Di Alam Sukhavati tidak ada segala macam bentuk kejahatan, maka itu jika tidak bersedia menuju tempat ini, lantas mau ke mana lagi? Di dunia ini kita sudah kenyang menikmati siksaan bertubi-tubi, poin ini amatlah penting, hanya mereka yang sudah kenyang akan siksaan barulah sadar dan bersedia kembali ke jalan yang benar. Apa alasannya? Oleh karena dia telah merasakan bagaimana penderitaan yang sesungguhnya, sementara orang yang hidup pada era kita sekarang ini masih belum mengetahui apa itu penderitaan.
Orang yang sebaya denganku pasti mengetahui bahwa generasi kami ini sungguh menyedihkan, sejak usia kecil harus berkelana selama delapan tahun perang melawan invasi Jepang.
Ketika perang meletus, saya baru berusia 11 tahun, 8 tahun kemudian perang reda, saya telah berusia 19 tahun, selama kurun waktu 8 tahun, tidak pernah melewati kehidupan yang tenang.
Selama kurun waktu 8 tahun, dalam ingatanku, menetap di satu tempat paling lama hanya setengah tahun saja, kebanyakan tempat hanya bisa ditempati untuk waktu sebulan saja, bahkan setengah bulan sudah harus mengungsi lagi.
Maka itu selama kurun waktu 8 tahun, saya telah melewati 10 provinsi, dengan berjalan kaki, tidak ada moda transportasi. Orang kaya masih lumayan, di rumahnya ada memelihara hewan ternak, seperti kuda, keledai, masih bisa ditunggangi; sedangkan kami orang miskin hanya bisa berjalan kaki, dengan alas kaki sandal jerami, kehidupan semacam ini tidak berdaya dibayangkan orang masa kini.
Tetapi masyarakat kala itu masih berhati bajik, melihat kami anak-anak yang mengungsi, masih tahu memberikan perhatian dan kepedulian, maka itu kami memiliki hati berterimakasih.
Insan yang pernah merasakan siksaan sedemikian rupa, pernah merasakan tertimpa bencana alam, akan menyadari betapa berharganya hidup tenteram dan damai.
Beberapa tahun terakhir ini, ilmu dan teknologi berkembang pesat, manusia menikmati kehidupan materi, setiap orang sibuk mengejarnya. Melupakan penderitaan masa silam hingga bersih, ajaran leluhur dan Buddha Dharma juga ikut dilupakan sampai sebersih-bersihnya, bencana pun datang menyusul.
Begitu bencana melanda, andaikata teknologi ikut musnah, maka apa yang terjadi di masa depan? Andaikata manusia harus kembali pada gaya hidup seperti dahulu lagi, bagaimana mereka sanggup melewati hari demi hari? Hal ini patut kita renungkan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012
「又此土之凡」,凡夫,「包括地獄、餓鬼、畜生三惡趣。而彼土同居則尚無惡道之名,何況有實。得往生者,不復更入三惡道,永離惡趣」。西方極樂世界沒有三惡道,只有人天兩道,修羅、羅剎,那邊都沒有。所以一切不善的,極樂世界統統沒有,這個地方我們不去,我們還到哪裡去?在這個世間受盡苦了,這一點很重要,只有吃盡苦頭的人,他才肯回頭。為什麼?他知道真正苦。所以現代這一代的人不知道苦。
我們這一代就很可憐,從小就流浪,跟日本人的八年抗戰,我們碰到了。抗戰爆發,我十一歲,八年打完了,我十九歲,這個時間沒有過安定的生活。八年當中,在我記憶當中,一個地方住得最長久的半年,一般大概就是一個月、半個月就要走了。所以八年我走了十個省,全是走路,沒有交通工具。有錢的人家,養的有馬、有驢,可以代步;我們貧窮人家只有走路,赤腳穿草鞋,這種生活現在人無法想像得到。但是那個時候的社會,人心很善,看到我們這些小孩流浪都能照顧,所以我們有感恩的心。有吃過這些苦頭,受過災難,知道安定和諧的可貴。這些年來,正好這是一個甲子,科學技術發達,人們物質生活享受,個個人都在追求。把苦難的日子忘得乾乾淨淨,老祖宗的教誨、佛法也忘得一乾二淨,災難就會來了。這個災難來,將來的生活,如果科技被毀滅掉了,人要回歸到從前的生活狀況,日子怎麼過?這是應該要想到的。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十四集) 2012/11/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0024
Alam Neraka, Alam Setan Kelaparan dan Alam Binatang muncul dari kekuatan karma buruk, yakni ketamakan, kebencian dan kedunguan. Alam Neraka muncul dari kebencian, Alam Setan Kelaparan muncul dari ketamakan, Alam Binatang muncul dari kedunguan.
