Minggu, 12 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2013

 

 

Melatih diri, apa yang hendak dilatih? Hal ini harus jelas dipahami. Melafal Amituofo, sehari sanggup melafal hingga berpuluh-puluh ribu lafalan, hal ini tidaklah penting.

 

Master Ouyi berkata, berhasil atau tidaknya seseorang itu terlahir ke Alam Sukhavati, syarat yang terpenting adalah apakah anda memiliki keyakinan benar atau tidak. Apakah anda yakin adanya Alam Sukhavati, adanya Buddha Amitabha, tiada keraguan sama sekali, benar-benar berniat ke sana, maka anda telah memenuhi syarat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Setibanya di Alam Sukhavati, ada sembilan tingkat Bunga Teratai, tingkatan mana yang anda capai, Master Ouyi berkata, tergantung pada dangkal atau mendalamnya keterampilan melafal Amituofo yang dimiliki, bukan berapa banyak jumlah lafalan.

 

Apa yang disebut dengan keterampilan? Secara keseluruhan keterampilan dimulai dari seberapa banyak anda berhasil melenyapkan kekotoran batin, seberapa banyak pula anda memperoleh hati yang suci, inilah yang disebut dengan keterampilan.

 

Keterampilan secara menyeluruh terletak pada bagian judul Sutra ini, yakni suci, setara dan tercerahkan, dengan adanya keterampilan, pasti terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2013

 

Judul lengkap dari Sutra Usia Tanpa Batas :

“Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”

 

Sembilan Tingkat Bunga Teratai :

https://daunbodhi.blogspot.com/2018/12/sembilan-tingkat-bunga-teratai.html

 

修行修什麼?這總得搞清楚。念佛,一天念多少萬聲佛號,這個不重要。蕅益大師講過,往生西方極樂世界,最重要的條件是你有沒有真信。你有真信,真正相信有極樂世界、有阿彌陀佛,一點都不懷疑,還真想去,你就具足往生的條件。到極樂世界,極樂世界四土三輩九品,你是哪一個階位,蕅益大師告訴我們,那是念佛功夫的淺深,不是數目多少。念佛功夫淺深,什麼叫功夫?功夫完全從你斷了多少煩惱,你的清淨心得到幾分,這是功夫。功夫完全在我們這個經題上,清淨心現前,就是有功夫了,決定得生。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一一六集)  2013/1/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0116

 

 

 

 

Keterampilan melatih diri secara keseluruhan terletak pada melepaskan kemelekatan, benar-benar sanggup melepaskan kemelekatan barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Jika tidak benar-benar melepaskan kemelekatan, sehari melafal seratus ribu kali pun sia-sia saja, apa alasannya? Anda masih mendambakan dunia ini, bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Jika tidak merindukan dunia ini lagi, berarti benar-benar sudah sanggup mengikhlaskan.

 

Di dalam hati kita masing-masing terdapat benih KeBuddhaan, yang juga disebut sebagai hati yang tulus. Dalam waktu keseharian kita menggunakan hati yang tulus dan bukan hati yang semu (pura-pura), inilah yang disebut sebagai keterampilan.

 

Dengan menggunakan hati yang tulus melafal sepatah Amituofo, dapat terjalin dengan Buddha Amitabha, “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”.

 

Dengan menggunakan hati semu melafal sepatah Amituofo, tidak ada sebutir pun niat pikiran yang terjalin, tidak terjalin, tidak dapat menimbulkan mukjizat.

 

Pada masa Dinasti Song terdapat Bhiksu Ying Ke, melafal Amituofo selama tiga hari tiga malam, berhasil mengundang kehadiran Buddha Amitabha, ini adalah dari hati semu melafal Amituofo hingga munculnya hati yang tulus melafal Amituofo, hati yang tulus itu mengundang mukjizat.

 

Saat permulaan melafal Amituofo, hari pertama, hari kedua masih menggunakan hati semu, hingga hari ketiga, hati yang tulus itu muncul ke permukaan. Hati yang murni tulus, yakni hati yang tulus, hati yang suci, terfokus membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, tidak ada niat pikiran kedua, saya membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Buddha Amitabha segera datang dan memberitahukan pada Bhiksu Ying Ke, anda masih memiliki sisa usia 10 tahun lagi, tunggu hingga ajalmu tiba, barulah Saya datang menjemputmu.

 

Bhiksu Ying Ke mengetahui penyakit batinnya, tidak tahan godaan duniawi, sisa kurun waktu 10 tahun, entah berapa banyak karma buruk yang akan diciptakannya, makanya dia berkata pada Buddha Amitabha, sisa usia 10 tahun, saya tidak menghendakinya lagi, sekarang juga saya pergi mengikutiMu.

