Insan zaman dulu berkata, makna dari “Kalyanamitra” adalah yang memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar. Asalkan memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, meskipun melanggar sila, melakukan sedikit hal yang tidak baik, namun dia masih dapat menjadi Kalyanamitra, mengapa demikian? Pengetahuan dan pandangannya tidak buruk.
Apabila dia menerapkan disiplin sila dengan ketat, di dalam tindak tanduknya tidak terdapat kesalahan sama sekali, tetapi pengetahuan dan pandangannya tidak benar, orang ini tidak dapat dijadikan Kalyanamitra.
Maka itu Master Zhizhe berkata, “Dapat berteori tetapi tidak dapat mengamalkan”, orang begini adalah “guru negara”, dia boleh mengajari seluruh penduduk negeri.
“Dapat berteori sekaligus dapat mengamalkan, adalah pusaka negara”. Dapat berteori tidak sanggup mengamalkan, guru negara. Apa yang hendak ditekankan di sini? Menekankan pada pengetahuan dan pandangan, pemikiranmu, pandangan dan pemahaman tidak ada yang salah.
Lantas mengapa tidak sanggup mengamalkan? Kita dapat memahaminya, dia itu memang memiliki pengetahuan dan pandangan benar, memang ada pencerahan, tetapi tidak ada kesaksian (pembuktian), inilah poin yang patut disayangkan.
Rintangannya adalah kekotoran batin dan tabiat yang terlampau berat, seperti apa yang dikatakan sebagai sanggup mengikhlaskan, tidak sanggup menahan kesabaran, di sinilah letak permasalahannya, dia tidak mampu bersabar.
Popularitas tinggi, keuntungan tebal, rupa nan menawan, kekuasaan, dia telah melihatnya, langsung takluk dan menurutinya, pengetahuan dan pandangannya tidak rusak.
Pengetahuan dan pandangannya tidak rusak, kita tidak boleh meremehkannya, jika saat menjelang ajal pikirannya masih jernih, dapat bertobat, kembali ke jalan yang benar, melafal Amituofo pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Jadi tidak boleh meremehkannya. Dalam hal ini secara keseluruhan melihat bagaimana perbuatannya, jika dosanya berat, takutnya tidak gampang kembali ke jalan yang benar.
Masih ada satu masalah lagi yakni kesombongan, orang pongah sulit kembali ke jalan yang benar, keangkuhan berkaitan erat dengan harga diri, sudah melakukan kesalahan, matipun tidak mau mengaku, tidak mau mengaku bahwasannya diri sendiri telah bersalah, menggunakan beragam cara guna menyelubunginya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012
古人有說,諸位要查「善知識」你就能查到,字典、辭典裡面,你看佛學裡講什麼叫善知識?正知正見的是善知識,以這個為標準。知見正,他破戒、破齋,還做的有一點不善的事情,他可以做善知識,為什麼?他知見沒壞。如果他戒律很嚴,你在他行為上找不到一點錯誤,他知見不正,這個人不能做善知識。所以,智者大師講過一句話,他說「能說不能行」,他說得一點都不錯,佛知佛見,從老師那裡學來的,他自己沒做到。天台大師說,這個人是「國之師也」,他能夠教化全國的人;「能說又能行,是國之寶也」。大師把正知正見的這個人分為兩個級別,能說能行,國寶;能說不能行,國師。重視什麼?重視知見,你的思想、見解沒錯誤。那為什麼不能做?我們也能夠理解,他知道是真,確實正知正見,確實有悟,他沒有證,可惜這一點。他的障礙就是煩惱習氣太重,所謂看得破,忍不過,問題在這裡,他不能忍。高名、厚利、美色、威武,他看到了,就低頭、就順從了,知見沒破。知見不破,我們也不能輕視他,如果他在臨命終時頭腦很清醒,能懺悔、能改過,念佛決定得生。所以,不能輕視他。這個裡頭完全看他造業,造極重罪業,恐怕就不容易回頭。還有一個麻煩的就是傲慢,傲慢很難回頭,傲慢是礙於面子,錯了,死也不承認,不承認自己是錯,用種種方法來掩飾。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十六集) 2012/11/27 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0036
Ajaran insan suci dan bijak memuji kerendahan hati dan rasa hormat, memuji kehidupan yang bersahaja. Kalau sudah terbiasa hidup sederhana, takkan mendambakan kehidupan mewah lagi, barulah dia takkan tergoda. Umumnya orang akan sulit untuk tidak tergoda!
