Selasa, 13 April 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 November 2012 (Bgn 2)

 

 
 

Ayahbunda mengeluh anak sulit dididik, mengapa demikian? Televisi mengajarinya untuk kurun waktu yang lebih panjang, sementara anda mendidiknya hanya sesaat, tentu saja dia lebih patuh dan taat pada si televisi.

 

Guru mengeluh murid sulit dididik, tentu saja, karena komputer yang mengajarinya, makanya dia lebih patuh dan taat pada si komputer, hal ini mesti kita pahami.

 

Maka itu meskipun hari ini kita mengetahui alangkah bagusnya pendidikan budaya warisan leluhur, namun untuk memulihkannya merupakan hal yang terlampau sulit.

 

Masyarakat telah tercemar sedemikian parahnya, kita tidak sanggup mengimbanginya, bersusah payah mendidiknya belasan tahun hingga dua dasawarsa lamanya, namun begitu dia terjun ke dalam masyarakat, baru beberapa hari saja batinnya sudah tercemar.

 

Hendaknya memaafkan dirinya, mengasihani dirinya, mengapa lahir pada era begini. Tentu saja ada benih sebabnya, karma buruk yang dilakukan pada masa kehidupan lampau, sehingga berhadapan dengan kondisi hari ini, yang juga merupakan karma kolektif atau karma bersama.

 

Dalam menjalani karma kolektif ini, beruntunglah kita dapat bersua dengan Buddha Dharma, mendengar ajaran kesusilaan budaya warisan leluhur, alangkah beruntungnya, kita mengetahui ke mana arah yang hendak dituju, jalan mana yang harus ditempuh barulah benar dan tepat.

 

Mengenai niat membantu orang lain, menuruti jodoh apa adanya, jangan memaksakan kehendak, yang penting adalah memperlihatkan teladan yang baik kepada orang lain.

 

Sekarang untuk berbuat kebajikan adalah hal yang terlampau sulit, sebaliknya untuk berbuat jahat justru sangat gampang, orang yang bersedia mengulurkan tangan itu sangat banyak, orang yang melakukan kebajikan tidaklah gampang.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 November 2012

 

父母感覺得孩子不好教,為什麼?電視教他的時間長,你教他的時間短,他聽電視的,不聽你的。學校老師說學生不好教,是的,學生都用電腦,他聽電腦的,他不聽老師的。這是我們必須要知道的。

 

  所以今天我們雖然知道傳統東西好,但是要恢復太難太難了。社會是個大染缸,我們不能跟它相比,辛辛苦苦教了十幾二十年,他一走進社會,幾天就被染污了。都應當原諒他、要憐憫他,為什麼生在這個時代。當然這都是有業因的,過去不善的業感染到今天同分見妄,就是共業。在共業裡面,我們能夠聽到佛法、聽到傳統聖賢教育,這是無比的幸運,我們知道自己應該走什麼樣方向、走哪個路子是正確的。至於幫助別人,這是隨分、隨緣,不要有絲毫勉強,最重要是做榜樣給人看。現在做好事難,非常非常困難,不容易,做壞事容易,幫助的人很多,做好事的人不容易。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十五集)  2012/11/5  斯里蘭卡阿難陀學院  檔名:02-040-0015

 

 

 

 

Kalimat berikutnya memberitahukan pada kita, “Tanah Suci Sukhavati bukan terletak di luar hati”, jadi bukan ada di luar hati kita, lantas di manakah Alam Sukhavati berada?

 

Apabila hati kita senantiasa teringat pada Alam Sukhavati, maka Alam Sukhavati akan muncul di hadapan kita; oleh karena di dalam hati kita ada Tanah Suci, maka Tanah Suci akan terwujud di hadapan kita, semuanya ada di dalam hati sendiri.

 

Demikian pula Alam Dewa (Surga) juga ada di dalam hati kita, andaikata setiap saat saya tidak melupakan ajaran insan suci dan bijak, maka Surga akan muncul di hadapan; sebaliknya jika tiap saat selalu membangkitkan niat keserakahan, kebencian, kedunguan, keangkuhan dan kecurigaan; membunuh, mencuri, berzina, berdusta, maka Alam Neraka pun muncul di hadapan.

