Setiap hari kami memberikan ceramah selama empat jam, ini untuk memberi manfaat bagi orang lain, sisa waktu lainnya digunakan untuk memberi manfaat bagi diri sendiri (belajar dan melatih diri).
Memberi manfaat bagi diri sendiri adalah sama dengan memberi manfaat bagi orang lain; memberi manfaat bagi orang lain juga adalah memberi manfaat bagi diri sendiri, jadi dua faktor ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
Setiap niat tidak terpisahkan dari lafalan Amituofo, setiap niat adalah melimpahkan jasa kebajikan ke Alam Sukhavati di penjuru barat, ini adalah siswa Buddha Amitabha.
Jika masih ada sebersit niat yang mementingkan diri sendiri, masih ada sebersit niat yang tidak ikhlas meninggalkan dunia ini, maka bukanlah merupakan siswa Buddha Amitabha.
Siswa Buddha Amitabha membulatkan tekad pada satu masa kehidupan ini harus bersua dengan Buddha Amitabha, kita harus memiliki keteguhan hati begini, harus memiliki niat pikiran ini.
Niat pikiran ini harus murni, niat pikiran yang timbul, pikiran dan tindakan, dengan sendirinya terjalin dengan Buddha Amitabha, takkan memaksakan kehendak sama sekali.
Yang namanya jodoh itu bukanlah bisa dipikirkan diri sendiri, jika dipikirkan maka melafal Amituofo jadi terganggu. Jodoh itu diatur oleh Buddha dan Bodhisattva, praktisi pelafal Amituofo sejati takkan merisaukan hal apapun.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012
每天所幹的,是把我們的修學跟大家在一起分享,我們每天固定有四個小時,這四個小時利他,其他的時間是自利。自利就是利他,利他也是自利,是一不是二。念念不離彌陀,念念迴向西方,這個是彌陀弟子。如果還有一念為自己,還有一念捨不得離開這個世間,不是彌陀弟子。彌陀弟子這一生當中決定見佛,我們要有這種決心,要有這個念頭。這念頭一純,你的起心動念、言語造作自然跟佛相應,沒有絲毫勉強。一切不善的意念任運先落,都沒有了。緣分不是自己想的,自己想的,念佛就受干擾。緣分是佛菩薩安排的,真正念佛人什麼心都不操。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十集) 2012/11/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0030
Yang namanya jodoh itu bukanlah bisa dipikirkan diri sendiri, jika dipikirkan maka melafal Amituofo jadi terganggu. Jodoh itu diatur oleh Buddha dan Bodhisattva, praktisi pelafal Amituofo sejati takkan merisaukan hal apapun.
Setelah saya meninggalkan keduniawian, tidak lama kemudian ada dermawan yang mempersembahkan lahan tanah dan bangunan, ini adalah kejadian lebih dari 50 tahun yang silam, nama dermawan tersebut juga sudah lupa.
Dia memiliki sebuah villa di atas gunung, waktu Perang Dunia Kedua meletus, digunakan untuk menghindari serangan bom oleh pesawat-pesawat Amerika, di atas gunung tersebut didirikan bangunan bergaya Jepang dengan bunker di dalamnya.
Setelah perang berlalu, tidak ada orang yang menghuninya, ingin dijadikan Vihara buat diriku, saya tinjau ke lokasi dan merasa sangat bersukacita. Lalu saya melaporkan hal ini kepada Guru Li, Guru Li memberi teguran tegas kepada diriku, saya tidak berani menerimanya lagi.
Di kemudian hari saya jadi mengerti, benda apakah itu? Itu adalah sangkar atau kurungan, setelah masuk tidak bisa keluar lagi. Kala itu saya ingin mengasingkan diri, menetap di atas gunung dan melatih diri, Guru Li berkata, siapa yang memenuhi syarat untuk mengasingkan diri? Apakah dirimu telah memenuhi persyaratan tersebut?
Saya bertanya, persyaratan apa saja? Guru menjawab, insan yang telah mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati. Lantas mengapa Dia mengasingkan diri? Oleh karena tidak ada orang yang mengenal dan mengetahuinya, akhirnya Dia pergi mengasingkan diri.
