Rabu, 16 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012 (Bgn 9)

 

 

Apabila keyakinan hatimu benar-benar kokoh, terhadap lingkungan luar, anda tetap teguh tidak tergoyahkan, anda takkan terpengaruh, barulah kekuatan Buddha dapat memberkatimu; sebaliknya jika dalam hatimu terdapat keraguan, maka Buddha pun tidak dapat memberkatimu.

 

Serupa dengan orang yang jatuh sakit, selalu curiga berlebihan, kita sudah sering membahasnya, hal ini akan merusak sistem kekebalan tubuh sendiri, sehingga segala macam kumam penyakit gampang menjangkiti tubuhmu, oleh karena tubuhmu tidak memiliki daya tahan.

 

Sedangkan dengan keyakinan hati yang teguh, anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, meskipun ada mara sesat yang datang mengganggu, dia juga tidak berdaya menyakitimu, anda memiliki kemampuan untuk melawannya.

 

Terlebih-lebih jika “keyakinan” ini digunakan pada metode pelafalan Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka akan lebih penting lagi, tidak boleh ada keraguan sama sekali.

 

Di dalam “Zhiguan” (buku yang ditulis oleh Guru Sesepuh Aliran Tiantai yang bernama Zhiyi pada tahun 594) disebutkan, ada tujuh jenis penyakit yang disebabkan oleh rintangan karma, butir yang terakhir adalah berkaitan dengan hal di atas.

 

Walaupun anda melatih diri dengan sangat bagus, tetapi masih bisa jatuh sakit, ini merupakan “dosa berat balasan ringan”. Yang tadinya harus jatuh ke Neraka, sekarang menderita sedikit pilek lalu sembuh, menjalani siksaan selama beberapa hari karena didera penyakit, mengeliminasi dosa berat, adanya kondisi sedemikian rupa.

 

Setelah kita memahaminya dengan jelas dan dimengerti, keraguan jadi lenyap, membangkitkan keyakinan benar dan tekad benar, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, jangan sampai timbul kecurigaan, dalam satu masa kehidupan ini pasti meraih keberhasilan. Mesti berterimakasih pada Buddha dan Bodhisattva.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

信心真正堅固,外面環境你如如不動,你不受干擾,佛力加得上;你內心有懷疑,佛加不上。

 

  等於是人生病一樣,懷疑,我們說得很多,對我們的身體免疫系統全部壞了,一切病菌你都很容易感染,你沒有免疫的能力。信心堅固,你免疫系統能量很強,縱然有魔邪干擾,他也沒辦法傷害你,就是你有抵抗的能力。用在念佛求生淨土,那就格外重要,不能有一絲毫懷疑。天台《止觀》裡面說,我們業障引起的七種病,最後一種說這個。你修得很好,最後還有病痛,那是什麼?重罪輕報。本來應該墮地獄的,現在有個什麼傷風感冒就好了,受個幾天病的折磨,把重罪就消掉了,有這種情形。我們真搞清楚、搞明白,疑慮就化解了,真信、真願決定往生,千萬不要懷疑,這一生決定成就。一定對佛菩薩要感恩。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十七集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0027

 

 

 

 

“Kebijaksanaan Suciwan tiada taranya”, kebijaksanaan Buddha Amitabha, tidak ada yang dapat sebanding denganNya.

 

“Dari sinilah muncul Tanah Suci Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci yang mudah dicapai”. Dari mana asalnya “Tanah Suci Tempat Kediaman Orang Awam dan Insan Suci” (tanah suci tingkatan paling dasar) di Alam Sukhavati?

 

Bukan terwujud dari kekuatan karma para makhluk. Alam saha yang kita tempati sekarang ini barulah muncul dari kekuatan karma diri sendiri, sedangkan Alam Sukhavati terwujud berkat kekuatan tekad Buddha Amitabha, yang juga diwujudkan oleh keyakinan hati dan kekuatan pelafalan Amituofo diri kita sendiri.

 

“Praktisi tidak wajib melenyapkan kekotoran batin dan mengeliminasi rintangan karma”, lihatlah, bagi praktisi yang tidak sanggup menghapus hingga bersih kekotoran batin dan tabiatnya, juga yang tidak sanggup mengeliminasi hingga tuntas rintangan karma-nya, anda tidak perlu merisaukannya, hanya perlu memusatkan perhatian melafal Amituofo berkesinambungan.

 

“Asalkan membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, meskipun cuma sanggup melafal hingga sepuluh kali, semuanya juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati”.

 

Untuk hal ini, Master Ouyi di dalam karyanya yang berjudul “Penjelasan Amitabha Sutra”, menyebutkan, berhasil tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung dari ada atau tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki. Jika memiliki keyakinan sepenuhnya dan tekad bulat, maka sehari cuma melafal sepuluh kali juga boleh.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

「聖智無倫」,阿彌陀佛的智慧,倫是同等、同類,就是說沒有能夠跟他相比的,無與倫比。「從而流現此凡夫易生之同居淨土」。同居土從哪來的?不是我們眾生業力變現的。我們這個世界是自己業力變現的,極樂世界不是的,極樂世界是阿彌陀佛的願力,是我們自己的信心跟念力所成就的。「行人不須斷惑消業」,你看看,煩惱習氣不需要斷,過去現前所造的罪業不需要消,你統統不要去理會它,你就一句佛號念到底,「只要信願持名,下至十念,皆得往生」。這個地方,蕅益大師在《要解》裡頭說得很好,能不能往生決定在信願之有無。有信,真信真願,一天念十聲佛號都行。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十七集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0027

 

 

 

 

Asalkan kita menampilkan teladan dengan baik, maka dapat memengaruhi orang lain. Sebelum menyantap hidangan, terlebih dulu melafal Amituofo sebanyak 10x, menasehati orang lain agar turut melakukannya, guna memberi manfaat bagi orang banyak.

 

Jelas bahwa melafal Amituofo tidaklah sulit, melafal Amituofo juga tidak menghalangi anda bekerja. Setiap niat hati menyatu dengan Buddha Amitabha, apakah mungkin anda tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Tidak mungkin.

 

Maka itu dalam melakukan jadwal rutin melafal Amituofo, penetapan target jumlah lafalan janganlah terlampau banyak, apa alasannya? Oleh karena ada target yang hendak dicapai, sehingga anda tergesa-gesa, hati pun jadi kacau, hati jadi tidak tenang.

 

Lebih baik menetapkan target yang sederhana, hati pun jadi tenang, di dalamnya terkandung ketulusan. Dengan hati yang tulus melafal sepatah Amituofo, dapat melampaui hati yang kacau, dengan niat hati yang kacau melafal 10 ribu lafalan juga tidak dapat sebanding.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

「念念普利群生,心心流入覺海」。我們把這個榜樣做好了,就會影響別人。吃飯的時候念十聲佛號,把這個意思講解給大家聽,勸每個人都做,這就是普利群生。說明念佛不難,念佛不妨礙你的工作,無論幹什麼,沒妨礙。心心流入覺海,這叫深心,念念心心都跟阿彌陀佛融成一體,你能不生嗎?你能不成就嗎?這不可能的事情。所以功課不要定得太多,定太多怎麼?你趕,趕的時候心是亂的,心不清淨。不如定得很簡單,很踏實,有誠意在裡頭,有真心在裡頭。真心念一句佛號,抵得那個散心、雜亂的心念一萬聲都不能比,都比不上。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十七集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0027