Master Ouyi mengatakan dengan bagus, “Tinggi rendahnya tingkatan Bunga Teratai yang dicapai, tergantung pada dalam atau dangkalnya keterampilan melafal Amituofo yang dimiliki”.
Di Alam Sukhavati terdapat sembilan tingkat Bunga Teratai, ini adalah garis besarnya, jika ingin membahas pembagiannya secara mendetail, maka takkan habis-habisnya.
Terlahir ke Alam Sukhavati, tinggi rendahnya tingkatan yang dicapai adalah tergantung pada keterampilan melafal Amituofo masing-masing praktisi.
Jika anda telah memahaminya secara benar, saya percaya anda juga akan serupa dengan praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati dengan posisi berdiri, dia telah berhasil menerapkan “Kurangi satu perkataan, perbanyak melafal Amituofo”. Apa alasannya?
Saya perbanyak melafal Amituofo, tingkatan Bunga Lotus-ku nanti akan semakin naik, sebaliknya jika saya perbanyak satu perkataan, malah akan merintangi upayaku nanti terlahir ke Alam Sukhavati. Jadi buat apa?
Untuk apa mengucapkan perkataan yang tidak penting? Walaupun dikategorikan sebagai hal penting, tetapi bila dibandingkan dengan urusan terlahir ke Alam Sukhavati, maka hal penting di dunia ini jadi tidak penting lagi.
Setengah tahun sebelum wafat, Upasaka Huang Nianzu memberikan teladan kepada kita, melepaskan segala kemelekatan, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan. Dalam sehari melafal sebanyak 140 ribu lafalan Amituofo, beliau menghitungnya, setengah tahun kemudian, beliau terlahir ke Alam Sukhavati.
Mengapa harus menghitung? Takutnya kita jadi makin malas. Sehari targetnya adalah 140 ribu lafalan, anda tidak memiliki waktu luang untuk mengobrol, jika anda masih hobi kongkow-kongkow, anda pasti tidak bisa mencapai target.
Sehari 100 ribu lafalan, kami melihat banyak praktisi yang dapat memenuhinya, sedangkan sehari 140 ribu lafalan, kami belum pernah melihatnya. Sehari 140 ribu lafalan, berarti sebutir niat pikiran pun tidak sempat muncul, setiap niat adalah Amituofo.
Beliau sangat ber-maitri karuna, memperlihatkan teladan bagi kita semuanya, dengan demikian barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati pada tingkatan Bunga Teratai yang tinggi.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012
大師這個話說得好,「品位高下,全由持名之深淺」。往生極樂世界,極樂世界四土三輩九品,這是大說;要細分,那就說不盡了。往生地位高下,完全在我們念佛的功夫。你要是真的明白了,我相信你像那個念佛站著往生的人一樣,他真做到了「少說一句話,多念一句佛」。為什麼?我念這一聲佛,我品位往上升,我多說這一句話,這一句話會障礙我往生。何必?為什麼要說這些不要緊的廢話?要緊,很要緊,跟往生極樂世界比,它就不要緊。黃念祖老居士往生之前的半年,他給我們做了榜樣,放下萬緣,一向專念。一天,他是計數念佛,十四萬聲佛號,計數,每天十四萬聲佛號,念了半年,他走了。為什麼要計數?怕我們懈怠。一天十四萬聲,你沒有時間講閒話,你要講閒話的時候,你達不到這個數字。一天十萬聲佛號,我們見到很多,十四萬聲沒有見到過。十四萬聲,等於說一個妄念都沒有,念念都是阿彌陀佛。老人慈悲,做給我們看的,這樣往生才取得極樂世界的高品位。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十集) 2012/11/18 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0020
Bodhisattva tidak melafal nama Buddha maka tidak dapat mencapai KeBuddhaan; jadi Bodhisattva yang ingin mencapai KeBuddhaan mesti melafal nama Buddha. Maka itu bagi praktisi Tanah Suci, melafal Amituofo adalah benih sebab, mencapai KeBuddhaan adalah buah akibatnya.
Para makhluk di sepuluh penjuru alam yang terlahir ke Alam Sukhavati, tingkatan tertinggi adalah Bodhisattva Calon Buddha, Mereka juga bertekad terlahir ke Alam Sukhavati; sedangkan tingkatan terendah adalah para makhluk di Neraka Avici, mereka menyesali perbuatannya dan bertobat serta kembali ke jalan yang benar, dengan tekad hati ini melafal Amituofo, juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Namun ada sebagian kecil yang telah bertobat tetapi masih juga gagal terlahir ke Alam Sukhavati, apa sebabnya? Terlampau banyak melakukan pembunuhan, beban utang nyawa terlampau banyak, musuh yang datang menagih utang nyawa jumlahnya terlampau banyak, tidak ikhlas melepaskan dirinya begitu saja, makanya dia gagal terlahir ke Alam Sukhavati. Ini merupakan masalah besar!
Buddha dapat memaafkan dirinya, Buddha juga bersedia menjemputnya, tetapi di belakangnya terdapat sejumlah besar musuh penagih utang nyawa, kebencian hati mereka terlampau mendalam, tidak bersedia melepaskan dirinya.
