Jumat, 11 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012 (Bgn 5)

 

 

“Mendengar ajaran Buddha secara langsung”, Buddha Amitabha membabarkan Dharma di Alam Sukhavati, berkesinambungan tidak terputus, kapan saja dan di mana saja, anda dapat mendengar suara Dharma dari Buddha.

 

Apa yang disampaikan Buddha adalah ditujukan kepada dirimu seorang, Sang Buddha memiliki kemampuan sedemikian rupa, hanya khusus ditujukan untuk mengatasi kekotoran dan tabiatmu. Setiap praktisi mendengarkan Dharma Buddha hanya ditujukan untuk diri masing-masing.

 

“Buddha membabarkan Dharma dengan satu jenis suara, setiap makhluk memahaminya menurut akar kebijaksanaan masing-masing”.

 

Setiap orang memiliki akar kebijaksanaan yang tidak serupa, apa yang didengarkan mereka juga tidak sama, jadi manfaatnya dapat menjangkau seluruh makhluk.

 

“Karena itu mencapai ketidakmunduran”, di dunia fana ini kita melatih diri mundurnya lebih banyak daripada kemajuannya, sedangkan di Alam Sukhavati tidak ada kemunduran lagi.

 

Ketidakmunduran ini merupakan pemberkatan dari jasa kebajikan dan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, Beliau membantu kita supaya tidak mengalami kemunduran lagi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

「親聞佛訓」,阿彌陀佛在極樂世界講經沒中斷過,一切時、一切處你都能聽到佛的法音。而佛所說的就是對你一個人講的,佛有這個能力,專對你的煩惱習氣,誰聽就是對誰講的。「佛以一音而說法,眾生隨類各得解」,每個人根性不一樣,每個人聽到的不一樣,叫真有受用。「無退轉故」,這個世界有退轉,極樂世界沒有退轉。這個不退轉是彌陀本願功德威神的加持,他幫助我們,讓我們能夠得到不退轉。

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 

 

“Usia Tanpa Batas” merupakan pemberkatan Buddha Amitabha kepada kita, juga merupakan budi kebajikan Buddha Amitabha kepada kita, seluruh alam Buddha di sepuluh penjuru tidak terdapat istilah usia tanpa batas.

 

Maka itu Pintu Dharma ini merupakan metode yang mencapai keberhasilan pada satu masa kehidupan. Hendaknya diingat bahwa kita terlahir ke Alam Sukhavati adalah dalam kondisi hidup, bukan setelah meninggal barulah ke sana.

 

Saat Buddha Amitabha datang menjemput, anda dapat melihat kehadiranNya, anda masih bernapas, anda masih hidup, anda melihat kedatanganNya, melihat Bunga Lotus yang dibawaNya.

 

Cahaya Buddha menerangi dirimu, cahaya ini menuntun dirimu, agar dirimu di dalam cahaya tersebut, dengan sendirinya meninggalkan rumahmu, duduk di atas Bunga Lotus, anda melakukannya dengan penuh kesadaran, pikiranmu masih jernih dan jelas.

 

Setelah duduk di atas Bunga Lotus, kelopak bunga akan menutup, begitu kelopak bunga menutup, dirimu yang berada di dalamnya langsung mengalami perubahan.  

 

Perubahan apakah yang terjadi pada dirimu? Yakni delapan kesadaran berubah menjadi empat jenis kebijaksanaan Tathagata, ini merupakan upaya Buddha Amitabha membantu dirimu, bukan atas usahamu sendiri.

 

Maka itu di Kolam Tujuh Mustika di Alam Sukhavati, Bunga Teratai bermekaran, saat bunga mekar, tubuhmu kini adalah Dharmakaya, lingkunganmu adalah Tanah Dharmata (Dharmata=yang sejati).

 

Dharmakaya merupakan tubuh nan suci, tidak butuh makan dan minum lagi, tidak butuh tidur, bayangkan betapa bebasnya, serupa dengan Buddha Amitabha.

