Senin, 09 Mei 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2012 (Bgn 3)

 

 

Harus benar-benar yakin, tidak boleh ada keraguan. Mesti diingat jangan sampai terpengaruh oleh lingkungan luar. Saat mata melihat, timbul niat pikiran; saat telinga mendengar, timbul niat pikiran, begini tidaklah boleh! Hal ini merusak keterampilan melatih diri sendiri.

 

Seorang praktisi sejati takkan meninggalkan lingkungan yang menguji dirinya, lingkungan yang bagaimanapun juga boleh dijadikan tempat melatih diri, tetap teguh tak tergoyahkan.

 

Terkecuali dikarenakan saat melakukan kontak dengan lingkungan luar dan tidak sanggup tetap teguh tak tergoyahkan, barulah memilih untuk mengasingkan diri dari lingkungan luar, mencari sebuah lingkungan tenang yang mendukung pelatihan dirinya, dimana tidak ada orang yang bakal mengganggunya, sehingga saya tidak perlu melihat apa yang tidak ingin saya lihat, mencari tempat yang sepi guna mengasingkan diri, begini juga boleh, ini juga merupakan solusi.

 

Jadi bagaimana solusi yang sebenarnya? Sesungguhnya kondisi batin apapun yang muncul di hadapan, tidak ada kaitannya, maka anda telah sanggup mengikhlaskannya.

 

“Segala sesuatu yang berwujud adalah khayalan semu”, jadi kondisi batin apapun yang muncul, gunakanlah kalimat berikut guna melepaskannya. “Segala sesuatu yang mengalami proses muncul, berlangsung dan lenyap, adalah bagaikan mimpi, khayalan, gelembung air dan bayangan”, jadi buat apa dipermasalahkan?

 

Kembalilah pada sepatah Amituofo, inilah yang kita katakan sebelumnya, praktisi lansia yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi, Opa Oma memang tidak memahami apa-apa, tetapi kondisi apapun tidak dapat membuat dirinya goyah, tidak dapat mengganggunya, ini adalah akar kebijaksanaan tertinggi.  

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2012

 

要真正相信,不能懷疑。千萬記住不能受外頭境界干擾。我看到,起心動念;聽到,起心動念,這不行!這把我們自己功夫全破壞了。真修行,不必離開境界,境界是磨鍊自己的,什麼境界都可以接觸,如如不動。因為接觸到外面境界不能夠如如不動,所以才閉關,所以才找個清淨地方,沒有人干擾的,讓我什麼都看不到的,找這麼個地方來靜修,也行,也是個辦法。真正的辦法是什麼?什麼境界在面前,不相干,你真看破了。「凡所有相皆是虛妄」,什麼境界現前,用這句話就放下了。「一切有為法,如夢幻泡影」,計較它幹什麼?回歸一句阿彌陀佛。這就是我們所說的,上上根的阿公阿婆,他確實什麼都不懂,但是什麼境界都不能夠動搖他、都不能干擾他,這是上上根。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十二集)  2012/11/24  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0032

 

 

 


Praktisi lansia yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi, Opa Oma memang tidak memahami apa-apa, tetapi kondisi apapun tidak dapat membuat dirinya goyah, tidak dapat mengganggunya, ini adalah akar kebijaksanaan tertinggi.  

 

Apapun tidak dipahaminya, dia bodoh, orang bodoh juga masuk kategori akar kebijaksanaan tertinggi. Akar kebijaksanaan tertinggi karena dia tidak terpengaruh oleh lingkungan luar, ini bukanlah hal gampang.

 

Terhadap Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur), ketika berhadapan dengannya takkan timbul niat pikiran, masih tetap melafal sepatah Amituofo berkesinambungan tidak terputus.

 

Demikianlah dirinya ditempa, kapan saja dan di mana saja juga sudah siap terlahir ke Alam Sukhavati, dia takkan mempermasalahkan nantinya setelah meninggal dunia, siapa dan bagaimana mengurus jenazahnya, kalau masih merisaukan hal begini, mana bisa terlahir ke Alam Sukhavati.

 

Tidak ada rintangan di dalam dirinya, tidak ada masalah yang mengganjal di hatinya. Maka itu kalimat berikut ini sangat bagus adanya, “Andaikata seorang praktisi dari metode mendalam dan menakjubkan tiada taranya ini,  dapat membangkitkan keyakinan dan pemahaman, maka orang ini pasti memiliki akar kebijaksanaan tertinggi”.

 

Dia memiliki keyakinan benar, pemahaman benar, maka itu disebut memiliki akar kebijaksanaan tertinggi. Akar kebijaksanaan tertinggi, ada kategori akar kebijaksanaan tertinggi yang cerdas, namun ada pula kategori akar kebijaksanaan tertinggi yang tidak memahami apa-apa, jadi ada dua jenis, semuanya juga merupakan akar kebijaksanaan tertinggi.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 November 2012

 

上上根的阿公阿婆,他確實什麼都不懂,但是什麼境界都不能夠動搖他、都不能干擾他,這是上上根。什麼都不懂,他愚痴,愚痴人有上上根。這個上上根就是不為外境所動,這不是容易事情。對七情五欲,面對著它,不起心不動念,依然是一句佛號相續不斷。這樣練出來了,隨時可以往生,隨處可以往生。他不會計較死了以後我這個身體要怎麼樣處置,還要想這些事情就不能往生。他什麼障礙都沒有,他沒事。所以這句話講得太好,「行人若能於此無上甚深微妙之法稍生信解,其人必是上根。」他真信,他真懂,所以總結為「專接上根」。上根,有聰明利智的上根,有無知無識這一類的上根,上根有兩種,這都是上根。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十二集)  2012/11/24  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0032