Minggu, 02 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 2)

 


 Maitri Karuna adalah cinta kasih yang berakal sehat, bukan menggunakan perasaan emosional, memahami kebenaran dengan sepenuhnya, dari sinilah hati Kasih berkembang.

 

Kasih ini adalah kasih sejati, bukan cinta individu, bukan karena dorongan emosional, namun mengalir secara alamiah.

 

Sekarang membahas tentang hal begini adalah sangat sulit dipahami, apa alasannya? Tidak pernah melihatnya. Bukan hanya tidak pernah melihat, namun juga tidak pernah mendengarnya, orang yang menceramahkannya juga tidak ada lagi, bagaimana kita bisa mengetahuinya?

 

Maka itu mencampurbaurkan Maitri Karuna dan cinta individu. Padahal sesungguhnya tidak boleh dicampurbaurkan, oleh karena Maitri Karuna mengalir dari hati sejati, sedangkan cinta individu berasal dari hati khayal.

 

Di dalam hati khayal terdapat perasaan emosional, sebaliknya di dalam hati sejati tidak ada, di dalam hati sejati ada kebijaksanaan. Maka itu kebijaksanaan dan perasaan emosional merupakan satu koin dua sisi, saat tercerahkan adalah kebijaksanaan, saat tersesat adalah perasaan emosional.

 

Dengan perasaan emosional, tidak ada yang tidak menciptakan karma, baik karma baik maupun karma buruk, memberikan manfaat bagi orang lain adalah kebajikan, membuahkan kelahiran di tiga alam bajik; sebaliknya mementingkan diri sendiri adalah karma buruk, akibatnya jatuh ke tiga alam penderitaan.

 

Di dalam hal ini, jika tidak mendalami Sutra Pitaka, bagaimana anda dapat membedakannya dengan jelas? Untuk mendalami Sutra Pitaka dibutuhkan waktu dan kemauan keras.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

慈悲是理性的愛,不是感情的,對於事實真相完全明瞭,愛心從這兒生的。這個愛是真愛,不是感情的,不是衝動的,是自自然然的。

 

現在講這些很難懂,為什麼?沒見過。不但沒見過,也沒聽說過,講的人都沒有了,我們怎麼會知道?所以把慈悲跟愛混為一談。其實它不能混合的,一個是從真心流露的,一個是妄心。妄心裡頭有情,真心裡頭沒有,真心是智。所以,智跟情是一體的二面,覺悟了就是智慧,迷了就是感情。感情沒有不造罪業的,業有善惡,利他的是善,感的是三善道;自利的是惡,感受的是三惡道。這個裡頭,如果不深入經藏,你怎麼會搞清楚?你怎麼會搞明白?深入經藏要時間、要毅力。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 

 

Untuk mendalami Sutra Pitaka dibutuhkan waktu dan semangat yang tak pernah pudar. Praktisi sejati, ada Mara yang datang merintangi; sedangkan praktisi palsu, Mara pun malas menghiraukannya.

 

Jika anda adalah praktisi sejati, Mara datang untuk mengujimu, apakah anda ini praktisi sejati atau palsu. Apa yang digunakan Mara untuk mengujimu? Ketenaran dan keuntungan, inilah cara yang digunakan.

 

Ada delapan tahapan kehidupan yang dilalui oleh seorang Buddha, salah satunya adalah menaklukkan Mara, apa makna-nya? Makna-nya adalah tidak terpengaruh pada godaan dan cobaan dari luar, tidak terpengaruh pada gangguan dari luar, hatiNya tetap terfokus tak tergoyahkan, kebijaksanaanNya bersinar terang.

 

Zaman sekarang, ada berapakah orang yang sanggup menahan godaan? Ketenaran, keuntungan, rupa, berapa orang yang mampu lolos dari jeratannya? Ini adalah cengkeraman Mara, berapa orang yang sanggup melepaskan diri dari cengkeraman ini. Hanya praktisi yang benar-benar membangkitkan Bodhicitta, dia takkan terpengaruh oleh gangguan ini.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

Delapan Tahapan Kehidupan Buddha :

http://daunbodhi.blogspot.com/2017/11/delapan-tahapan-kehidupan-buddha.html

 

