Jumat, 18 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012 (Bgn 3)

 

 

Jika masih melekat, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, terkecuali anda melekat pada Buddha Amitabha, maka dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Buddha Amitabha menyadari bahwa kemelekatan itu sulit dilepaskan, makanya menasehati dirimu supaya mengganti objek kemelekatan tersebut, melekat pada lafalan Amituofo, melekat pada Alam Sukhavati, dengan sendirinya anda dapat mencapai pembebasan, melupakan dunia fana ini sebersih-bersihnya, harus melepaskan kemelekatan, tidak boleh mendambakannya sama sekali, jangan ada kemelekatan sama sekali, mengetahui bahwa segala sesuatu hanyalah khayalan semu, janganlah taruh di hati, jika taruh di hati maka celakalah.

 

Lihatlah diriku ini, berada di tempat ini, memberi ceramah di sini, para sahabat Dharma yang berasal dari seluruh penjuru dunia, saya sangat berterima kasih kepada mereka, selalu mengirimkan parsel kepada diriku, entah itu makanan, pakaian, keperluan harian, banyak sekali.

 

Lantas bagaimana saya menangani-nya? Tidak meliriknya sama sekali, juga tidak pernah menanyakannya sama sekali, bahkan disimpan di mana, saya juga tidak mengetahuinya.

 

Andaikata saya menaruhnya di dalam hati, celakalah, mereka telah mencelakaiku; justru tidak menaruhnya di dalam hati, menganggapnya tidak ada sama sekali, maka hal ini takkan mencelakai diriku.

 

Jika saling berhadapan langsung dengan dermawan, saya hanya mengangguk-anggukkan kepala sebagai ungkapan terima kasih, setelah itu selesai. Barang-barang ini, siapa suka silahkan ambil, siapa yang makan, siapa yang pakai adalah sama saja. Menjalin jodoh dengan orang banyak.

 

Jumlah parsel yang terlampau banyak, makanan bergizi yang tersohor dan mahal, contohnya ginseng, saya tidak memiliki pengetahuan yang berkaitan dengan barang begini, tampaknya lumayan, lalu saya menyuruh mereka membaginya menjadi bungkusan kecil, menghadiahkan kepada para lansia yang tinggal di sekitar sini, menjalin jodoh secara meluas!

 

Melafal Amituofo lebih penting dari segala-galanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012

 

執著是離不開六道輪迴的,可是你執著的是阿彌陀佛,六道裡頭沒有阿彌陀佛,極樂世界有阿彌陀佛,所以它跟極樂世界相應,跟這六道裡頭不相應。這個六道裡頭有我執、有自私自利、有貪瞋痴慢、有五欲六塵,你執著這些東西,你出不了六道輪迴。所以阿彌陀佛知道執著放不下,換一個,換個對象,執著阿彌陀佛、執著極樂世界,自自然然就解脫了,把這個世間忘得乾乾淨淨,要放下,一絲毫都不能夠留戀,一絲毫都不能夠執著,知道什麼都是假的,可不能放在心上,放在心上就壞了。

 

  你們看到我在此地,住在這邊講經,四面八方的這些道友,我很感激他們,經常不斷送這些禮物給我,吃的、穿的、用的很多。我怎麼樣處理?看都不看它,從來不過問,收藏在哪裡我不知道。我要把這個東西放在心上,糟了,就壞了,那它們害死我了;不放在心上,若無其事,它害不了我。我看看,點點頭謝謝他,就完了。這些東西,誰歡喜吃就拿去吃,誰用得上就拿去用,好!廣結善緣。太多了,很名貴的補品,像參這一類的,我都不懂、都不認識,不識貨,大概都是不錯的,我讓他們分成小包,看看鄰居,八十歲以上的人都送,廣結善緣!持名念佛比什麼都重要。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十八集)  2012/11/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0028

 

 

 

 

Di dalam Pintu Dharma Tanah Suci, selain metode melafal Amituofo, masih terdapat tiga metode lainnya, contohnya metode perenungan. Tetapi jika diperbandingkan, maka metode melafal Amituofo merupakan jalan yang paling dekat dan yang paling cepat, tidak ada lagi yang lebih cepat daripada yang satu ini.

 

Pintu Dharma Dhyana (Zen) merupakan jalan dekat, tetapi Pintu Dharma Tanah suci merupakan jalan yang terdekat, melafal Amituofo merupakan jalan paling terdekat yang tiada duanya lagi.

 

Kita telah bertemu dengan metode ini, yang paling penting adalah dapat meyakininya, jika tidak percaya, sudah bertemu sama saja tidak bertemu, harus memiliki keyakinan hati yang kokoh, tidak boleh ada keraguan sama sekali, dalam satu kehidupan ini pasti bisa meraih keberhasilan.

 

Begitu niat ini dibangkitkan, anda langsung memperoleh pemberkatan kewibawaan Buddha Amitabha, mengapa demikian? Oleh karena begitu niat ini dibangkitkan, Buddha Amitabha telah menerima-mu jadi siswaNya.

 

Jika di hatimu masih ada secuil keraguan, maka Buddha Amitabha takkan menerima-mu, anda mengira telah menjadi siswaNya, namun Sang Buddha takkan mengakuimu, maka itu tidak boleh ada keraguan sama sekali, dalam satu kehidupan ini, saya pasti terlahir ke Alam Sukhavati!

