Rabu, 25 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2012

 

  

Cara yang digunakan Aliran Sukhavati sungguh menakjubkan, mengajari pikiranmu terfokus pada sepatah Amituofo, hal ini mudah diwujudkan. Apa alasannya? Anda memiliki tempat berlindung, saya memfokuskan pikiran pada tempat ini.

 

Jika anda memfokuskan pikiran pada kekosongan misalnya, maka hal ini sulit diwujudkan, kekosongan itu tidak boleh melekat pada dua sisi, ini sangat sulit.

 

Sekarang terfokus pada lafalan Amituofo, mudah diwujudkan! Jadi Aliran Sukhavati melatih yang “ada” dan bukan kekosongan. Apa yang dimaksud dengan “ada”? Ada Buddha Amitabha, ada Alam Sukhavati, ada sembilan tingkat Bunga Teratai, setibanya di Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan berguru pada Buddha Amitabha, Buddha Amitabha membantu kita mencapai Pikiran Terfokus Tak Tergoyahkan.

 

Diantara para Buddha, Buddha Amitabha merupakan Guru Pembimbing agung yang memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan, upaya kausalya yang tiada bandingnya, asalkan kita bersua denganNya maka pasti ada jalan keluar, Beliau mengetahui akar kebijaksanaan kita.

 

Maka itu setibanya di Alam Sukhavati, dalam waktu singkat kita sudah mencapai pencerahan sempurna, maka itu kita tidak boleh melewatkannya begitu saja.

 

Mencius berkata, “Menarik kembali pikiran yang berkelana di luar”, kita menarik kembali pikiran kita, yakni melepaskan segala kemelekatan, memfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, ini sungguh tidak terbayangkan.

 

Maka itu, terhadap jasa kebajikan dari sepatah Amituofo harus dipahami dengan jelas dan dimengerti, mengapa demikian? Keyakinan hati telah teguh, memfokuskan pikiran pada sepatah Amituofo, tidak ada hal yang tidak dapat ditangani.

 

Saat sekarang adalah memutuskan segala kejahatan, melatih segala kebajikan, umumnya kita mengatakan memperoleh pemberkatan dari kewibawaan Buddha Amitabha, tidak ada hal yang tidak bisa diselesaikan.

 

Sesungguhnya, kekuatan Buddha aalah kebijaksanaan yang ada di dalam kebajikan sejati (kebajikan yang ada di dalam jiwa sejati), sila, samadhi dan prajna yang ada di dalam jiwa sejati, jadi bukan berasal dari luar. Asalkan benar-benar sanggup melepaskan kemelekatan, maka masalah pun terurai.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2012

 

淨宗的方法妙,教你定在哪裡?定在阿彌陀佛上,這個好辦。為什麼?你有個依靠,我能定在這一個地方。其他的,光是一處,哪個一處?這一處是很抽象的,你真有這一處的時候就不行,你心就不清淨。定在空、定在有都不行,空有二邊都不著也很難。現在定在阿彌陀佛,好辦!所以淨宗從有門入,不是從空門入。禪定從空門入,難,空不了。有門是什麼?有阿彌陀佛、有極樂世界、有三輩九品往生,到極樂世界,親近阿彌陀佛,阿彌陀佛就幫助你證得一心不亂。這是個諸佛之中,智慧、德能、善巧方便無與倫比的一個大導師,我們找到他就有辦法了,他知道我們生生世世的根性。所以到他那個地方,很快就開悟、很快就證得圓滿了,我們決定不能放過。今天孟子所說的「求其放心」,咱們把心收回來,那就是萬緣放下,收回來,把心放在阿彌陀佛名號上,這不可思議。所以,對名號的功德、名號的道理要搞得很清楚、很明白,為什麼?信心堅定了,真把心放在阿彌陀佛上,無事不辦。現前斷一切惡、修一切善,我們一般所說得阿彌陀佛威神加持,無事不辦。其實,佛力就是性德裡面的般若智慧,自性裡面的戒定慧,這不是外頭的。真肯放下,真的能肯定,問題就解決了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十五集)  2012/12/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0075

 

 

 


Tripitaka mencakup Sutra Pitaka, Vinaya Pitaka dan Abhidharma Pitaka. Vinaya Pitaka berisi sila-sila yang wajib ditaati, ini yang tertuang dalam bentuk tulisan, namun ada pula yang berbentuk lisan, yakni “Kusala Dharma”.

 

Apa yang dimaksud dengan “Kusala Dharma” di sini? Terhadap diri sendiri ada manfaatnya, tetapi tidak tercantum di dalam sila Buddhis. Contohnya merokok, larangan merokok tidak tercantum di dalam sila, makanya ada juga anggota Sangha yang merokok, dianggapnya tidak melanggar sila.

 

Merokok itu merugikan kesehatan diri sendiri, tidak merokok adalah Kusala Dharma, meskipun Buddha tidak menetapkan sila ini, tetapi anda sendiri harus menyadarinya. Jadi bukannya harus menunggu hingga Buddha menetapkannya sebagai sila barulah ditaati, kalau Buddha tidak menetapkannya maka saya tidak perlu mematuhinya, ini sudah keliru!

 

Hal yang bermanfaat bagi tubuh sendiri, meskipun Buddha tidak menetapkannya, saya juga akan menjalaninya. Hal yang membawa manfaat bagi para makhluk, meskipun Buddha tidak menetapkannya sebagai sila, namun hal tersebut dapat membawa manfaat baik bagi para makhluk, maka mesti dilakukan.

 

Inilah yang disebut Kusala Dharma. Buddha tidak menyebutnya, namun anda sendiri harus mengetahuinya, memutuskan kejahatan menimbun kebajikan.

 

Memahami semangat dari pengamalan sila yang dibabarkan oleh Sang Buddha, manfaat dari pengamalan sila, yang dapat sesuai dengan semangat sehingga memperoleh manfaat, meskipun Buddha tidak mengucapkannya namun tetap harus dilakukan, kejahatan harus dihentikan, kebajikan harus dipupuk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Desember 2012

 

持戒,有「律儀」戒,這是律藏的。三藏,經藏、律藏、論藏,這是屬於戒律,有文字,必須要遵循的。另外兩種沒有文字,「善法」。善法是什麼?對自己有利益,佛戒律上沒有。譬如說抽煙,戒律上沒有,所以有些出家人抽煙,我不犯戒,戒律上沒有。吸煙對自己有沒有好處?肯定沒有好處。不吸煙是善法,佛沒有制定你也應該要懂得。不是說一定要等佛制定我才遵守,佛不制定的我就不守了,這錯了!對我們身心有幫助的,佛不制定我們也要做。後面這個「益眾」,饒益有情。佛沒有制定這個戒,但是這個事情對眾生有好處的,要不要做?要做。所以這個叫饒益有情戒、攝善法戒。佛沒有明文,你自己要知道,斷惡修善。懂得佛所說的戒律的精神,戒律的利益,能夠符合精神得到利益的,佛沒有說都要做,惡都要斷,善都要修。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十五集)  2012/12/18  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0075