Jumat, 10 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013 (Bgn 2)

 

 

Di dalam Buddha Dharma disebutkan bahwa akar atau landasan dari semua makhluk adalah bakti dan hormat. Andaikata dua aksara ini telah tiada, artinya anda tidak memiliki akar, tidak berakar maka mengambang.

 

Meskipun melakukan kebajikan, namun ketika berhadapan dengan godaan ketenaran dan keuntungan, berapa orang yang tidak goyah? Alhasil hanya bisa pasrah pergi mengikuti godaan tersebut. Apa sebabnya? Tidak mempunyai akar.

 

Seandainya dapat menahan diri dari godaan harta, rupa, ketenaran dan keuntungan, orang ini bukan lagi orang awam, pastinya adalah insan yang bertekad datang kembali.

 

Meskipun memiliki sedikit keterampilan melatih diri, namun dia takkan tergoda, apa sebabnya? Dia telah melihat dengan jelas kenyataan yang ada, dia telah mengerti, segalanya adalah semu, segalanya adalah hampa.

 

Harta, rupa, ketenaran dan keuntungan yang menggodamu juga adalah semu, bukan nyata adanya. Begitu berhadapan dengan godaan, hatimu langsung goyah, diri sendiri sudah salah, kelak menjalani penderitaan, diri sendiri harus bertanggung jawab, tidak boleh menyalahkan orang yang menggodamu.

 

Orang lain datang menggodamu, jika anda menolaknya, dia juga tidak berdaya. Namun anda menerimanya, maka itu anda harus bertanggung jawab sepenuhnya, tanggung jawab ini bukan ada di luar.

 

Tidak terpikat oleh godaan, saya justru berterimakasih pada mereka yang mencoba untuk memikatku, mengapa demikian? Kondisi batinku jadi meningkat, melewati satu kali ujian. Terhadap mereka yang datang mengujiku, saya harus berterimakasih, saya berhasil lulus soal ujian yang dikeluarkannya, tanpa rintangan.  

 

Demikianlah, orang yang datang menggoda diriku, jika dia bukan sengaja maka tidak berdosa, jika sengaja barulah berdosa, tetapi ringan. Mengapa bisa ringan? Oleh karena dia membantu saya meningkatkan kualitas batin, kemajuan batinku sekarang juga adalah berkat bantuannya. Maka itu dia itu dosa berat balasan ringan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013

 

佛法裡面講,一切眾生根之根、本之本,就是一個孝字、一個敬字。這兩個字要是沒有,你沒根,沒根他是漂浮的。縱然做好事,遇到了緣,什麼緣?高名厚利,幾個人能不動搖?就被誘惑去了,守不住了。什麼原因?沒有根,我們看得很清楚,他那種做法是必然的。如果能夠不被財色名利誘惑,這個人不是凡人,這個人肯定是再來人。修行那真有一點功夫,不會被誘惑,這個原因是什麼?他把事實看清楚、看明白了,全是假的,全是空的。這個東西,誘惑你的財色名利也是假的,也不是真的。誘惑你就動心了,自己就錯了,將來的墮落受苦,要自己負責任,不能怪誘惑你的人。誘惑你的人他誘惑,你要不接受,他一點辦法沒有。是你自己甘心情願接受,所以你要負百分之百的責任,責任不在外面。不受誘惑,我對誘惑這些人跟事還生感恩的心,為什麼?我境界提升了一層,就通過一次考試。對於考試我的人我要感謝他,他出的題我通過了,沒障礙。這樣的,來誘惑我們的人,他是無意的他就沒罪,他是有意的他有罪,但是輕。為什麼輕?因為他幫助我們提升了,我這個提升是他的助緣。所以他重罪輕報,這都是佛法裡頭說的。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一一一集)  2013/1/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0111

 

 

 

 

Praktisi sekalian hendaknya mengingat, ada orang yang memanfaatkan namaku, mengatakan saya hendak menyelenggarakan kegiatan ini dan kegiatan itu, makanya menggalang dana, ini semuanya adalah bohong.

 

Bahkan ada yang mengatakan saya hendak mencetak buku, makanya menggalang dana, ini juga adalah bohong. Saya tidak melakukan apapun, saya hanya melafal Amituofo, memberi ceramah.

 

Orang yang datang ke sini mengunjungiku, kadang kala membawa sedikit uang, umumnya saya menyuruh mereka langsung menyumbangkannya ke HK Buddhist Education Foundation, ada juga yang mengantarnya kemari.

 

Saya tidak pernah minta uang pada orang lain, jadi jangan sampai tertipu. Saya telah berulang kali mengingatkan kalian semuanya. Saya tidak ingin melakukan apa-apa lagi, saya menasehati kalian supaya melepaskan segala kemelekatan, memfokuskan pikiran melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Januari 2013

 

大家一定要記住,有人用我的名義,說我要辦這個、辦那個要來捐款,全是假的,沒這回事情。甚至於說我要印書,印這個印那個要捐款,也是假的。我什麼都不幹,我只是念佛、講經。到這邊來看我的人,有時候帶一些錢來,我多半叫他們捐給香港佛陀教育協會,也有人送到我這兒來的。我絕不問人要錢,千萬不要上當,不要受騙。受騙是你們的事情,你們不能怪我,我這些話講了很多次。什麼事情我都不做了,我勸大家就是萬緣放下,一心念佛求生淨土。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一一一集)  2013/1/7  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0111