Sabtu, 26 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012 (Bgn 2)

 

  

Jasa kebajikan dari nama Buddha sungguh tidak terbayangkan, melafal sepatah Amituofo telah sempurna akan segala kebajikan, hanya orang yang paham yang dapat meyakininya.

 

Kata terbaik yang terunggul di dunia ini, kata terbaik yang tiada taranya, yakni melafal sepatah Amituofo, dapat mengeliminasi seluruh rintangan karma.

 

Pada era Kaisar Qianlong (Kaisar Dinasti Qing ke-6), Master Guanding di dalam karya tulisnya yang berjudul “Penjelasan Amitayurdhyana Sutra”, tercantum, orang awam yang menciptakan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, segala cara tidak dapat mengatasinya, segala upacara ritual pertobatan, kehilangan efektivitasnya, alangkah beratnya dosa ini!

 

Akhirnya masih ada satu cara, yakni melafal Amituofo dapat membantu mengeliminasi rintangan karma buruknya. Pada akhirnya masih ada satu metode ini, tidak ada orang yang mengetahuinya, solusinya ada di depan mata, tapi dilewatkan begitu saja.

 

Ada pula praktisi pelafal Amituofo yang dalam waktu keseharian, takut lafalan Amituofo kurang bisa diandalkan, maka itu pergi mencari metode tambahan lainnya, sungguh keliru!

 

Mengapa praktisi pelafal Amituofo masih bisa ditimpa musibah? Tidak terpisahkan dari dua alasan ini : yang pertama adalah karma buruk yang diciptakan diri sendiri sudah terlampau berat, jadi bukan dengan melafal sepatah dua patah Amituofo sudah bisa mengeliminasinya; yang kedua adalah meragukan metode ini, menganggap melafal Amituofo terlalu gampang, maka itu meremehkannya!

 

Supaya lebih sakti maka harus pergi mencari metode tambahan lainnya, entah itu adalah sutra atau sastra atau mantra, pokoknya menggunakan beraneka ragam metode guna melindungi diri, alhasil makin belajar makin kacau, efektivitas tidak terlihat.

 

Maka itu harus mengamati dengan pikiran jernih dan seksama, penyakit batin itu kumatnya di mana.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :

http://daunbodhi.blogspot.com/2017/09/pancanantariya-karma-dan-sepuluh.html

 

名號功德真正不可思議,念這一聲佛號,萬德齊彰,這只有真正懂得的人知道,不懂的人給他講他也不相信。世間好話,第一等的好話,無與倫比的好話,就是唱這一句佛名,能消一切業障。乾隆年間,灌頂法師在《觀無量壽佛經直指》,那是他的註解,他自己註的,經題叫《直指》。裡面說了一句話,凡夫造五逆十惡極重之罪,什麼方法都不能夠解決,所有一切懺法,效力都失掉了,這罪業多重!最後還有一個方法,執持名號可以幫他消罪業。最後還有這一法,沒人知道,方法就在眼前,當面錯過。還有平常念佛的,到急難的時候恐怕這句佛號靠不住,還去尋求其他的方法,全錯了!念佛的人為什麼會有災難?不外乎兩種原因:一種是自己造的罪業太重了,不是幾句佛號能消得了的;第二種,對於這個方法懷疑,認為這一句名號太簡單了,哪有那麼容易!要去查經,要去找論,要去找咒語,許許多多的方法來幫助他,把自己搞亂了,效果不彰。所以要細心冷靜觀察,毛病出在哪裡。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 

 

Jasa kebajikan Buddha Amitabha tercermin dari Sutra Usia Tanpa Batas. Buddha Sakyamuni mewakili semua Buddha Tathagata di keseluruhan alam semesta memberikan pujian terhadap jasa kebajikan yang ditimbun oleh Buddha Amitabha selama kalpa yang tidak terhingga, baik jasa kebajikan dari membangkitkan ketulusan dan keyakinan, jasa kebajikan dari belajar, jasa kebajikan dari melatih diri, jasa kebajikan dari tekad Karuna menyelamatkan semua makhluk.

 

Buddha Amitabha sebelumnya adalah seorang raja di dunia ini, usai mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Lokesvararaja, beliau meninggalkan takhta kerajaan dan menjadi seorang Bhiksu bernama Dharmakara.

 

Bhiksu Dharmakara melatih diri selama lima kalpa lalu mengikrarkan 48 tekad agung. Jadi 48 tekad agung boleh dikatakan hasil pelatihan dirinya selama lima kalpa, apa yang telah dipelajarinya selama lima kalpa tersebut? Yakni 48 butir tekad tersebut.

