Pepatah Buddhis Tiongkok berkata “Jika cinta tidak berat takkan lahir ke alam saha, jika niat pikiran tidak terfokus takkan lahir ke Tanah Suci”, anda berada di alam saha, tidak dapat keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, penyebab utamanya adalah kemelekatan pada perasaan (suka dan benci).
Kemelekatan pada perasaan bukan terjadi pada satu masa kehidupan saja, namun diakumulasi selama masa kehidupan demi kehidupan, pada masa kehidupan ini anda bertemu dengan orang yang anda kasihi, bukan hanya pada masa kehidupan ini saja, namun sejak masa kehidupan lampau entah sudah berapa jalinan hubungan di dalamnya, sebagai suami istri, sebagai ibu dan anak, sebagai adik kakak, terlampau banyak. Jadi bukan hanya satu masa kehidupan saja, tabiat jangka pendek, bukan, namun sangat mendalam dan sangat panjang waktunya.
Dengan perkataan lain, melatih diri itu juga diakumulasi selama kalpa demi kalpa, memelihara akar kebajikan dan berkah kebajikan, barulah ketika bertemu godaan anda takkan goyah.
Ini adalah jodoh baikmu, mempunyai guru dan sahabat Dharma yang baik, lingkungan pelatihan diri yang mendukung, barulah anda sanggup bertahan, semua ini adalah Pelindung Dharma yang sesungguhnya.
Ketika hatimu dilanda gejolak asmara, para pendukung Dharma ini akan membatasi dirimu, kadang kala anda membenci mereka, mengatakan mereka terlampau ikut campur, menghalangi kebebasanmu, para pendukung Dharma pun beranjak pergi, menjauhimu.
Alhasil anda hanya bisa pasrah mengikuti langkah mara, pada satu masa kehidupan ini datangnya sia-sia, padahal bisa memperoleh penyelamatan, namun akhirnya terpental kembali ke enam alam tumimbal lahir.
Setelah kejatuhan ini, entah sampai kapan barulah anda memiliki kesempatan terlahir kembali jadi manusia, bertemu Buddha Dharma, ini bukanlah hal yang gampang.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Desember 2012
中國佛門諺語所謂「愛不重不生娑婆,念不一不生淨土」,你在娑婆世界,出不了六道輪迴,第一個因素是什麼?就是情執。情執不是一生一世,生生世世,你這一生遇到一個人你愛他,不是這一生,過去世生中不知道多少關係在裡頭,有夫妻的關係、有母子的關係、有兄弟姐妹的關係,太多太多了。它不是一時、短時的習氣,不是,很深很久。換句話說,修行也是多劫修行,培養你的善根福德,你才有能力遇到了不亂。這是什麼?這是你有因。因還得有善緣,良師益友,修行環境,這才保得住,這些是真正的護法。你所親愛的那個情濃,這些護法人限制你,有的時候你討厭他,你說他多事,他妨礙你,護法就走了、就遠離了。你也就跟著魔墮落了,這一生白來了,本來可以得度的,又回去了,又搞六道輪迴。這一墮下去之後,不知道要多少年月日你才能出頭,再得人身、再遇佛法,不是容易事情。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第六十九集) 2012/12/14 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0069
Kepercayaan yang muncul karena kemelekatan pada perasaan adalah kepercayaan palsu, oleh karena bisa berubah-ubah. Lihatlah anak muda masa kini, pria dan wanita saling mencintai, hingga akhirnya menikah, namun beberapa hari kemudian bercerai.
Cinta yang mereka jalin adalah palsu, mengelabui orang, munafik penuh kepura-puraan, hanya emosi sesaat, manalah mereka paham apa yang disebut dengan cinta!
Cinta adalah inti dari jiwa sejati, bagaimana dia bisa paham? Buddhisme tidak menggunakan kata cinta, namun Maitri Karuna, mengapa demikian? Maitri Karuna adalah landasan kebijaksanaan, bukan kekotoran batin. Maitri Karuna ini mengalir keluar dari kebijaksanaan.
Sebaliknya cinta orang duniawi berasal dari kemelekatan pada perasaan, perasaan emosional, jangka waktu yang pendek, dengan cepat sudah berubah kadarnya. Maka itu dikatakan dia tidak paham.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Desember 2012
情執所生的信,假信,不是真的,為什麼?會變的。你看現在年輕人,男女相愛,達到最高峰結婚了,結婚沒幾天又離婚了。那個愛是什麼?假的,騙人的,虛情假意,一時衝動,他哪裡懂得什麼叫愛!愛多神聖,愛是自性的核心,他怎麼會懂?所有,宗教的核心就是愛字。佛家不用愛,用慈悲,為什麼用慈悲?慈悲這個愛是智慧做基礎的,不是煩惱。這個慈悲心是從智慧裡頭,大智慧裡頭流出來的;世間人的愛是從情執裡頭,情執的衝動,時間很短,很快它就變質。所以他根本就不懂。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第六十九集) 2012/12/14 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0069
Aliran Sukhavati mengajarkan kita, memfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, selain sepatah Amituofo, tidak ada lagi niat pikiran kedua. Maka itu di dalam Aliran Sukhavati, setiap butir niat pikiran yang timbul adalah Amituofo, seluruhnya adalah Alam Sukhavati.
Maka itu tujuan utama Aliran Sukhavati bukanlah menemukan kembali jiwa sejati, namun membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha.
Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran, apa yang dipikirkan itulah yang terwujud, hatimu tiap hari memikirkannya, maka suatu hari nanti pasti jadi kenyataan.
Kita menempatkan tujuan menemukan kembali jiwa sejati di Alam Sukhavati, setelah bersua dengan Buddha Amitabha, saya melanjutkan melatih diri hingga mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati.
Hal ini lebih gampang diwujudkan, seluruh makhluk yang berasal dari akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, semuanya dapat meraih keberhasilan, tak peduli pria, wanita, tua maupun muda, bijak maupun dungu, tidak ada yang tidak berhasil.
Jika tidak sanggup memutuskan kekotoran batin dan tabiat, juga bukan masalah, asalkan anda mampu memfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, maka dengan sendirinya kekotoran batin dan tabiat akan terputus, tidak tereliminasi juga jadi tereliminasi, cara ini sungguh menakjubkan!
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Desember 2012
淨宗教給我們,把念頭就定在阿彌陀佛上,這個妙,妙極了!除阿彌陀佛之外,沒有第二個念頭。所以淨宗是有起心動念,起心動念全是阿彌陀佛,全是極樂世界。所以,淨宗主目標不是明心見性,明心見性用這個方法不行。淨宗主目標是求生淨土、是親近阿彌陀佛,那這個方法就是親近阿彌陀佛,往生淨土最妙的方法。一切法從心想生,心想事成,你心天天想,事就成就了。我們把明心見性放在極樂世界,見到阿彌陀佛之後,我再修不起心不動念,再修大徹大悟、明心見性。我們把它分成兩個梯次,這個容易,一切眾生不同根性統統能成就,無論男女老少、賢愚不肖,沒有一個不成就的。煩惱習氣不必斷、不必消,只要你把念頭專一,專在阿彌陀佛這裡,不斷自然斷了,不消自然消了,這個方法妙絕了!
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第六十九集) 2012/12/14 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0069