Selasa, 21 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2013 (Bgn 2)

 

 

Jodoh para makhluk terhadap Pintu Dharma ini sudah masak, meskipun dia tidak mengatakannya keluar, Buddha mengetahuinya. Buddha mengetahui bahwa orang-orang ini dapat meyakini Pintu Dharma ini, Buddha menyampaikan kepada mereka dan mereka dapat membangkitkan keyakinan.

 

Buddha dapat mengamati jodoh para makhluk, pastinya telah melihat tidak sedikit orang yang jodohnya telah masak, mereka ini pada masa kehidupan silam pernah memberikan persembahan kepada para Buddha Tathagata yang tidak terhingga, kini memperoleh pemberkatan dari para Buddha Tathagata, akar kebajikannya sudah masak.

 

Maka itu ketahuilah bahwa Pintu Dharma ini, dia dapat membangkitkan keyakinan, dapat membulatkan tekad, dapat memahami, dapat mengamalkan sesuai ajaran, pasti terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan. Maka itu Buddha harus membabarkannya, terutama ketika jodoh para makhluk telah masak.

 

Dan Buddha tidak hanya membabarkannya se-kali saja, bahkan berulang kali. Kita tahu bahwa berulang kali membabarkannya, pastinya Buddha tidak berada di satu tempat saja, juga bukan berada pada waktu yang sama, di setiap tempat, setiap waktu, ketika jodoh para hadirin pendengar sudah masak.

 

Kalau jodoh para makhluk telah masak maka Buddha harus membabarkannya, ini merupakan tekad hati Buddha. Para Buddha Tathagata berharap para makhluk secepatnya mencapai KeBuddhaan, ini merupakan tekad para Buddha, tidak sudi melihat para makhluk berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, tersesat, menciptakan karma, menjalani penderitaan, para Buddha tidak sudi melihatnya. Para makhluk tidak mempunyai berkah, rintangan karma para makhluk terlampau berat, muncul fenomena ini.

 

Kali ini melihat jodoh praktisi sekalian sudah masak, maka itu memperkenalkan Alam Sukhavati di penjuru barat. Setiap insan yang terlahir di Alam Sukhavati, pasti mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2013

 

眾生對於這個法門的緣成熟了,雖然他沒有說出來,佛知道,這稱機。佛知道這些人能夠信這個法門,佛說了大家相信。這是在方等時候說的,已經說了十幾年,佛從來沒有妄語,大家對佛能信得過了。十幾年來,佛沒有說出一句假話,字字句句都是真實語,所以能夠起發聽眾的信心。佛能觀機,一定看到大眾當中,不少人這個機緣成熟了,這是什麼?過去生中曾經供養無量諸佛如來,現在冥冥之中得諸佛如來的加持,善根成熟了。所以應當要知道這個法門,他能信、能發願、能理解,依教奉行,必定往生作佛。那佛當然要講,所以當法、合時,時節因緣到了。

 

  而佛不是一次宣說,多次宣說。我們曉得,多次宣說肯定是佛不是在一個地方、不是在一個時候,每個地方、每個時候的聽眾機緣都成熟了。機緣成熟一定要說,這是世尊出世的本懷。諸佛如來確確實實是巴不得眾生趕快成佛,這是諸佛的本願,不願意看到眾生在六道裡頭迷惑、造業、受苦,這他不願意看到的。是眾生沒福,眾生業障太重,出現這個現象。佛以無盡的慈悲,恆順眾生,隨喜功德,十二年的阿含是隨喜,隨眾生心,應所知量。這次看到大家緣成熟了,說真的,介紹西方極樂世界。每一個人往生,那個人就是去作佛去了。當生成就的佛法,妙極了、殊勝極了,就像佛放光現瑞一樣的稀有。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一二六集)  2013/1/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0126

 

 

 

 

Membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, terlebih dulu diri sendiri mesti menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Bagaimana caranya menjauhi penderitaan? Bagaimana pula caranya memperoleh kebahagiaan?

 

Saat melafal Amituofo, tak peduli kapan pun dan di mana pun, baik melafal keluar suara maupun melafalnya di hati, oleh karena saat melafal Amituofo, hatimu berdiam pada Buddha.

 

Kita harus senantiasa menaruhnya di hati, kita melafal Amituofo beginilah kondisi batinnya, ketika kita melafal Amituofo, berdiam pada kediaman Buddha Amitabha, mengamalkan apa yang diamalkan oleh Buddha Amitabha, merenungkan apa yang direnungkan Buddha Amitabha, yakni apa yang tercantum di dalam Sutra sebagai Jalan Terunggul yang didiami para Buddha.

 

Maka itu di dalam hati senantiasa ada Buddha, di mulut juga senantiasa ada nama Buddha, sudah saya katakan sebelumnya, kesulitan apapun, penderitaan dan musibah, sepatah Amituofo semuanya dapat dilewati, masalahnya apakah anda tahu cara melafal atau tidak.

