Minggu, 26 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2013 (Bgn 2)

 

 

Untuk melatih pintu Dharma lainnya adalah sulit untuk berhasil, karena harus melenyapkan kekotoran batin. Oleh karena kekotoran batin itu tidak dapat dilenyapkan, maka itu melatih pintu Dharma manapun juga sangat sulit berhasil.

 

Satu-satunya hanyalah Pintu Dharma Tanah Suci, keunggulannya adalah tidak perlu melenyapkan kekotoran batin, boleh membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati. Selain Pintu Dharma ini, tidak ada lagi pintu Dharma kedua yang dapat membawa serta rintangan karma.

 

Pintu Dharma ini meskipun tidak perlu melenyapkan kekotoran batin, namun syaratnya anda harus sanggup meredam kekotoran batin, barulah dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Meredam lebih gampang daripada melenyapkan, bagaimana cara meredamnya? Dengan melafal Amituofo berkesinambungan, kekotoran batin tidak dapat menyusup ke dalam.

 

Setelah melafalnya untuk jangka panjang, perlahan-lahan kekotoran batin jadi berkurang, ini menjelaskan keterampilan melatih dirimu telah efektif, anda sudah mampu meredam kekotoran batin, dengan demikian dapat terlahir ke Alam Sukhavati, bersua dengan Buddha Amitabha.

 

Setibanya di Alam Sukhavati, barulah melanjutkan melatih diri melenyapkan kekotoran batin, di sana ada Buddha Amitabha yang memberkati dirimu, Buddha Amitabha membantumu, pasti berhasil melenyapkan kekotoran batin, mencapai KeBodhian, inilah letak keunggulan yang tiada bandingnya dari Pintu Dharma ini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2013

 

一切法門修行證果都很難,為什麼?要斷煩惱。煩惱說起來容易,斷起來難。因為我們煩惱斷不了,所以修任何一個法門都很難成就。唯獨淨土,它最大的好處,不需要斷煩惱,帶著煩惱可以往生。這一點同學們一定要知道,除這個法門之外,沒有第二個法門是帶業往生的,沒有的。這個法門雖然不斷煩惱,它要求的條件是你能把煩惱伏住,就能往生。伏比斷容易太多了,用什麼伏?就用這一句佛號,讓我們念佛,佛號念念相續,煩惱就進不來。念久了,煩惱就少了,說明什麼?說明你的功夫得力,你已經可以把煩惱伏住,這樣就能夠往生西方極樂世界,就能夠見阿彌陀佛。在西方極樂世界再去斷煩惱,那一邊阿彌陀佛加持你,阿彌陀佛幫助你,決定斷煩惱、證菩提,這是這個法門無比殊勝之處。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一二八集)  2013/1/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0128

 

 

 

 

Setibanya di Alam Sukhavati, barulah melanjutkan melatih diri melenyapkan kekotoran batin, di sana ada Buddha Amitabha yang memberkati dirimu, Buddha Amitabha membantumu, pasti berhasil melenyapkan kekotoran batin, mencapai KeBodhian, inilah letak keunggulan yang tiada bandingnya dari Pintu Dharma ini.

 

Maka itu ini disebut sebagai “Memberi manfaat yang sesungguhnya”, manfaat yang sesungguhnya itu adalah melenyapkan kekotoran batin, mencapai KeBuddhaan. Jika tidak dapat mencapai KeBuddhaan, maka manfaat itu bukanlah yang sesungguhnya. Manfaat yang sesungguhnya harus terbebas dari enam alam tumimbal lahir, terbebas dari sepuluh alam Dharma, begini barulah disebut sebagai manfaat yang sesungguhnya. Sang Buddha adalah demi hal ini barulah datang ke dunia ini.

 

Para makhluk memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, maka itu Sang Buddha membabarkan pintu Dharma yang berbeda-beda, Buddha dapat memenuhi harapan semua makhluk, bagi yang ingin mencapai KeBuddhaan, membantu mereka mencapai KeBuddhaan; bagi yang ingin menjadi Bodhisattva, menjadi Arahat, Buddha juga dapat membantu mencapai tujuanmu. Jika anda ingin jadi Dewa di Surga, Surga terdiri dari 28 tingkatan, Buddha juga bisa membantumu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2013

 

Triloka dan 31 Alam Kehidupan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/10/31-alam-kehidupan.html

 

在西方極樂世界再去斷煩惱,那一邊阿彌陀佛加持你,阿彌陀佛幫助你,決定斷煩惱、證菩提,這是這個法門無比殊勝之處。所以這個叫『惠以真實之利』,真實之利是斷煩惱、成佛道。如果不能成佛,這個利益不是真實的。真實的利益是決定要脫離六道輪迴、脫離十法界,這才是真實利益。佛就為這樁事情到這個世間來。

