Selasa, 07 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2013 (Bgn 1)

 

 

“Tiga Berkah Karma Suci” merupakan prinsip pedoman tertinggi, oleh karena semua Buddha di sepuluh penjuru dari tiga masa menuruti pedoman ini sehingga meraih keberhasilan.

 

Para Buddha yang berasal dari masa lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang, bagaimana cara Mereka mencapai KeBuddhaan? Yakni berpedoman pada “Tiga Berkah Karma Suci” sehingga meraih keberhasilan.

 

Berkah pertama adalah “Berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru, berwelas asih tidak membunuh, melatih Sepuluh Kebajikan”, apakah kita telah mengamalkannya?

 

Tak peduli metode apapun yang anda latih, juga harus berpedoman pada “Tiga Berkah Karma Suci”. Jika anda tidak menuruti prinsip ini, maka anda adalah praktisi palsu, Buddha takkan mengakui-mu sebagai siswaNya.

 

Berkah pertama tersebut merupakan landasan untuk belajar Ajaran Buddha. Dengan perkataan lain, belajar jadi manusia saja tidak becus, bagaimana anda bisa menjadi Buddha, mana ada aturan begini!

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2013

 

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/01/lima-mata-pelajaran-aliran-sukhavati.html

 

Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/11/sepuluh-kebajikan_20.html

 

淨業三福是最高的指導原則,因為佛在這三條後頭說了一句話,這三福是十方三世一切諸佛淨業正因。那我們就知道,過去佛、現在佛、未來佛,怎麼成佛的?都是依照這個指導所修成的。這個指導裡頭第一句話,「孝養父母,奉事師長,慈心不殺,修十善業」,我們做到了沒有?不論你是宗門教下、顯教密教、大乘小乘,無論是哪個法門都要遵守這個原則。你不遵守這個原則,你是假的,你不是真的,佛不承認你是他的弟子。這一條,這一條是人天法,是學佛的基礎。換句話說,人都沒做好,你怎麼能作佛,哪有這個道理!

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0九集)  2013/1/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0109

 

 

 

 

Buddha dan mara ada di mana? Merupakan niat pikiran diri sendiri, niat pikiran baik adalah Buddha, niat pikiran buruk adalah mara. Jadi bukan berada di luar, Buddha adalah diri sendiri, mara juga adalah diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan lingkungan luar.

 

Menyalahkan orang lain adalah dosa besar, merupakan kesalahan terbesar. Leluhur mengajari kita, hendaknya diingat baik-baik, “Ketika bertemu masalah, jangan salahkan orang lain, tapi lakukan introspeksi diri”.

 

Ketika bertemu kesulitan, lakukan introspeksi diri, pastinya ada pada niat pikiran, ucapan dan tindakan diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan lingkungan luar, tidak boleh menyalahkan orang lain.

 

Meskipun kita berada dalam kondisi buruk dan bertemu jodoh buruk, difitnah orang lain, dihina, dicelakai, dan berbagai kesulitan, semuanya adalah kesalahan diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain.

 

Tiap hari melakukan introspeksi diri, tiap hari memperbaiki diri, pastinya harus memaafkan orang lain, jangan memaklumi diri sendiri, diri sendiri tiap hari mengalami kemajuan batin, tiap hari berbahagia, kualitas batin meningkat barulah penuh dengan kebahagiaan Dharma.

 

Kalau setiap hari merasa cemas, sedih, merana, dan banyak beban pikiran, maka celakalah, hendaknya meningkatkan mawas diri, saya sedang tersesat dengan sangat mendalam, barulah ada fenomena sedemikian rupa. Seseorang yang senantiasa tercerahkan, setiap hari tercerahkan, bagaimana mungkin ada fenomena begini?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2013

 

佛跟魔在哪裡?就是自己念頭,自己念頭一念正念是佛,惡念就是魔。魔不在心外,心外無法,法外無心,佛是自己,魔也是你自己,與外面境界不相干。怨天尤人是大罪,是最大的錯誤,決定不可以。老祖宗教我們的話,好,要記住,「行有不得,反求諸己」。遇到有障難了,反過頭來反省,決定在自己的念頭、言行,與外頭境界不相干,決定不能怪人。縱然我們在逆境惡緣裡頭,遭受別人毀謗、侮辱、陷害,種種障難,全是自己的過失,與他不相干。天天反省,天天改過,一定是原諒別人,不要原諒自己,自己天天有進步,天天快樂,有進步才法喜充滿。如果每天自己憂悲苦惱,這完了,這個一定要提高警覺,我迷了,我迷得很深,才會有這個現象。一個人念念有覺悟,天天有覺悟,怎麼可能有這個現象?

