Rabu, 25 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012 (Bgn 2)

 

 

Manusia hidup di dunia ini hendaknya berbuat baik, melakukan hal yang bermanfaat bagi para makhluk, jangan sampai melakukan kejahatan. Meskipun terhadap musuh kerabat penagih utang, contohnya orang yang memfitnah diriku, yang menghina diriku, yang mengkritik diriku, yang mencelakaiku, yang menghalangiku, kita masih sanggup memperlakukan mereka dengan hati suci dan setara, melupakan sikap mereka hingga sebersih-bersihnya, saya terjalin dengan Buddha, saya tidak terjalin dengan mereka, hal ini bagus!

 

Ini berarti anda telah memperoleh penyelamatan, Buddha telah menarikmu keluar dari lautan derita. Sebaliknya jika anda masih menyimpan kebencian di hati, maka ini merupakan masalah besar, Buddha pun tidak berdaya membantumu.

 

Buddha menyampaikan padamu bahwa segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan semu, kita dan dia adalah satu kesatuan. Gigi menggigit lidah sehingga lidah jadi terluka, apakah lidah harus balas dendam, sehingga menghancurkan gigi? Mengapa tidak ada niat pikiran begini? Karena satu kesatuan, mengetahui bahwa semua makhluk dengan diriku merupakan satu kesatuan.

 

Hari ini mengapa dia mencelakai diriku? Dia sedang tersesat, dia tidak mengetahuinya; andaikata dia telah tercerahkan, dia pasti menyesalinya, mengetahui kesalahannya.

 

Tercerahkan atau tidak, itu adalah urusannya, tidak ada kaitannya dengan diriku, kita harus memandangnya sebagai satu kesatuan dengan diri kita, memperlakukannya dengan suci, setara dan tercerahkan, menggunakan suci, setara dan tercerahkan untuk menyelesaikan permasalahan, segala masalah jadi terurai.

 

“Di kolong langit sesungguhnya tidak ada masalah, namun manusia cari kerisauan sendiri”, kalimat ini sungguh menakjubkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012

 

人生在世要做好事,要做利益眾生的事情,絕不能做壞事。即使是對冤親債主,譬如毀謗我的人、羞辱我的人、批評我的人、誣陷我的人、障礙我的人,對他完全用清淨平等心,把這些事忘得乾乾淨淨,我跟佛相應,我跟他們不相應,這個好!這就是你得度了,你在苦海當中,佛把你度出來了。你還有這些,那就麻煩了,佛幫不上忙。佛給你說凡所有相都是虛妄,佛給你講,我們跟他是一體。牙齒咬了舌頭,把舌頭咬破,舌頭要不要報復、要不要報仇把牙齒毀掉?為什麼沒有這個念頭?一體,知道一切眾生跟我是一體。他今天為什麼傷害我?他迷了,他不知道;他要覺悟了,他就會懺悔,知道錯了。覺悟不覺悟他的事情,與我不相干,我們一定一體同仁,完全用清淨平等覺來看待,用清淨平等覺來處置問題,一切問題統統化解了。「天下本無事,庸人自擾之」,這兩句話說得太妙了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十三集)  2012/12/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0073

 

 

 

 

Mengapa ada praktisi yang tidak sanggup melafal Amituofo berkesinambungan, tetapi lebih suka mendengar ceramah? Ini adalah tabiat sejak kalpa tanpa awal, setiap kelahiran demi kelahiran dia suka belajar.

 

Jika disuruh melepaskan segala kemelekatan dan melafal Amituofo, dia tidak sanggup, bentuk-bentuk pikirannya masih tetap bermunculan; dia lebih memilih mendengar ceramah, belajar ajaran Sutra, barulah pikirannya dapat terfokus.

 

Asalkan dapat terfokus maka ini disebut dengan melatih diri. Mencius berkata “Cara belajar itu tidak ada yang lain, hanya dengan menarik kembali pikiran yang berkelana di luar”.

 

Kalangan Buddhisme menyimpulkannya lebih gampang, yakni “Memfokuskan pikiran”. Dengan memfokuskan pikiran, lama kelamaan terbukalah kebijaksanaan, tidak tentu jodoh apakah itu, begitu ketemu mencapai pencerahan seketika, terhadap alam semesta dan segalanya jadi bisa dipahami secara keseluruhan.

 

Lantas mengapa kita melatih diri tidak dapat mencapai kondisi batin tersebut? Saat membaca Sutra, pikiran masih terfokus, tetapi begitu buku Sutra ditutup, pikiran mulai kacau lagi, tidak mampu mempertahankan pikiran terfokus seperti saat membaca Sutra, di sinilah letak permasalahannya.

