Selasa, 16 Februari 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Oktober 2012 (Bgn 1)

 

 

Di dalam “Penjelasan Amitabha Sutra karya Master Ouyi” disebutkan bahwa “Sepatah Amituofo merupakan metode yang digunakan oleh Buddha Sakyamuni di dunia yang penuh dengan lima kekeruhan dan kejahatan, untuk mencapai Anuttara-samyak-sambodhi”.

 

Yang dimaksud dengan “Lima Kekeruhan”, kekeruhan adalah noda, jadi ada lima kelompok noda. Yang pertama adalah “Kekeruhan Makhluk”, para makhluk melakukan banyak kejahatan, contohnya tidak berbakti pada Ayahbunda, tidak menghormati senior; tidak takut pada Hukum Karma, yakni tidak percaya pada adanya Sebab Akibat; tidak memupuk jasa kebajikan, tidak menjalankan sila, maka itu para makhluk telah diliputi kekeruhan.

 

Yang dimaksud dengan para makhluk di sini adalah manusia di dunia ini, kita mengatakannya baik fisik maupun mentalnya telah tercemar, kotor hingga sedemikian rupa. Mengapa hal ini bisa terjadi?

 

Jawabannya ada pada butir kedua dari Lima Kekeruhan yakni “Kekeruhan Pandangan”. Pandangannya terhadap kebenaran alam semesta dan kehidupan manusia, sudah keliru, berpandangan salah, sedangkan butir ketiga adalah “Kekeruhan Kekotoran Batin”, maksudnya adalah berpikir secara keliru.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Oktober 2012

 

Penjelasan Amitabha Sutra karya Master Ouyi :

http://reciteamituofo.blogspot.com/

 

Lima kekeruhan dan kejahatan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/12/panca-kasayah-lima-kekeruhan.html

 

 

《彌陀要解》裡面所說的,「一聲阿彌陀佛」,這第一行,「即是釋迦本師於五濁惡世所得之阿耨多羅三藐三菩提法」。「五濁」,我們參考資料裡頭在前言第一頁,《三藏法數》裡頭所說的,出於《法苑珠林》。濁是染污,現在的話就是染污,五種,五大類的染污。第一個是「眾生濁」,「謂眾生多諸弊惡」,底下舉的例子,「不孝敬父母尊長」,就是不孝父母、不敬尊長;「不畏惡業果報」,就是不相信因果;「不作功德,不修齋法」,齋是身心清淨這個意思,所以眾生濁了。這個眾生都是講的人,這個世間人,我們講身心染污,染污到極處。這是總說。那分開,為什麼會變成這個樣子?底下說,第二個「見濁」,他對於宇宙人生的真相看錯了、想錯了,煩惱濁是想錯了,見濁是看錯了,

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第五集)  2012/10/24  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0005

 

 

 


Periode Dharma Sejati telah lenyap, kini Periode Dharma Mirip juga telah lenyap. Sekarang kita telah memasuki Periode Akhir Dharma.

 

Periode Akhir Dharma akan berlangsung selama 10 ribu tahun, sekarang kita telah melewati seribu tahun pertama, ada pula orang yang mengatakan seribu tahun pertama telah berlalu, kini kita telah memasuki seribu tahun kedua, semua teori ini memiliki landasannya.

 

Setelah zaman berakhirnya Dharma usai, maka Dharma akan lenyap dari permukaan Bumi ini, bila kita amati dengan seksama kondisi dunia sekarang ini, tampaknya era akhir Dharma dan era lenyapnya Dharma telah hadir di depan mata kita, bahkan rasanya zaman akhir Dharma semakin bertambah laju kecepatannya, dan era lenyapnya Dharma juga akan tiba lebih dini.

 

“Ajaran sesat kian merajalela”. Kemarin kita telah melihat sebuah pesan dari sahabat Dharma dari Dongbei (Tiongkok Timur Laut), di daerah mereka muncul sebuah paham sesat, yang mengaku-ngaku bahwa metode baru kreasi mereka bisa lebih instan mencapai keberhasilan.  

 

Paham sesat ini mengatakan bahwa kalau hanya membaca “Sutra Usia Tanpa Batas” saja masih kurang sakti, jadi harus dibumbui dengan sutra dan mantra lainnya; kalau cuma melafal Amituofo saja juga kurang ampuh, jadi masih harus ditambah dengan sedikit jurus lainnya, barulah bisa lebih instan dan manjur.

