Senin, 29 Maret 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012 (Bgn 5)

 

 

Di dalam buku berjudul “Guan Jing Si Tie Shu” atau "Penjelasan Amitayurdhyana Sutra Dalam Empat Bagian" karya Master Shandao, dijelaskan tentang 16 jenis perenungan.  

 

Yang paling pokok dari “Amitayurdhyana Sutra” adalah membahas tentang kebenaran melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, berikutnya adalah cara melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, ada 16 jenis perenungan, dengan pelafalan Amituofo sebagai perenungan ke-16, jadi melafal Amituofo adalah jenis perenungan yang terakhir.

 

Master Shandao mengatakan bahwa Pintu Dharma ini bukanlah membahas tentang kekosongan, namun berwujud, adanya Alam Sukhavati, adanya Buddha Amitabha, hal ini memudahkan kita untuk belajar.

 

Apabila pikiran kita tidak difokuskan pada satu titik atau objek, maka pikiran pun jadi kacau, sehingga membawa beban pikiran dan penderitaan yang tak berujung.

 

Bentuk-bentuk pikiran ini menimbulkan penyakit, sumber penyakit itu ada 6 jenis. Yang pertama adalah “Empat unsur tidak seimbang”, empat unsur adalah tanah, air, api, angin. Apabila terdapat ketidakseimbangan diantara keempat unsur ini, maka tubuh manusia akan jatuh sakit.

 

Yang kedua adalah “Makan dan minum berlebihan”, tidak tahu merasa cukup. Terutama makanan dan minuman era sekarang ini, terkontaminasi sangat berat, terlebih-lebih lagi daging hewani, mengandung kuman penyakit.

 

Bahkan sayur-sayuran dan beras juga telah terkontaminasi oleh pestisida dan pupuk kimia, jika dikonsumsi dalam jangka panjang pasti berdampak buruk bagi kesehatan. Ini termasuk kategori makanan dan minuman, telah tercemar begitu parahnya.

 

Yang ketiga adalah “Tidak tahu menyeimbangkan fisik dan mental”, saat duduk postur tubuh tidak tegak, akibatnya setelah duduk kelamaan, penyakit pun muncul.

 

Tiga butir di atas merupakan kesalahan yang sering dilanggar manusia, sehingga perlu berobat ke dokter, dokter masih sanggup membantumu.

 

Yang keempat adalah “Gangguan makhluk halus”, pikiran dan tindakanmu tidak bajik, setan pun datang mendukung kejahatanmu. Mengapa demikian? Oleh karena dia adalah musuh kerabat penagih utang, yang datang membalas dendam padamu, sehingga membantumu melakukan lebih banyak kejahatan, supaya kelak siksaan yang dijalani juga lebih berat.

 

Yang kelima adalah “Gangguan Mara”, ini umumnya menimpa insan yang melatih diri, musuh kerabat penagih utang datang mengganggu pelatihan dirimu. Yang paling berbahaya adalah mara langit, penguasa Alam Surga Parinirmita-vasavartin, yakni Raja Mara Papman.

 

Dia tidak suka melihat orang lain melatih diri, tidak berharap manusia berhasil keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, selama anda masih berputar-putar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, maka Papiyas atau Papman akan riang gembira. Sebaliknya jika anda berhasil keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir, maka dia akan sangat bersedih, barulah dia jadi hobi mengganggu para praktisi.

 

Untuk dua butir di atas, solusinya adalah kita harus menggunakan ketulusan hati, membangkitkan perasaan hormat, maka setan jahat, malaikat jahat dan mara pun tidak punya kesempatan buat mendekati dirimu. Mengapa demikian?

 

Oleh karena ketulusan hati dan perasaan hormat tidak terjalin dengan-nya, soalnya makhluk jahat hobinya adalah munafik penuh kepura-puraan, berdusta dan menipu.

 

Maka itu kita mempunyai Dewa Pelindung dan Malaikat Bajik yang senantiasa melindungi diri kita, para makhluk jahat tidak memiliki kesempatan untuk mendekati dan mengganggu.

 

Yang keenam adalah “Penyakit rintangan karma”, penyakit begini sungguh merepotkan. Lihatlah, penyakit ini bukan termasuk penyakit fisik, juga bukan karena faktor makanan dan minuman, juga bukan karena gangguan musuh kerabat penagih utang, tetapi ini dikarenakan karma buruk diri sendiri, makanya disebut sebagai penyakit rintangan karma.

 

Penyakit begini tidak dapat disembuhkan dokter, andaikata penyakit yang disebabkan oleh gangguan musuh kerabat penagih utang, maka solusinya anda dapat melimpahkan jasa kepada mereka, sedangkan penyakit rintangan karma ini adalah akibat perbuatan diri sendiri.

 

Jadi jalan keluar satu-satunya adalah melakukan pertobatan, jangan lagi mengulangi melakukan kejahatan. Asalkan bersedia kembali ke jalan yang benar, meyakini Ajaran Sukhavati, membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah jalan keluar!