 

Buddha Amitabha memenuhi permintaannya, tiga hari kemudian datang menjemput, ternyata benar, tiga hari kemudian Bhiksu Ying Ke terlahir ke Alam Sukhavati. Ini menjelaskan pada kita tentang keterampilan. Syarat terlahir ke Alam Sukhavati, tergantung pada keyakinan dan tekad, sedangkan tingkatan Bunga Teratai yang dicapai adalah tergantung pada keterampilan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2013

 

Kisah Bhiksu Ying Ke :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 September 2014

http://semilirsukacita.blogspot.com/2014/09/kutipan-ceramah-master-chin-kung-19.html

 

功夫全在放下,真放下,真放下才去得了。如果沒有真放下,一天十萬聲佛號都沒用處,都去不了。為什麼?你對這個世間還有留戀,你怎麼能去?對這個世間沒留戀了,真正看破了。我們凡夫心中,就是妄念裡頭有如來藏、有真東西,叫真心。在日常生活當中,我們用真不用妄,這就叫有功夫。用真心念佛一聲,跟佛相應,一念相應一念佛;用妄心念佛一萬聲,沒有一個念頭相應,不相應,不起感應。宋朝瑩珂法師能在三天三夜把阿彌陀佛念來,那是什麼?從妄心念到真心出來了,真心就起感應。開頭念的一天、二天都是妄心,念到第三天,真心出現。純真之心,這是真誠心、清淨心,專求往生,沒有第二個雜念,我就是要求往生。阿彌陀佛就來了,來了告訴他,你還有十年陽壽,等你壽命終了的時候我來接引你。瑩珂法師知道自己的毛病,自己劣根性很重,禁不起外面誘惑,這十年保不住,那十年不曉得造多少罪業,就跟阿彌陀佛說,十年陽壽不要了,我現在就跟你走。彌陀就答應他,三天之後來接引你,果然三天往生。這就說明什麼?功夫。往生的條件,信願,品位是功夫。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一一六集)  2013/1/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0116

 

 

 

 

Dalam menjalani kehidupan keseharian hendaknya menggunakan hati yang tulus, dalam bekerja juga menggunakan hati yang tulus, menangani urusan, memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, juga menggunakan hati yang tulus.

 

Hati khayal atau hati semu adalah kepura-puraan, menciptakan tumimbal lahir. Kita menggunakan hati yang tulus untuk bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka pasti berhasil terlahir ke sana. Jika kita menggunakan hati semu, tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, buah akibatnya adalah jatuh ke tiga alam penderitaan.

 

Manusia di dunia ini tidak mengetahuinya, Buddha mengetahuinya, kelahiran dan kematian para makhluk, tumimbal lahir, akibat perbuatan baik dan jahatnya, semuanya adalah diperbuat sendiri ditanggung sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain, dengan perkataan lain, diri sendiri harus bertanggung jawab sepenuhnya.

 

Orang lain membujuk dan memikatmu supaya berbuat jahat, anda percaya begitu saja padanya, menerima bujukannya, ini adalah urusan pribadimu. 

 

Jika dia membujukmu dan anda tetap teguh tak tergoyahkan, dia juga tidak bisa mencelakaimu, maka itu jangan menyalahkan dirinya, salahkan saja diri sendiri mengapa begitu gampangnya terjebak, apa boleh buat.

 

Melatih diri hingga tidak terpengaruh lagi oleh kondisi luar, maka anda telah mencapai pembebasan, kapan mau terlahir ke Alam Sukhavati, maka segalanya terwujud sesuai dengan keinginan hatimu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Januari 2013

 

一切法皆從真實心中作,這句話很重要。生活用真心,工作用真心,處事待人接物都要用真心。妄念,那就是造生死,製造輪迴。我們用真心,願望是求生淨土,決定得生;我們用的是妄心,不會往生,果報都在三途。世間人不知道,佛知道,一切眾生生死輪迴善惡果報,都是自作自受,與什麼人都不相干,用現代的話說,自己要負百分之百的責任。別人誘惑你做壞事,你相信他,接受他誘惑,還是你自己的事情。他誘惑,你如如不動,他害不了你,所以你不能怪他,怪自己願意上當,這就沒有法子了。學到不受外面境界干擾,你就生死自在,想什麼時候往生就可以什麼時候往生。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一一六集)  2013/1/9  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0116