Minggu, 19 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2013 (Bgn 2)

 

  

Hal yang paling berharga di dunia ini adalah melepaskan kemelekatan, melepaskan (menghapus) khayalan, melepaskan bentuk-bentuk pikiran, melepaskan perbedaan, melepaskan kemelekatan, para Buddha Tathagata membabarkan ribuan Sutra dan puluhan ribu Sastra, tidak ada satupun yang tidak mengajari kita berbuat sedemikian rupa.

 

Kita harus tercerahkan, harus memahaminya, menerapkannya dalam kehidupan keseharian, barulah bisa memetik manfaatnya. Lihatlah, dengan hati yang tulus, suci dan setara melafal sepatah Amituofo, ini adalah “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”, orang begini pasti memperoleh pemberkatan dari Buddha.

 

Buddha memberi pemberkatan, diri sendiri memperoleh manfaat, orang-orang yang ada di sekitar kita juga ikut memetik manfaatnya, satu orang memiliki berkah, akan membawa manfaat bagi seluruh keluarga.

 

Berkah yang lebih besar lagi akan membawa manfaat bagi seluruh kota, membawa manfaat bagi daerah tersebut, kota dan daerah tersebut memiliki berkah.

 

 Manusia harus menimbun berkah, menimbun berkah besar. Diterapkan dalam kehidupan keseharian adalah mengamalkan ajaran Tathagata.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2013

 

  

  世間最可貴的就是放下,放下妄想,放下分別,放下執著,諸佛菩薩千經萬論無一不是這樣教導我們。我們要覺悟、要聽懂,要落實在現前的生活上,我們就得受用了。你看,以真誠、清淨、平等心念這一句佛號,那就是「一念相應一念佛,念念相應念念佛」,這樣的人必定得到佛的加持。佛加持好,自己得利益,我們周邊的人也得利益,一人有福,連帶一屋。福要是大,連帶這個城市,連帶這個地區,這個城市、地區都有福了。人要修福,修大福。落實在生活就是行如來行。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二三集)  2013/1/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0123

 

 

 

 

 

Keterampilan yang kita lakukan hari ini adalah menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, cara yang digunakan untuk menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan adalah sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), ini merupakan prinsip umum.

 

84 ribu pintu Dharma tidak ada yang bertentangan dengan prinsip ini, barulah merupakan Buddha Dharma; jika bertentangan dengan sila, samadhi dan prajna, maka kadarnya telah berubah, tidak murni lagi, berubah menjadi siluman, mara dan setan jahat lainnya, ini sungguh mengerikan.

 

Kesimpulannya adalah segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran. Enam alam tumimbal lahir dan sepuluh alam Dharma (Dasa Dharmadhatu), juga muncul dari hati dan pikiran, bagaimana anda berpikir maka dia akan berubah menuruti perubahan niat pikiran anda.

 

Maka itu niat pikiran harus benar, tidak boleh sesat, jika sudah sesat, segalanya jadi salah, dunia pun bisa musnah. Dunia musnah, anda tidak memperoleh manfaat apapun, malah jatuh ke Neraka Avici, menjalani siksaan selama kalpa tidak terhingga.

 

Setelah melewati kalpa tidak terhingga, kapan waktunya anda bersedia kembali ke jalan yang benar, kenyang akan siksaan, tidak ingin menjalaninya lagi, setelah meninggalkan penderitaan maka merasa amat bahagia, dengan adanya niat pikiran begini, Buddha pun muncul untuk membantumu kembali ke jalan yang benar.

 

Selama anda belum memiliki niat kembali ke jalan yang benar, Buddha takkan datang, oleh karena tidak ada gunanya, anda juga takkan bersedia mendengarkan, takkan menerima, merasa diri sendiri yang paling hebat dan paling benar.

