Sabtu, 13 Maret 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012 (Bgn 1)

 

  

“Dapat dilihat bahwa sutra ini dapat menyelamatkan semua makhluk dengan akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, merupakan Pil Agada yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit”.

 

Pil Agada merupakan sejenis obat pada zaman India Kuno, obat ini dapat menyembuhkan segala jenis penyakit. “Sutra Usia Tanpa Batas” bukan hanya dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, namun semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa juga serentak membabarkannya, oleh karena sutra ini merupakan Pil Agada, dimana semua makhluk memperoleh penyelamatan, satu pun takkan ketinggalan, kita sungguh beruntung hari ini dapat bersua dengan Pintu Dharma ini.

 

Maka itu kita jadi tahu bahwa dari keseluruhan baik Dharma duniawi maupun non duniawi, yang paling sejahtera, yang paling unggul, yang paling sempurna, tak lain adalah sepatah Amituofo.

 

Saat menghadapi ancaman bencana, semua orang selalu mengharapkan solusinya, memohon jimat, kegaiban, kita hendaknya berpikir dengan jernih, segala solusi tersebut tak sebanding dengan sepatah Amituofo.

 

Ruangan tempat ceramah kami di sini kabarnya memiliki Fengshui yang buruk, berseberangan dengan ini dan bertentangan dengan itu, solusinya gampang saja, tinggal menempel tulisan AMITUOFO di atasnya, maka sudah beres. Beginilah solusinya, tidak perlu mencari ahli Fengshui untuk membetulkannya, buat apa repot-repot!

 

Sepatah Amituofo ini adalah Pil Agada, mampu menyembuhkan segala macam penyakit, tak terkecuali juga dapat mengatasi gangguan Mara. Segala macam guna-guna dan pelet, jadi luluh lantak ketika bertemu dengan lafalan Amituofo. Buddha Amitabha takkan menghabisinya, juga takkan balas mencelakainya, namun Buddha Amitabha akan mengajarinya menjadi Bodhisattva yang penuh welas asih.

 

Segala kejahatan akan luluh menjadi kebajikan, segala petaka berubah jadi sejahtera, kita harus memahami kebenaran ini. Melihat tulisan AMITUOFO, adalah kesejahteraan terunggul nan sempurna.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

「可見本經乃廣收萬類、普被三根之阿伽陀藥,能愈萬病」。阿伽陀藥是當時古印度的一種成藥,什麼病都能治,這個藥可以治萬病。這一部《無量壽經》,在佛法裡頭,不僅是釋迦一代時教,十方三世一切諸佛聖教之中,它是阿伽陀藥,一切眾生全都得度,沒有一個漏掉的,我們今天有幸遇到這個法門。那我們就曉得,世出世間一切法裡頭,最吉祥的、最究竟的、最圓滿的就是這一句阿彌陀佛。我們遇到一切災厲,大家都求著應對的方法,求符咒,求這些神通,我們要冷靜想一想,總不如一句阿彌陀佛。我們教學樓講說風水不好,這邊沖這個,那邊沖那個,上面寫個阿彌陀佛,什麼都解決了,不必去找這個找那個,那麼麻煩!這一句阿彌陀佛是阿伽陀藥,總治萬病,也總治魔外。妖魔外道遇到阿彌陀佛什麼都沒有了,阿彌陀佛不殺他、不害他,阿彌陀佛叫他作菩薩。真正一切不善都變成善法,一切不利都變成吉祥,我們要明白這個道理。看到這一句名號,是究竟圓滿的吉祥。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第九集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0009

 

 

 


Berapa banyak praktisi yang awalnya merupakan orang baik-baik, akibat salah arah, akhirnya jatuh ke dalam jaring-jaring Mara, pergi mengikuti Mara. Mulanya membangkitkan niat hati yang baik, mengapa sekarang malah jadi pengikut Mara? Tidak sanggup menahan diri dari cobaan dan godaan.