Di Alam Sukhavati tidak ada tiga alam rendah ini, hal ini menjelaskan bahwa penduduk di sana tidak memiliki ketamakan, kebencian dan kedunguan, tidak ada benih sebab maka pasti tidak ada buah akibatnya.
“Praktisi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, takkan jatuh kembali ke tiga alam rendah, selamanya menjauhi alam penderitaan”, menekankan pada kata “selamanya”, selamanya menjauhi.
“Tidak serupa dengan para makhluk di dunia ini, berada di tengah lautan samsara, ibarat tenggelam di dalam lautan penderitaan yang luas, sebentar-sebentar ia menyembulkan kepalanya dari dalam air, berada di alam penderitaan untuk jangka waktu yang lebih lama”.
Kalimat ini nyata adanya, selama anda tidak melampaui tumimbal lahir, pastinya berada di tiga alam sengsara untuk jangka waktu yang lebih panjang, sedangkan waktu berada di tiga alam bajik lebih singkat. Mengapa demikian?
Dari niat pikiran yang timbul, kita bisa mengamati dan mengetahuinya, diri sendiri melakukan introspeksi diri, pikirkan secara seksama, sejak pagi hingga malam, niat pikiran diri sendiri yang timbul, lebih banyak niat pikiran buruk atau niat pikiran baik?
Dengan perkataan lain, demi diri sendiri lebih banyak atau demi orang lain? Jika demi kepentingan orang lain, ini adalah niat baik; sebaliknya jika demi kepentingan diri sendiri, ini adalah niat buruk.
Mengapa dikatakan niat buruk? Menambah kemelekatan pada keakuan, meningkatkan kemelekatan pada tubuh jasmani (menganggap tubuh jasmani ini sebagai aku). Buddha mengajarkan kita untuk menghancurkan kemelekatan pada tubuh jasmani, keakuan menambah kemelekatan pada tubuh jasmani, bagaimana cara menghancurkan kemelekatan ini? Selain menggunakan metode Tanah Suci yang dapat membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati, maka pintu Dharma lainnya tidak dapat meraih keberhasilan, ini nyata adanya, sama sekali tidak semu.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012
地獄、餓鬼、畜生都是業力變現的,不善的業,貪瞋痴,瞋恚是地獄,貪欲是餓鬼,愚痴是畜生。極樂世界沒有三惡道,就說明那個地方人沒有貪瞋痴,沒有因當然就沒有果。「得往生者,不復更入三惡道,永離惡道」,著重在個永字,永遠離開了。「不似此間眾生,生死海中,頭出頭沒,輾轉惡道,苦趣時長」。這個話也是真的,只要你沒有超越輪迴,肯定在三惡道的時間長,三善道的時間短。為什麼?從起心動念我們就能夠省察出來,自己反省,自己好好想想,我從早到晚起心動念,是惡念多還是善念多?換句話說,是為自己想得多,是為別人想得多?如果都是為別人想,這是善念;如果都是為自己想,這是惡念。為什麼是惡念?增長我執,增長身見。佛教我們破身見,我增長身見,怎麼能破得了?身見沒破,就是博地凡夫,除淨宗帶業法門這一門之外,任何一門都不能成就,這是真的,不是假的。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十四集) 2012/11/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0024
Bagaimana caranya untuk keluar dari lingkaran tumimbal lahir? Kita beruntung dapat bersua dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, andaikata bukan Pintu Dharma ini, maka tidak ada lagi cara untuk mengakhiri samsara keluar dari Triloka, ini merupakan kenyataan yang sesungguhnya.