 

眾生根性不等,千差萬別,佛對各種不同的根性,說出不一樣的法門,真是佛能夠滿一切眾生的願望,想成佛的,真幫助你成佛道;想作菩薩的,想作羅漢的,佛都可以幫助你達到你的目的。在世間如果你想生天,天有二十八層天,佛都可以幫助你。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一二八集)  2013/1/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0128

 

 

 


Setelah meninggal dunia, kelak ke mana manusia akan menuju? Buddha Dharma mengatakannya dengan sangat jelas, menuruti kekuatan karmanya. Apa yang dimaksud dengan kekuatan karma di sini? Yakni kesukaannya, apa yang disukainya, pastinya berkumpul dengan apa yang disukai diri sendiri, tidak ada orang lain yang mengendalikannya.

 

Apabila dia menyukai etika moral, yang hobinya terhadap hal ini sangat kental, dengan sendirinya dia akan menuju ke Alam Surga. Mengapa demikian? Para Dewa menyukai tata susila dan etika moral, serupa dengan kesukaannya, maka itu dia lahir ke Surga.

 

Alam Manusia juga menyukai tata susila dan etika moral, tetapi hati sukacita itu masih kalah dibandingkan dengan Alam Dewa, para Dewa lebih bersemangat daripada manusia.  

 

Maka itu Buddha mengatakan, para Dewa melatih Sepuluh Kebajikan tingkatan atas, manusia melatih Sepuluh Kebajikan tingkatan menengah, Asura melatih Sepuluh Kebajikan tingkatan rendah.

 

Setan kelaparan memiliki hati yang serakah, ketamakan yang terlampau berat mengakibatkan jatuh ke Alam Setan Kelaparan, kebencian yang terlampau berat mengakibatkan jatuh ke Alam Neraka, kedunguan yang terlampau berat mengakibatkan jatuh ke Alam Binatang, semuanya berasal dari niat pikiran sendiri dan tabiat yang dipelihara.

 

Setelah memahami kebenaran ini, Alam Sukhavati juga sedemikian rupa. Untuk terlahir ke Alam Sukhavati, syaratnya adalah yakin, bertekad, melafal Amituofo. Jika kita memeliharanya jadi kebiasaan, setiap hari melakukannya, saat menjelang ajal niat pikiran ini bangkit, maka kita dapat terlahir di Alam Sukhavati.

 

Tidak ada sosok yang menjadi pengendali atau penentu, setelah meninggal dunia, kita lahir di alam mana, apakah hal ini diatur oleh Dewa? Bukan. Apakah Raja Yama yang menentukan? Juga bukan, juga bukan Buddha dan Bodhisattva, namun diri sendirilah yang merupakan penentu.

 

Maka itu Buddha Dharma menyimpulkan bahwa apa yang diterima dan dijalani oleh semua makhluk, baik masa kehidupan lampau, sekarang dan yang akan datang, pastinya diri sendirilah yang harus bertanggung jawab. Mengapa demikian?

 

Apa yang ditabur itulah yang dituai, tidak ada kaitannya dengan orang lain. Anda menganggap orang lain yang memberikannya padamu, ini sudah keliru, semuanya adalah hasil perbuatan sendiri.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Januari 2013

 

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html

 

未來到什麼地方去?佛法說得很清楚,他的業力。這個業力是什麼?就是他的嗜好、他的愛好,他喜歡什麼,一定是跟自己喜歡的會聚會在一起,沒有人操縱,沒有人管理,夫子說的遊魂為變。六道裡面喜歡倫理道德的,對這個興趣很濃,他自自然然就到天道去了。為什麼?天人喜歡倫理道德,跟他所愛好的相同,他到那裡去。人道也喜歡倫理道德,但是那個歡喜心比天差一等,天比我們更熱烈,我們比不上天。所以佛說,天人修上品十善,人是修中品十善,是這麼回事情,阿修羅道是下品十善。餓鬼是貪心,貪心很重就到鬼道去了,瞋恚心很重就到地獄去了,愚痴心重就畜生道去了,完全是自己這個心念、造作、習慣所養成的。明白這個道理,西方極樂世界亦如是。極樂世界的條件是信、願、念佛,如果我們把這個養成習慣,每天做,養成習慣,到臨命終時這個念頭起來,那就到極樂世界去了。沒有人做主宰,我們死了以後到哪一道,是不是天神?不是的;是不是閻羅王?也不是的,也不是佛菩薩,自己做主。所以佛法總結說,一切眾生過去、現在、未來所受的,決定要自己負責任。為什麼?自作自受,與任何人都不相干。你認為別人給你的,是錯誤的,不是的,統統是自作自受。這個道理說得很清楚。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一二八集)  2013/1/16  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0128