 

Popularitas, keuntungan tebal, rupawan atau kejelitaan, tiga hal ini, apakah anda sanggup melewatinya? Orang yang suka ketenaran tidak sanggup menahan godaan popularitas, godaan kedudukan dan jabatan tinggi di perusahaan, anda langsung menyerah, hanyut mengikuti arus.

 

Orang yang menyukai keuntungan, ketika melihat sejumlah harta kekayaan, hatinya langsung berubah. Orang yang mendambakan rupa, Raja Kerajaan Wu yang bernama Fuchai (495 SM - 473 SM) kehilangan takhta-nya dikarenakan terpesona pada kecantikan Xi Shi (salah satu dari empat wanita tercantik dalam sejarah Tiongkok).

 

Mulanya Xi Shi menjadi mata-mata, namun Raja Fuchai jatuh hati pada kejelitaan Xi Shi, akhirnya Xi Shi membunuh dan meruntuhkan kerajaannya, menurut anda apakah Fuchai dungu atau tidak? Ini adalah Dharma duniawi.

 

Sedangkan di bidang Dharma non duniawi, dampaknya akan lebih parah lagi, pada satu masa kelahiran ini anda sesungguhnya dapat menjadi Buddha, tetapi godaan ini dapat menarikmu kembali berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, jadi yang satu ini lebih lihai daripada Xi Shi.

 

Xi Shi hanya meruntuhkan takhta Fuchai dan menghabisi nyawanya. Tetapi sekarang anda sesungguhnya berpeluang menjadi Buddha, tetapi malah ditarik kembali ke dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.

 

Anda malah menganggapnya sebagai hal yang bagus pula, bayangkanlah dungu-nya itu hingga sedemikian rupa. Kesempatan untuk mencapai KeBuddhaan betapa sulitnya diperoleh, ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu kalpa belum tentu dapat bersua dengan Pintu Dharma ini, bukan gampang.

 

Ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu kalpa, barulah dapat bertemu satu kali saja, apakah anda tidak menghargainya? Tetapi justru orang yang tidak tahu menghargai itu malah ada begitu banyak jumlahnya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

下面這一段,講「他力妙法,善護行人」。我們看念老註解,「其他法門,全憑自力,末世修行,多諸障難。例如《楞嚴》中廣明行人於禪觀中之五十種陰魔干擾,行人正見稍失,便陷魔網」。多少人,修行人,都是很好的修行人,都落在魔網裡頭,都跟魔去了。原來都是好心,為什麼去了?禁不起誘惑。古人所謂的高名、厚利、美色這三樁東西,你能逃得過嗎?好名的人敵不過高名,給你很高的地位、很高的官爵,你就投降了,就跟它走了。好利的人給他財富,他就變心了。好色的人,吳王夫差之所以滅亡就是好色,得到西施。實際上西施去做間諜的,他愛上了,西施是要他命的,是滅他國的,你說愚不愚痴?這是世間法。出世間法的危害更大,你這一生能作佛,它把你拉回來再去搞六道輪迴,比西施厲害。西施只叫夫差亡國,只叫他送命。這個是,你看作佛了,把你拉回來去搞六道輪迴。你還以為是好事,這就真叫糊塗到所以然。作佛的機會多難遇到,百千萬劫難遭遇,不是很容易遇到的。百千萬劫遇到一次,你能不珍惜它嗎?可是這樣的人太多太多了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第九集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0009

 

 

 


Kesempatan untuk mencapai KeBuddhaan betapa sulitnya diperoleh, ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu kalpa belum tentu dapat bersua dengan Pintu Dharma ini, bukan gampang.

 

Ratusan, ribuan, bahkan puluhan ribu kalpa, barulah dapat bertemu satu kali saja, apakah anda tidak menghargainya? Tetapi justru orang yang tidak tahu menghargai itu malah ada begitu banyak jumlahnya.

 

Satu-satunya cara adalah tiap hari memberi ceramah, menyampaikan Dharma kepada orang lain, adalah juga memberi nasehat bagi diri sendiri. Tiap hari memberi ceramah, tiap hari mengingatkan diri sendiri, barulah sanggup menahan diri terhadap cobaan dan godaan dari luar. Begitu kita jatuh ke dalam perangkap godaan maka seluruh keterampilan melatih diri jadi sia-sia.

