Sabtu, 29 Januari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012 (Bgn 3)

 

  

Di dalam karyanya yang berjudul “Penjelasan Amitabha Sutra”, Master Lianchi berkata : "Setara dengan para Suciwan, dengan sepatah Amituofo melampaui tiga asamkhyeyakalpa”.

 

Yang dimaksud dengan para Suciwan di sini adalah 41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya. Hanya dengan melafal sepatah Amituofo ini, anda telah memiliki tingkatan yang setara dengan 41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya, anda telah menjadi Bodhisattva Avaivartika.

 

Orang awam melatih diri dengan bersusah payah, setahap demi setahap barulah dapat mencapai 41 tingkatan Bodhisattva Dharmakaya, melewati perjalanan yang berliku-liku, tanpa mereka sadari ternyata hanya dengan mengulang sepatah Amituofo ini saja sudah bisa langsung mencapai tingkatan Bodhisattva Avaivartika.

 

“Melampaui tiga asamkhyeyakalpa” maksudnya adalah melampaui tiga asamkhyeyakalpa besar, ini adalah perbandingan. Orang awam yang melatih salah satu dari 84 ribu pintu Dharma, sangat sulit meraih keberhasilan, butuh waktu yang sangat panjang, yakni tiga asamkhyeyakalpa besar, barulah dapat mencapai tingkatan Bodhisattva Avaivartika.

 

Hari ini kita beruntung bersua dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, yang terunggul dan menakjubkan, dengan mengulang sepatah Amituofo ini dapat mengantar kita pada satu masa kehidupan ini juga menjadi Bodhisattva Avaivartika, inilah maksud dari kalimat “Dengan sepatah Amituofo melampaui tiga asamkhyeyakalpa”.

 

“Paling sempurna dan paling cepat”. Di dalam Pintu Dharma ini sebab (melafal Amituofo) dan akibat (mencapai KeBuddhaan) terjadi secara bersamaan, jadi tidak ada urutan awal dan akhir.

 

Ketika anda menggunakan hati yang suci, tulus dan hormat melafal sepatah Amituofo ini, maka setiap lafalannya terjalin dengan Buddha Amitabha, terjalin dengan Alam Sukhavati.

 

Setiap lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha, setiap lafalan sungguh tak terbayangkan, tidak ada yang lebih unggul lagi daripada metode yang satu ini.

 

Saya pernah belajar “Sutra Lotus”, “Surangama Sutra”, dan “Avatamsaka Sutra”, namun kini semuanya telah saya singkirkan, mengapa demikian?

 

Meskipun saya giat berupaya mempelajarinya, namun pada satu masa kehidupan ini belum tentu bisa meraih keberhasilan. Lain halnya dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, keberhasilan yang diraih adalah sama, jadi mengapa tidak memilih jalan terdekat saja? Mengapa harus memilih jalan memutar? Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan pilihan yang bijaksana.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

Tingkatan Bodhisattva :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/11/tingkatan-bodhisattva.html

 

 

「如《疏鈔》云:齊諸聖於片言,越三祇於一念」,這兩句話說得好,蓮池大師講的。齊是看齊,就是平等的意思。諸聖是什麼?四十一位法身大士,諸聖是指他們。就一句阿彌陀佛,就跟四十一位法身大士平等了,阿惟越致菩薩。他們用的功夫用得多,走很多彎路,我們走直路,沒有想到這一句名號就通到阿惟越致,真通不是假通。越是超越,三祇是三大阿僧祇劫,這是比喻。凡夫修大乘八萬四千法門任何一個法門,非常艱難,要很長的時間,是三大阿僧祇劫你才能修到阿惟越致菩薩。我們今天遇到這個法門,殊勝、微妙,一句佛號就能讓我們在這一生當中得到阿惟越致,越三祇於一念。

 

  「極圓極頓」,圓是圓滿。這個法門是因果同時,不是有先後的,它同時的。當你以清淨、真誠、恭敬心念這句佛號,聲聲佛號跟阿彌陀佛感應道交,跟極樂世界感應道交。所以,圓頓到極處,圓是圓滿,頓是快速。念念跟佛感應道交,念念不可思議,沒有比這個更殊勝的了。我學《法華》、學《楞嚴》、學《華嚴》,我統統丟掉了,為什麼?那是圓頓大法,很麻煩,我認真努力修學,一生未必修得成就。這個法門,我一生有把握,成就是平等的,為什麼不走近路?為什麼要迂迴?這是智慧的選擇。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第二十四集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0024

 

 

 

 

 

“Karena itu patut diketahui bahwa membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, bukan hanya merupakan inti dari Sutra Usia Tanpa Batas, sesungguhnya juga merupakan tujuan akhir dari keseluruhan Ajaran Buddha”.

