Kamis, 09 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013 (Bgn 1)

 

 

Diantara benda persembahan di altar Buddha, yang paling penting adalah persembahan air, apa makna dari persembahan air? Agar sewaktu kita melihat air, hatiku harus serupa dengan air. Maka itu air harus jernih, bukan persembahan teh, teh memiliki warna, ada ampasnya, persembahan air jernih.

 

Air itu seimbang, hati itu harus seimbang, hati itu harus jernih, hati itu harus bersih, yang juga mewakili bagian dari judul Sutra yakni “Suci, setara dan tercerahkan”. Tanpa benda persembahan lainnya, hanya mempersembahkan segelas air juga boleh, oleh karena segelas air adalah sempurna.

 

Persembahan pelita, makna pelita adalah membakar diri sendiri demi menerangi orang lain, ini adalah Bodhisattva Mahayana, yakni membangkitkan Bodhicitta, menyelamatkan para makhluk, tidak mempersoalkan penderitaan diri sendiri.

 

Betapapun lelahnya diri sendiri, betapapun susahnya, serupa dengan pelita yang sedang menyala, menerangi orang lain. Asalkan dapat memberi manfaat bagi semua makhluk, membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, membantu para makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, bagaimanapun susahnya juga harus melakukannya, inilah makna dari pelita.

 

Sama halnya pula dengan makna dupa, membakar diri sendiri, mempersembahkan keharuman kepada orang lain. Dupa melambangkan keyakinan dan ketulusan.

 

Jadi benda persembahan memiliki makna tersendiri, tidak boleh tidak dipahami, jika tidak paham, maka sia-sia saja melakukan persembahan. Hendaknya diketahui bahwa Buddha dan Bodhisattva tidak kekurangan dan tidak butuh apapun, lantas buat apa kita melakukan persembahan?

 

Benda persembahan itu mewakili hati kita, tindakan kita, mengingatkan diri kita, inilah makna-nya. Benda persembahan di dalam pintu Buddha sangat banyak jenisnya, semuanya merupakan lambang, jadi harus memahami makna dibaliknya, melihat benda persembahan langsung teringat pada pelajaran yang disampaikannya, mengingatkan diri kita.

 

Kita harus membangkitkan hati yang bagaimana, ucapan yang bagaimana, tindakan yang bagaimana, benda persembahan mengingatkan diri kita.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013

 

Judul lengkap dari Sutra Usia Tanpa Batas :

“Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”

 

在供佛供品裡面,最重要的是供水,供水是什麼意思?讓我們看到這個水,我的心要像水一樣。所以水要乾淨,要淨水,不要供茶,茶有顏色,有染污,供茶就錯了,供清水。水是平的,心要平,心要清,要清潔,也是表我們經題上的一句話,「清淨平等覺」。覺是什麼?覺是照見,照見就是覺的意思。所以,這一杯水是表清淨平等覺,什麼供品都沒有,只供這一杯就行了,因為這一杯是圓滿具足。供燈,燈的意思是表燃燒自己,照耀別人,取這個意思。這個意思,這是大乘菩薩,就是發菩提心,普度眾生,不辭勞苦。自己再勞累、再辛苦,就像燈在燃燒一樣,光照別人。只要能利益一切眾生,幫助眾生破迷開悟,幫助眾生離苦得樂,怎麼樣辛苦也應該去做,燈取這個意思。香也是取這個意思,燃燒自己,以清香供養別人。香表信,所以叫信香,代表誠信,真誠、真信,表這個意思。

 

  所以,供品都有含義,不能不懂,不懂,白供了。要知道佛菩薩他什麼都不需要,這供具是什麼?供具是表我們自己的心、我們的行為,提醒我們,是這個意思。不是他需要,而是我們需要,他在果地上,一切都圓滿,我們在因地上,一切還不具足。佛門裡面供養具多,全是表法的,懂得表法,看到這些東西就等於上課一樣,都在提醒我們。我們要存什麼心,要用什麼心,要說什麼樣的話,要幹什麼樣的事,都提醒這些。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一一一集)  2013/1/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0111

 

 

 

 

Kita hidup di dunia ini, tak peduli waktunya panjang atau pendek, hendaknya menganggap serupa menginap di hotel, hanya beberapa hari saja sudah harus angkat kaki.

 

Hari ini anda memesan satu kamar di hotel, malam harinya anda menginap di sini, maka pada saat itu kamar tersebut adalah milikmu, besoknya anda sudah angkat kaki, beralih menjadi milik orang lain, hal ini mesti dipahami.

