Rabu, 09 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012 (Bgn 2)

 

  

Mari kita lihat kalimat berikutnya, “Orang awam yang membawa serta rintangan karmanya terlahir di Alam Sukhavati pada Tanah Suci Kediaman Orang Awam dan Insan Suci”.

 

Ini merupakan tingkatan yang paling dasar dari empat tingkatan tanah suci di Alam Sukhavati dan merupakan yang paling mudah dicapai, setiap dari kita memiliki jatah ke sana.

 

Tetapi anda mesti mengingat bahwa meskipun anda memiliki jatah ke sana, syaratnya juga harus bisa melepaskan segala kemelekatan di dunia fana ini; sebaliknya jika terhadap dunia ini masih ada secuil kerakusan, maka mustahil bisa menuju ke sana.

 

Jika mendirikan Vihara adalah demi kepentingan pribadi, maka anda tidak bisa terlahir ke Alam Sukhavati, jadi apa tujuan sebenarnya dari mendirikan Vihara? Demi menyebarluaskan Ajaran Buddha, mempertahankan keberlangsungan Dharma Sejati, demi menyelamatkan semua makhluk, barulah anda dapat terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Jika demi diri sendiri, supaya saya bisa tinggal di dalamnya, untuk kegunaan saya pribadi, mustahil dapat terlahir ke sana. Maka itu membangun Vihara jangan terlampau megah, karena dapat meningkatkan hati serakah, anda tidak sanggup mengikhlaskannya.

 

Mengapa seorang praktisi sejati tidak menetap di Vihara? Zaman dulu di Tiongkok, para praktisi mendirikan gubuk di samping Vihara. Gubuk ini umumnya dibangun diri sendiri, menebang beberapa batang pohon di atas gunung, memasang tiang penyangga, menutupi atap dengan jerami.

 

Master Xuyun sepanjang hayatnya tinggal di dalam gubuk, berjarak tidak jauh dari Vihara, sekitar 1-2 li, jadi tidak jauh. Mengapa demikian? Untuk memudahkan saat mengambil barang yang dibutuhkan, anda masih perlu makan, butuh beras, butuh minyak, harus ke Vihara untuk mengambilnya, se-kali ambil buat kebutuhan 2-3 hari.

 

Kayu bakar diambil di atas gunung, asalkan bisa menyalakan tungku ukuran kecil maka sudah boleh. Praktisi yang tinggal di dalam gubuk umumnya makan sehari satu kali saja, hatinya suci, tidak banyak kesibukan dan efisien.

 

Maka itu di dalam sebuah Vihara, gubuk-gubuk yang berdiri jumlahnya bisa mencapai lebih dari seratus unit, namun 10-20 unit merupakan jumlah yang paling umum.

 

Semua ini dilakukan demi terjalin dengan Nitya-sthita (tanah suci tingkatan tertinggi di Alam Sukhavati), pastinya tidak boleh terjalin dengan ketamakan, kebencian dan kedunguan, jika terjalin dengan tiga racun ini, pasti jatuh ke alam rendah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

Empat tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :

http://smamituofo.blogspot.com/2013/07/empat-tingkatan-tanah-suci-di-alam.html

 

我們再看下面這段文,都看念老的註解,倒數第三行。「凡夫帶業往生同居土」,這是最容易得到的,我們每個人都有分。可是你要記住,你有分,怎麼樣才有分?把這個世間事丟得乾乾淨淨,你就有分;你在這個世間有絲毫的貪婪,你就沒分。在今天這個時代,建道場不是為自己,為自己的你沒分。建道場是為了什麼?是為佛做的、為正法久住做的,是為度一切眾生做的,行,這個沒有事情,你能生淨土;為我做的,我來居住、我來受用,沒分了。所以道場不要建得很華麗,為什麼?增長貪心,你捨不得離開。為什麼真正修行人不住廟?這是中國修行人都有這種認知,在廟的旁邊建個茅蓬。茅蓬多半什麼?自己蓋,在山上砍幾棵樹,搭個架子,砍茅草蓋在上面,蓋茅蓬。虛雲老和尚一生住茅蓬,距離寺廟不遠,一、二里路,二個華里就是一公里,所以它不太遠。為什麼?取東西方便,你要吃飯,要米、要油,這個常住那個地方去拿,一次拿個二、三天的,二、三天去取一次。柴火,山上去撿,燒個小爐子就行。住茅蓬的人,多半一天只吃一餐,他心清淨,他很省事。為什麼?為常寂光,跟這個相應。所以一個寺廟,多的時候有一百多個茅蓬,少的也有一、二十個,一、二十個是非常平常的。沒有別的,就是要與常寂光相應,決定不能夠跟貪瞋痴相應,跟貪瞋痴相應,沒有不墮落的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 