  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

Delapan kesadaran :

https://daunbodhi.blogspot.com/2019/01/delapan-kesadaran.html


 

「壽命無量」,這都是阿彌陀佛加持我們的,阿彌陀佛對我們的恩德,十方一切諸佛剎土沒有無量壽這個字樣。「故必於此一生」,所以這個法門是當生成就的法門。我們往生,要記住是活著往生去的,不是死了才去往生,不是的。佛來接引的時候,你看到了,你還有呼吸,你還活在這個世間,你看到他來了,看到蓮花。佛光注照你,這個光攝受你,讓你在這個光中自自然然的離開你這個房子,你坐在蓮花上,你自己很清楚。坐在蓮花裡面,蓮花就合起來,這一合裡面就產生變化。什麼變化?相宗裡面所講的轉八識成四智,這是阿彌陀佛幫助你,不是你自己修到的,轉八識成四智。所以到極樂世界七寶池裡頭,花開了。花開的時候,這個時候你的身是法性身,你的環境是法性土,變了,產生極大的變化。法性身不是染污的,是清淨身,法性身不需要飲食、不需要睡眠,你說你多自在,跟阿彌陀佛一樣。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 

  

Selain berjelajah ke seluruh alam para Buddha guna mendalami Dharma, juga menyelamatkan semua makhluk. Hal ini hanya dapat diwujudkan dengan terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Jadi apakah boleh tidak ke tempat tersebut? Kapan boleh ke sana? Sekarang saja sudah termasuk terlambat. Kalau sekarang baru ke sana, apakah masih boleh? Bagaimana tidak boleh!

 

Niat pikiran kita yang timbul, Buddha Amitabha mengetahui secara keseluruhannya. Mengapa Buddha Amitabha masih belum datang menjemputku?

 

Oleh karena kita tidak tulus, niatnya cuma di mulut saja, sekarang saya ingin terlahir ke Alam Sukhavati, kalau sekarang Buddha Amitabha benar-benar muncul di hadapan, malah jadi panik dan tidak ingin pergi dulu, masih ingin tinggal lebih lama di dunia ini.

 

Buddha Amitabha mengetahui isi hatimu, anda ini tiap hari bertekad, ternyata tidak serius; jadi kapan Buddha Amitabha datang menjemput, yaitu ketika niatmu murni tulus,  maka Buddha Amitabha segera hadir di hadapanmu. Hal ini tidak boleh tidak diketahui, kita harus bersungguh-sungguh mengamalkannya.

 

Hal begini ada di dalam Sutra, ada sejenis orang yang hati welas asihnya sangat berat, melihat para makhluk di dunia ini hidup dengan sangat menderita, ingin membantu mereka.

 

Hal ini harus mengandalkan jalinan jodoh, jika anda memiliki jodoh begini maka Buddha akan memberkatimu, ajalmu telah tiba pun juga membantumu memperpanjang usiamu, para makhluk membutuhkanmu.

 

Dalam kondisi demikian, kapankah baru bisa terlahir ke Alam Sukhavati, diri sendiri tidak perlu merisaukannya, serahkanlah hal ini kepada Buddha Amitabha, tiba waktunya, Buddha Amitabha pasti datang menjemput.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

上求下化,上求是在十方諸佛那裡求,下化是普度眾生。不生西方極樂世界,上求下化有名無實,不是真的;往生到極樂世界,上求下化是真的,兌現了。

 

這地方能不去嗎?什麼時候去?現在去都嫌晚了。現在去,行嗎?怎麼不行!我們起心動念,阿彌陀佛全知道。為什麼佛不現身來接我?我們的心不誠,嘴裡頭是說了,我現在就想去,現在真來了,我還不想走,還想多住幾年。所以佛曉得,你不是真的,你是假的;什麼時候,哪一天,你一念真心,佛就來了。這是我們不能不知道的,我們得真幹。這經上都有,有一類慈悲心特別重的人,看到這個世間眾生這麼苦,想多多幫助他們一點。這看緣分,你有這個緣分,佛加持你,壽命到了,也幫助你壽命延長,眾生需要你。在這個狀況之下,什麼時候往生,自己不要操心,這樁事情交給阿彌陀佛,時間到了,阿彌陀佛自然來了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026