Sepuluh Kebajikan merupakan landasan sila dalam Pintu Buddha, namun landasan yang paling mendasar adalah berbakti pada Ayahbunda dan menghormati guru, yang juga merupakan butir pertama dari “Tiga Berkah Karma Suci”, yakni “Berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru dan senior”.
Masyarakat masa kini telah kacau, mengapa demikian? Bakti dan rasa hormat tidak ada lagi, tidak tahu berbakti pada Ayahbunda, tidak tahu menghormati guru dan senior.
Lantas bagaimana dengan orang begini? Ayahbunda tidak dihormati, guru pun tidak dihormati. Alhasil sekolah pun dijadikan lahan bisnis, tempat memperjualbelikan ilmu pengetahuan, setelah menerima iuran sekolah, guru menyerahkan sejumlah ilmu pengetahuan kepada dirimu.
Ilmu pengetahuan dijadikan alat guna menangani urusan, bukan untuk belajar menjadi manusia yang seutuhnya, bagaimana menjadi manusia yang berguna, anda tidak dapat mempelajarinya sama sekali, hanya tahu bagaimana bekerja mencari penghasilan.
Makanya kita sering mendengar para pemilik perusahaan mengeluh, tidak berhasil mencari pekerja yang bisa diandalkan, jumlah karyawan memang banyak, tetapi tidak tahu menjadi manusia yang seutuhnya.
Kita hidup pada era sekarang ini sungguh menyengsarakan! Zaman dulu masih ada pendidikan etika moral, manusia masih taat susila, sopan santun, setiap wilayah masih menjunjung nilai-nilai budaya dan tata krama, memandang setiap orang sebagai insan yang bajik.
Sebaliknya masa kini manusia modern telah mengabaikan kesusilaan, moralitas runtuh dan dunia jadi kacau. Hidup dalam dunia yang kacau ini sungguh menyengsarakan, mesti melatih Ksanti Paramita (kesabaran), dalam segala hal harus bersabar, menghadapi anak-anak yang tidak berbakti, Ayahbunda mesti bersabar; guru yang menghadapi murid-muridnya, juga mesti bersabar.
Demikian pula dengan praktisi yang melatih diri juga mesti bersabar, siapa yang bakal menghormati dirimu? Tidak memakimu sebagai penganut kepercayaan takhayul, anda sudah harus bersyukur, sikap begini sudah cukup ramah padamu.
Maka itu hal ini tidak boleh tidak diketahui, tidak boleh tidak dipelajari.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012
你看十善業,十善是佛門根本大戒,不學佛的人也要修,為什麼?它是性德,自性本具的。所以佛法是以這個為基礎。但是基礎的基礎是孝親尊師,淨業三福的第一條,「孝養父母,奉事師長」。現在的社會亂,為什麼?孝沒有了,敬沒有了,不知道孝順父母,不知道奉事師長。這人怎麼辦?父母不教,老師也不教。學校商業化了,是販賣知識的地方,繳了學費,老師把這些知識傳授給你。知識是做事情的、辦事的,不是做人的,做人的你一點都沒學到,做事的學到了不少。所以我們常常聽到,這個公司老闆常說,找不到可以用的人,做事情的人很多,不會做人。我們生在這個時代,這個時代太苦!古時候有教育,人都守禮、懂禮,禮義之邦,看到人都是好人;現在禮沒有了,禮崩樂壞,天下大亂。亂世做人很辛苦,亂世做人要修忍辱波羅蜜,什麼都要忍,兒女不孝,父母要忍,不忍怎麼辦?學生對老師不尊重,老師要忍。修道的人更要忍,誰會尊重你?不罵你迷信就算不錯了,對你很客氣了。所以這都是不能不知道,不能不學的。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第十九集) 2012/11/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0019
Seorang praktisi sejati harus memulai belajar dari tahapan yang paling dasar yakni pendidikan kesusilaan. Tanpa landasan pendidikan kesusilaan, anda sulit mengalahkan cobaan dan godaan.
Terutama “Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal”, jika mempelajari dan mendalaminya maka pikiran pun jadi benar, oleh karena pikiran benar maka tindakan pun jadi benar, dapat menjadi insan suci dan bijak.
“Di Zi Gui” membahas tentang etika moral. Orang yang memiliki etika moral akan malu berbuat jahat, jadi ada kekuatan yang membatasi dan mengekangnya.
Tetapi jika kekuatan godaan luar terlampau dahsyat, etika moral pun tidak sanggup membelenggunya lagi, sudah tahu cacat moral masih juga melakukannya, apa alasannya? Keuntungan yang terpampang di depan mata terlampau besar, demi ketenaran dan keuntungan pribadi, ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, meskipun tahu cacat moral tapi juga melakukannya.
Lain halnya jika dia memahami Hukum Karma, dia akan menyadari bahwa meskipun pada masa kelahiran sekarang memperoleh ketenaran dan keuntungan, tapi berapa lama bisa menikmatinya? Siapa yang bisa menjamin hidup sampai usia seabad?