Terutama zaman sekarang ini, kita telah mengabaikan pendidikan warisan leluhur. Bukan hanya diri sendiri tidak tahu, bahkan Ayahbunda, Kakek Nenek, Kakek Buyut Nenek Buyut, mereka juga tidak tahu.
Maka itu Buddha Sakyamuni menyampaikannya di dalam Sutra Usia Tanpa Batas sebagai “Para pendahulu, mereka tidak bertemu Buddha Dharma, tidak mengerti kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, maka itu melakukan banyak karma buruk. Mereka tidak mengenal Buddha Dharma, tidak mengerti belajar Ajaran Buddha, juga tidak ada kalyanamitra yang membimbing mereka”.
Tidak ada yang memberitahukan pada mereka, maka itu ketika dia melakukan kesalahan, janganlah menyalahkannya, dia tidaklah bersalah, dia tidak pernah mempelajarinya.
Saat sekarang baru menerima ajaran insan suci dan bijak, oleh karena sebelumnya telah terkontaminasi oleh tabiat yang amat berat, tabiat ini bukan bisa dihapus dalam waktu singkat, mustahil.
Jika hanya dalam waktu singkat berhasil menghapus tabiat, itu adalah suciwan agung yang bertekad datang kembali, bukan manusia biasa. Orang awam bertumimbal lahir ke dunia ini karena kekuatan karmanya, makanya dia tidak sanggup melawan beragam godaan. Dia tidak sanggup menahan diri dari godaan, Buddha dan Bodhisattva hanya bisa menyesalinya, takkan menyalahkannya.
Masalahnya pada akhirnya apakah dia bisa bertobat dan kembali ke jalan yang benar, jika tidak bisa, maka dia hanya bisa meneruskan berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Apa yang dipelajarinya sepanjang hidup ini, begitu bertumimbal lahir langsung dilupakan. Selanjutnya melihat perbuatannya di masa kehidupan mendatang, bagaimana orang yang bakal menjadi Ayahbunda-nya, berhadapan dengan lingkungan yang bagaimana, menentukan jalan hidupnya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 November 2012
世出世間聖賢之法,讚歎謙敬,謙虛、恭敬,讚歎生活樸實、節儉。清淡的日子過習慣了,對於這榮華富貴沒有戀慕的心,他才能不受誘惑。一般人不受誘惑難!尤其是現代,我們把傳統的教育、紮根的教育完全疏忽掉了。不但自己不知道,連父母、祖父母、曾祖父母他們都不知道。所以佛在這個經上說的一段話,「先人不善,不識道德,無有語者」。沒人告訴他,他做錯事情不要責怪他,他沒錯,他沒有學過。現在接受聖賢教誨,因為已經染污了很嚴重的習氣,這個習氣絕不是一朝一夕就能斷掉的,不可能;真能斷掉,那就是大聖賢乘願再來的,那不是凡人。業力到這個世界來投胎的,不是聖賢,他就沒有能力抗拒這些誘惑。所以他受不了誘惑,佛菩薩只有感嘆而已,不會責怪他。問題就是他最後能不能回頭,不能回頭,他繼續搞六道輪迴。這一生所修學的功德,一轉世全忘記了。那就看他來世的造化,他遇到什麼樣的父母,遇到什麼樣的環境,決定他一生。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十六集) 2012/11/27 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0036