Di dalam Sutra disebutkan, Buddha Sakyamuni bersama para siswaNya yang berjumlah 1255 orang Arahat, umumnya dibulatkan jadi 1250 orang, di dalam sutra Mahayana disebutkan bahwa seluruh siswaNya ini telah mencapai Maha Arahat.
Apa artinya Maha Arahat? Seluruhnya adalah Bodhisattva Dharmakaya, seperti yang disebutkan di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas”, Mereka adalah Bodhisattva Avaivartika, Mereka menjelma ke dunia ini guna membimbing para makhluk.
Lantas lingkungan hunian bagaimanakah yang Mereka diami? Salah seorang siswa Buddha pernah bertanya pada Buddha Sakyamuni, di manakah Tanah Suci Buddha Sakyamuni berada?
Sesungguhnya empat tingkatan tanah suci merupakan satu kesatuan, hanya ada satu jenis tanah suci saja, oleh karena akar kebijaksanaan para makhluk berbeda-beda, sehingga apa yang dilihat setiap orang itu tidaklah serupa. Jadi bukan satu tingkatan demi satu tingkatan berbeda-beda rupanya, tetapi merupakan satu kesatuan yang menyatu.
Buddha Sakyamuni sedang duduk bersila di sana, lalu mengangkat dan menginjakkan kakiNya di atas permukaan tanah, semua hadirin dapat menyaksikan seluruh permukaan alam dipenuhi oleh beraneka ragam mustika, seperti permukaan alam Tanah Suci Sukhavati. Ada di depan mata, anda berdiri di tempat ini.
Pepatah Tiongkok menyebutkan, “Insan berberkah mendiami tanah berberkah, tanah berberkah didiami oleh insan berberkah”, Bodhisattva Avaivartika yang penuh berkah berdiri di mana saja, maka tempat tersebut di bawahnya terdapat batu permata yang tidak terhingga.
Sebaliknya orang awam yang memiliki rintangan karma yang berat, di mana saja dia berdiri, di bawahnya adalah tanah dan pasir, sampah yang sangat kotor! Tidak sama!
Meskipun berdiri di tempat yang sama, tetapi pemandangan yang muncul adalah tidak serupa, ini membuktikan bahwa lingkungan berubah menuruti perubahan hati. Hati siapakah itu? Hati diri sendiri.
Buddha Sakyamuni memiliki kemampuan untuk menampilkan sejenak kondisi batinNya sendiri, untuk diperlihatkan kepada dirimu, ini adalah pemberkatan kekuatan Buddha, lihatlah tempat hunian bagaimanakah yang didiami oleh Sang Buddha.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012
Penjabaran siswa Buddha 1255 orang :
https://reciteamituofo.blogspot.com/2015/10/penjelasan-amitabha-sutra-03.html?m=0
佛經上記載,一千二百五十這些阿羅漢,還有個零頭,五個人,一千二百五十五人,通常講整數,一千二百五十人,佛跟他的弟子們,大乘經上都說皆是大阿羅漢。大阿羅漢是什麼意思?全都是法身菩薩,本經上所說的阿惟越致,這些人都是阿惟越致菩薩,他們示現在這個世間教化眾生。居住的是什麼樣的環境?佛曾經表演過,在哪一部經我忘掉了,也是弟子們提出請求,世尊的報土(實報土)在哪裡?實際上四土就是一土,而是眾生根性不相同,各人看的不一樣。不是真的一個一個,不是,就在一起。所以佛,佛是盤腿坐在那裡,佛把腿放下,腳踩在地面上,大家一看的時候,這個地完全是眾寶莊嚴,像極樂世界大地一樣,就在眼前,你就站在這個地方。但是,這中國諺語很有味道,叫「福人居福地,福地福人居」,有福報的阿惟越致菩薩他站在那個地方,底下是寶石,無量珍寶,寶石;凡夫業障重的,底下是泥沙,是很骯髒的垃圾。不一樣!一個地方,那它現的相就不相同,這說明什麼?相隨心轉。誰的心?你自己的心。
佛有能力把自己的境界示現一下讓你看,這個就是佛力加持的,你看佛住什麼地方。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十八集) 2012/11/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0028
Segala sesuatu di dunia ini hanyalah khayalan semu, tidak ada satupun yang nyata, oleh karena adalah semu, barulah berubah-ubah menuruti perubahan niat pikiran. Maka itu terhadap segala kondisi baik suka maupun duka, diri sendiri harus bertanggung jawab sepenuhnya, sesungguhnya tidak ada surga dan neraka, apapun tidak ada, segala sesuatu muncul karena timbulnya niat pikiran diri sendiri.
Di dalam Sutra disebutkan, jika anda menjalankan Sepuluh Kebajikan dengan nilai tertinggi, maka pemandangan yang anda lihat adalah Alam Surga; jika anda menjalankan Sepuluh Kebajikan dengan nilai terendah, maka pemandangan yang anda lihat adalah lingkungan hunian mara.
Lingkungan hunian mara juga sangat indah, oleh karena dia juga memiliki berkah. Kalau memang punya berkah, lantas kenapa bisa jadi mara? Oleh karena congkak, suka menonjolkan diri, mara selalu ingin merebut nomor satu.
Pada hari pertama Imlek, semua orang berebutan menancapkan dupa pertama di kelenteng, kalau ternyata dia berada di urutan kedua, hatinya pasti tidak senang, dalam segala hal dia pasti mau berada di depan orang lain.
