Rabu, 25 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012 (Bgn 1)

 

 

Para Buddha Tathagata menjelma atau lahir ke dunia ini, ada yang menetap hingga beberapa puluh tahun lamanya; untuk kurun waktu yang singkat, mendadak muncul, setelah misiNya selesai, tidak tampak lagi.

 

Seperti kisah Master Hsu Yun yang berziarah ke Gunung Wutai, di tengah perjalanan beliau jatuh sakit, Bodhisattva Manjusri menjelma jadi seorang pengemis datang merawatnya.

 

Selama perjalanan tersebut, dua kali Master Hsu Yun jatuh sakit, dua kali pula si pengemis datang merawatnya. Setelah tiba di Gunung Wutai, barulah dia menyadari ternyata pengemis itu adalah jelmaan Bodhisattva Manjusri, dalam hatinya sangat berterima kasih.

 

Master Hsu Yun menempuh perjalanan berziarah ke Gunung Wutai, untuk melimpahkan jasa kebajikan tersebut kepada Ayahbunda-nya yang telah meninggal dunia, sebagai balas budi.

 

Begitu niat pikirannya muncul, Bodhisattva Manjusri langsung mengetahuinya, diam-diam memberikan perlindungan, ketika anda bertemu masalah butuh bantuan orang lain, Dia segera menjelma datang membantumu.

 

Sama halnya pula dengan diri kita di sini, ketika timbul niat pikiran bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, jika niat pikiran ini nyata maka akan menimbulkan mukjizat, sebaliknya jika palsu maka takkan ada mukjizatnya.

 

Jika niat pikiran ini adalah nyata, maka di Kolam Tujuh Mustika akan tumbuh sekuntum Bunga Teratai, yang terjalin dengan Buddha Amitabha. Hal ini tidak boleh diragukan, hal ini nyata adanya, saat kita menjelang ajal, Buddha pasti datang menjemput.

 

Kita membangkitkan tekad di dunia ini, kita membangkitkan tekad menyebarluaskan Buddha Dharma memberi manfaat bagi semua makhluk, sekarang juga saya ingin terlahir ke Alam Sukhavati, mengapa Buddha tidak datang lebih awal menjemputku?

 

Oleh karena tekadmu belum sempurna, ketika tekadmu belum sempurna, Buddha takkan datang menjemput. Menanti hingga saat menjelang ajal, tekadmu jadi sempurna, mengapa demikian? Oleh karena itu merupakan tekad seumur hidup, selama saya hidup sehari, saya akan melakukannya sehari, mukjizat ini sungguh tidak terbayangkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012

 

諸佛如來到我們這個世間,現的是應身、化身,應身是來投胎,在這個世間住個幾十年再走的;化身時間短,突然出現,事情圓滿就沒有了。像虛雲和尚朝五台山,在路上生病了,文殊菩薩化身,化成一個乞丐來幫助他、照顧他。每一次生病大概都是半個月,他當中兩次生病,兩次都是這個乞丐來照顧他。以後到達五台山,才知道照顧他的人是文殊菩薩,這感恩。他念頭一動想朝五台,將這功德迴向給他父母,父母過世早,報恩。念頭一動,文殊菩薩就知道,就在暗中保佑,你出了問題需要人幫忙,他就現人身來幫助你。我們這個地方起個念頭,求生西方極樂世界,這念頭是真的、是假的?假的沒有感應,如果是真的,七寶池裡頭就有一朵蓮花生出來,跟阿彌陀佛念念有感應道交。這個事情不能懷疑,千真萬確,到我們壽命終的時候,佛真來了。如果我們常常想著世間太苦,我這壽命不要了,不要,他就可以提早來,真想去他就真來。我們在這個世間有發的願,我們發了弘法利生的願,我現在就想去,佛為什麼不來?你那個願還沒滿,你願沒滿的時候佛不來。等到你臨命終時那就是願滿,為什麼?那個願是盡形壽,我只要活一天我就做一天,感應不可思議。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十三集)  2012/12/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0073

 

 

 

 

Kita tidak tahu bagaimana  pelatihan diri kita pada masa kehidupan lampau, tetapi setelah belajar Ajaran Buddha, keyakinan hati perlahan-lahan jadi teguh, ini menjelaskan akar kebajikan cukup mendalam dan tebal.

 

Keyakinan hati yang teguh yang tidak berubah ini merupakan jaminan anda terlahir ke Alam Sukhavati. Penyakit batin yang sekarang adalah tidak sanggup melepaskan kemelekatan, hal-hal yang membuat khawatir itu banyak sekali.

 

Mengapa tidak bisa melepaskan kemelekatan? Karena tidak sanggup mengikhlaskan. Jika sudah sanggup mengikhlaskan, mengetahui mana yang nyata dan mana yang semu, maka dengan sendirinya mampu melepaskan kemelekatan, tidak sulit sama sekali, begitu Buddha Amitabha muncul di hadapan, langsung ikut denganNya, tidak ada yang didambakan sama sekali.

 

Sanak keluarga adalah semu, tidak ada satupun yang nyata, jika tidak sanggup mengikhlaskan bagaimana? Sanggup mengikhlaskan adalah kebijaksanaan yang sesungguhnya.

 

Setiap butir niat pikiran yang timbul adalah demi semua makhluk, jangan pikirkan diri sendiri, setiap niat pikiran yang timbul adalah yakin pada Buddha tanpa keraguan sama sekali, setiap niat pikiran adalah menimbun kebajikan berkesinambungan, takkan melakukan kesalahan lagi, melatih diri dengan serius, terlahir ke Alam Sukhavati pada tingkatan Bunga Teratai yang tinggi, inilah yang mesti diperebutkan, jangan memperebutkan ketenaran dan keuntungan duniawi, itu adalah semu.

 

Membantu para makhluk juga harus mengandalkan jodoh, jika berjodoh maka lakukanlah, sebaliknya jika tidak ada jodoh maka tidak perlu dipaksakan, jangan sampai menimbulkan kerisauan di hati para makhluk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012

 

我們自己不知道自己過去生中的修習,但是學佛之後這信心慢慢堅定,這就說明善根相當深厚。不深厚,這時間並不很長,你的信心就為什麼到這麼樣的堅定。堅固不變的信心,就是你決定得生的保證。那現在有點毛病?現在毛病就是放不下,牽腸掛肚的事情很多。放不下什麼原因?沒看破。真看破了,知道什麼都是假的,什麼都是空的,自然放下,一點都不費勁,彌陀一出現,馬上就可以跟他走,毫無留戀。家當假的,不是真的,沒有一樣是真的,親情也是假的,不看破怎麼行?看破真智慧。念念想眾生,不要想自己,念念要信佛不能有絲毫懷疑,念念修善積德,不再犯過失,真修行,往生品位真高,要爭取這個,不要爭取世間名聞利養,這假的。幫助一切眾生看緣分,有緣要做,沒緣不做,不要叫眾生生煩惱。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十三集)  2012/12/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0073