 

Ini adalah rumor yang menyesatkan masyarakat, banyak paham sesat yang bermunculan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Oktober 2012

 

Lima kekeruhan dan kejahatan :

http://daunbodhi.blogspot.com/2015/12/panca-kasayah-lima-kekeruhan.html

 

Tiga Periode Dharma :

https://daunbodhi.blogspot.com/2020/12/tiga-periode-dharma.html

 

 

「謂正法已滅,像法漸起」,現在像法也滅了。《法苑珠林》這是唐朝人著作的,距離我們現在一千多年。所以現在像法也滅了,現在是末法。

 

末法一萬年,現在是第一個一千年,也有人說第一個一千年過去了,現在是第二個一千年的開始,這些都是有根據的。末法滅了之後就是滅法,我們很冷靜的觀察現實環境,好像是末法跟滅法都看到了,似乎末法加速度了,滅法提前了。「邪法轉生」。昨天我們看到一個信息,北方念佛法門裡頭有邪知見出來了,宣傳有比現在這個經論上所講的方法更快速的方法。光念《無量壽經》不行,還要加別的經咒;光念佛還不行,也要再加一些東西,那個速度就更快、更有把握。這都是妖言惑眾,邪法轉生。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第五集)  2012/10/24  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0005

 

 

 

 

“Pandangan sesat bertambah dan berkembang”, ini adalah pandangan sesat dan pengetahuan sesat, suasana hati yang labil dan mudah tersinggung. Praktisi sekalian mesti memahami satu prinsip tertinggi, asalkan anda dapat menggenggamnya, maka anda takkan dikelabui. Insan yang memiliki kebijaksanaan, hatinya adalah suci, tiada bentuk-bentuk pikiran, tiada khayalan, terjalin dengan jiwa sejati.

 

Buddha Sakyamuni selalu mengingatkan diri kita bahwa “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”. Semakin rumit pikiran kita, maka kondisi batin pun semakin kacau, jika anda hobi belajar metode gado-gado, apapun juga ingin dipelajari, maka suasana hati pun jadi labil, mengacaukan pencerahan-mu.

 

Oleh karena itu Sang Buddha mengemukakan bahwa memfokuskan pikiran pada satu titik, tidak ada hal yang tidak dapat tertangani. Kita memfokuskan pikiran pada lafalan Amituofo, nama ini adalah kebijaksanaan nan sempurna.

 

Kebenaran ini mesti kita pahami, prinsip ini harus kita genggam dengan erat, barulah takkan dikelabui orang lain. Manalah perlu menambah-nambah metode lainnya lagi? Tambah sedikit saja sudah membuat kekacauan, tidak murni lagi.

 

Kita melihat banyak praktisi pelafal Amituofo yang mencapai keberhasilan, saat menjelang ajal muncul fenomena istimewa yang tak terbayangkan, hanya dengan melafal sepatah Amituofo, bahkan sutra pun tidak dibacanya.

 

Mereka tuna-aksara, tak berdaya membaca sutra, jadi hanya dengan mengulang sepatah Amituofo saja, contohnya Guo Lou-jiang, cuma melafal Amituofo sudah bisa berhasil.

 

Lalu ada juga Master Xiu-wu, hanya dengan sepatah Amituofo meraih keberhasilan, juga tidak mengenal aksara, sebelum meninggalkan keduniawian merupakan seorang tukang batu. Orangnya jujur dan tulus, hatinya baik, patuh, serius mengamalkan, dia telah berhasil.

 

Lain halnya dengan diri kita yang begitu gampang dipengaruhi, hanya dengan beberapa patah kata saja sudah goyah pendiriannya, tidak mampu mempertahankan prinsip sendiri.

 

Kesimpulannya cuma satu yakni tidak punya ketulusan, orang yang tidak punya ketulusan akan menderita kerugian, sungguh merupakan suasana hati yang labil dan mudah tersinggung.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 24 Oktober 2012

 

Cergam Kisah Guo Lou-jiang :

http://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html

 

Kisah Master Xiuwu :

http://tekadagung2.blogspot.com/2019/06/kutipan-ceramah-master-chin-kung-14.html

 

 

「邪見增盛」,都是邪知邪見,心浮氣躁。諸位一定曉得一個最高的原則,你能掌握住,你就不會被人欺騙了。有智慧的人心是清淨的,有智慧的人心裡頭沒有雜念、沒有妄想,他與自性相應。世尊大小乘經裡頭常說,我們也常常提醒,這句話非常重要,「一切法從心想生」。心愈雜,境界就愈亂,五花八門,擾亂你的情緒,擾亂你的覺觀。所以佛提出制心一處,叫無事不辦。

 

  天親菩薩在《往生論》裡面告訴我們,最後一切諸法都歸一法句,歸一了,一法句。一法句是什麼?「清淨智慧,無為法身」。清淨智慧,無為法身,我們在前面,就是昨天讀過了,就是阿彌陀佛與這個名號;阿彌陀佛是清淨法身,這句名號是智慧的圓滿。這個我們不能不知道,掌握這個原則你就不會受人欺騙。哪有在這麼好單純法裡頭還得再添加東西?一添加就錯了、就亂了、就不純了。我們看到許許多多念佛真正成就、往生瑞相不可思議的,就是一句佛號,他連經都不念。不認識字,沒有能力讀經,經不要讀了,就一句名號行了,鍋漏匠一句名號成就的。我們看到幾個,極樂寺的修無師,一句名號成就的,也是不認識字,沒出家之前做泥水匠。人老實、心地善良,聽話、真幹,他就成就了。我們輕易受人家幾句話一說,心就動了,就沒主意了,這是什麼?總而言之一句話,這個人叫不老實。不老實的人吃虧,真的是心浮氣躁。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第五集)  2012/10/24  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0005