Kamis, 13 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 7)

 

 

Mengapa Buddha Sakyamuni mengajarkan kita, dalam melatih diri, rintangan pertama yang harus dihancurkan adalah kemelekatan pada tubuh jasmani?

 

Hal ini sungguh beralasan! Laozi berkata, “Saya memiliki kerisauan besar oleh karena saya memiliki tubuh jasmani”, beliau berkata apa yang menjadi kerisauan terbesar bagi diriku? Saya memiliki tubuh jasmani.

 

Sang Buddha memahami dengan jelas, hal pertama adalah mengajarkan kita untuk menghancurkan kemelekatan pada tubuh jasmani, anda harus mengetahui bahwa tubuh jasmani bukanlah aku, janganlah demi tubuh fisik ini lalu menciptakan karma buruk.

 

Tubuh fisik ini hanyalah pinjam pakai, setiap saat kita harus sanggup mengikhlaskannya. Ibarat satu setel pakaian, pakaian ini bukanlah aku. Manusia yang mengenakan pakaian dan bukan sebaliknya, pakaian yang mengenakan manusia.

 

Apa maksudnya pakaian yang memakai manusia? Manusia terlampau menyayangi pakaiannya, tidak berani duduk di bangku, takut kotor, harus bersih-bersih dulu barulah berani duduk.

 

Padahal sesungguhnya pakaian itu bukanlah aku, jadi kotor sedikit tidaklah masalah, dimanapun saya boleh duduk,  tidak perlu merepotkan orang lain me-lap terlebih dulu, dengan demikian anda pun jadi bebas tanpa beban, kalau pakaian jadi kotor, tinggal menggantinya dengan yang baru.

 

Jadi mana yang merupakan pemilik, mana yang merupakan tamu, harus dibedakan dengan jelas, tubuh ini bukanlah aku, batin barulah merupakan aku, hal ini harus dibedakan dengan jelas, janganlah karena tubuh kasar ini sehingga menciptakan berbagai karma buruk.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

為什麼佛要我們第一關修破身見?就大有道理!老子說了一句話,「吾有大患,為吾有身」,他說我最大的憂患是什麼?我有個身體。佛清楚,頭一個就是教我們破身見,你一定要知道身不是我,不要為它造罪業。身不是我,身是我所有的,隨時可以丟掉。好像身是衣服,衣服是我的,不是我。我們人穿衣服,不要衣服穿人。衣服怎麼穿人?人愛惜衣服,你看髒一點東西,不敢坐下去,要把地下擦乾淨再坐,怕衣服髒了。要知道這個衣服不是我,無所謂,我哪裡都可以坐,什麼都不在乎,你就很自在,衣服髒了,換一件。所以人,賓主要認清楚,身不是我,靈性是我,這一點非得搞清楚不可,不要為這個身造種種業。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018

 

 

 


Mana yang merupakan pemilik, mana yang merupakan tamu, harus dibedakan dengan jelas, tubuh ini bukanlah aku, batin barulah merupakan aku, hal ini harus dibedakan dengan jelas, janganlah karena tubuh kasar ini sehingga menciptakan berbagai karma buruk.

 

Manusia kalau membahas tentang makanan lezat pasti yang dimaksud adalah daging hewani, apa yang dilakukan Meat Lovers adalah demi siapa? Yakni lidah yang panjangnya cuma tiga inci.

 

Setelah melewati lidah, tidak tahu lagi bagaimana rasanya, gara-gara lidah ini, entah berapa banyak makhluk hidup yang anda bunuh, berapa banyak karma buruk yang diciptakan! Demi siapa, anda menciptakan begitu banyak karma buruk? Demi lidah ini.

 

Demikian juga demi mata anda menciptakan karma buruk, demi telinga anda menciptakan karma buruk, demi enam akar indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran), anda menciptakan karma buruk, padahal enam akar indria ini bukanlah aku yang sesungguhnya.

 

Setelah memahaminya, enam akar indria ini boleh berinteraksi dengan enam objek di luar (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran), namun takkan menaruhnya di hati, maka dia tidak menciptakan karma buruk.

 

Anda memiliki kebijaksanaan, memiliki hati Maitri Karuna, memiliki metode upaya kausalya, maka anda dapat memberikan manfaat bagi para makhluk yang tak terhingga, anda dapat menimbun jasa kebajikan berkesinambungan.

 

Jika anda masih ingin menikmati kesenangan demi enam akar indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran), celakalah. Kenikmatan ini akan mengundang lebih banyak godaan dari luar, sehingga membangkitkan keserakahan, kebencian, kedunguan dan keangkuhan, anda pun hanyut oleh arus kesenangan duniawi.

 

Sesungguhnya kesenangan ini hanyalah untuk sesaat saja, lantas bagaimana dengan dosanya? Dosa-nya adalah tak terhingga dan tanpa batas. Jika anda memiliki kebijaksanaan untuk mengamatinya, keuntungan yang diperoleh tidak dapat menutupi kerugian yang diderita.

 

Apa yang bisa anda peroleh? Lantas berapa kerugian yang diderita? Anda telah kehilangan kebajikan sejati-mu, anda juga telah kehilangan akar kebajikan-mu, kehilangan jasa kebajikan-mu. Lantas apa yang anda peroleh? Sekujur tubuh penuh dengan dosa.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

賓主要認清楚,身不是我,靈性是我,這一點非得搞清楚不可,不要為這個身造種種業。

 

你說我們好吃,吃眾生肉,為誰?三寸舌頭,下去就不知道味道了。就是通過這個舌頭的時候,你說殺多少生、造多少業!為誰?為舌頭,為它造業。為眼造業、為耳造業,都是為這個六根,這六根不是我。明白之後,六根可以接觸外面六塵境界,不放在心上,那他就不造業了。你有智慧、有慈悲心、有方便門,你就可以利益無量眾生,你就可以積功累德了。如果你還要為著眼耳鼻舌身的享受,你就完了。這些享受,外面還有很多誘惑,引發你的貪瞋痴慢,讓你在這個裡面得到快感。其實那個快感是很短暫的,罪過呢?罪過是無量無邊。你真有智慧觀察,得不償失。你得到的是什麼?你失掉的是什麼?你把你的性德失掉了,把你的善根失掉了,把你的功德失掉了。你得到什麼?得到是一身的罪業。所以錯了,這錯到底了。這個隨事發心就是四弘誓願,「煩惱無邊誓願斷」。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十八集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0018