 

Master Lianchi berkata dengan bagus, “Membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, bukan hanya merupakan inti dari “Sutra Usia Tanpa Batas”, bahkan juga merupakan inti dari keseluruhan Dharma yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni selama 49 tahun.

 

Tujuan dari Sang Buddha muncul di dunia ini, adalah untuk membantu semua makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Bagaimana caranya? Mesti membantu para makhluk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan. Hal ini hanya dapat diwujudkan dengan mengantar para makhluk terlahir ke Alam Sukhavati bersua dengan Buddha Amitabha.

 

Praktisi zaman dulu berkata, “Asalkan dapat bersua dengan Buddha Amitabha, buat apa merisaukan tidak tercapainya pencerahan”, begitu bersua dengan Buddha Amitabha, anda langsung mencapai pencerahan, ini nyata adanya dan bukan semu.

 

Terlahir ke Alam Sukhavati menjadi Bodhisattva Avaivartika dan mencapai “Tiga Ketidakmunduran”, yaitu yang pertama tingkatannya tidak mundur lagi, kini anda adalah seorang Suciwan, takkan mundur lagi menjadi orang awam.

 

Yang kedua adalah pengamalan tidak mundur lagi, anda kini adalah Bodhisattva Mahayana, takkan mundur lagi menjadi praktisi Hinayana.

 

Yang ketiga adalah niat tidak mundur lagi, tiap niat adalah menuju pada pencapaian KeBodhian tertinggi tiada taranya. Inilah Tiga Ketidakmunduran, pasti mencapai KeBuddhaan. Ini adalah Buddha nan sempurna.

 

Yang pastinya telah melampaui Dasa Dharmadhatu (sepuluh Alam Dharma), bahkan jauh melampaui enam alam tumimbal lahir.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

Enam Jenis Buddha :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/08/enam-jenis-buddha.html

 

 

「故知發菩提心,一向專念,不但為本經之綱宗,實亦為一大藏教之指歸也」。蓮池大師講得好,「發菩提心,一向專念」,不但是這部《無量壽經》,整個淨宗法門,乃至於釋迦牟尼佛四十九年講經教學,這兩句是總綱領、總原則。佛的目的,出現在這個世間,目的就是要幫助眾生離苦得樂。怎麼幫助?必須令一切眾生破迷開悟。破迷開悟,真正能把迷,究竟迷斷掉了,究竟悟開發了,只有到極樂世界見阿彌陀佛。古人講的,「但得見彌陀,何愁不開悟」,當你見到彌陀,你就開悟了,這真的不是假的。這部經修行的綱宗就說到此地,後面還有詳細,很長很長。

 

  底下一段,「明趣」,趣是歸趣,我修學這個法門,將來能得到什麼?這叫歸趣。所以這個第四段叫明趣,說明歸趣。我們看念老的註解,「夫宗之所歸者名趣。發菩提心,一向專念之所歸,在於往生極樂淨土,證三不退」。三不退,梵語叫阿惟越致。三種不退轉,第一個是位不退,你是聖人,不會退到凡夫;第二個是行不退,你是大乘菩薩,你不會退到小乘;第三個叫念不退,念念趣向無上菩提,你不會退到權教菩薩。這叫三不退,這就真的成佛了。三種不退轉,權教菩薩是十法界,十法界裡頭的佛、菩薩,也就是你絕對不會再退十法界了,當然超越六道太多了。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第二十四集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0024


 

 

 

 

Ada empat jenis tingkatan tanah suci di Alam Sukhavati, tingkatan yang paling dasar disebut “Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”, umumnya para praktisi terlahir di tanah suci ini. Mengapa demikian?

