Minggu, 08 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012 (Bgn 9)

 

 

Apa yang dimaksud dengan manfaat yang sesungguhnya? Terlahir ke Alam Sukhavati merupakan manfaat yang sesungguhnya. Ini menyampaikan padamu, apapun manfaat lainnya hanyalah semu belaka.

 

Meskipun berhasil mencapai Alam Neva-sanna-na-sanna-yatana (alam surga tertinggi dari 31 tingkatan alam), menikmati usia 80 ribu kalpa besar, namun juga ada akhirnya.

 

Setelah waktu 80 ribu kalpa besar tiba, Sang Buddha menyampaikan pada kita di dalam Sutra, Dewa penghuni alam tersebut akan timbul kecurigaan pada ajaran insan suci dan bijak, oleh karena dia menganggap kondisi batin yang dicapainya adalah Maha Parinirvana, yang berarti dia telah mencapai KeBuddhaan.

 

Mengapa setelah keterampilan samadhi-nya hilang, hatinya kembali kacau, kekotoran batin dan tabiat, benih yang tertanam di dalam Alayavijnana muncul ke permukaan.

 

Tempo dulu terkendali oleh kekuatan samadhi, sehingga tidak bangkit ke permukaan, hanya sanggup meredamnya, tidak mampu memutuskannya, setelah kehilangan kekuatan samadhi-nya, kekotoran batin muncul ke permukaan, akibatnya adalah terpuruk.

 

Maka itu pada saat begini timbullah kecurigaan pada Buddha, Dharma dan Sangha, bahkan juga memfitnah. Tidak menyadari diri sendiri telah melangkah di jalan yang salah, tidak mengetahui bahwa diri sendiri telah menyimpang, mengarah ke jalan sesat, bukan berada pada jalan yang benar, ini adalah kedunguan.

  

Memanjat hingga mencapai alam tertinggi dari enam alam tumimbal lahir, akhirnya jatuh juga pada alam terendah dari enam alam tumimbal lahir, lagi-lagi berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, entah harus menjalaninya sampai masa kehidupan yang mana dan kalpa ke-berapa, selamanya bolak-balik di dalam enam alam tumimbal lahir, alangkah menyedihkannya!

 

Maka itu harus dikenali dengan jelas, enam alam tumimbal lahir, sepuluh Alam Dharma bukanlah nyata. Kenali dengan jelas bahwa Alam Sukhavati barulah nyata adanya, jangan sampai terlewatkan, kesempatan ada pada satu masa kehidupan sekarang ini, saya tidak ingin menanti hingga kelahiran berikutnya lagi.

 

Konsep dari satu masa kelahiran berikutnya, entah harus melewati berapa banyak masa kehidupan, inilah yang dikatakan oleh insan zaman dulu sebagai “Meskipun awalnya kesilapannya hanyalah sedikit saja,  namun akhirnya malah menciptakan kesalahan yang sangat besar”. Hanya dikarenakan sebersit niat yang salah, akan membawa pada kita penderitaan tumimbal lahir selama kalpa panjang yang tidak berujung.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html

 

Alam Dharma Tunggal Sejati dan Dasa Dharmadhatu :

https://smamituofo.blogspot.com/2013/07/alam-dharma-tunggal-sejati-dan-dasa.html

 

  「廣被一切含靈,普惠真實之利」。什麼是真實利益?往生極樂世界是最真實的利益。這告訴你,其他的什麼利益都是假的。非想非非想處天,壽命八萬大劫,有盡的時候。八萬大劫到了,佛在經上告訴我們,他對聖賢起了懷疑心,因為他認為他那個境界是大般涅槃的境界,就是他已經成佛了。為什麼定功失掉了,心又亂了,煩惱習氣,阿賴耶裡面種子起現行。以前是受定力控制,不起現行,他是伏,他不是斷,定失掉之後,煩惱起現行,起現行就墮落。所以這時候對佛法僧產生懷疑,甚至於毀謗。不知道他自己走錯路,不知道自己走偏、走邪了,不是在正道上,這是愚痴。爬到六道最高峰,跌到六道最底下,又去搞輪迴,不知道搞到哪一生哪一劫,永遠在六道反反覆覆的,你說可不可憐!所以它不是真實,這一點要認識清楚,六道、十法界都不是真實。認清楚極樂世界是真實的,千萬不要錯過,機會就在這一世,我不要再等來世。一個來世的觀念,不知道自己又要轉多少生多少世,這是古人所說的,「差之毫釐,失之千里」。我們這一念錯覺,會給我們帶來無盡長劫輪迴的痛苦。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 


 

Kita harus berterima kasih pada Buddha Amitabha, tanpa Buddha Amitabha kita tidak bisa memperoleh penyelamatan, kita tidak bisa berhasil, kita masih harus berada di dalam lautan penderitaan yang tak bertepi, tidak tahu harus menjalani siksaan hingga kalpa ke-berapa.