 

Kita telah melihat sebuah perumpamaan yakni kisah Master Ying Ke. Dia menyadari bahwa dosa-dosanya sudah begitu berat, benar-benar menyesalinya.

 

Dia juga menyadari bahwa jika tidak terlahir ke Alam Sukhavati maka pasti jatuh ke Neraka Avici, maka itu dia begitu ketakutan, cepat-cepat melafal Amituofo hingga tiga hari tiga malam, berhasil mengundang kehadiran Buddha Amitabha.

 

Perumpamaan ini amat bagus, penyakit yang diakibatkan oleh rintangan karma, kemudian melafal Amituofo dan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 Oktober 2012

 

Kisah Bhiksu Ying Ke :

Pintu Dharma Pelafalan Amituofo (Bagian 30)

http://lafalamituofo.blogspot.com/2016/07/pelafalan-amituofo-30.html

 

 

「是以善導大師《四帖疏》曰」,《四帖疏》是指的《觀無量壽佛經》善導大師所做的註解,叫《四帖疏》。這個經上講的十六種觀門。《觀無量壽佛經》主要講的是念佛往生的道理,其次講念佛往生的方法,講十六種方法,持名念佛是第十六種,最後的一種是持名。善導大師說,「今此觀門等,指方而立相,住心而取境,總不明無相離念也」。這個法門不說無相、不說離念,真的指方立相。指方,專指西方;立相,西方有極樂世界,西方有阿彌陀佛,不是無相,不是講萬法皆空,這我們就好學了。住心取境,我們心要不安住一個地方,心就慌了、心就亂了。凡夫的心雜念太多、妄想太多,他心住在妄想上、住在雜念上,所以很雜、很亂,帶來了無盡的煩惱,帶來了苦難。

 

  我們今天就是綜合過去所講的,《摩訶止觀》第八卷,跟我們講「病有六緣」。我們講到雜念,雜念、妄想帶來的疾病。眾生有病,不外乎六種原因,第一個是「四大不順」,四大是地水火風,叫四大不調,人生病了。第二種「飲食不節」,暴飲暴食,不知道節制。特別是現代的飲食,染污嚴重,肉食那個染污更不必說了,都帶著病菌。就是連蔬菜、稻米現在也麻煩,它有農藥、化肥,人長期吃用都會帶來麻煩。這屬於飲食,知道現在染污多重。第三「坐禪不調」,不懂得調心,不懂得調身,坐的姿勢不對,坐久了坐出毛病出來了。這三條都是普通人很容易觸犯的,得找醫生,讓醫生幫助你調理。

第四種「鬼神得便」,你的心行不善,鬼神來教你造罪業。為什麼?他是你的冤親債主,他要報復你,讓你多造一點罪業,你多受罪。第五種「魔神相擾」,這是什麼?這是一般修行人,修行人有冤親債主來擾亂你。這裡頭最厲害的是天魔,天魔是第六天的天主,波旬魔王。他不喜歡人修行證果,不希望人離開六道輪迴,你在六道他歡喜,你離開六道他就愁眉苦臉,他會干擾你。這兩種,我們用真誠心、用恭敬心,鬼神、魔神都不能得其便。為什麼?真誠恭敬跟他不相應,他是虛偽的、是欺騙人的。所以我們有護法正神,他不能來干擾。

 

第六個是「惡業所起」的病,這個病最麻煩。你看,不是屬於生理,不是屬於飲食不節,也不是冤親債主來找麻煩,這自己造的罪孽造得太深引發的病,這叫業障病。業障病醫生治不好,你要找冤親債主,你超度他們,它不是這樁事情,與這個事情不相干,也沒有辦法調解,不是冤親債主找麻煩,這是自己業障,造的業太重了。只有一個方法,真正懺悔,後不再造。真回頭,真信淨宗,真正發願求生淨土,行!我們看到一個好例子,宋朝瑩珂法師就是這個例子。他是自己造的罪業很重,真正懺悔。他曉得,他要不能往生,決定墮阿鼻地獄。想到阿鼻地獄他就害怕,所以他真幹。這不是假的,你看,三天三夜把阿彌陀佛念來了。這例子太好了!惡業所起的病。

 

阿彌陀佛跟他見面,告訴他,你的壽命還有十年,等你命終的時候我來接引你。瑩珂法師這個時候智慧就現前,他要求阿彌陀佛,我十年壽命不要了,我現在跟你去。為什麼?因為他的劣根性很重,禁不起外面誘惑,外面一引誘,他又去幹錯事了,那十年不知道幹多少壞事,所以不要了,現在就跟佛走。佛跟他約了,三天之後來接引你,他三天之後真往生了,沒有生病,自在往生。這是惡業所感的疾病,這個方法很有效。惡業起的病醫生治不了,我們用什麼超度的方法解冤釋結也治不了,它不是這一類的;自作自受,自己懺悔就能治病。所以一切法從心想生。大小乘經典裡頭佛都說,「制心一處,無事不辦」。你把你散亂的心集中在一點,特別是我們都集中在阿彌陀佛,這個能量多大,什麼都能治。得有信心,沒有信心,自己得受苦受罪。自己有堅定的信心。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十集)  2012/10/26  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0010