Pintu Dharma ini, Upasaka Huang menyimpulkannya sebagai berikut, “Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan yang paling praktis, di manapun boleh melatihnya, tidak perlu mengasingkan diri ke hutan belantara”, jadi tidak perlu mencari hutan atau tempat yang tidak ada jejak manusia-nya, tidak perlu.
“Kapan saja dan di mana saja boleh melafalnya, tidak perlu mengasingkan diri”, asalkan setiap saat niat pikiranmu tidak terpisahkan dari lafalan Amituofo, maka inilah yang disebut mengasingkan diri yang sesungguhnya.
Jadi bukanlah dengan cara mengurung diri di sebuah ruangan, namun khayalan dan bentuk-bentuk pikiran itu yang harus dikurung keluar, pastinya tidak boleh mengganggu pelatihan diri kita.
Setiap saat niat pikiranku hanyalah sepatah Amituofo, siang hari juga melafalnya, malam hari juga melafalnya, kapan saja, di mana saja, rintangan apapun tidak ada.
Di tempat yang terdapat banyak orang, jika kita melafal keluar suara akan mengganggu orang lain, maka kita melafalnya di dalam hati saja, supaya orang lain tidak merasa terganggu. Saya tidak melafal keluar suara, saya melafalnya di dalam hati, sepatah demi sepatah sambung menyambung tak terputus, segala gangguan di luar takkan mempengaruhi diriku.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2012
這個法門,念老在此地說的這四句,「不離佛法,而行世法。不廢世法,而證佛法」,這個四句不可思議。你學其他的法門有障礙,這個法門,世法跟佛法都不障礙。下面說了,「因持名之法,最為方便。隨地可修,何待遁入山林」,就是不需要找個山林,人跡不到的地方,不需要。「隨時可念,不勞閉關宴坐」,只要你能夠念念不離彌陀,那是什麼?真閉關。不是把自己關在一個地方,是要把妄想、雜念把它關到外頭去,決定它不能干擾我。我念念就一句阿彌陀佛,白天也念,晚上也念,一切時、一切處什麼妨礙都沒有。人多,我們念佛會吵到別人,我心裡頭默念,不干擾他。我不出聲,心裡頭默念,一句一句不中斷,外面的這些擾亂不干擾。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第七集) 2012/10/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0007
Di tempat yang terdapat banyak orang, jika kita melafal keluar suara akan mengganggu orang lain, maka kita melafalnya di dalam hati saja, supaya orang lain tidak merasa terganggu. Saya tidak melafal keluar suara, saya melafalnya di dalam hati, sepatah demi sepatah sambung menyambung tak terputus, segala gangguan di luar takkan mempengaruhi diriku.
Meneladani Bodhisattva Avalokitesvara, meskipun melafalnya di dalam hati namun diri sendiri dapat mendengar suara hati, saya tidak mendengar suara dari luar, saya hanya mendengarkan lafalan Amituofo yang saya lafal di dalam hati.
Suara apapun di luar takkan terdengar, oleh karena perhatian anda tertumpu pada lafalan Amituofo. Lafalan demi lafalan Amituofo di dalam hati disadari dengan jelas dan dimengerti, ini merupakan praktisi pelafal Amituofo sejati!
Cara ini sungguh menakjubkan, dapat menghapus segala bentuk pikiran, kekotoran batin dan tabiat, ini disebut sebagai keterampilan melatih diri. Membuang segala bentuk kekotoran batin, sehingga yang tersisa cuma lafalan Amituofo.
Praktisi ini dapat terlahir ke Alam Sukhavati kapan saja dia menghendakinya, tingkatan Bunga Teratai yang dicapainya pasti adalah tingkatan paling atas, di Tanah Suci tingkatan ketiga atau “Shi-bao-zhuang-yan-tu”.
Inilah yang dikatakan sebagai, “Sepatah Amituofo dapat mengeliminasi 8 miliar kalpa dosa berat samsara”, mari kita renungkan apakah benar perkataan ini?
Perkataan ini memang nyata adanya, masalahnya terpulang kembali pada apakah anda tahu cara melafal atau tidak? Jika anda melafal Amituofo sambil timbul keraguan, bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran, maka lafalan anda tidaklah murni, merusak keterampilan melatih diri.
Lain halnya jika anda melafal Amituofo tanpa disertai keraguan, tidak berbaur dengan bentuk-bentuk pikiran, maka lafalan Amituofo ini dapat mengeliminasi 8 miliar kalpa dosa berat samsara.
Setelah melafal 3-5 tahun kemudian, kekotoran batin tidak ada lagi, rintangan karma juga tidak ada lagi, tabiat juga tidak ada lagi, fisik dan mental jadi sehat, penuh dengan kebahagiaan Dharma.
Berdiam di dunia ini hanya demi memberi teladan dan menyelamatkan para makhluk, bukan lagi demi diri sendiri, andaikata demi diri sendiri, kapan saja boleh terlahir ke Alam Sukhavati sesuai dengan keinginan hati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 25 Oktober 2012
Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :
http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html
人多,我們念佛會吵到別人,我心裡頭默念,不干擾他。我不出聲,心裡頭默念,一句一句不中斷,外面的這些擾亂不干擾。
學觀世音菩薩,「反聞聞自性,性成無上道」,什麼叫反聞?我心裡頭念也有聲音,我自己能聽得到,我不聽外面東西,我只聽我自己念的佛號,這叫反聞聞自性。外面什麼聲音沒聽到,真沒聽到,為什麼?你注意力不在那邊,注意力在佛號上。外面聲音聽而不聞,為什麼?眼耳鼻舌身沒有跟意連起來,跟意連起來就知道,不跟意連起來。跟意連起來的只有這一句佛號,所以心裡感覺得的只是這一聲佛號,清清楚楚、了了分明。真念佛人!
念佛這個方法妙,能夠把你的妄想統統念掉,把你的煩惱念掉,把你的習氣念掉,把你的妄心念掉,這叫功夫。把五欲六塵拉拉雜雜東西全給念掉,心裡頭純一阿彌陀佛。他往生,他隨時可以往生,想什麼時候往生就什麼時候往生,往生的品位決定是上品上生,而且是實報土的上品上生。這就是說,「一聲阿彌陀佛,能消八十億劫生死重罪」,我們想想這句話是不是真的?真的。問題是你不會念,念的時候有懷疑、有妄想、有夾雜這就不行,這把功夫全破壞了。念的時候沒有懷疑、沒有妄想、沒有夾雜,那這個念佛,聲聲消八十億劫生死重罪。念上三年五載,煩惱沒有了,業障沒有了,習氣沒有了,身心健康,法喜充滿。留在世間是給人做榜樣,是為度他的,不是為自己,為自己,什麼時候去都可以。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第七集) 2012/10/25 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0007