 

48 tekad agung ini merupakan garis besar, sedangkan uraiannya adalah keseluruhan “Sutra Usia Tanpa Batas”, uraian yang lebih rinci lagi adalah “Avatamsaka Sutra”.

 

Sepatah Amituofo adalah intisari dari segala jasa kebajikan, jasa kebajikan yang ditimbun Buddha Amitabha selama kalpa tidak terhingga, ada di dalam sepatah Amituofo. Melafal sepatah Amituofo, adalah melafal jasa kebajikan sempurna dari Buddha Amitabha.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

「彌陀萬德慧日」,這是比喻,「既已俱體齊彰」,彰顯在什麼地方?這部經從頭到尾所講的,就是彌陀萬德齊彰。釋迦牟尼佛代表遍法界虛空界一切諸佛如來讚歎彌陀,無量劫誠信的功德,學習的功德,修行的功德,悲願度眾生的功德。遇到世間自在王佛,捨棄王位,出家修行,五劫的參學總結的大願。四十八願是他五劫參學的總報告,他那個五劫學了些什麼?就這四十八條。我們看的這四十八條是綱目,細說,細說就是全部經典。這個經典說得不詳細,最詳細的《大方廣佛華嚴經》。名號是一切功德的總綱,一句名號,彌陀無量劫所修的功德都在一句名號當中。念這一句名號,就念他圓滿的功德,這還得了嗎?

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 

 

Sepatah Amituofo adalah intisari dari segala jasa kebajikan, jasa kebajikan yang ditimbun Buddha Amitabha selama kalpa tidak terhingga, ada di dalam sepatah Amituofo. Melafal sepatah Amituofo, adalah melafal jasa kebajikan sempurna dari Buddha Amitabha.

 

Maka itu bukan hanya menghapus musibah masa kehidupan sekarang saja, namun sejak kalpa lampau yang tidak terhingga jauhnya, hingga saat kini, seluruh karma buruk yang pernah diperbuat, juga dapat dilenyapkan. Apa alasannya?

 

Sutra Intan menyebutkan, “Segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan semu”. Andaikata anda terus menerus memikirkan dosa diri sendiri, maka ia akan jadi efektif; sebaliknya jika tidak ditaruh di hati, maka ia akan tereliminasi.

 

Sekarang di dalam hati hanya ada lafalan Amituofo, tidak ada khayalan, tidak ada bentuk-bentuk pikiran, maka itu rintangan karma-mu jadi tereliminasi secara keseluruhan.

 

Apa yang dimaksud rintangan karma? Rintangan karma adalah khayalan dan bentuk-bentuk pikiran, asalkan niat pikiranmu timbul, maka ini adalah rintangan karma, lalu membeda-bedakan dan melekat, merupakan rintangan karma yang sangat berat.

 

Praktisi pelafal Amituofo tidak boleh diputar oleh kondisi, jika terpengaruh maka semua kondisi adalah kondisi mara; sebaliknya jika tidak terpengaruh maka segala kondisi adalah kondisi Buddha.

 

Maka itu tidak ada Buddha dan mara, Buddha dan mara muncul karena pencerahan dan sesat diri sendiri, hati sesat kita memunculkan mara, hati tercerahkan kita memunculkan Buddha.

 

Maka itu pahala dari melafal Amituofo besarnya serupa dengan alam semesta.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

名號是一切功德的總綱,一句名號,彌陀無量劫所修的功德都在一句名號當中。念這一句名號,就念他圓滿的功德,這還得了嗎?

 

所以「眾生黑暗罪瑕,自然當念消乎塵劫」,不但現前災難消了,塵點劫之前一直到現在,所造的一切罪業都能消除。為什麼?底下給你講理,「罪性本空,虛而不實者既銷」。《金剛經》上佛告訴我們的,「凡所有相,皆是虛妄」。罪之體、罪之相、罪之作用都是虛而不實,你心裡頭有,它就起作用;心裡頭沒有,它就沒有了。現在的心,現在心是阿彌陀佛,沒有一個妄念,沒有一個雜念,所以你的業障全消了。業障是什麼?業障就是雜念,業障就是妄想,只要你有起心動念,那就是業障,分別、執著是嚴重的業障。念佛人決定不能被境界所轉,所有境界都是魔境,不被它所轉,都是佛境界。所以,無佛亦無魔,佛跟魔的出現是我們覺跟迷,我們的迷心就現魔,我們覺悟的心就現佛。講真的,無佛亦無魔,當體即空,了不可得。所以,「稱名功德,福等虛空者自生」,念阿彌陀佛的福報跟虛空法界一樣大。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030