美色,最後就是武力。這四樣東西你都不在乎,你都不動心,他也很佩服你,你是個真修的,你不是假的,不但不障礙你,還發心來護法。釋迦牟尼佛降魔之後,魔都變成護法了。你動心了,他真的瞧不起你,你的道業在這一生不能成就。所以這四樣東西,真正要做到名利不動心,威武不能屈,這樣的人無論經營世出世間法都會有很大的成就。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十六集)  2012/11/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0036

 

 

 


 

Mesti melatih Tiga Berkah Karma Suci, juga mesti melatih Enam Prinsip Keharmonisan, harus belajar dapat hidup harmonis dengan siapa saja, dalam kondisi yang bagaimana pun juga dapat hidup bersama secara akur. Mengapa demikian?

 

Masa kehidupan sekarang merupakan masa kehidupanku yang terakhir di alam saha ini, kondisi buruk yang muncul adalah balasan karma burukku, saya harus menjalaninya hingga tuntas, barulah saya dapat terlahir ke Alam Sukhavati, saya tidak boleh membawa karma buruk ini ke Alam Sukhavati.

 

Maka itu segala kondisi yang tidak menyenangkan adalah sedang mengeliminasi rintangan karma, sebaliknya segala kondisi yang menyenangkan adalah sedang mengeliminasi pahala, hal ini mesti dieliminasi, di Alam Sukhavati tidak ada.

 

Sisa karma buruk ini pada satu masa kehidupan ini dieliminasi hingga bersih, beginilah maksudnya. Maka itu hendaknya bersukacita, melatih Prajna Paramita, bersabar pada apa yang tidak dapat disabarin orang lain, harus melihat masalah dengan jelas, yaitu “Segala sesuatu yang berwujud itu adalah khayalan semu”.

 

Kalau sudah mengerti, mana ada alasan tidak dapat bersabar! Jika dapat bersabar, anda akan memperoleh Samadhi Pelafalan Amituofo, anda dapat mencapai samadhi, anda dapat mencapai pencerahan.

 

Kesabaran merupakan landasan dari samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), samadhi dan prajna dibangun di atas landasan kesabaran, hal ini harus diketahui.

 

Ketika pahala berbuah, saya takkan menikmatinya, ini juga adalah kesabaran, saat kondisi buruk hadir di depan mata, saya takkan menolak, ini adalah kesabaran, baik menghadapi kondisi suka maupun duka harus tahu bersabar, jasa kebajikan dari bersabar adalah tidak terbayangkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012

 

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/01/lima-mata-pelajaran-aliran-sukhavati.html

 

一定要修三福、要修六和,要學著跟什麼人都能相處,什麼環境也能相處。為什麼?這一身是我在娑婆世界的最後身,逆境那是我的業報,我必須要把它受掉,我才能到極樂世界,我不能帶著這個不善的業到極樂世界去。所以,一切逆境是消業障的,一切順境是消福報的,這個東西都要消掉,極樂世界沒有。你在娑婆世界剩下這一點東西,這一生把它消乾淨,就這個意思。所以要歡歡喜喜,要修忍辱波羅蜜,忍人之不能忍,一定要把問題看透,那就是「凡所有相,皆是虛妄」。真明白、真通了,哪有不能忍的道理!能忍你就能得念佛三昧,你能得定,你能開悟。忍是定慧的前方便,是定慧的基礎,定慧是建立在忍辱的基礎上,這個一定要知道。福報現前我不享受,這就是忍,逆境現前我不拒絕,這就是忍,順境、逆境裡頭都要學會忍,忍的功德不可思議。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十六集)  2012/11/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0036

 

 

 


Master Ouyi meneladani Master Lianchi, saat itu Master Lianchi telah wafat, mewariskan karya tulis di dunia ini, Master Ouyi memfokuskan diri membaca buah pena Master Lianchi, menjadi murid Master Lianchi.

 

Master Lianchi adalah Guru Sesepuh Aliran Sukhavati yang ke-8, Master Ouyi adalah yang ke-9, ini bukan pewarisan, namun dipilih dan diputuskan oleh orang banyak.

 

Jadi penentuan Guru Sesepuh Aliran Sukhavati sangatlah istimewa, bukan diwariskan, generasi berikutnya menilai bagaimana pelatihan dirimu semasa hidup, bagaimana pengabdian yang diberikan bagi perkembangan Aliran Sukhavati, barulah kemudian diangkat menjadi Guru Sesepuh.

 

Jadi Guru Sesepuh Aliran Sukhavati bukan dipilih saat si praktisi masih hidup, namun setelah meninggal dunia barulah ditetapkan menjadi Guru Sesepuh, dia sendiri juga tidak tahu.

 

Sekarang saya dengar banyak orang bersaing memperebutkan gelar Guru Sesepuh, sepanjang sejarah tidak ada perumpamaan begini, tidak ada kasus menjadi Guru Sesepuh waktu masih hidup, yang ada hanya setelah wafat barulah diangkat, sedangkan yang masih hidup menjadi Guru Sesepuh, belum pernah mendengarnya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012

 

蕅益大師跟蓮池大師學,那時候蓮池大師已經往生了,蓮池大師的著作在,他就專讀蓮池大師的書,做蓮池大師的弟子。蓮池大師是中國淨土宗第八代的祖師,蕅益是第九代,這不是承傳的,是後人選舉的,選出來的。淨宗祖師很特別,不是承傳,後人看到你這個人,在這一生當中對於淨土宗的修學、弘揚有很大的貢獻,就肯定你,你是這一代祖師。所以祖師沒有說活著在這當祖師的,都是過世了、往生了,才被選為祖師,他自己也不知道。現在我聽說有很多人在爭著要當祖師,歷史上沒這個例子,沒有活著當祖師的例子,只有往生之後,大家承認他,才能當祖師,活著當祖師的沒聽說過。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十六集)  2012/11/27  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0036