Kamis, 03 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012 (Bgn 7)

 

 

Ketika saya berobat ke dokter gigi di Taiwan, menetap di sana delapan bulan lamanya. Praktisi yang tinggal di wilayah Selatan memiliki sebidang tanah yang hendak dipersembahkan, yakni di Kota Tainan hendak dibangun Vihara, datang mengunjungiku.

 

Mereka sudah akrab denganku, merupakan pendengar setia ceramahku, saya beritahu padanya, andaikata membangun Vihara serupa dengan kelenteng tempat sembahyang, kelenteng di Taiwan sudah banyak jumlahnya, kalau ditambah dengan satu lagi dari dirimu, maka tidak ada makna-nya sama sekali. 

 

Mereka bertanya padaku, lantas harus mendirikan Vihara yang bagaimana sebaiknya? Saya jawab, Vihara tersebut harus berbeda dengan Vihara lain pada umumnya, yang belum dimiliki oleh Taiwan. Vihara yang bagaimanakah itu? Vihara yang berbasis pendidikan.

 

Pada zaman dulu, semua Vihara berbasis pendidikan, tidak ada satupun yang tidak memberikan ceramah, tidak ada satupun yang tidak menyelenggarakan kebaktian pelafalan Amituofo, jika tidak melafal Amituofo, maka Vihara tersebut akan menyelenggarakan kegiatan Dhyana, ini merupakan Pintu Pengamalan, sedangkan Pintu Pemahaman adalah tiap hari memberikan ceramah Dharma.

 

Hari ini di Taiwan tidak ada Vihara begini, baik Pintu Pemahaman maupun Pintu Pengamalan juga tidak ada lagi. Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, memberikan teladan bagi kita bahwa Ajaran Buddha adalah pendidikan, usia 30 tahun mencapai penerangan sempurna, setelah itu mulai mengajarkan Dharma, usia 79  tahun memasuki Parinirvana, mengajar genap 49 tahun lamanya.

 

Maka itu Sang Buddha mengajar sebanyak lebih dari 300 persamuan, selama 49 tahun, persamuan itu adalah berkumpulnya para hadirin pendengar, istilah sekarang adalah menyelenggarakan kegiatan ceramah, Buddha Sakyamuni menyelenggarakan kegiatan ceramah, selama 49 tahun telah menyelenggarakan sebanyak lebih dari 300 kali.

 

Setiap kali kurun waktunya tidak sama, skalanya juga tidak tetap. Skala besar dihadiri oleh lebih dari 10 ribu orang, kurun waktu yang panjang bisa berkisar hingga beberapa tahun lamanya; ada pula kurun waktu yang singkat, skala yang sangat kecil dihadiri hanya belasan orang, lebih dari 20 orang, kurun waktunya ada yang berkisar 2-3 hari, 5-6 hari juga ada.

 

Maka itu tidak ada yang tetap, semuanya menuruti jodoh apa adanya. Sepanjang hayatNya, Buddha Sakyamuni tidak mempunyai Vihara, di mana ada orang yang mengundang, ke sanalah Beliau menuju, hidup berkelana. Kita harus memahami hal ini dengan jelas dan dimengerti.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

在台灣,前年我在那邊治牙周病,住了八個月。南部同修有一塊地,在台南市區想建立個道場,來找我。這些人都是熟人,都常年聽我講經的,我就告訴他,建道場如果建得跟其他寺廟一樣,台灣廟夠多,有你一個不多,沒你一個不少,毫無意義。他們問我,那要什麼樣的道場?我說與眾不同,台灣沒有的。什麼道場?學校的道場。古時候寺院庵堂全是學校,沒有一家不講經的,沒有一家不念佛的,不是念佛、就是參禪,這行門,解門是天天講經。今天台灣沒有,解門、行門都沒有了。釋迦牟尼佛當年在世,為我們所做的榜樣是教學,他三十歲開悟,開悟之後就從事教學,七十九歲圓寂,整整教了四十九年。所以講經三百餘會,說法四十九年,會是聚會,現在講辦活動、辦講座,釋迦牟尼佛辦講座,四十九年辦了三百多次。每次時間長短不一定,規模大小也不一定。規模大的有一萬多人參加,時間長的有好幾年;也有短的,規模很小的十幾個人、二十幾個人有,時間二、三天,五、六天都有。所以他沒有一定,統統是隨緣。釋迦牟尼佛一生沒有道場,哪個地方請他就到哪裡去,一生遊化在人間。我們得了解,搞清楚、搞明白了。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十五集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0025

 

 

 

 

Hari ini di seluruh Taiwan kekurangan sebuah Vihara yang menyelenggarakan kegiatan ceramah Dharma, andaikata Vihara ini tidak menyelenggarakan upacara ritual dan tiap hari hanya memberi ceramah, maka Vihara ini pasti tidak sama, Vihara begini jika dibangun akan jadi sungguh berharga.

 

Agar masyarakat dapat melihat kenyataan ini, ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini adalah sedemikian rupanya, kita berusaha melestarikannya.

 

Para donatur yang mendengar ucapanku ini, sangat bersukacita, dengan demikian dibangunlah Vihara tersebut. Ketika saya meninjau ke lokasi pembangunan, ternyata lebih bagus daripada perkiraan, oleh karena ruangan ceramah mereka dibangun dengan bentuk yang modern, lebih sempurna daripada yang saya bayangkan, saya amat bersukacita.

 

Di dalam Vihara tersebut terdapat tujuh ruangan ceramah, setiap ruangan juga menyelenggarakan kegiatan ceramah, topik apa yang dihendaki hadirin pendengar, itulah yang anda ceramahkan, baik-baiklah membantu mereka belajar.