Jadi dia memiliki pahala besar tapi jadi mara. Dengan pahala besar tersebut, pemandangan yang ditampilkan mungkin saja tidak jauh berbeda dengan Buddha. Tetapi aura yang ditampilkan Buddha adalah lembut, ketika anda masuk ke dalam lingkungan-Nya, akan merasa sangat nyaman; sebaliknya lingkungan mara juga sangat indah, tetapi begitu anda memasukinya, akan terasa kekejamannya, tidak tenang, tidak ada rasa aman, di dalamnya ada tindakan kekerasan, ada kebencian, ada kedengkian, jadi tidaklah sama.
Praktisi Mahayana tidak boleh tidak mengetahui hal ini, setelah anda mengerti, terhadap segala hal tidak perlu merasa takut lagi.
Sebagai praktisi pemula, kemampuan alami diri sendiri belumlah pulih, kondisi batin juga belum muncul ke permukaan, secara keseluruhan harus mengandalkan Buddha Amitabha.
Baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring tidak terpisahkan dari lafalan Amituofo, maka lingkungan hunian-ku tidak akan dilanda bencana, saya berada bersama Buddha Amitabha.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012
Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html
沒有一樣是真的,全是假的,因為是假的,所以才隨心所變。於是一切境界,你自己要負百分之百的責任,告訴你沒有地獄、沒有天堂,什麼都沒有,統統是你起心動念自己變現的。經上說得很好,你是上品十善心,你所看到的,天堂;你是下品十善心,你看到的是魔境。魔境也非常莊嚴,為什麼?他有福。有福為什麼會變成魔?他有傲慢,他好勝,魔總是要爭第一。燒香,他要燒第一炷香,第二炷香他就不高興,什麼都要搶在別人前面。所以他有大福報,但是他是魔。大福報裡面看的境界也許跟佛差不多,但是佛的磁場是柔和的,你進入他的境界,感覺到非常舒適;魔的境界也非常莊嚴,你進去之後,他裡頭好像殺氣騰騰,你感覺到不安,非常莊嚴,但是覺得裡頭沒有安全感,裡頭有暴力、有瞋恚、有嫉妒,有這些東西,不一樣。這學大乘法不能不知道,你明白之後,你什麼都不要害怕了。
我們初學,自己這個能力沒有恢復,境界沒有現前,完全依靠阿彌陀佛,這就好。行住坐臥不離阿彌陀佛,那我居住這個地方就不會遭災難,我跟佛在一起。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十八集) 2012/11/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0028
Menjadi teladan bagi orang banyak, jasa kebajikan ini sangat unggul. Menjadi teladan yang baik, dimulai dari niat pikiran yang timbul, begini barulah melatih diri secara benar.
Niat pikiran-ku yang muncul, apakah niat pikiran ini merupakan teladan yang baik? Bagaimana jika masyarakat dan publik meniru diriku? Terlebih dulu tepuk dada tanya ke dalam hati sendiri, andaikata ini adalah niat pikiran yang baik dan teladan yang baik, masyarakat meniru-ku, ini adalah hal yang bagus. Tetapi sebaliknya, jika niat pikiran yang timbul adalah niat yang buruk, lalu khalayak ramai meniruku pula, maka masyarakat akan jadi jahat.
Bodhisattva Mahayana memiliki hati yang sangat halus, memikirkan dengan sangat seksama, respon yang sangat cepat, hati tercerahkan ini, dalam sekejab telah membuat penentuan. Apa itu baik, apa itu buruk, apa itu jasa, apa itu kesalahan, apa itu dosa, apa itu berkah, Dia sangat jelas, memperoleh pembebasan agung.
Apabila di dalam lingkungan hunian kita terdapat seorang insan bajik, maka dampaknya akan sangat besar, kita harus membantunya, memperluas pengaruhnya, semakin banyak orang yang memperoleh manfaat maka semakin besar pula jasa kebajikannya.
Kita membantunya menyebarluaskan kebajikannya, jasa kebajikannya besar, kita juga ikut menikmatinya, mengapa demikian? Oleh karena kita ikut berkecimpung di dalamnya.
Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) aktif menyebarluaskan Ajaran Sukhavati di Taichung, kami membantu menyebarluaskannya, untuk urusan promosi tentu saja dilakukan oleh murid-muridnya, mustahil beliau mempromosikan diri sendiri, mana mungkin mengatakan kepada orang lain bagaimana bagusnya diri sendiri, ucapan begini tidak mungkin bisa dilontarkan keluar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 November 2012
「永背三途」,能夠把四重五逆罪消除了,你決定不墮三惡道。這是什麼?佛示現給我們看的。所以做一個好樣子的功德還得了嗎?做好樣子,從起心動念處做起,你就真正會修行。我動這個念頭,這念頭是不是好樣子?社會大眾跟我學行不行?自己先問問自己,社會大眾都跟我學,是好樣子,很好;如果這個樣子,社會大眾都跟我學的話,這社會就壞了,那這個念頭就不能起,這事就不能幹。大乘菩薩的心很細,想得很周到,感觸、反應非常快速,那個覺心,一剎那之間他就決定了。什麼是善、什麼是惡,什麼是功、什麼是過,什麼是罪、什麼是福,他清楚,得自在。
「隨意所樂,常生淨土,乃至成佛」,這是佛菩薩的相好光明,第二種利益。我們這個地方有一個好人住在這裡,影響很大,幫助他、擴大他的影響,得利益的人更多,功德就愈大。我們幫助他,替他宣揚,他的功德大,我們就沾了一分光,為什麼?我們參與進去了。李老師在台中,我們給他宣揚,宣揚是弟子的事情,他自己說不出,不能說我怎麼怎麼好,這話說不出來。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第二十八集) 2012/11/22 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0028