Untuk terlahir ke Alam Sukhavati, jodohnya harus masak; kalau jodohnya belum masak, maka tidak dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Bagaimana bisa tahu jodohku sudah masak atau belum? Terhadap Pintu Dharma ini, saya mampu meyakini-nya, yakin bahwa Alam Sukhavati nyata adanya, yakin bahwa Buddha Amitabha nyata adanya, yakin bahwa sutra yang disampaikan oleh Buddha Sakyamuni nyata adanya, saya benar-benar ingin terlahir ke Alam Sukhavati, saya melafal sepatah Amituofo ini, akar kebajikanku jadi masak.
Maka itu apakah akar kebajikanku sudah masak atau belum, tidak perlu ditanyakan kepada orang lain, orang lain takkan mengetahuinya, namun tepuk dada tanya hati sendiri.
Dengan perkataan lain, diri sendiri benar-benar telah melepaskan kemelekatan, benar-benar telah menempatkan sepatah Amituofo sebagai nyawa diri sendiri, akar kebajikan pun sudah masak.
Siang malam 24 jam tak terpisahkan dari lafalan Amituofo, berkesinambungan tak terputus, di dalam hati selain lafalan Amituofo, segala hal lainnya mesti dilepaskan; menyapu hati hingga sebersih-bersihnya, apapun tidak dihendaki lagi, niat pikiran baik dihapus, niat pikiran buruk juga dihapus.
Anda hendaknya tahu bahwa niat buruk mengundang tiga alam sengsara, niat pikiran baik mengundang tiga alam bajik, semua ini adalah enam alam tumimbal lahir, tidak dapat mengakhiri samsara.
Setelah memahami kebenaran ini, niat baik dan niat buruk juga harus dihapus, semua ini tidak saya hendaki lagi, di hatiku hanya boleh ditaruh lafalan Amituofo saja, yang saya pikirkan hanyalah melafal Amituofo saja, dengan demikian akar kebajikan sudah masak.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2012
往生淨土也是成熟;不是成熟,就不能往生淨土。怎麼知道我成熟了?我對這個法門,我真信,真正相信有極樂世界,真正相信有阿彌陀佛,真正相信釋迦牟尼佛給我們介紹的是真的不是假的,我真正想求生極樂世界,我念這一句阿彌陀佛,我的善根就成熟了。所以我善根成熟不成熟,不要去問別人,別人不知道,要問自己。換句話說,自己真正放下了,真正把這一句阿彌陀佛當作自己的命根,他就成熟了。二六時中不離開阿彌陀佛,念念相繼,心裡除阿彌陀佛之外,什麼也不放;把那個心打掃得乾乾淨淨,我什麼都不要了,不善的念頭清除掉,善的念頭也清除掉。你一定要知道,不善的念頭惹來的三惡道,善的念頭招來的三善道,統統是六道輪迴的事情,出不了六道輪迴。明白了,善跟惡全清除掉,我統統不要了,我就裝一尊阿彌陀佛,我就念這一句阿彌陀佛,我的善根成熟了。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八集) 2012/10/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0008
Di dalam “Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Nama Buddha dengan Sempurna Tanpa Rintangan”, disebutkan : Dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan, dengan sendirinya KeBuddhaan pasti tercapai.
Asalkan anda menggunakan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan maka pasti mencapai KeBuddhaan. Yang dimaksud dengan pikiran suci adalah tidak ragu, tidak berbaur dengan bentuk-bentuk pikiran. Berkesinambungan artinya tidak terputus.
Serupa dengan yang diajarkan Master Dixian kepada muridnya yang bernama Guo Lou-jiang, inilah yang disebut sebagai berkesinambungan, setelah melafal sampai capek, istirahat, usai istirahat, lanjut melafal lagi.
Maka itu tidak ada tekanan batin sama sekali, fisik dan mental juga tidak ada hal lainnya, hal satu-satunya adalah melafal Amituofo, selain lafalan Amituofo tidak ada lagi hal lainnya, apapun tidak dipikirkan.
Menjalani kehidupan dengan apa adanya, apapun terasa bagus, tidak ada satupun yang tidak bagus, terhadap pemenuhan sandang, pangan dan papan, jangan ada keluhan, menuruti jodoh apa adanya; di dalam hati hanya ada Buddha Amitabha, tidak ada lagi niat pikiran kedua.