Meskipun hidup sampai usia seabad, itu pun cuma satu petikan jari sudah berlalu, tidak berani berbuat jahat. Kekangan Hukum Karma memiliki kekuatan yang lebih dahsyat!
Maka itu Kelenteng Chenghuang yang merupakan tempat ibadah Taoisme, (Chenghuang dipuja sebagai Dewa pelindung kota), pada zaman dulu kelenteng ini menimbulkan dampak positif yang besar, masyarakat yang mengecap pendidikan melalui ukiran di dinding kelenteng (Sepuluh Pengadilan Neraka), menjadi bajik dan tidak berani berbuat jahat.
Mereka percaya adanya Neraka, mereka takut akan siksaan Neraka, tidak berani berpikir jahat, tidak berani berbuat jahat. Sebaliknya orang masa kini malah tidak percaya, mengatakan hal ini palsu adanya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012
Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :
http://pelitakebajikan.blogspot.com/
Pendidikan Hukum Karma Menyelamatkan Hati Manusia :
http://tujuhmustika.blogspot.com/
真正修行一定從儒釋道三個根做起,不從這個根做起,你敵不過環境誘惑。特別是《感應篇》,《感應篇》真正有了心得,你的心端正,心端正了行為就端正,能成聖成賢。《弟子規》是講的道德,人有道德不好意思做壞事,這有約束力量。但是如果外面誘惑力量太大了,這道德保不住,知道缺德還是幹,為什麼?利益太大了,為著自己的名聞利養、貪瞋痴慢,缺德也幹。但是懂得因果他不敢,他會想到我這一生得到名聞利養能享幾天?誰敢保證自己能活一百年,縱然一百年也是一彈指,不敢做壞事。因果約束的力量太大!所以道教,城隍廟是屬於道教的,在古代它起了很大的作用,人民接受這個教育不敢作惡。他相信有地獄,他怕地獄苦,不敢動惡念、不敢做壞事。現在人不相信,說這是假的。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第十九集) 2012/11/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0019
Kelenteng Chenghuang yang merupakan tempat ibadah Taoisme, (Chenghuang dipuja sebagai Dewa pelindung kota), pada zaman dulu kelenteng ini menimbulkan dampak positif yang besar, masyarakat yang mengecap pendidikan melalui ukiran di dinding kelenteng (Sepuluh Pengadilan Neraka), menjadi bajik dan tidak berani berbuat jahat.
Mereka percaya adanya Neraka, mereka takut akan siksaan Neraka, tidak berani berpikir jahat, tidak berani berbuat jahat. Sebaliknya orang masa kini malah tidak percaya, mengatakan hal ini palsu adanya.
Banyak bukti yang terpampang di depan mata, yang pernah kita saksikan secara langsung, kasus orang yang kerasukan, sesungguhnya makhluk halus itu ada atau tidak ada? Di dalam negeri tirai bambu ada, demikian pula di luar negeri juga ada, di mana-mana juga ada kasus begini.
Metode pengobatan hipnotis, apakah benar ada hal begini atau tidak? Memang benar dari metode hipnotis ini diperoleh banyak info dari ruang dimensi yang berbeda, hal ini tidaklah semu.
Dua hari yang lalu ada seorang rekan praktisi di Sri Lanka memberiku selembar fotokopi. Saya hanya membaca judulnya saja, isinya tidak saya baca, yakni para ilmuwan Mekanika Kuantum memastikan adanya keberadaan roh atau arwah, mungkin artikel ini dia peroleh dari internet. Secara bertahap para ilmuwan mulai membuktikan bahwa hal ini nyata adanya.
Maka itu dalam segala hal harus bersungguh-sungguh, tidak boleh ecek-ecek, terutama dalam menghapus kekotoran batin, mesti melakukannya bersungguh-sungguh.
Sila yang ditetapkan oleh Sang Buddha, mesti ditaati. Sila dasar adalah Lima Sila, tak peduli umat awam maupun non awam juga mesti menaatinya, yakni tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berzina, tidak berbohong, tidak minum minuman keras, ini merupakan sila dasar.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012
城隍廟是屬於道教的,在古代它起了很大的作用,人民接受這個教育不敢作惡。他相信有地獄,他怕地獄苦,不敢動惡念、不敢做壞事。現在人不相信,說這是假的。
許許多多證據在眼前,我們親身體驗過的,附體,這種東西到底是真、是假?中國有、外國有,到處都有,我在日本講經的時候,日本有,每個國家地區都有。西方催眠是真、是假?確實從這些地方透到很多不同維次空間的信息,不是假的。前天有一位同學,給我一個影印的東西,我不知道放哪裡去了,在斯里蘭卡那給我的。一張紙,我只看了標題,裡頭內容沒看,是現代量子力學家肯定靈魂是真的存在,這麼一個信息,我想應該也是在網路上下載下來的。科學逐漸逐漸證明這真的,不是假的。所以什麼都要認真,不能搞假的,特別是要斷煩惱,要真幹。這是攝律儀戒,佛所制定的戒律,要遵守。根本戒就是五戒,無論在家、出家必須要遵守的,不殺生、不偷盜、不邪淫、不妄語、不飲酒,這是根本戒。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第十九集) 2012/11/13 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0019