Kalimat berikutnya adalah apabila mengejar kesenangan pribadi, maka hal ini bertentangan dengan pintu KeBodhian. Anda masih saja memikirkan diri sendiri, memiliki niat mengejar ketenaran dan keuntungan, ingin memperoleh dan takut kehilangan.
Bertentangan dengan pintu KeBodhian (pintu pencerahan) adalah tidak memiliki kebijaksanaan, kebijaksanaan anda telah berubah menjadi kekotoran batin, jika ada kekotoran batin maka tidak ada kebijaksanaan.
Insan yang memiliki kebijaksanaan tidak memiliki kekotoran batin, hatinya tidak tergoyahkan, di dalam hatinya tidak ada masalah.
Masalah itu berasal dari luar diri, sesungguhnya tidak ada kaitannya dengan batinku, di luar sana adalah pentas drama, saya hanya menyaksikan pementasan drama, namun saya takkan terjebak ke dalamnya.
Ketika anda mengejar kesenangan bagi diri sendiri, anda telah terjebak di dalamnya, anda bukan lagi menjadi penonton. Penonton tidak memiliki karma kolektif (karma bersama) dengan para pemain drama.
Kita tidak mengutamakan kepentingan pribadi, dengan demikian berhasil keluar dari pentas drama, menjadi penonton di bawah pentas. Hari ini bencana merajalela, penonton tidak memiliki karma kolektif dengan para pelakon di atas pentas. Apa alasannya? Jika memiliki karma kolektif barulah ikut terdampak bencana.
Maka itu ada cara untuk keluar darinya, yakni dengan melafal Amituofo. Tetapi jika anda merasa melafal Amituofo masih kurang sakti dan bermaksud menambah-nambah metode lainnya supaya lebih ampuh, maka anda telah keliru, anda takkan berdaya keluar darinya.
Jadi mesti terfokus, cukup hanya dengan sepatah Amituofo saja, murni, jangan menambah apapun lagi, anda pasti bisa keluar dari lingkaran tumimbal lahir, mengakhiri samsara.
Meskipun belum terlahir ke Alam Sukhavati, namun nama-mu telah terdaftar sebagai penduduk Alam Sukhavati, hanya saja anda belum terlahir ke sana.
Ibaratnya anda telah memiliki paspor dan visa, kapan saja mau berangkat juga bisa.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012
所以底下這一句,若為自身求樂,即違菩提門。你還為你自己想著,你還有名,你還有利,你還有得失。違菩提門就是沒有智慧,你的智慧變成煩惱,有煩惱沒有智慧。真正有智慧的人沒有煩惱,他的心是如如不動,他心裡頭沒有事。事是什麼?事是外面環境,眾生的事情,於我不相干,你們是在演戲的,我看戲,我是局外人,不在局內。你為自身求安樂的時候,你就入進去了,你不是局外人。局外人跟他沒有共業,局內人跟他有共業。我們不為自身,他們都為自身,這就跳出來了。局外人,今天講災難,局外人不受災難,為什麼?跟你沒有共業,有共業的人才受災難。所以這個東西有辦法跳出來,什麼辦法?念阿彌陀佛就跳出來了。阿彌陀佛裡頭還加上一點,那你沒跳出來。真正就是純粹阿彌陀佛,什麼也沒有,你出來了,跳出生死,跳出輪迴。雖然沒有往生,你是極樂世界的人,已經註冊了,極樂世界已經有了你,只是你還沒去。等於說你已經拿到護照,拿到簽證,你隨時可以去。《無量壽經》就是護照,《往生論》就是簽證,這個東西好,別的統統可以不要了。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第十八集) 2012/11/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0018
“Mensucikan hati dan pikiran, demi mencabut penderitaan semua makhluk”. KeBodhian adalah hati yang suci, jika mengejar kesenangan pribadi maka ini melanggar pintu KeBodhian.
Mensucikan hati dan pikiran, mesti mencabut penderitaan para makhluk, bagaimana caranya? Diri sendiri harus memperlihatkan teladan yang baik kepada semua orang.