 

Jadi bukan terletak di luar hati, namun ada pada sebersit niat pikiran diri sendiri. Inilah yang dikatakan di dalam Buddha Dharma sebagai “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”.

 

Maka itu manusia tidak boleh tidak membangkitkan niat baik.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 November 2012

 

下面告訴我們,「極樂國土,非在心外」,不在心外,「百界千如,皆我本具」,這兩句話說得非常之好,非常的圓滿。極樂世界在哪裡?我們心裡頭有極樂世界,極樂世界就現前,心裡面有淨土,淨土就現前,都在自心。天堂在自心,我念念不忘神聖的教誨,天堂就出現了;念念要想著貪瞋痴慢疑、殺盜淫妄,那地獄就在現前。真的不在心外,在我們意念當中。這就是大小乘經上佛統統都說,「一切法從心想生」,都歸結到這個地方來,確確實實是在起心動念。所以人不能沒有善念。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十五集)  2012/11/5  斯里蘭卡阿難陀學院  檔名:02-040-0015

 

 

 

 

Ada beberapa kalimat yang tercantum di dalam Sutra yang makna-nya agak mendalam, namun dalam belajar tidak perlu mempersoalkan hal begini. Orang Tiongkok zaman dulu berkata, “Mengulang membaca hingga ribuan kali, maknanya dapat dipahami dengan sendirinya”, asalkan tiap hari anda mengulang membacanya, jangan pikirkan makna-nya, lama kelamaan hati jadi tenang dan pikiran pun jadi terfokus.

 

Hati yang suci memunculkan kebijaksanaan, pencerahan pun terbuka, segalanya jadi dimengerti dan dipahami, semua ini terletak pada sebutir hati yang tulus.

 

Maka itu guruku karena melihat pada era sekarang ini tidak mungkin bisa menemukan seorang guru yang baik, makanya mengajariku sebuah cara, yakni “Dengan ketulusan sepenuhnya dapat mengundang mukjizat”.

 

Jadi untuk menguasai ajaran Sutra mesti dengan ketulusan, bukan hanya ketulusan namun harus ditambah kata “sepenuhnya”, sehingga menjadi “ketulusan sepenuhnya”, ketulusan yang paling mendalam, ketulusan yang paling maksimal, dengan demikian bagian Sutra yang sulit dimengerti pun jadi bisa dipahami.

 

Tanpa sebutir hati yang tulus sepenuhnya, anda takkan berdaya mempelajari ajaran Sutra, sebagus apapun penjelasan yang disampaikan guru kepada dirimu, namun anda juga tidak berdaya memahaminya, maka itu harus menggunakan hati yang tulus sepenuhnya.

 

Sebutir hati yang tulus sepenuhnya ini juga harus digunakan dalam kehidupan keseharian, dalam memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, terhadap alam semesta beserta seluruh isinya, juga harus menggunakan sebutir hati yang tulus sepenuhnya, tiada kepura-puraan sama sekali, dengan sendirinya anda akan menguasai dan memahami kebenaran yang tercantum di dalam Sutra.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 November 2012

 

經文裡面有一些比較深的地方,學習不要在乎這些。中國古人有句話說,「讀書千遍,其義自見」,你只要天天讀它,不要去想它,讀久了心就清淨了。清淨心生智慧,你就豁然開悟,就這麼個道理。這一開悟,全懂了,不懂的地方全都能懂了,就在一個真誠心。

 

  所以,老師因為看到這個時代找不到好老師,教我一個方法,叫感通。不能不通,不通不行,用什麼方法通?用感應。什麼才能感?誠,古人講「誠則靈」,用誠。誠上頭還要加個字,至誠,真誠到極處,就通了。我們對基督、對上帝真誠到極處,就跟上帝、跟基督感通了,所以他的經你一點問題都沒有了,真誠到極處。沒有這種心態你就沒辦法學習,好老師講得再透徹你也無法體會,一定要真誠到極處。佛經也是如此。真誠到極處應用在生活上,待人真誠,接物真誠,對待一切眾生,動物、植物、礦物、山河大地都是一顆真誠的心,沒有絲毫虛偽,自然感通了,這經裡面的道理就自然明白了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十五集)  2012/11/5  斯里蘭卡阿難陀學院  檔名:02-040-0015