Pastinya tidak boleh terjalin dengan ketamakan, kebencian dan kedunguan, jika terjalin dengan tiga racun ini, pasti jatuh ke alam rendah. Di dalam Pintu Buddha terdapat sebuah kata pepatah, “Di depan gerbang Neraka terdapat banyak praktisi non awam”, bukan hanya berasal dari kalangan Buddhis, namun juga termasuk para pendeta Tao.

 

Mengapa demikian? Oleh karena salah jalan, umumnya dikarenakan membangun kuil bak istana. Zaman dulu Vihara dibangun oleh kekaisaran, bentuknya tentu saja mewah dan megah, mengikuti gaya istana.

 

Maka itu zaman dahulu, rumah penduduk biasa tidak boleh menggunakan atap warna kuning (keemasan), ini melanggar hukum, tetapi Vihara dan Kuil Tao diperbolehkan.

 

Selain itu juga tidak boleh menggunakan tembok bercat merah, cuma boleh digunakan Kaisar dan keluarga kekaisaran, tetapi boleh dipakai Kelenteng. Mengikuti gaya bangunan istana, membuat orang jadi rakus, hati serakah pun muncul ke permukaan, akibatnya jatuh ke tiga alam rendah.

 

Sekarang merupakan era bebas dan terbuka, tidak ada orang yang mempersoalkan hal ini lagi, saya lihat banyak Vihara yang dibangun dengan megah bak istana.  

 

Di Taiwan saja ada sebuah Vihara yang dibangun dengan biaya sebesar miliaran NTD, sekitar 2-3 miliar NTD, saya jadi ngeri melihatnya! Semua ini merupakan akumulasi uang dari umat yang ditanam ke dalam tanah, tidak bisa efektif.

 

Andaikata jumlah uang ini digunakan untuk menyebarluaskan Buddha Dharma, maka sudah berapa banyak kebajikan yang telah diperbuat! Dana yang berjumlah besar dapat digunakan untuk membangun stasiun televisi yang khusus menyiarkan ceramah Dharma, ini sangat efektif, seluruh dunia dapat menerima siaran ini. 

 

Jadi mempergunakan kemajuan teknologi untuk menyebarluaskan Buddha Dharma, sementara itu Vihara tempat kediaman diri sendiri hendaknya makin kecil makin bagus, pengeluaran biaya pun lebih minim.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

 決定不能夠跟貪瞋痴相應,跟貪瞋痴相應,沒有不墮落的。佛門也有一句諺語說,「地獄門前僧道多」,這是從前,哪些人下地獄?出家的人,佛門的、道教的。為什麼?路走錯了,都是莊嚴的宮殿。因為從前寺廟宮殿是皇帝建的,國家建的,富麗堂皇,建築比照皇宮。所以從前民間的房屋不能蓋黃瓦,那是犯法的,但是寺廟、道觀可以;不能用紅色的牆,這都是皇上的、皇家的,寺院可以用。比照皇宮來做,人貪戀,貪心一起來,就是三惡道去了。現在民主自由開放,沒人管這些事情,我看到很多寺廟真的建得富麗堂皇。在台灣造的,台灣的那個錢都是十幾億,二、三十個億建造的,我看到害怕!這些信徒、善信,把他們的錢拿來埋在地下,它不起作用;這個錢你要拿來弘法利生,幹多少事情!錢多了,建電視台,這個弘法效果最大,全世界都能收到。所以利用這些高科技做弘法利生的事業,自己居住的小道場愈小愈好,開銷小。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026

 

 

 

 

Hendaknya menghapus pandangan sesat, barulah dapat memasuki pintu Buddha, barulah Buddha dan Bodhisattva mengakuimu, anda adalah siswa Buddha.