Dari mana penderitaan berasal? Dari khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Lihatlah diriku (Master Chin Kung) begitu tenang, bebas, tanpa ketakutan, meskipun besok bencana tiba, hari ini saya tetap menjalani hidup seperti biasa, melafal Amituofo, belajar ajaran Sutra, besok bencana tiba, tidak ada urusannya denganku (takkan panik).
Praktisi senior zaman dulu memperagakan dan membuktikan pada kita, dalam kurun waktu 3-7 hari saja sudah bisa terlahir ke Alam Sukhavati. Penampilan mereka ini memberitahukan pada kita, pada saat darurat kita dapat mengandalkan cara ini. Maka itu hati pun jadi tenang, takkan panik juga takkan ketakutan.
Maka itu, demi mencabut penderitaan semua makhluk, kita harus memperagakan cara menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, guna diperlihatkan kepada orang lain.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012
「安清淨心,為拔一切眾生苦故」。下面我們可以套前面,菩提是安清淨心,若為自身求安樂,那你就違菩提門了。安清淨心,一定是拔眾生苦,怎麼拔法?自己做出榜樣給他看。你們苦,苦從哪裡來的?苦從妄想、分別、執著沒放下。你看到我很安,我自在,我沒有畏懼,明天有災難,我今天很正常,我還是念我的佛,還是學我的經教;明天災難來了,於我不相干。古大德現身為我們說法,三天可以求往生,七天可以求往生。這些示現是做給我看的,告訴我,在必要的時候,用這種方法穩穩當當。所以心神是定的,不驚不怖,沒有驚慌、沒有恐怖,定的。所以,為拔一切眾生苦,我們要把離苦得樂做出來給人看。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第十八集) 2012/11/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0018
Suka duka itu sesungguhnya adalah khayalan semu, apa alasannya? Oleh karena suka duka itu berubah menuruti perubahan niat pikiran. Kondisi berubah menuruti perubahan hati, ini adalah kebenaran, ini diajarkan oleh Buddha kepada kita, kita meyakini-nya tanpa keraguan sama sekali.
Kondisi berubah menuruti hati siapa? Hati sendiri, jadi bukan orang lain. Maka itu kita harus berhati-hati terhadap niat pikiran sendiri yang timbul, hal ini lebih penting dari segala-galanya.
Semoga tiap butir niat pikiran kita yang muncul adalah murni suci dan murni bajik, yakni sepatah Namo Amituofo. Ini bagus sekali! Setiap saat menaruh nama Buddha di dalam hati, hal lainnya mesti dilepaskan.
Ingat jika lafalan Amituofo bercampur dengan bentuk-bentuk pikiran, maka ini akan merusak kesucian hati kita. Ibarat segelas minuman Tihu (susu yang diekstrak dan diambil sari yang terbaik), bercampur setetes racun saja sudah merusak keseluruhan minuman tersebut.
Apa yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni kepada kita merupakan kebenaran sejati, asalkan kita mengamalkan sebagaimana mestinya, setelah melewati satu kurun waktu, kuncinya ada pada hati sendiri, apabila hati kita tulus sepenuhnya, maka dalam waktu singkat akan tampak hasilnya, anda sendirilah yang paling jelas.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012
苦樂是虛幻的,不是真實的,為什麼?它隨著念頭轉。境隨心轉,這是真理,這是佛教我們的,我們要相信,不能懷疑。隨心轉,隨誰的心?隨自己的心,不是隨別人的。隨別人的,我們就沒辦法,隨自己的。不是隨佛,不是隨菩薩,是隨自己,所以自己起心動念比什麼都重要。
希望我們的念頭純淨純善,純淨純善入一法句,這一法句就是南無阿彌陀佛。這個好!我們時時刻刻放在心上就是一句佛號,其他的都要放下。記住,摻雜別的東西在裡頭,我們的心就壞了。醍醐裡頭不能有毒藥,有一滴毒藥,全部都壞了。佛教給我們是真實的、是正確的,只要這樣做法,累積一段時間,關鍵是心,如果是真心,真誠到極處,很短的時間就產生效果,你自己清楚。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第十八集) 2012/11/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0018