深入經藏要時間、要毅力。真修行,就有魔來障礙;假修行沒有,魔不找你。你真修行,等於說魔要來考驗你,你到底是真是假。魔用什麼東西來考驗你?名聞利養,用這些方法。釋迦牟尼佛八相成道,在小乘有降魔,降魔表什麼法?表不受外面境界誘惑,不受外面境界干擾,他的心如如不動,他的智慧光明遍照,一定要懂這個意思。現在的人,幾個人能禁得起魔的考驗?高名、厚利、美色,幾個人能逃得過?這魔掌,逃不出魔掌。唯有真正發菩提心的人,他不受干擾了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 

Apa yang dimaksud dengan Bodhicitta? Yaitu bagian dari judul lengkap Sutra Usia Tanpa Batas, yakni “Suci, setara dan tercerahkan”. Selama dua dasawarsa terakhir, kami mendefinisikan Bodhicitta sebagai “Suci, setara dan tercerahkan”, di depannya ditambah dengan “Ketulusan”, di belakangnya ditambah dengan “Maitri Karuna”.

 

Asalkan hati yang tulus jadi efektif maka dampaknya terhadap diri sendiri adalah suci, setara dan tercerahkan, tahu menyayangi diri sendiri; terhadap orang lain adalah Maha Maitri Maha Karuna, tahu menyayangi-nya, orang yang tidak tahu menyayangi diri sendiri mustahil dapat menyayangi orang lain.

 

Orang yang tidak memahami kebenaran, mudah terpengaruh akan cobaan dan godaan dari luar, sebaliknya insan yang memahami kebenaran takkan terpengaruh, segala persoalan di dunia ini sesungguhnya adalah nihil, dari mana bisa ada begitu banyak masalah? Tidak ada sesuatu apapun.

 

Apa yang dimaksud dengan lingkungan hidup kita? Lingkungan hidup kita adalah hasil jelmaan dari kekuatan karma masing-masing. Kita dapat melihat lingkungan sekitar kita berubah menuruti kekuatan karma, namun diri sendiri jangan terjebak ke dalamnya, jika terjebak ke dalamnya maka akan ikut serta bergabung dengannya berputar di dalam lingkaran tumimbal lahir.

 

Lantas bagaimanakah cara supaya tidak ikut serta berputar di dalam lingkaran tumimbal lahir? Segala hal jangan taruh di hati, baik kebajikan maupun kejahatan janganlah taruh di hati, barulah anda dapat membedakan dengan jelas baik dan buruk.

 

Jika keterampilan melatih diri belum sampai tahapan sedemikian rupa, anda pasti terjebak ke dalamnya, jika berbuat baik, anda tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir, kelak maksimal juga cuma bisa mencapai Alam Dewa (Surga); sebaliknya jika berbuat jahat, kelak jatuh ke tiga alam penderitaan. Tetap saja merupakan masalah besar.

 

Aliran Sukhavati merupakan upaya kausalya yang paling praktis dan mudah, yakni terletak pada sepatah nama Buddha. Di dalam hati tidak memikirkan kebajikan juga tidak memikirkan kejahatan, hanya mengingat dan melafal Amituofo, inilah yang disebut dengan Aliran Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

Catatan :

Judul lengkap dari Sutra Usia Tanpa Batas adalah “Buddha membabarkan Mahayana Sutra Usia Tanpa Batas nan berwibawa, suci, setara dan tercerahkan”

 

菩提心是什麼?就是我們經題裡面講的「清淨、平等、覺」。我們在最近二十多年,講菩提心都用這個題,前後加了兩個,前面加了「真誠」,真誠是菩提心的體,決定沒有虛妄,後面就加個「慈悲」。真誠心起用,對自己就是清淨平等覺,自愛,對別人就是大慈大悲,愛他,不自愛的人不會愛他。不明白真相的人,很容易受外面境界誘惑,了解真相的人不會受誘惑,世出世間一切事都叫做無事,哪來的事?沒事。環境是什麼?環境是業力在轉變。佛菩薩聖力,世間眾生是業力,你就看到了,業力在轉,在轉動,自己不要捲到裡頭,捲在裡面就參加他的輪迴了。怎麼叫不捲?不放在心上,好事不放在心上,惡事也不放在心上,你對於善惡才看得清楚。你的功夫不到你必定捲在裡頭,都不好。捲在裡面,善,你出不了六道輪迴,將來頂多生天而已;不善的業,你就到三惡道去了。所以都是麻煩。

 

我們淨宗真的是方便當中的方便,它方便在哪裡?方便在一句佛號。心裡頭,就像六祖所說的,不思惡、不思善,善惡都沒有,只有阿彌陀佛,這就叫淨宗。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018