 

Hari ini anda tinggal di rumah ini, rumah ini adalah milikmu, begitu sehela nafas tidak kembali lagi, rumah ini beralih menjadi milik orang lain. Seluruh harta bendamu juga bukan milikmu seorang, saya selalu mengatakan, uang yang ada di kantong bajumu sekarang adalah milikmu, selain itu bukan milikmu.

 

Jika dapat menerima kenyataan ini, anda takkan memiliki kekhawatiran lagi, takkan menaruhnya di hati, jadi apa yang harus taruh di hati? Jika anda menaruh keakuan di dalam hati, semuanya harus menuruti keakuan, anda takkan bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir.

 

Dari mana enam alam tumimbal lahir berasal? Tercipta dari niat pikiran, dengan adanya keakuan maka ada enam alam tumimbal lahir, berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, tiada ujung pangkalnya, penderitaan yang tidak terungkapkan dengan kata-kata.

 

Maka itu harus diketahui, enam alam tumimbal lahir adalah semu, sebuah mimpi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013

 

我們再往下面看,「《會疏》曰:三界虛妄,皆不常住,總名世間」。世間無常,剎那生滅,一定要了解它的真相。我們人生在這個世間,無論時間長短,確實就像旅行一樣,在這個地方,旅館裡頭暫住幾天就要走。你今天在旅館訂這一個房間,晚上在這兒住,這個房間就是你的,明天離開了,就是別人的,一定要懂。你今天住的這個房子,你現在活在這裡住是你的,你一口氣不來,別人的。你所有一切財物也不是你自己的,我常說,你身上帶的錢是你自己的,不帶在身上,不是你自己的。你住在這個房間,這房間就是自己的;離開這個房間,這房間不是你自己的,這是事實真相。真正把真相看破了,你對於這個一點牽掛都沒有了,放不放在心上?不放在心上。要把什麼放在心上?如果是把個我放在心上,一切都為著我,你出不了六道輪迴。六道怎麼來的?就是這個念頭造成的,有我就有六道,就要搞輪迴,沒完沒了,苦不堪言。所以要曉得,六道是假的,一場夢。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一一一集)  2013/1/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0111

 

 

 


Berada dalam era yang kacau ini hendaknya meneladani orang tipe demikian, kerugian apapun dapat ikhlas diterima, penderitaan apapun juga dapat diterima, fitnahan apapun juga dapat diterima. Semua ini hanyalah bersifat sementara saja, dalam sekejab sudah berlalu, di kemudian hari menerima buah akibat yang manis!

 

Meskipun tidak belajar Ajaran Buddha, tidak tahu melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, pada masa kehidupan mendatang terlahir di Surga, mengapa demikian? Segala kesusahan yang dialami telah mengeliminasi rintangan karma-mu. Yang tersisa adalah jasa kebajikan yang sesungguhnya, pahala yang sesungguhnya.

 

Jika sebaliknya malah mengeluh dan menyalahkan orang lain, pahala pun cepat kandas, mana ada pahala yang begitu besar? Mana ada keberhasilan yang begitu unggul? Diri sendiri tiap hari mengerutkan alis dan berwajah murung, tidak ikhlas menjalani kesusahan, bagaimana bisa merasa bebas dan elegan?

 

Bagaimana rintangan karma dapat tereliminasi? Jika tidak sudi menerima kerugian, tidak sudi dijebak, apapun harus diperhitungkan sampai sedetail-detailnya, ini disebut menciptakan karma buruk, bukan hanya rintangan karma tidak tereliminasi, bahkan rintangan karma tiap hari bertambah berat.

 

Tiap hari bertambah berat, sampai saat menjelang ajal jatuh ke tiga alam penderitaan, bahkan kesempatan terlahir ke Alam Manusia pun tidak bisa diperoleh, hal ini harus kita pahami.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013

 

處亂世就要學這樣的人,什麼樣的虧都能吃,什麼樣的苦都能吃,什麼樣的冤枉都能接受。這是短暫的,剎那就過去了,後來的果報好!縱然不學佛,不知道念佛求生淨土,來生是天人,為什麼?一切苦難把你的業障都消掉了。累積下來是真正的功德、真正的福報,這是對的,是非常正確。要是怨天尤人,福報就完了,哪有這麼大的福報?哪有這樣殊勝的成就?自己一定每天愁眉苦臉,痛苦不堪,哪有這麼自在、這麼瀟灑?這都是做榜樣給我們世人看的,我們要會看,她的表法沒有白表。業障怎麼消的?就這麼消法。不肯吃虧、不肯上當、斤斤計較,那叫造罪業,不但業障消不了,業障天天加重。天天加重,到臨命終時三途去了,人身都得不到,這是我們自己必須要曉得的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一一一集)  2013/1/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0111