Manusia tidak boleh mengutamakan kepentingan dan keuntungan pribadi, tidak boleh mengejar ketenaran dan keuntungan. Ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuan adalah akar dari segala kesesatan dan kejahatan, kesesatan dan kejahatan membawa penyakit pada diri sendiri, terhadap lingkungan adalah menimbulkan bencana.
Niat pikiran terbaik adalah Amituofo, mengapa tidak melafal Amituofo? Mengapa masih ada pemikiran yang kacau? Segala bentuk pemikiran tersebut adalah karma tumimbal lahir lahir, bagaimana anda dapat keluar dari lingkaran enam alam tumimbal lahir?
Keunggulan Guo Lou-jiang tak lain adalah dia mampu terfokus pada sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo, dia tidak memiliki niat pikiran lainnya lagi.
Benar-benar telah melepaskan segala kemelekatan, makanya hanya dalam kurun waktu tiga tahun memiliki pencapaian, banyak orang yang telah menyaksikannya.
Kita tidak berbeda dengan-nya, yang berbeda adalah dia benar-benar bersedia melepaskan kemelekatan, sementara kita tidak bersedia melepaskan kemelekatan, maka itu tidak sebanding dengannya.
Andaikata kita bersedia melepaskan kemelekatan, pencapaian kita mungkin bisa lebih tinggi dan lebih unggul darinya.
Mengapa Guo Lou-jiang memilih terlahir ke Alam Sukhavati? Dia tidak berjodoh dengan dunia ini, orang-orang meremehkannya. Untuk berjodoh itu butuh orang lain memiliki rasa hormat padanya, suka belajar padanya, inilah yang disebut berjodoh.
Jodohnya bukan ada di sini, makanya dia menuju ke Alam Sukhavati, tiba di Alam Sukhavati nantinya baru tahu jodohnya ada di tempat mana. Setibanya di Alam Sukhavati, memperoleh pemberkatan kewibawaan tekad Buddha Amitabha, sehingga kebijaksanaan, kemampuan gaib, seluruhnya akan muncul ke permukaan, di mana tempat berjodoh, di situlah dia akan menuju.
Lagi pula tubuh aslinya tidak pernah meninggalkan Buddha Amitabha, dia menuju ke tempat yang berjodoh adalah dengan menggunakan tubuh jelmaan, dia memiliki kemampuan untuk menjelma hingga tidak terhingga dan tanpa batas.
Hal ini mesti dipahami dengan jelas, barulah kita tidak memiliki keraguan sama sekali, arah kita, tujuan kita sudah tepat adanya, hati kita takkan kacau, mana ada alasan tidak terlahir ke Alam Sukhavati?
Jika berjodoh dengan dunia ini, bantulah hingga beberapa tahun lagi, mengapa demikian? Lahir dan mati bebas tanpa rintangan, kapan saja juga boleh terlahir ke Alam Sukhavati, tanpa ada ikatan sama sekali.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Desember 2012
Cergam Kisah Guo Lou-jiang :
http://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html
人決定不能有自私自利,決定不能有名聞利養。貪瞋痴慢是一切邪惡的根,邪惡對自己的感染就是疾病,對環境的感染就是災難。最好的念頭,第一個好念頭,就是阿彌陀佛,為什麼不念佛?為什麼還有亂七八糟的想法?那些想法統統是輪迴業,輪迴業做多了,你怎麼能出離?鍋漏匠的本事沒有別的,就是完全一句佛號,除一句佛號之外,他什麼念頭都沒有。真正是萬緣放下,所以三年有這麼樣的成績拿出來,大家看到了。我們跟他們沒有兩樣,不一樣的,就是他真肯放下,我們不肯放下,所以不如他。我們要肯放下,比他還要高,比他還要殊勝,因為他開端不知道,功夫成就了他才大徹大悟;大徹大悟,他往生了。
為什麼往生?他跟這個世間沒有緣分,這世間人瞧不起他。緣分是要人尊重他,敬愛他,喜歡跟他學習,這叫有緣。他的緣不在此地,不在此時,他到極樂世界去了,到極樂世界就知道自己緣在什麼地方。到極樂世界,得阿彌陀佛本願威神加持,智慧神通全部現前了,十方剎土無量有緣眾生完全連上了,哪個地方有緣他就到哪裡去。而且他的本身在阿彌陀佛身邊沒有離開,他去應緣是應身去的、化身去的,他有能力分無量無邊身。這些事、理要搞得十分清楚,我們一點懷疑沒有了,我們的方向、目標正確的,我們的心不會散亂,哪有不往生的道理?這個世界有緣,多幫幾年,為什麼?生死自在了,想住就住,想走就走,沒有拘束。
文摘恭錄 —二零一二淨土大經科註 (第六十集) 2012/12/9 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0060