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0九集)  2013/1/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0109

 

 

 


Kalau setiap hari merasa cemas, sedih, merana, dan banyak beban pikiran, maka celakalah, hendaknya meningkatkan mawas diri, saya sedang tersesat dengan sangat mendalam, barulah ada fenomena sedemikian rupa. Seseorang yang senantiasa tercerahkan, setiap hari tercerahkan, bagaimana mungkin ada fenomena begini?

 

Jika tidak ada cara lainnya lagi, boleh membaca Sutra, praktisi zaman dulu yang menggunakan cara ini banyak yang memperoleh manfaatnya. Menggunakan waktu setahun fokus pada satu judul Sutra, sehari mengulang baca tiga kali, setahun seribu kali, seribu kali pasti dapat menenangkan hati dan pikiran.

 

Masih belum tercerahkan, saya mengulang baca lagi sebanyak seribu kali, masih juga belum tercerahkan, saya baca lagi seribu kali, suatu hari pasti tercerahkan. Apa alasannya?

 

Jalan yang anda tempuh adalah jalan menuju pencerahan. Dengan penuh hormat membaca Sutra, ini adalah mengamalkan sila, memfokuskan pikiran adalah melatih samadhi, selama jangka panjang, dua tahun, tiga tahun, empat tahun, lima tahun, mana ada alasan tidak tercerahkan?

 

Masalahnya terletak pada kemalasan diri sendiri, lengah, tidak mau berusaha bersungguh-sungguh. Khayalan banyak, bentuk-bentuk pikiran banyak, ini menghancurkan dirimu. Yang paling ditakutkan bukanlah mara yang berada di luar, tetapi mara yang ada di dalam diri sendiri, bentuk-bentuk pikiran ini menyiksa dirimu, demikian pula khayalan juga menyiksa dirimu, di manakah akar sumbernya? Tidak menjauhi ketamakan, kebencian, kedunguan dan kesombongan.

 

Diri sendiri bersungguh-sungguh melakukan introspeksi diri barulah dapat menyadarinya, dari mana mara berasal? Dari keserakahan, kebencian, iri hati, kecurigaan, keangkuhan. Terhadap pelatihan diri sendiri, kehilangan keyakinan hati.

 

Terhadap diri sendiri kehilangan keyakinan hati, terhadap apa yang dipelajari juga kehilangan keyakinan hati, terhadap Dharma juga kehilangan keyakinan hati, pastinya satu pun takkan berhasil, inilah jalan buntu.

 

Pada masa kelahiran mendatang ingin terlahir kembali sebagai manusia, tidaklah mudah, dengan perkataan lain, pastinya jatuh ke tiga alam penderitaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 6 Januari 2013

 

如果每天自己憂悲苦惱,這完了,這個一定要提高警覺,我迷了,我迷得很深,才會有這個現象。一個人念念有覺悟,天天有覺悟,怎麼可能有這個現象?

 

  實在沒有辦法,讀經,古人用這個方法收效果的很多。用一年的時間我讀一部經,一天讀三遍,一年念一千遍,一千遍決定心定下來了。還沒有開悟,我再讀一千遍,再不開悟,我再讀一千遍,肯定有開悟的那一天。為什麼?你走的是開悟的道路。恭恭敬敬的讀經,這就是持戒,一心專注是修定,長期二年、三年、四年、五年,哪有不開悟的道理?問題都是自己懈怠、懶散,不肯真幹。妄想多、妄念多,這個把你毀掉了。最怕的魔不是外頭,自己的心魔,這個妄念折磨你,妄想折磨你。根源在哪裡?沒有離開貪瞋痴慢。自己認真反省就發現了,魔是從哪來的?貪來的,瞋恚來的,嫉妒來的,懷疑來的,傲慢來的,都不外乎這些。自己對自己的修學,肯定信心喪失掉了。對自己沒有信心,對所學的沒有信心,對法沒有信心,肯定一事無成,這走一條死路。來生得人身,不容易,換句話說,肯定是三惡道,這就鑄成大錯了。所以這兩種生死,「超過分段、變易二死,安住出世二空之智,此即成就智斷二德」。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0九集)  2013/1/6  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0109