Minggu, 11 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012 (Bgn 2)

 

 

Tathagata nirmanakaya lahir ke dunia ini guna membantu para makhluk untuk menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan. Untuk tujuan inilah makanya Buddha Sakyamuni muncul di dunia ini.

 

Lantas dengan cara apa supaya para makhluk dapat menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan? Yakni dengan menghancurkan kesesatan dan mengembangkan pencerahan.

 

Dari mana penderitaan berasal? Dari kesesatan, anda tidak memahami kebenaran sehingga niat pikiran yang timbul dan tindakan, semuanya adalah salah, sudah salah masih juga tidak menyadarinya, malah menganggap diri sendiri adalah yang paling benar.

 

Insan yang tercerahkan melihat dengan jelas, sebaliknya orang yang sesat tidak dapat melihat dengan jelas. Maka itu dengan menghancurkan kesesatan dan mengembangkan pencerahan barulah dapat menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, kesesatan sudah dihancurkan, penderitaan pun menjauh; pencerahan terbuka, kebahagiaan pun diperoleh.

 

Tujuan ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan cara pengajaran, maka itu para Buddha dan Bodhisattva terjun di bidang pendidikan. Zaman dulu profesi guru sangat dihormati semua kalangan, termasuk kaisar sendiri.

 

Kaisar begitu menjunjung profesi pengajar, oleh karena kestabilan negara sangat mengandalkan peranan mereka. Mengapa demikian? Apabila setiap orang menjadi insan bajik, kaisar tidak perlu cemas lagi. Apabila kaisar tidak menghormati para staf pengajar ini, maka penduduknya tidak mengecap pendidikan moral, kelak masyarakat pasti jadi kacau.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012

 

Catatan :

 

Para Buddha memiliki 3 jenis tubuh (Trikaya Buddha) yakni :

 

1. Sambhogakaya

“Sambhoga-kaya”, para Buddha menimbun berbagai jasa kebajikan sehingga mewujudkan Sambhogakaya, yang juga merupakan tubuh berkah kebajikan, kebijaksanaan dan kewibawaan. 

 

Contohnya : Ketika Buddha Amitabha mengikrarkan tekadNya lalu mewujudkan Tanah Suci Sukhavati, Dia akan membabarkan Dharma kepada penduduk Alam Sukhavati dengan menggunakan Sambhogakaya, para Bodhisattva dapat melihat dan berinteraksi dengan Sambhogakaya Buddha Amitabha.


2. Dharmakaya

Dharma-kaya dimiliki oleh Benih KeBuddhaan yang sejak semula ada pada diri setiap makhluk. Dharmakaya memenuhi seluruh semesta alam.

 

3. Nirmanakaya (Tubuh Jelmaan)

Nirmanakaya merupakan tubuh jelmaan, contohnya ketika Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Dharma di dunia ini, Beliau menggunakan Nirmana-kaya supaya dapat dilihat oleh manusia.

 

 

應身如來是來幫助眾生,幫助什麼?離苦得樂。這是佛陀出現在世間,他的目的就是這個,他的用心就是如此。用什麼理論能夠達到幫助眾生離苦得樂?他所用的是破迷開悟,是用這個原理。因為苦從哪裡來的?迷來的,你對事實真相不了解,你起心動念、言語造作全錯了,錯了你自己不知道,你認為你很正確。明眼人看得清楚,明眼人是什麼?沒有迷惑的人看得清楚,迷惑的人看不清楚。所以破迷開悟自然就離苦得樂,迷破了,苦就離開;悟開了,樂就得到。要用什麼樣的手段完成這個理論,達到目標?就是教學,所以一切諸佛菩薩都從事於教學工作。我們提出了十個教學為先,就是說明這樁事情。所以教學的人,現在人不尊重老師。古時候教學的人,從事於教育工作的人,在社會上沒有一個人不尊敬。第一個尊敬的就是帝王。帝王尊敬教學的人,尊敬老師,國家一定大治,為什麼?人人都被他教好了,他不要操心。他要不尊重教學的人,這個國家國民沒有受過教育,將來一定大亂,社會大亂。人民是教得好的,不尊重老師、不重道,那就沒用處,一定尊師重道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十三集)  2012/11/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0013

 

 

 


 

Saya (Master Chin Kung) telah mengajar sepanjang hayat, namun saya tidak pernah mengharapkan orang lain menjunjung diriku, usiaku telah lanjut, tidak lama lagi sudah harus meninggalkan dunia ini.

 

Saya mewariskan segala kebenaran ini kepada praktisi sekalian, jika anda menginginkan masyarakat yang stabil, aman sentosa, hanya ada satu cara, yakni menghormati guru.

 

Terhadap guru Taman Kanak-kanak, kita harus lebih menghormati mereka, jasa kebajikan-nya tidak kalah dengan dosen. Apa alasannya? Dia mengajarkan pendidikan etika moral sejak anak usia dini, jika bibit ini tidak dikembangkan dengan baik, kelak dia tidak dapat menjadi manusia yang seutuhnya, meskipun tamat perguruan tinggi juga tidak berguna.

 

Maka itu orang Tiongkok menghormati guru, bukan hanya menghormati guru yang membuat karirku jadi sukses, namun juga menghormati guru yang pertama kali mengajariku menulis dan membaca.

 

Orang zaman dulu waktu lulus ujian negara, setelah menjadi seorang sarjana, hal pertama yang dilakukannya adalah pulang ke kampung halaman sembahyang Leluhur, yang kedua adalah mengunjungi gurunya untuk menyampaikan ungkapan terima kasih.

 

Guru mana yang dikunjungi? Yakni guru yang pertama kali mendidiknya, dikala usianya masih 5-6 tahun. Orang Tiongkok sangat menjunjung pendidikan moral sejak usia dini, jadi guru yang pertama kali mendidik diriku adalah orang yang menanam akar pendidikan kesusilaan ke dalam diriku.

 

Andaikata guru pertama ini salah mengarahkan diriku sejak usia kecil, maka kesalahan ini akan sulit diperbaiki hingga sepanjang hayatku.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 November 2012

 

  我教了一輩子,不希望別人尊重我,我快要走了,快到九十的人快走了。我把這些事實真相留給大家,讓大家曉得,你們要想社會大治、安定和諧,只有一個方法,尊重老師。對從事教育的人,從事幼兒園教育的老師,我們都要非常非常尊重他,他的功德絕不亞於大學教授。為什麼?他在那裡培養紮根,那個苗要搞不好的話,他大學畢業沒用處。所以中國人敬師,不是敬成就我的這個老師。從前人考試,考中狀元,第一個回家去拜祖宗,第二個就去謝老師。謝老師謝哪個老師?啟蒙的老師,就是他五、六歲的時候上學,啟蒙的那第一個老師,拜那個老師,不是拜以後的。所以中國人講究根源,啟蒙老師是我的根、是我的源頭,先入為主;那個頭要是錯了,有了問題,這就一錯到底,真有道理。不是太學裡頭的老師,是啟蒙的老師。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十三集)  2012/11/1  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0013