Buddha Dharma itu fleksibel dan tidak kaku, menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain, cobalah baca berulang kali “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra”, maka anda akan menyadarinya.
Bagaimana sikap kita terhadap orang lain? Bagaimana pula sikap kita terhadap alam semesta beserta seluruh isinya? Hanya satu kata yakni dengan hati yang tulus.
Buddha selalu berkata, segala sesuatu dilakukan dengan hati yang tulus, itulah Buddha, itulah Bodhisattva Dharmakaya. Meskipun berada di dalam enam alam tumimbal lahir namun tidak terpengaruh, apa alasannya?
Saat mata melihat, telinga mendengar, tidak timbul niat pikiran, maka itu takkan terpengaruh. Bahkan melihat para makhluk di tiga alam penderitaan sedang mengeliminasi rintangan karma, hingga suatu saat nanti, seluruh rintangan karmanya telah habis tereliminasi, barulah dia dapat keluar.
Melihat para makhluk di tiga alam bajik sedang mengeliminasi pahala, berkah yang mereka timbun tidaklah sedikit, dia sedang menikmati berkah di sana, hingga pahalanya habis tereliminasi.
Tetapi di satu sisi pahalanya sedang tereliminasi, di sisi lainnya dia terus menimbun berkah, makanya pahalanya tidak bisa habis. Sama halnya pula dengan karma buruk, dia sedang menjalani siksaan, namun di sisi lainnya dia masih terus menciptakan karma buruk, oleh karena hatinya merasa tidak adil, masih ada kebencian.
Hingga suatu saat rintangan karmanya habis tereliminasi, dia bertumimbal lahir ke Alam Manusia, kembali menciptakan karma buruk, tabiat buruknya masih ada, niat pikirannya yang selalu merasa diperlakukan tidak adil itu tidak dihapus, setelah meninggal dunia jatuh kembali ke tiga alam penderitaan mengeliminasi rintangan karmanya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Desember 2012
Penjelasan Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra :
http://kebahagiaandharma.blogspot.com/search/label/Bodhisattva%20Samantabhadra
佛法是活的,活活潑潑,恆順眾生,隨喜功德,你把十大願王多念幾遍,你就能體會到。怎麼樣對人?怎麼樣對待萬物?一句話,真誠心。佛常說的,一切法皆從真誠心中作,那就是佛,那就是法身大士。你真正超越三界了,在六道輪迴不受六道輪迴的干擾,為什麼?你看在眼裡、聽在耳裡,不起心不動念,決定不干擾。而且看到什麼?看到三惡道的眾生他們在消業障,消除他們的業障、罪業,罪業消完,他就出來了。看三善道的?他在消福報,他修的不少福,他在那裡享福,福報消了,他也恢復了。但是問題是他一面消,他一頭又造,所以他消不盡。惡業也是如此,他在受罪他還在造業,他心裡不平,還有怨恨。業消掉,到人間來,他又造惡業,他惡業的習氣沒斷,不平的念頭沒斷,死了之後還要去消業障。你就把這個環境統統看清楚、看明白了,才知道一切法統統是佛法,三善道是佛法,三惡道也是佛法。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第八十四集) 2012/12/23 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0084