Ketika seseorang itu menipu orang lain, sesungguhnya orang pertama yang dikelabui adalah dirinya sendiri, seandainya dia tidak berniat menipu dirinya sendiri, dia pasti tidak akan menipu orang lain. Manusia yang yakin pada Hukum Karma, tidak berani timbul niat pikiran.
Kepercayaan takhayul tidak ada kaitannya dengan agama, agama itu tidak mengandung kepercayaan takhayul, baik Konfusianisme, Buddhisme maupun Taoisme, juga tidak mengandung kepercayaan takhayul.
Tetapi diantara para pengikut ajaran tersebut, ada sejumlah kecil orang-orang yang percaya takhayul, kita harus menggunakan kebijaksanaan untuk membedakan dengan jelas.
Jika itu adalah Dharma Sejati, maka sudah sepatutnya kita mempelajarinya dengan serius; sebaliknya jika itu adalah kepercayaan takhayul, yang penting kita menyadarinya, jangan sampai terpengaruh olehnya.
Menyadari bahwa di alam semesta ini masih ada hal-hal begini, yang juga tercipta dari hati dan pikiran sendiri, hati yang bagaimanakah itu? Hati sesat, hati yang menyimpang, oleh karena pikiran sesat, barulah ada kejadian-kejadian begini (kepercayaan takhayul).
Jika hati manusia benar, maka segala hal adalah kebenaran; sebaliknya kalau hati sudah menyimpang, maka segala hal jadi sesat; jika hati manusia bajik, maka segalanya jadi baik; sebaliknya hati kalau sudah jahat, maka segala sesuatu juga jadi jahat.
Makanya Buddha mengatakan bahwa segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran. Buddha tidak mengajarkan orang untuk berpandangan sesat, Buddha mengajarkan manusia untuk membangkitkan ketulusan, mengajarkan manusia supaya mengembangkan hati yang suci, setara dan tercerahkan.
Manusia tidak boleh tidak mempelajari ajaran insan suci dan bijak, mengapa demikian? Ajaran insan suci dan bijak barulah mengajari padamu tentang kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, anda harus melangkah di jalan yang benar, jangan melangkah di jalan sesat.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012
人要騙人,頭一個騙自己,他不欺騙自己,他就不會欺騙別人。真實心沒有欺騙,自自然然合乎巧方便,自然合乎,待人接物。落實在因果教育,真正相信因果報應,人不敢起心動念。
這個迷信跟宗教沒有關係,宗教不迷信,儒釋道都不迷信。但是這個裡頭也有少數迷信的人,我們要有智慧去辨別。是正法,我們應該認真學習;是迷信,我們知道就行了,不能受它的影響。知道宇宙之間還有這些事情存在,那也是唯心所現,什麼心?邪心,偏心、邪心才會有這些事情發生。總不離心性,心正,一切法都正;心邪,一切法都邪;心善,一切法皆善;心惡,一切法皆惡。所以佛說一切唯心造,這真的不是假的。佛沒有教人邪曲,佛教人真誠,教人清淨平等覺。人不能不學聖賢教育,為什麼?聖賢教育才真正把宇宙人生的正道教給你,你得要行正道,不能走邪道。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十七集) 2012/11/21 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0027
Prinsip belajar Konfusianisme dimulai dari menjauhi nafsu keinginan, yakni di dalam Buddha Dharma dikatakan sebagai melepaskan kemelekatan, dari sinilah memasuki pintu ajaran. Hendaknya melepaskan segala nafsu keinginan, apa alasannya? Nafsu keinginan meningkatkan ketamakan, kebencian dan kedunguan, tidak boleh ada hal begini.
Pendidikan masa kini justru malah sebaliknya, hanya takutnya anda tidak memiliki nafsu keinginan, mendorong supaya anda memiliki nafsu keinginan, semakin banyak semakin bagus, semakin tinggi semakin bagus, menganggapnya sebagai kekuatan yang mengantarkan masyarakat pada kemajuan.
Tidak tahunya bahwa ini justru merupakan sejenis pemikiran sesat yang mengantar dunia ini pada kemusnahan, hati manusia jadi jahat, pemikiran keliru inilah yang mengantar dunia pada kehancuran.
Tidak ada seorang pun insan suci dan bijak yang mengajari anda berbuat jahat, semua ajaran agama mengajarkan untuk menghapus nafsu keinginan, melenyapkan ketamakan, kebencian dan kedunguan.
Jika ajaran kebenaran telah diabaikan, maka ajaran sesat pun bermunculan. Hari ini kita telah menerima buah akibat dari pengetahuan sesat dan pandangan sesat, kenyang akan kesengsaraan ini, maka itu segeralah kembali ke jalan yang benar.
Jika tidak bersedia kembali ke jalan yang benar, masih bersikukuh melanjutkannya lagi, 10 tahun kemudian, meskipun berkeinginan juga tidak berdaya lagi kembali ke jalan yang benar. Apa akibatnya? Dunia berada di ambang kehancuran, bahkan kita telah melihatnya, sungguh mengerikan.
Kita harus bersyukur hari ini dapat bersua dengan Ajaran Tanah Suci, dalam satu kehidupan ini pasti terlahir ke Alam Sukhavati. Kita tidak sudi melihat dunia ini musnah, namun kita juga tidak berdaya menyelamatkannya, hanya bisa membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012
儒家做學問的綱領是從格物、致知入門,格物是什麼意思?遠離物欲,是這個意思,不能講錯,就是佛法裡面講的放下,致知就是看破,從這兒入門。要放下一切欲望,為什麼?欲望增長貪瞋痴,不能有這個東西。
現在的教育恰相反,唯恐你沒有欲望,鼓勵你欲望,欲望愈多愈好,愈高愈好,他認為這是社會進步的一個動力。殊不知,這是毀滅世界的一種邪惡的思想,人心壞了,科學家講的世界末日,這是導致世界末日的錯誤觀念。聖賢沒有一個人教你做壞事,每個宗教都教你克制欲望,沒有哪個宗教是教貪瞋痴的。所以,宗教都是正法,正法不要,邪的都出來了。今天我們已經嘗到邪知邪見的果報,已經吃到這個苦頭了,得趕快要回頭。再不回頭,再要這樣延續下去,十年不回頭,想回頭你也回不了頭。那是什麼結果?那就是滅亡,真正的世界末日,幾乎在我們眼前我們都能看見了,這很可怕。我們真的為自己慶幸,我們這一生遇到淨土,不要說還有十年,我們還有三年就行了,我們決定往生了。世界毀滅是你們的事情,你們自作自受。所以這個是一定要抓緊,我們不願意看到世界毀滅,我們也救不了這個世界,只有自己求生淨土,可以自救,救不了別人。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十七集) 2012/11/21 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0027