Apa arti dari mengasingkan diri? Yakni mengumumkan kepada semua orang bahwa Saya telah mencapai kesempurnaan, menunggu kalian datang mengundang diriKu untuk membabarkan Dharma. Makna ini tidak kami ketahui.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012
緣分不是自己想的,自己想的,念佛就受干擾。緣分是佛菩薩安排的,真正念佛人什麼心都不操。
我這一生學佛沒多久的時候,也有信徒供養土地、供養房屋,年代久了,五十多年前,人名字都忘記了。他有個別墅在山上,是二戰期間為了避免美國飛機轟炸,在山上挖了防空洞,建了一套日本式的房子。戰後沒人住了,要給我做小道場,我去看了,很歡喜。這個事情向老師報告,老師把我教訓一頓,我不敢要了。以後我完全明白了。那是什麼?那是個籠子,進去之後出不來。我那時候想閉關、住山好好進修,老師說什麼人有資格閉關?你夠不夠這個條件?我說什麼樣的資格?大徹大悟、明心見性。為什麼閉關?沒人知道,只好閉關。閉關什麼意思?向天下人宣布,我已經學成了、圓滿了,等待你們來請我去弘法。是這個意思,我們不知道。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十集) 2012/11/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0030
Apa arti dari mengasingkan diri? Yakni mengumumkan kepada semua orang bahwa Saya telah mencapai kesempurnaan, menunggu kalian datang mengundang diriKu untuk membabarkan Dharma. Makna ini tidak kami ketahui.
Bhiksu Aliran Zen yang bernama Zhaozhou (778-897 Masehi), usia 80 tahun masih berkelana dengan berjalan kaki, waktu itu saya baru berusia 30 tahun lebih, sedangkan Master Zhaozhou usia 80 tahun masih berjalan kaki, mengapa demikian? Belum mencapai pencerahan, maka itu berkelana ke mana-mana guna menuntut ilmu.
Mengapa Master Zhaozhou tidak mengasingkan diri saja, tinggal di dalam gubuk? Mengasingkan diri dan tinggal di gubuk, ini adalah sosok insan yang telah mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, begini barulah memahaminya.
Orang masa kini justru mengada-ngada, begitu menutup pintu untuk mengasingkan diri, hanya mengandalkan penafsiran sendiri untuk melakukannya tanpa mempertimbangkan apakah hal itu realistis atau tidak, prestasi apa yang bisa anda gapai? Melatih diri dengan sembarangan.
Tidak ada hasil yang diraih, maka itu hendaknya mendekatkan diri pada kalyanamitra, siapa yang harus kita kunjungi? Hendaknya mengunjungi kalyanamitra, meminta bimbingan Dharma.
Setelah melatih diri hingga mencapai keberhasilan, tetapi tidak ada orang yang mengundang kita berceramah, maka boleh menggunakan cara ini (mengasingkan diri).
Juga tidak boleh mempromosikan diri sendiri, bahwasannya saya sudah mencapai keberhasilan, sudah boleh menjadi guru, ucapan begini manalah bisa terlontar keluar, memalukan sekali, maka itu cara yang ditempuh adalah mengasingkan diri, menetap di atas gunung.
Maka itu orang zaman dahulu berkelana ke mana-mana mencari guru, mengunjungi kalyanamitra, siapakah yang merupakan kalyanamitra? Mencari tahu di mana ada tempat pengasingan diri, di mana ada tempat berdirinya gubuk, maka di sanalah terdapat kalyanamitra, menuju ke sana untuk meminta bimbingan darinya.
Andaikata sesampainya di sana, ternyata si kalyanamitra tidak mampu menjawab pertanyaan yang diajukan, maka dia akan membukakan pintu, mengikuti dirimu pergi berkelana menuntut ilmu, karena diri sendiri masih belum layak.
Di manakah tempat untuk melatih diri? Menempa hati dari permasalahan yang dihadapi, kemajuan batin diperoleh dari menjalani cobaan. Semakin mendalam keterampilan melatih diri yang dimiliki praktisi tersebut, maka dia semakin mampu memperoleh hasil di dalam tempat yang kian rumit, baik dalam kondisi suka maupun duka, dia akan melatih diri di dalamnya, tidak akan terpengaruh oleh kondisi tersebut. Terpisah dari kondisi begini, ke mana lagi harus melatih diri? Tidak ada tempat lagi untuk melatih diri.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012
閉關什麼意思?向天下人宣布,我已經學成了、圓滿了,等待你們來請我去弘法。是這個意思,我們不知道。
趙州八十猶行腳,我那個時候才三十幾歲,人家八十歲還行腳,為什麼?沒開悟,到處求教、到處求學。趙州為什麼不閉關、不住茅蓬?住茅蓬、閉關的都是大徹大悟、明心見性,這才曉得。現在人胡鬧,那一關上,閉門造車,你成就什麼?盲修瞎練。沒成就,要親近善知識,到處參訪什麼?是參訪善知識,到處求教。真正成就之後,沒有人禮請,用這個方法。也不能自己在外宣傳,我已經成就了,可以做老師,不好意思說這個話,閉關、住山。所以,從前尋師訪道的人參訪善知識,哪是善知識?聽聽哪個地方有閉關的,哪個地方有住茅蓬的,那就是真善知識,去向他請教。如果見了面請教,不能解答問題,就關房打開,咱一起出去參訪,你還不夠資格。修行在哪裡修?歷事鍊心。愈是功夫深的人愈在繁雜的地方,逆境、順境,在這裡修,修不動心,修不受干擾。離開這個境界到哪裡修?沒地方修了。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十集) 2012/11/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0030