 

Praktisi pelafal Amituofo dapat terfokus pikirannya, ini dikarenakan tabiat melafal Amiituofo, saat melafal Amituofo dia mampu terfokus, tetapi ketika mendengar ceramah belum tentu dapat terfokus, kalau demikian halnya, maka anda harus menggunakan metode melafal Amituofo.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012

 

念佛為什麼念不下去,聽經聽得歡喜,這是什麼?無始劫來的習氣,生生世世喜歡學。一切放下,念這一句佛號,不行,雜念還是會起來;不如聽經、不如研究經典,他心專。沒有別的,只要專、只要一,專一,這叫真修行。真修行,孟子說得好,「學問之道無他,求其放心而已」,就是收心,把散亂的心、把妄想的心收回來,這就叫學問。所有念頭統統收回來了,這是孟夫子講的,他講學問之道就是這個。在佛家講的,佛家講得更簡單,四個字「制心一處」;孟子所講的,求其放心而已,說了這麼多字。佛經上四個字制心一處,意思完全相同,制心一處就是大學問,就是真學問。久久就開智慧,不一定是什麼緣分,碰上了豁然大悟,對於宇宙世出世間一切法完全通達明瞭。那我們一般修行為什麼到不了這個境界?讀經的時候正專心,經本放下,心又散亂了,不能把讀經那個專心保持,問題就在這裡。念佛的人專心,那是念佛的習氣,念佛他專心,聽講他不一定能專心,那你就用念佛的方法。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十三集)  2012/12/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0073

 

 

 

 

Ketika sedang tidak melafal Amituofo, pikiran harus tetap difokuskan, jika anda dapat mempertahankannya, maka keterampilan melatih dirimu mengalami kemajuan; sebaliknya jika tidak sanggup mempertahankannya, berarti keterampilan melatih diri belum efektif. Jika sanggup mempertahankannya, berarti keterampilan melatih diri sudah efektif, lama kelamaan tercapailah pencerahan.

 

84 ribu pintu Dharma, setiap pintu Dharma juga dapat mencapai pencerahan. Maka itu Buddha berkata “Pintu Dharma adalah setara, tidak ada yang lebih tinggi maupun yang lebih rendah”.

 

Ucapan ini bermakna supaya terhadap pintu Dharma, kita memiliki pemahaman, pengertian, saling menghormati, jangan membeda-bedakan, memandangnya setara.

 

Terhadap para makhluk yang memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda-beda, Buddha menyampaikan beragam metode, tujuannya hanyalah satu, yakni agar anda dapat mencapai samadhi (pikiran terfokus), supaya anda bisa mencapai pencerahan.

 

Ini merupakan cara atau metode, bagi yang suka mempelajari ajaran Sutra, maka menasehatimu mendalami Sutra Pitaka, “Mengulang membaca buku ribuan kali, maknanya dapat dipahami dengan sendirinya", setelah mengulang membaca sebanyak seribu kali, pikiran pun jadi terfokus, tidak kacau lagi.

 

Hingga akhirnya mencapai penerangan sempurna maka anda sudah tamat belajar, sebelum mencapai penerangan sempurna harus tetap lanjut melatih diri.

 

Dengan melatih sila maka memperoleh samadhi (pikiran terfokus), dengan melatih samadhi terbukalah prajna (kebijaksanaan), seluruh Buddha Tathagata di sepuluh penjuru dari tiga masa, oleh karena melatih sila, samadhi dan prajna sehingga meraih keberhasilan, tidak ada pengecualian.

 

Maka itu sila, samadhi dan prajna merupakan Dharma agung tertinggi tiada taranya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Desember 2012

 

  不念佛的時候心也專,你能保持住,這就功夫成就了;不能保持,功夫沒到家。保持,功夫到家了,常常保持久而久之就開悟,開悟之後都一樣,所以八萬四千法門門門都能開悟。所以佛說「法門平等,無有高下」,這個話的意思教我們對法門要了解、要認知、要尊重,不要有分別,平等平等。對各種不同根性的人,佛設立的這些方法,目的都是一個,叫你得定,叫你開悟,不是別的。這些是手段,喜歡研究教的就是叫你深入經藏,「讀書千遍,其義自見」,一千遍讀下去,心收了,心不散亂了。到大徹大悟這就圓滿,你這功課就畢業了;沒有到大徹大悟,沒有圓滿,還要繼續修。修定,決定是因戒得定,因定開慧,十方三世一切諸佛如來都因此而得成就,沒有例外的。所以戒定慧三學是佛門的密法,無上的大法。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第七十三集)  2012/12/17  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0073