 

Dari sini dapat dilihat bahwa para Buddha dari tiga masa, sesama Buddha saling merenungkan, melafal Amituofo adalah melafal nama seluruh Buddha, melafal nama seluruh Buddha adalah melafal Amituofo, para Buddha saling merenungkan.

 

Kita melafal Amituofo adalah mengamalkan apa yang diamalkan para Buddha, berdiam pada kediaman para Buddha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2013

 

幫助眾生離苦得樂,首先自己要離苦得樂。苦怎麼離?樂從哪裡得到?前面的一段講得非常好。當念佛的時候,無論什麼時候,無論你在什麼處所,開口念、默念都一樣,因為你念佛的時候,你這個心就住在佛那裡,住佛所住。所以前面念老說,《甄解》兩種說法互為表裡,都好。念佛的時候就是「是心是佛,是心作佛」,當下就是,這就是經上講的「無上上解脫時也」。世尊宣講這部經,「住彌陀之所住,行彌陀之所行,念彌陀之所念,故云住諸佛所住最勝之道」。我們要常常放在心上,我們念佛就是這個境界,我們念佛的時候也跟釋迦牟尼佛一樣,住彌陀之所住,行彌陀之所行,念彌陀之所念,就是經上講的住諸佛所住最勝之道。所以心裡常常有佛,口裡常常有佛,我說過了,什麼樣的艱難困苦、災難,一句佛號統統都度過了,問題就是你會不會念。

 

  這裡頭給我們透了一個消息,三世諸佛,佛與佛互念,念阿彌陀佛是念一切佛,念一切佛就是念阿彌陀佛,佛佛相念。我們念佛是行佛之所行,住佛之所住,這還了得嗎!  

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一二六集)  2013/1/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0126

 

 

 

 

Di alam semesta beredar planet-planet, yang berubah mengikuti perubahan niat pikiran penghuni planet tersebut. Kalau memang demikian halnya, mengapa kita tidak dapat melihat keberadaan Alien? Hal ini dapat dijelaskan dengan istilah yang dikemukakan para ilmuwan, yakni dimensi ruang yang berbeda, makanya kita tidak dapat melihat keberadaan mereka, jadi bukannya tidak ada.

 

Kini para ilmuwan perlahan-lahan juga telah menemukan, ada sebagian planet yang melalui pengamatan jangka panjang, terdapat perubahan pada permukaan alamnya, sebagian ada yang merupakan ulah penghuni planet tersebut.

 

Hal ini membuktikan di alam semesta ini, ada begitu banyak planet, pastinya bukan hanya Planet Bumi yang dihuni oleh manusia, di planet lainnya juga pasti berpenghuni. Kondisi setiap planet berbeda, sehingga kondisi kehidupan penghuninya juga sangat berbeda.

 

Contohnya, manusia yang lahir dan dibesarkan di kutub utara dan selatan Bumi, yang merupakan zona dingin, penduduk di sana, sejak lahir telah memiliki energi untuk melawan hawa dingin; demikian pula dengan orang-orang yang lahir dan dibesarkan di daerah tropis, mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cuaca panas.

 

Tiongkok berada di zona beriklim sedang, memiliki empat musim. Sementara itu zona dingin hanya memiliki satu musim, sepanjang tahun hanya ada musim dingin, sama halnya pula dengan zona tropis hanya memiliki satu musim yakni musim panas sepanjang tahun, dan zona beriklim sedang terdapat empat musim, yakni musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.

 

Di zona manapun dia lahir dan dibesarkan, iklim dan tanah di wilayah tersebut, termasuk flora dan fauna, juga cocok bertahan hidup di zona tersebut.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Januari 2013

 

嚴格的說,宇宙之間,只要是星球,星球是依報,有依報必定有正報,依正分不開家。星球上既然是有正報,為什麼我們看不見?這個可以用科學家所謂的,空間維次不相同,我們看不到,而不是沒有。現在科學慢慢也發現了,有些星球長時期觀察,表面有變化,變化有一些好像是人為的。證明太虛空當中,這麼多星球,決定不是只有地球上有人,有這些生命體在活動,其他星球一定也有。每個星球狀況不一樣,所以人生活的狀況也有很大差距。譬如生長在地球南北極,那是寒帶,那個地方人,天生身體就有抵禦寒冷的能量;生長在熱帶,他也有抗熱的體能,他可以在那邊生存。我們中國是在溫帶,溫帶有四季。寒帶只有一季,全年都是冬季,熱帶也是一季,全年是夏季,溫帶有春夏秋冬。生長在哪一帶,那一帶的氣候、土壤,包括所生長的一些植物、動物都是適合在這個地區生存。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一二六集)  2013/1/15  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0126