Jika membahas tentang upacara ritual pelimpahan jasa, meskipun mengerahkan daya upaya terbesar guna memberi mediasi, namun arwah para makhluk yang pernah dibunuhnya, tidak menyetujuinya, sehingga dia jatuh ke Neraka, menjalani waktu sehari bagaikan setahun lamanya.
Kejadian begini juga merupakan sebuah cerminan guna memperlihatkan kepada kita, agar kita dapat melihat kenyataan dengan jelas dan dimengerti, setelah memahaminya, bahkan serangga dan semut juga tidak boleh dibunuh, seekor semut juga adalah satu nyawa! Bagaimana pula berani membunuh manusia?
Maka itu segala kejadian yang dialami oleh manusia sepanjang hayatnya, sebab dan akibatnya, anda telah mengerti dengan jelas, segala sesuatu harus dipikul dengan penuh tanggung jawab, tidak ada kaitannya dengan orang lain. Anda menimbun berkah maka anda akan menikmati berkah, sebaliknya jika anda menciptakan karma buruk maka anda harus menanggung akibatnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012
菩薩不念佛,不能成佛;菩薩要想成佛,得念佛。念佛是因,成佛是果,這才能講通。
極樂世界確實是有這個意思,十方世界眾生往生到極樂世界,地位最高的等覺菩薩,菩薩求往生;最下的無間地獄,無間地獄真正能懺悔,真正能回頭,真正能後不再造,下定這個決心,念佛可以往生。還有少數,真回頭了,真懺悔了,還是不能往生,那什麼原因?殺生太多,欠命債欠得太多,這些問他索命的眾生很多很多,不肯放過他,所以他不能往生。這是麻煩事!佛能夠原諒他,佛願意接引他,後面這一大堆索命的,怨恨的心太深,不肯放手。這個是說超度,用再大的力度去超度也無濟於事,他的那些被他殺的冤魂不肯答應,他就走不了,在地獄裡頭度日如年。這也是一種示現表法給我們看,我們真正把這個事實真相看清楚、看明白了,連蚊蟲螞蟻都不可以殺生,那也是一條命!怎麼敢殺人?怎麼敢害人?任何一個人在世間一生的際遇,你是真明白了、搞清楚了,就自己要承當百分之百的責任,與別人毫不相關。你修福,你就能享福;你造惡,你就應當受罪。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十集) 2012/11/18 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0020
Kebahagiaan manusia bukanlah karena dia memiliki kedudukan tinggi, juga bukan karena dia menikmati harta berlimpah, tidak ada kaitannya sama sekali, namun erat hubungannya dengan kebijaksanaan sejati. Dengan memiliki kebijaksanaan yang sesungguhnya barulah anda dapat menikmati kebahagiaan yang sesungguhnya.
Tanpa kebijaksanaan, anda bergelut dengan beban pikiran, kerisauan ini membawa pada anda kesengsaraan. Sang Buddha memahami hal ini dengan sangat jelas. Buddha mengajarkan para makhluk untuk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, Buddha mengetahui dari mana penderitaan dan kebahagiaan berasal.
Penderitaan timbul dikarenakan jiwa sejati tersesat, sebaliknya kebahagiaan muncul karena jiwa sejati telah tercerahkan. Sang Buddha membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, tujuannya supaya mereka menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, lantas cara apa yang digunakan? Dengan ajaran atau pendidikan.
Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma selama 49 tahun, usia 30 tahun mencapai penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati dan mulai menyebarluaskan ajaranNya hingga 49 tahun lamanya, usia 79 tahun memasuki Parinirvana.
49 tahun lamanya mengajari kita untuk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Maka itu sepanjang Sang Buddha membabarkan ajaran, para makhluk menerimanya dengan penuh sukacita.
Apa yang diajarkan Buddha merupakan pendidikan yang berkaitan dengan kehidupan manusia pada umumnya, keseluruhannya merupakan pendidikan kesusilaan, pendidikan etika moral dan pendidikan Hukum Karma; bagi mereka yang tidak memiliki keraguan lagi terhadap Ajaran Sukhavati, maka Sang Buddha akan menasehati mereka supaya membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 November 2012
人生最大的樂事,不是有高的地位,也不是有大的財富,與這個不相干,與真正智慧有關係,有真實的智慧,你才有真正的快樂。沒有智慧,你就是煩惱,煩惱帶給你痛苦。這些事情,佛了解得最透徹。佛幫助眾生離苦得樂,佛知道苦樂從哪裡來的,苦是從迷失自性來的,樂是覺悟自性來的。覺悟自性重要,與其他的不相干。所以佛要幫助眾生破迷開悟,為什麼?幫助他離苦得樂,他迷破了,苦就沒有了,覺悟了,他快樂就得到了。用什麼方法?用教學。釋迦牟尼佛在世講經教學四十九年,他三十歲大徹大悟、明心見性就開始教學,教了四十九年,七十九歲圓寂,整整教了四十九年。四十九年所教的是幫助我們破迷開悟,離苦得樂就自然得到了。所以佛教化的眾生,眾生快樂。佛的普世教育,就是一般人民水平的教育,生活教育,全是倫理、道德、因果;對於淨宗能夠深信不疑的人,就勸他信願持名。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十集) 2012/11/18 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0020