 

Pada satu masa kehidupan ini dapat bersua dengan jalinan jodoh yang sedemikian unggulnya, berjumpa dengan guru yang baik, sahabat melatih diri yang baik, semua ini merupakan jalinan jodoh yang bagus, dapat mendengar Sutra Usia Tanpa Batas, sungguh tidak mudah.

 

Rintangan demi rintangan telah kita lewati, saat bertemu dengan cobaan dan godaan, jika tidak hati-hati kita bisa jatuh terpuruk. Ketika orang lain melontarkan pujian, bagaimana perasaan kita? Hendaknya bermawas diri. Cobalah bandingkan dengan para praktisi zaman dulu, kualitas kita terlampau jauh ketinggalan dari mereka, sungguh tidak patut dipuji, tidak berani menerimanya.

 

Jangan bandingkan dengan orang zaman sekarang, juga jangan bandingkan dengan generasi mendatang, tentu saja mereka tak sebanding dengan kita, seharusnya bandingkan dengan para praktisi terdahulu yang berprestasi.

 

Jika dibandingkan dengan praktisi terdahulu, maka kita akan merasa malu dan rendah diri, tidak berani ada sedikitpun rasa pongah, sungguh tidak mudah.

 

Pintu Dharma lainnya mengandalkan kekuatan diri sendiri, pada zaman berakhirnya Dharma ini, dalam hal melatih diri akan berjumpa dengan terlampau banyak rintangan, sepanjang hidup cobaan dan godaan yang kita hadapi, apakah masih belum cukup banyak?

 

“Surangama Sutra” menyebutkan tentang melatih Dhyana atau Zen. Dalam melatih samadhi ada sejumlah 50 jenis Mara yang datang mengganggu. 50 jenis Mara ini terbagi atas lima kelompok yakni Panca Skandha.

 

Panca Skandha terdiri dari rupa (tubuh jasmani), vedana (perasaan), samjna (persepsi/pencerapan), sankhara (bentuk-bentuk pikiran) dan vijnana (kesadaran). Masing-masing ada 10 jenis, jadi totalnya ada 50 jenis.

 

Seorang praktisi bila pandangan benar sedikit melenceng saja maka celakalah, melatih diri hingga akhirnya malah jatuh ke dalam perangkap Mara, dia bukan mencapai KeBuddhaan malah menjadi Mara.

 

Sudah jadi Mara, diri sendiri masih belum menyadarinya, malah salah tafsir mengira dirinya telah menjadi Buddha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

作佛的機會多難遇到,百千萬劫難遭遇,不是很容易遇到的。百千萬劫遇到一次,你能不珍惜它嗎?可是這樣的人太多太多了。

  我們唯一的一個方法,這個經天天讀、天天講,講給人聽就是講給自己聽,別人能聽幾分我們不知道,自己分分自利。只有天天講天天提醒自己,才能敵得過這些誘惑,我們一被誘惑就全功盡棄了。這一生當中遇到這些殊勝的緣分,遇到好的老師、好的同參道友、好的因緣,能聞到這樣殊勝的經典,真不容易。重重難關我們都破了,都過去了,如果在境緣當中稍稍不小心就墮落了。受到別人讚歎,是什麼心情?如履薄冰,如臨深淵。跟古人去比比我們差太遠了,不值得人家讚歎,不敢承當。不能跟現在人比,不能跟往後人比,他不如我們,我們跟前人比。跟前人比我們就會謙虛,不敢有絲毫傲慢態度,真不容易。其他的法門,全憑自力,末世修行障難太多了,我們自己一生所經歷的還不夠多嗎?《楞嚴經》中所說的,這說修禪,禪定當中有五十種陰魔干擾。這五十種陰魔分配在五陰,色、受、想、行、識各有十種,五十種。這個修行人,正見稍稍偏差一點就完了,修行到最後成魔道,他不是成佛,他成魔了;成魔他自己不知道,他自己以為成佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第九集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0009