 

Jika sila tidak dijalankan, meskipun telah mengambil sila secara lengkap, Buddha dan Bodhisattva serta Dewa Pelindung Dharma tidak mengakuimu, hal ini mesti dipahami.

 

Jika kita menganggap diri sendiri telah mengambil sila-sila besar, mengambil sila Bodhisattva, tetapi tidak diamalkan, maka ini merupakan pembohongan besar. Kebohongan besar ini merupakan dosa besar, akibatnya jatuh ke Neraka.

 

Master Ouyi setelah mengambil sila KeBhiksuan, lalu mengundurkan diri dari sila tersebut. Mengundurkan diri dari sila itu tidak sulit, cukup mengungkapkan dengan jelas di hadapan rupang Buddha dan Bodhisattva, “Saya tidak sanggup menjalaninya, saya mengundurkan diri dari sila ini”, dengan demikian sila  tersebut telah dikembalikan.

 

Sepanjang hayatnya Master Ouyi cuma mengambil sila Sramanera, sila Bodhisattva, sebagian besar karya tulisnya tercantum nama Sramanera Sila Bodhisattva.

 

Oleh karena sang guru menyebut dirinya sendiri sebagai Sramanera, murid-muridnya tidak berani menyebut diri sendiri sebagai Sramanera. Venerable Chengshi juga patut dikagumi, penerus Master Ouyi, dialah yang menyusun dan mempublikasi seluruh karya Master Ouyi, mewariskan kepada generasi selanjutnya.

 

Venerable Chengshi menyebut dirinya sebagai Upasaka yang meninggalkan keduniawian, Upasaka adalah sebutan bagi siswa Buddha yang berkeluarga, sedangkan Venerable Chengsi adalah “Upasaka yang meninggalkan keduniawian”, tidak berani menyebut diri sendiri adalah Sramanera.

 

Mengapa demikian? Menyadari kewajiban diri sendiri, posisi diri sendiri dengan jelas, tidak berani melampaui. Dia mengetahui status diri secara jelas. 

 

Pada awal pemerintahan Tiongkok Nasionalis, Master Hongyi memfokuskan diri mendalami Vinaya, beliau menyebut diri sendiri sebagai Upasaka yang meninggalkan keduniawian, tidak berani menyebut diri sendiri sebagai Sramanera. Apa alasannya? Tidak sanggup menjalani sepuluh sila Sramanera.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 November 2012

 

惑是迷惑,見是你的看法,你全看錯了,迷惑顛倒的看法,你要把這個放下,你才能入門,才是佛菩薩承認你,你是佛弟子,你是佛的學生。如果沒有做到,受了三壇大戒、九壇大戒也沒用處,佛菩薩、護法神不承認你,這個我們要知道。我們自己要以為我受了大戒、受了菩薩戒,我什麼?這叫大妄語。

 

大妄語罪過,拔舌地獄,蕅益大師知道。你看,蕅益大師受了戒之後,趕快去退比丘戒。退戒很容易,在佛菩薩面前說明,「我做不到,我退戒」,戒就退掉。蕅益大師一生持沙彌戒、菩薩戒,他很多著作題名菩薩戒沙彌。因為老師稱沙彌,他的學生不敢稱沙彌。成時法師也了不起,蕅益大師的傳人,蕅益大師的著作全部是他整理出版的,留傳給後世。成時自稱出家優婆塞,優婆塞是在家居士,他是「我是出家的居士」,不敢稱沙彌。這都是什麼?知道自己的本分,我在什麼地位上,清清楚楚,不敢越軌。他懂得,他明瞭,自己是什麼身分清清楚楚,我們自己的身分。民國初年,弘一大師研究戒律的,他老人家自稱出家優婆塞,不敢稱沙彌。為什麼?沙彌十戒、二十四門威儀做不到。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十六集)  2012/11/21  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0026