Dengan demikian kita telah berhasil menerapkan ajaran Bodhisattva Mahasthamaprapta yakni “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada saat sekarang maupun mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha”.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2012
Cergam Kisah Guo Lou-jiang :
http://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html
Penjelasan Surangama Sutra Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Amituofo Dengan Sempurna Tanpa Rintangan :
「《大勢至圓通章》曰:淨念相繼,自得心開」,即凡夫心,開佛知見。這自得心開是開佛知見,只要你能夠淨念相繼。淨,不懷疑、不夾雜,這叫淨,念就是念一句佛號,相繼不能中斷。諦閑老法師教的那個,那就是相繼,念累了你休息,休息好了接著念,叫相繼。所以一點壓力都沒有,身心都無事,有事就一樁,就是念佛,除念佛之外沒事,什麼都不想。生活隨它去,樣樣都好,沒有一樣不好,你們能吃的,我也能吃,你們能穿的,我也能穿,什麼都不要講究,這就是隨緣;心裡只有阿彌陀佛,沒有其他的第二念,這就叫妙用。那大勢至這個《圓通章》的開示全落實了,菩薩說,「憶佛念佛,現前當來,必定見佛」。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八集) 2012/10/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0008
Di dalam hati hanya ada Buddha Amitabha, tidak ada lagi niat pikiran kedua. Dengan demikian kita telah berhasil menerapkan ajaran Bodhisattva Mahasthamaprapta yakni “Mengingat dan melafal Amituofo, baik pada saat sekarang maupun mendatang pasti bersua dengan Buddha Amitabha”.
Kapankah barulah bisa bersua dengan Buddha Amitabha, tidak perlu dirisaukan, mengapa demikian? Asalkan anda dapat memahami kebenaran, maka setiap patah Amituofo yang anda lafal pasti terjalin dengan Buddha Amitabha.
Di sini pesan telah kita kirim keluar, Buddha Amitabha langsung menerima dan langsung memberikan respon-Nya, kita memiliki permohonan, Buddha pasti langsung meresponnya.
Respon itu pasti ada dan sesungguhnya sedang berjalan, hanya saja kita tidak merasakannya, padahal sudah begitu banyak permasalahan yang telah selesai berkat bantuan-Nya, namun tidak anda sadari dikarenakan pikiran yang kalut, sehingga tidak mengetahui bahwa Buddha sedang memberkatimu.
Orang zaman sekarang umumnya suasana hatinya labil dan gampang emosi, pikiran gelisah dan kacau; dengan perkataan lain, kesehatannya tidak baik, memiliki koleksi penyakit fisik dan mental yang segudang.
Fisik dan mental yang tidak sehat ini erat kaitannya dengan niat pikiran. Yang paling bagus adalah tidak memiliki niat pikiran sama sekali, tetapi hal ini mustahil diwujudkan, maka itu Buddha ber-Maitri Karuna mengajarkan padamu melafal Amituofo, selain sebutir niat pikiran ini, jangan ada lagi niat pikiran kedua.
Niat pikiran melafal Amituofo ini harus dipertahankan erat-erat, sesampainya di Alam Sukhavati juga tidak boleh dilonggarkan, mengapa demikian? Oleh karena niat pikiran ini merupakan niat pikiran terbaik, yang merupakan jiwa sejati diri sendiri, maka itu melafal Amituofo adalah membangkitkan Jiwa KeBuddhaan diri sendiri.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2012
心裡只有阿彌陀佛,沒有其他的第二念,這就叫妙用。那大勢至這個《圓通章》的開示全落實了,菩薩說,「憶佛念佛,現前當來,必定見佛」。
見佛不見佛,不要去打妄想,用不著打妄想,為什麼?你真正把道理搞通,你這一聲佛號跟阿彌陀佛他就相應。我們這裡信號發出去,阿彌陀佛立刻就收到了。收到了,他有反應,我們有感,他就有應。他的應有顯應、有冥應。冥應,我們自己沒有覺察,也就是佛已經在加持了,很多疑難問題都幫助你解決了,你自己不知道。顯應是你自己知道。什麼時候會顯應?心思細密了,你就知道,冥應你也曉得。這個心粗意亂,佛的冥應你不知道。現在人大多數心浮氣躁,心思很亂;換句話說,他身體不好,毛病很多。身心不健康,與念頭有密切關係。最好的念頭是沒有念頭。沒有念頭,難,所以佛慈悲,給你加一個念頭,阿彌陀佛,除這個念頭之外,不要有別的第二個念頭。這個念頭要保持,到極樂世界也不捨掉,為什麼?因為它好,它是自己的真如本性,所以念阿彌陀佛就是念自性。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八集) 2012/10/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0008