 

Ketika diri sendiri sudah tahu bersalah, maka Buddha pun muncul di hadapanmu.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2013

 

Dasa Dharmadhatu baca di :

http://smamituofo.blogspot.co.id/2013/07/poster-dasa-dharmadhatu.html

 

 

我們今天做的功夫就是破迷開悟,破迷開悟用的方法就是戒定慧,這總綱領、總原則。八萬四千法門都不違背,那就是佛法;違背了,戒定慧變了質,也會變質,那就變成妖魔鬼怪,那就非常可怕。所以,總而言之一句話,一切法,唯心所現,唯識所變,一切法從心想生。這是講六道十法界,從心想生,你心怎麼想它就怎麼變。所以念頭要正,不能邪,念頭邪了,一切都錯了,世界都會毀滅。世界毀滅,你得不到好處,你墮落在無間地獄,受苦受難用劫來計算,無量劫,出不來。無量劫之後,什麼時候你想回頭了,苦頭吃盡,不想吃苦了,苦離開就感覺到很快樂,有這種念頭佛就出現了,來幫助你回頭。你不能回頭的時候佛不來,來了沒用,你不會聽、不會接受,你自以為是。自己真正知道錯了,佛就出現。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二三集)  2013/1/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0123

 

 

 

 

 

Di Alam Neraka melewati sehari bagaikan setahun rasanya, penderitaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata. Di dalam Buddha Dharma Mahayana, tidak ada ruang dan waktu, menyampaikan padamu istilah kalpa yang tidak terhingga adalah sebuah gambaran.

 

Ketika seseorang menjalani siksaan, merasakan waktu itu sangatlah panjang, sebaliknya ketika seseorang sedang menikmati kesenangan, terasa waktu begitu cepat berlalu, ini membuktikan waktu itu tidak ada panjang dan pendek, secara keseluruhan adalah perasaan diri sendiri.

 

Maka itu ketika menjalani siksaan di Alam Neraka, terasa seperti ribuan tahun bahkan puluhan ribu tahun, mungkin saja di Alam Manusia hanya beberapa tahun, beberapa puluh tahun, tetapi di Alam Neraka terasa seperti sudah melewati ribuan bahkan puluhan ribu kalpa.

 

Anak kecil tidak memiliki perbedaan dan kemelekatan, melewati masa kecil yang ceria, saat merayakan Imlek sangat senang hatinya, berharap begitu lama waktunya barulah Imlek tiba.

 

Orang dewasa, terutama ketika pekerjaannya sedang tidak lancar, merasa mengapa begitu cepat Imlek sudah tiba. Maka itu kenyataannya tidak ada yang disebut dengan ruang dan waktu, ruang dan waktu itu diciptakan oleh niat pikiran kita.

 

Dengan bahasa masa kini adalah berpikir abstrak, bukan kenyataan. Tetapi manusia menganggapnya sebagai hal yang nyata, maka itu dia tidak dapat terbebas.

 

Bila menyadari bahwa ruang dan waktu adalah semu, maka dia dapat terbebas. Setelah terbebas dia jadi leluasa, mengapa demikian? Dia dapat kembali ke masa silam, menuju ke masa depan, karena tidak ada lagi batasan waktu.

 

Batasan ruang tidak ada lagi, dia dapat langsung tiba di tempat yang ingin ditujunya, tidak ada jarak lagi. Alam Sukhavati ada di mana? Di sini, tidak ada lagi batasan ruang.

 

Bahkan kita juga dapat menyaksikan pelatihan diri Buddha Amitabha selama lima kalpa, itu adalah waktu yang sudah begitu lama berlalu, sekarang juga dapat menyaksikannya, ini sungguh merupakan keanehan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Januari 2013

 

 

在地獄確實度日如年,苦不堪言。大乘佛法,法界虛空界,這裡面沒有時間、沒有空間,給你講無量劫是形容的意思。人在受苦,感覺得時間很長,人在享樂,感覺得時間很短,這就證明時間沒有長短,完全是你自己的感覺。所以在地獄裡受盡刑罰,就好像千年萬世一樣,也許在我們人間就是幾年、幾十年,地獄裡感覺得它已經是千萬劫。小孩沒有分別、執著,很快樂這個童年,過年很高興,盼望好久好久好久才過年。大人,尤其工作一切不順利的時候,感覺得怎麼這麼快年又到了。所以實際上沒有時空,時空都是我們念頭造成的,屬於不相應行法。用現在的話說,是個抽象概念,不是事實。可是世間人把它當作事實,他就有得受了,他在這裡頭不能解脫。如果知道時間跟空間是假的,不是真的,他就解脫了。解脫就自在了,為什麼?他能回到過去,他能回到未來,這時間沒有了。空間沒有了,他想到哪裡就到了,沒有距離。極樂世界在哪裡?就在此地,此方即是極樂,極樂即是此方,沒空間。看到阿彌陀佛五劫的參學,那很久很久之前的事情,現在可以看見。這是真正的奇特。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二三集)  2013/1/14  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0123