 

Kita harus berterima kasih pada budi kebajikan Buddha Amitabha, berterima kasih pada tekad agung dan kekuatan agungNya, membantu kita pada satu masa kehidupan ini meraih keberhasilan nan sempurna.

 

Siswa Buddha sejati menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran Sutra, ada pada sebersit niat pikiran yang timbul, tidak bertentangan dengan ajaran yang dibabarkan Sang Buddha.

 

Sutra harus dibaca setiap hari, apa tujuannya? Sebagai cermin bagi niat pikiran diri sendiri yang timbul, apakah terjalin dengan ajaran Buddha atau tidak, jika sesuai maka harus dipertahankan, jika bertentangan maka harus diperbaiki.

 

Maka itu buku Sutra merupakan patokan, jika niat pikiran yang timbul sesuai dengan standar ini, maka ucapan dan tindakan kita juga tidak akan bertentangan,  kehidupan ini takkan terlewatkan sia-sia, meraih keberhasilan nan sempurna.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

「大恩大德,大願大力,度生大用,微妙難思」。我們對彌陀要感恩,不是彌陀我們不能得度,我們不能成就,我們還要在無邊苦海裡頭,不曉得折磨到哪一劫。我們要感謝彌陀的恩德,感謝彌陀大願大力,幫助我們在這一生當中圓滿成就。真正佛弟子依教奉行,是在起心動念之處,不違背佛陀的教誨。經天天要念,念它幹什麼?比對自己的起心動念,跟佛的教誨相應不相應,相應的要保持,不要失掉,不相應的要改過。所以經本是標準,起心動念符合這個標準,我們的言語、造作自然就隨順,就不會犯了,我們這一生就沒有白過,圓滿成就。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 


Hari ini untuk menyelamatkan para makhluk, adalah satu Sutra ini (Sutra Usia Tanpa Batas) dan satu penjelasan Sutra. Jika diri sendiri ingin meraih keberhasilan pada satu masa kehidupan ini, maka sudah cukup, metode lainnya hendaknya dilepaskan, anda akan cepat melewati rintangan.

 

Jika masih ingin belajar metode lainnya, maka hal ini akan menunda waktu anda, kemajuanmu akan berjalan lamban, tidak bisa begitu cepat. Jika tidak sanggup mengikhlaskan metode lainnya, masalah pun bermunculan.

 

Semua jenis Sutra dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni, namun patut diketahui bahwa itu bukanlah ditujukan kepada diriku, lantas ditujukan kepada siapa? Ditujukan kepada praktisi yang memiliki kemampuan melatih Pintu Dharma tersebut.

 

Dari sekian banyak pintu Dharma, hanya metode melafal Amituofo yang merupakan Pintu Dharma yang sesuai dengan kemampuanku, berarti Pintu Dharma ini memang dibabarkan oleh Sang Buddha kepada diriku; sedangkan Avatamsaka, Surangama, Vaipulya, Prajna, bukanlah ditujukan kepada diriku, diri sendiri harus sangat jelas, sangat mengerti. Mengapa demikian?

 

Semua itu wajib melenyapkan kekotoran batin, tidak ada membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Buddha. Saya ukur sendiri kemampuan diri sendiri, pada satu masa kehidupan ini saya tidak sanggup mewujudkannya. Sedangkan Pintu Dharma Tanah Suci saya sanggup mewujudkannya, saya pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Sang Buddha mengetahui akar kebijaksanaan kita, berharap kita dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Alam Sukhavati merupakan tempat pelatihan diri yang sangat bagus, meraih keberhasilan di sana, di sana tidak ada rintangan.

 

Sampai di sana, rintangan karma anda telah tereliminasi, dengan sendirinya kekotoran batin pupus sudah, anda tidak memiliki rintangan lagi, segalanya berjalan lancar, meraih keberhasilan nan sempurna, “barulah merupakan upaya kausalya terunggul”.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

度生大用,微妙難思,今天講具體度生大用,就是這一本經,就是這一個註解。要自己在一生當中成就,這就足夠了,其他的可以放下了,你就能夠快速通關。如果其他東西還要學,就耽誤你的時間,你就會緩慢行,沒那麼快。如果對於其他法門還有留戀,麻煩就多了。都是佛說的,要知道佛不是為我說的,為誰說的?為那個法門當機的人說的。一切法門裡頭,只有信願持名我當機,那這個法門是佛對我說的;法華、楞嚴、方等、般若不是對我說的,這自己要很清楚、很明瞭。為什麼?那些都要斷煩惱,沒有帶業往生的。我自己衡量一下,我這一生做不到。這個法門我這一生可以做到,我能夠往生。

 

  「如是方稱如來本懷」,佛在此地沒有別的,知道我們根性,希望我們到極樂世界。極樂世界是個很好的修學道場,到那邊成就,那邊沒有障礙。到那邊,你的業障都消了,你的煩惱自然盡了,你沒有障礙,一帆風順,圓滿成就,「才是究竟方便」。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030