 

Jika tidak berhasil mengundang Bhiksu penceramah, sekarang kita banyak rekaman DVD, setiap ruangan tersedia televisi, maka ini sudah gampang, kita tinggal memutar DVD untuk belajar, maka itu, asalkan ada seorang asisten pengajar maka ini sudah boleh.

 

Putar selama satu jam, setelah semua orang menyaksikannya, lalu mulai ada kegiatan diskusi, ada seorang asisten pengajar serupa dengan instruktur, dia akan membantu menjelaskan jika ada pertanyaan, membimbing kita untuk memahami makna dari Sutra tersebut, bagaimana menerapkan ajaran Sutra dalam kehidupan keseharian, menerapkannya dalam memperlakukan orang lain, menangani urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, menggunakannya secara fleksibel. Ini membawa kesegaran baru bagi masyarakat dalam memandang Buddha Dharma, bagus.

 

Saat peresmian Vihara, mereka mengundangku, saya pergi menghadiri acara tersebut, saya menginap dua malam di Tainan, memberi ceramah selama 4 jam di sana, saya melanjutkan ceramah berjudul “Sutra Usia Tanpa Batas” di sana, pagi 2 jam, sore 2 jam. Saya bilang kalian mesti melanjutkannya, jangan sampai terputus.

 

Maka itu peranan pendukung Dharma amatlah penting, tanpa adanya insan yang berkemampuan datang menjadi pendukung Dharma, maka akan ada hambatan. Maka itu saya juga mengajarinya (donatur tanah vihara), untuk mengundang seorang tokoh masyarakat setempat, jadi tidak ada masalah.

 

Membangun Vihara harus membangun yang model begini, bukan terletak pada skala besar kecilnya, yang penting adalah digunakan untuk tujuan pendidikan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

今天全台灣缺少一個講經的道場,如果這個道場不做經懺佛事,不做法會,宗教活動沒有,只是天天講經,那這個道場就不一樣,這道場建得就有價值了。讓社會大眾看看,這真的,釋迦牟尼佛當年在世是這個樣子的,我們把它保留下來。那些人聽到我這麼一說,很高興,我們建一個,所以我幫助他,這道場建成。我去參觀比我想像的還好,因為他們的講堂是現代化的,比我想像的周到,我去參觀很歡喜。它有七個講堂,每個講堂都講經,聽眾喜歡聽什麼你就得講什麼,好好幫助他學習。法師請不到,我們現在有光碟,它每個教室都有電視,這就好辦了,我們放光碟來學習,所以,只要有一個助教就行了。放一個小時,大家看完之後再研究討論,有一個助教像教練一樣,他來幫助,幫助解答問題,指導我們對這個經義的理解,如何把這經義落實到日常生活,落實到處事待人接物,活學活用。這個佛法在社會上耳目一新,好事。

 

開幕這一天邀請我,我去參加,我在台南住了兩個晚上,還給它講了四個小時,要我開張,講了四個小時。也就是這部《無量壽經》,講一天,上午兩個小時,下午兩個小時。我說你們得繼續下去,決定不要中斷。所以護法重要,沒有真正有力量來護法的人,就會有障礙。所以我也教他,請了在地方上很有聲望的一位居士他出來,那就沒有問題。建道場要建這樣的道場,規模不在大小,就是在上課。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十五集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0025

 

 

 

 

   Membangun Vihara harus membangun yang model begini, bukan terletak pada skalanya besar atau kecil, yang penting adalah digunakan untuk tujuan pendidikan.

 

Andaikata hanya satu ruangan ceramah saja yang terpakai juga boleh, tiap hari menyelenggarakan kegiatan ceramah, sekolah privat zaman dulu bukankah juga cuma terdiri dari satu ruang kelas saja? Yang ditekankan adalah diselenggarakan secara rutin setiap harinya.

 

Belajar ajaran Sutra terhadap upaya melenyapkan kekotoran batin sangatlah membantu, mengapa demikian? Terhadap pemahaman teori kian lama kian jelas dan dimengerti. Setelah jelas dan dimengerti barulah anda bersedia melepaskan kemelekatan.

 

Melepaskan (menyingkirkan) niat yang mengutamakan kepentingan pribadi, melepaskan ketenaran dan keuntungan, menghapus Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, popularitas, makanan, tidur), kondisi batin anda akan semakin maju, kebijaksanaan berkembang, etika moral meningkat, kualitas batin semakin maju, penuh dengan kebahagiaan Dharma.

 

Ke mana harus mencari siswa-siswanya? Jangan melakukan perekrutan, upaya ini takkan berhasil, guru dan murid harus memiliki jalinan jodoh, ini nyata adanya.

 

Guru kesulitan menemukan murid, terutama murid yang dapat menjadi penerusnya, akan lebih sulit lagi. Sebaliknya murid ingin mencari guru juga sangat sulit, semuanya berkaitan dengan jodoh.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 20 November 2012

 

   建道場要建這樣的道場,規模不在大小,就是在上課。一個講堂也行,天天講經,過去私塾不就是一個講堂嗎?要的是天天不中斷。學經教對於斷煩惱很有幫助,為什麼?理事愈來愈清楚、愈來愈明白,真正搞清楚、搞明白,你就能放下了。放下自私自利、放下名聞利養、放下七情五欲,你的境界不斷向上提升,智慧增長、德行增長,境界不斷向上提升,得法喜充滿。

 

  學生到哪裡去找?不能招生,招不到學生,師生是講緣分,這是真的,不是假的。老師要找學生難,傳法的學生不容易;學生要找個老師也難,這都是緣分。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第二十五集)  2012/11/20  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0025