 

Oleh karena kekotoran batin dan tabiat kita masih belum dihapus hingga bersih, inilah yang disebut membawa serta rintangan karma terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Meskipun terlahir di tingkatan tanah suci yang paling dasar, namun memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad agung Buddha Amitabha, sehingga semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, sungguh tidak terbayangkan, di sinilah letak keunggulan yang tiada bandingnya dari Alam Sukhavati.

 

Kami sendiri setelah melihat beberapa butir tekad agung ini, barulah melepaskan segala kemelekatan, melepaskan seluruh pintu Dharma lainnya, memfokuskan diri mendalami Pintu Dharma Tanah Suci. Mengapa demikian? Memikirkan akar kebijaksanaan diri sendiri, hanya sanggup melatih Pintu Dharma ini saja, saya mempunyai keyakinan bisa berhasil, sedangkan untuk pintu Dharma lainnya, saya tidak punya kepastian.

 

Ini merupakan pilihan yang butuh kebijaksanaan, kita memiliki waktu yang terbatas, di dunia ini usia manusia sangat singkat. Bagi yang masih berusia muda juga tidak boleh berpikir ah, waktuku masih panjang, manalah bisa diandalkan, orang yang meninggal dunia pada usia muda banyak yang telah saya lihat.

 

35 tahun yang silam, pertama kali saya memberi ceramah di Hong Kong, separuh dari hadirin pendengar waktu itu, kini telah tiada, ada yang usianya masih muda, bahkan lebih muda dari diriku, kini telah tiada.

 

Hal ini menjelaskan bahwa kehidupan manusia sungguh tidak kekal, yang meninggal dunia pada usia 30-an, usia 40-an, jumlahnya sangat banyak.

 

Maka itu waktu merupakan sesuatu yang paling berharga dalam hidup kita, tidak boleh menyia-nyiakannya. Lantas bagaimana cara memanfaatkan waktu secara benar? Memfokuskan pikiran melafal Amituofo adalah cara memanfaatkan waktu secara benar.

 

Tiap menit dan detiknya janganlah sampai tersia-siakan, jangan pikirkan hal lainnya, segalanya hanyalah khayalan semu dan kosong, tidak ada kaitannya dengan diriku, buat apa saya merisaukannya?

 

Pikirkan Buddha Amitabha, inilah yang paling erat kaitannya dengan diriku, ini barulah yang paling nyata adanya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

 

我們看下面這一段,「略明四土往生之相」。「夫淨土有四土:一凡聖同居土。二方便有餘土。三實報莊嚴土。四常寂光土。以下略說明四土往生之相」。先說凡聖同居土,請看一百八十四面倒數第六行,念老的集解。這些要懂得,這是我們將來到極樂世界去,對極樂世界要做個詳細說明。凡聖同居土,大概我們去往生,多半都生在這個地方。為什麼?我們的煩惱習氣沒有斷乾淨,這叫帶業往生。雖然生凡聖同居土,得到阿彌陀佛本願威神加持,皆作阿惟越致菩薩,這就不可思議了,這就是極樂世界無比殊勝之處。我們也就是看到四十八願這幾願,我們才放下萬緣,一切法門統統放下,專修這個法門。為什麼?想想自己的根性,這個法門行,我能成就,別的法門沒有把握。

 

  這個要用智慧的選擇,我們以有限的時間,在這個世間壽命很短。年輕也不能說我還有多久的時間,不可靠,年輕人走的我們看到很多。三十五年前,我第一次到香港來講經,那個時候聽眾當中一半都不在了,有很年輕的,比我年輕的,都不在了。這說明什麼?無常,三十幾歲走的,四十幾歲走的,很多。所以,時間是我們這一生當中最寶貴的,其他都不重要,我們的時間不能浪費,不能糟蹋。時間什麼叫正用?一心念佛就是正用。分分秒秒都不要浪費,不要去想別的,什麼都是假的,什麼都是空的,於我不相干,我想它幹什麼?想阿彌陀佛,這於我最相關的,這最真實的。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第二十四集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0024