Jika dibandingkan dengan metode lainnya, Pintu Dharma ini lebih mudah, jika tidak serius mengamalkannya maka gampang melewatkannya begitu saja.
Maka itu mesti memiliki mawas diri yang tinggi, menempatkan upaya terlahir ke Tanah Suci Sukhavati sebagai urusan terbesar yang paling utama sepanjang hidupku. Apapun boleh diikhlaskan, hanya urusan yang satu ini yang harus saya genggam seerat-eratnya.
Lantas bagaimana dengan misi menyelamatkan para makhluk di dunia ini, apakah penting atau tidak? Tentu saja penting, tetapi apakah anda sanggup melakukannya? Praktisi zaman dulu berkata, sebelum menyelamatkan orang lain, selamatkanlah diri sendiri terlebih dulu, ini nyata adanya.
Para penceramah zaman dulu merupakan orang-orang yang telah mencapai tingkatan kesucian, bagi yang belum mencapai tingkatan kesucian tidak berani memberi ceramah, minimal juga telah mencapai tingkatan kesucian Srotapanna.
Para Bhiksu yang mengerjakan terjemahan Sutra, tempo dulu Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) memberitahukan padaku, memperkuat keyakinan hati kami terhadap ajaran Sutra, zaman dulu mereka yang mengerjakan terjemahan Sutra, sebagian besar telah mencapai tingkatan kesucian Anagami ke atas.
Ada empat tingkatan kesucian di dalam Mazhab Theravada, yaitu Sotapanna, Sakadagami, Anagami dan Arahat. Anagami memiliki iddhi-vidha (kemampuan gaib menjelma dengan bebas tanpa rintangan), barulah takkan salah menerjemahkan isi Sutra.
Sama halnya pula dengan memberi ceramah, tidak boleh salah menyampaikannya. Seperti yang diucapkan oleh praktisi zaman dulu sebagai, “Salah menyampaikan satu aksara saja, selama 500 masa kelahiran jatuh menjadi rubah liar”, ini berkaitan dengan kisah tentang Master Baizhang.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012
Triloka dan 31 Alam Kehidupan :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html
Abhinna :
https://daunbodhi.blogspot.com/2016/10/abhinna.html
Kisah Master Baizhang dan rubah :
https://tekadagung2.blogspot.com/2019/06/kutipan-ceramah-master-chin-kung-8.html
我們有什麼方法出輪迴?所以,幸好遇到這個法門,不是這個法門,沒辦法了生死出三界,這是真正的事實。遇到這個法門,這個法門跟其他法門比較起來它容易,要不是真幹,很容易錯過。所以一定要有高度的警覺,把這個求生淨土一樁事情看作我這一生第一樁大事。什麼事都能捨,這樁事我抓緊了,你就完全對了。
度眾生要不要緊?要緊,你能度得了嗎?古人講的,度眾生先度自己,這是真的。古人講經說法都證果的,沒證果不敢,至少他證得須陀洹果。翻譯佛經的這些法師,李老師早年告訴我,加強我們對於經典的信心,當年參加譯場這些人,許多都是三果以上。小乘三果是阿那含,有神足通,才不至於把經翻錯。講經亦如是,不能把經講錯。古德有所謂,「錯下一個字的轉語,墮五百世野狐身」,百丈禪師的故事。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十四集) 2012/11/20 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0024