 

Dengan sebersit niat pikiran ini, nama-mu telah terdaftar sebagai penduduk Alam Sukhavati, di kolam tujuh mustika tumbuh sekuntum Bunga Teratai bertuliskan nama-mu.

 

Semakin rajin anda melafal Amituofo, tekad semakin bulat, Bunga Teratai akan tumbuh semakin subur dan besar, cahaya-nya juga semakin unggul, kelak anda terlahir ke Alam Sukhavati adalah menjelma dari dalam Bunga Teratai tersebut. Bunga Teratai ini diurus secara langsung oleh Buddha Amitabha.

 

Maka itu metode melafal Amituofo adalah jalan terdekat yang tiada duanya lagi, meraih keberhasilan dalam waktu singkat, aman dan unggul, betapa besarnya pahala dan jalinan jodoh ini, barulah anda dapat bersua dengan Pintu Dharma ini!

 

 Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012

 

念佛法門有四種念佛,這四種念佛比較起來,持名又是個近路,所以古人有個小冊子叫《徑中徑又徑》,就是指的持名,這最快的,沒有比這更快的。禪是徑路,淨土是徑中之徑,持名念佛是近路裡頭又是一個近路。

 

我們遇到了,遇到了最重要的要相信,不相信,遇到也等於沒有遇到,要堅定的信心,決定不能懷疑,一生決定能成就。只要這個心一發,你就得到阿彌陀佛威神加持,為什麼?這個心一發,阿彌陀佛就收你做徒弟了。你帶著懷疑,他不收你,你自己以為是彌陀弟子,彌陀不承認。一絲毫懷疑都沒有,我這一生決定到極樂世界去!這一念,極樂世界就註冊了,七寶蓮池裡頭就有你的蓮花,那蓮花上有名字,不會錯的。你在這裡念佛愈勤,發心愈懇切,那個蓮花就愈大,光彩就愈勝,將來到極樂世界往生就生在這朵花裡頭。這個花,阿彌陀佛親自照管,沒有找人代理的,他親自來關懷,親自來照顧。所以是徑中徑又徑,成功迅速、成功穩當、成功殊勝,多大的福報、多大的因緣,你才能遇到!

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十八集)  2012/11/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0028

 

 

 

 

Di dalam “Amitayurdhyana Sutra” terdapat 16 metode perenungan, salah satunya adalah metode melafal Amituofo. Sutra ini disampaikan oleh Buddha Sakyamuni kepada Ratu Vaidehi.

 

Dari 16 metode perenungan ini, metode melafal Amituofo berada di urutan terakhir. Patut diketahui bahwa konsep pemikiran orang India kuno hampir sama dengan orang Tiongkok, yakni apa yang terunggul, apa yang terbaik, ditaruh pada urutan terakhir.

 

Lihatlah pagelaran seni Tiongkok, pertunjukkan yang terbaik ditempatkan pada sesi terakhir, mengapa demikian? Kalau ditaruh di sesi awal, maka sebelum acara usai, penonton sudah keburu kabur pulang, karena pertunjukkan selanjutnya tidak menarik lagi.

 

Jadi pertunjukkan terbaik sengaja ditaruh di sesi terakhir, sehingga penonton harus menyaksikannya hingga acara selesai barulah pulang. Sama halnya pula dengan Buddha Sakyamuni dalam membabarkan Dharma, apa yang terbaik ditaruh di urutan terakhir, semakin lanjut semakin menarik, maka itu metode melafal Amituofo ditempatkan pada urutan yang paling akhir, yakni metode ke-16.

 

Maka itu bagi praktisi yang memiliki suasana hati yang labil, bukan saja tidak berhasil melatih metode perenungan, bahkan membaca sutra saja juga tidak bisa memahaminya, mendengar ceramah juga tidak dapat memahaminya secara benar.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012

 

Video kartun “Amitayurdhyana Sutra” :

https://youtu.be/50aWf1UeT1Y

 

觀想念佛就是《觀經》所說的,「以我心目,想彼如來。但凡夫之心散亂浮動」,叫心浮氣躁,「鮮有靜定之時,難入微妙之觀。故云:境細心粗,妙觀難成。故不如持名之方便易行,不問上智下愚,無論苦樂忙閑,人人能念,個個可行也」。這是做個比較,觀想不容易,不如持名來得方便。《十六觀經》是釋迦牟尼佛對韋提希夫人所說的,這部經的重要講兩樁事情,跟《無量壽經》不一樣,《無量壽經》屬於概論,對極樂世界面面都說到了,介紹得很詳細。《觀經》裡面說兩樁事情,一個是理論,淨宗建立的原理;第二個是修學的方法,方法講了十六種,叫十六觀,持名念佛是最後的一種,第十六觀,是持名念佛。

 

古代中國跟印度有些概念是相同的,最殊勝的、最好的放到最後。你看中國藝術表演,最好的東西叫壓軸戲,放在最後。為什麼?好東西擺在前面,人家看完了,後頭都不如這個,他看完就走了,這後頭不看了。壓軸戲放到最後,一定要看完才能走,沒有看完,好東西在後頭沒見到。佛說法亦如是,最好的放在後面,愈是後面就是愈精彩的,所以持名放在最後,第十六觀。

 

  確實,心浮氣躁不但觀想不能成就,看經也沒有看懂,聽經也沒有聽懂,什麼原因?心浮氣躁。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十八集)  2012/11/22  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0028