Minggu, 27 Februari 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012 (Bgn 3)

 

  

Di dalam karyanya yang berjudul “Penjelasan Amitabha Sutra”, Master Lianchi mengatakan, “Melafal sepatah Amituofo, jasa kebajikannya adalah tanpa batas”.

 

Melafal Amituofo tanpa harus mendalami ajaran Sutra, Guo Lou-jiang adalah contoh terbaik, gurunya yaitu Master Dixian tidak menjelaskan padanya. 

 

Seandainya Master Dixian menjelaskan padanya, Guo Lou-jiang juga tidak mengerti, makanya gurunya hanya mengajarinya melafal Amituofo. Kelebihan yang dimiliki oleh Guo Lou-jiang dimana orang lain belum tentu memilikinya, yakni kesungguhan hati, anda suruh saya melafal Amituofo, maka saya melafalnya berkesinambungan tak terputus.

 

Membangkitkan keyakinan hati yang setulusnya, keyakinan hati yang penuh hormat, tidak ragu, tidak terpencar, tidak terputus, dia telah berhasil mewujudkannya.

 

“Melafal sepatah Amituofo, jasa kebajikannya adalah tanpa batas, terutama di dalam Sutra tercantum membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”.

 

Cara ini lebih unggul daripada melafal sepatah Amituofo saja, makna Bodhicitta telah diuraikan dengan sangat jelas, tetapi Guo Lou-jiang tidak mengetahuinya.

 

Guo Lou-jiang hanya tahu membangkitkan keyakinan benar, tekad benar, inilah tiga bekalnya yakni keyakinan, tekad dan melafal Amituofo. Seandainya ada praktisi yang membangkitkan Bodhicitta, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, maka jasa kebajikan ini pasti melampaui Guo Lou-jiang, di dalamnya telah sempurna akan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan).

 

Guo Lou-jiang juga sempurna akan sila, samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan), secara diam-diam telah sempurna, tidak tampak dari penampilan luarnya. Dia hanya tahu mengamalkannya dengan bersungguh-sungguh, tiba waktunya keberhasilan yang dicapai adalah sama.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Cergam kisah Guo Lou-jiang :

https://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html

 

 

下面幾句,是黃念老的給我們做的總結。「據上鈔義」,上面是《彌陀經疏鈔》說的,蓮池大師所講的,據上面蓮池大師所說的意思,「一稱名號,功德尚然」。念這一句名號,什麼也不知道,鍋漏匠是最好的例子,諦閑法師沒給他講解。實在什麼?講解他也聽不懂,就教他老實念。他的長處,人所不及之處,就是真幹,你叫我念,我就一句名號念到底。生起真誠的信心,恭敬的信心,不懷疑、不夾雜、不間斷,他做到了。「一稱名號,功德尚然,況本經發菩提心,一向專念」,這個方法比那個一句佛號就更殊勝了。這一句佛號裡面,菩提心就講得很清楚,鍋漏匠不知道。鍋漏匠只是真信、真願,就是他所得到的是信、願、持名,就這四個字成就的。發菩提心,一向專念,那功德一定超過他,這裡頭戒定慧三學具足。鍋漏匠那個也具足,他是暗中具足,表面上看不到,叫暗合道妙。你只真幹,到成功了是一樣的。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 

 

“Melafal Amituofo adalah prajna mendalam”. Prajna (kebijaksanaan) nan mendalam, di dalam “Sutra Hati”, kita dapat melihat Bodhisattva Avalokitesvara melatih prajna mendalam, kita jadi begitu salut melihatnya. Bagaimana cara melatih prajna mendalam ini? Yakni dengan melafal Amituofo.  

 

Prajna mendalam adalah serupa dengan apa yang tercantum di dalam “Sutra Intan” sebagai “Dalam menyelamatkan para makhluk takkan melekat pada niat pikiran apapun”, Master Huineng (Guru Sesepuh ke-6 Aliran Zen) ketika mendengar pembahasan tentang prajna, sampai pada satu kalimat ini, mencapai pencerahan seketika, menemukan kembali jiwa sejati, dia telah berhasil menamatkannya.

 

Maka itu Sesepuh ke-5 tidak melanjutkannya lagi, Master Huineng di dalam satu kalimat tersebut telah berhasil mencapai kesempurnaan terunggul. Bagaimana Beliau dapat mencapainya? Dengan melepaskan kemelekatan secara menyeluruh.

 

Melepaskan bentuk-bentuk pikiran, perbedaan dan kemelekatan, yakni serupa dengan apa yang kita katakan sebagai tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, semua ini telah berhasil dilepaskanNya, setelah melepaskan maka tercapailah KeBuddhaan.

 

Setelah melepaskan kemelekatan, segala pengetahuan baik duniawi maupun non duniawi dengan sendirinya dapat dikuasai dan dipahami, rintangan karma dan tabiat diri sendiri, sejak kalpa tanpa awal hingga kini berhasil dilenyapkan.

 

Saat inilah cahaya jiwa sejati muncul ke permukaan, cahaya muncul kegelapan pun lenyap, hanya dalam sebersit niat pikiran. Master Huineng telah memperagakannya buat diperlihatkan kepada kita semuanya, orang awam mencapai KeBuddhaan hanya terletak pada sebersit niat pikiran, kita memercayainya, Beliau telah memperagakannya, sudah ada buktinya.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Video Kartun Riwayat Master Huineng

https://youtu.be/AgPL9tEZnlM

 

 

「持名即是甚深般若」。甚深般若,《般若心經》上所說的,觀自在菩薩修的是甚深般若,我們看到很羨慕。甚深般若怎麼修?這一句名號就是。我們看念老的註解,「又持名即是甚深般若,念得純熟,萬緣齊放,能所頓空,即是無住。於此之時,一句佛號,朗然明白,相續不斷,即是生心」。甚深般若就是無住生心,《金剛經》上所說的「應無所住,而生其心」,惠能大師聽講般若,聽到這一句,大徹大悟、明心見性,他就畢業了。所以五祖後頭不講了,他在這一句之下證得究竟圓滿。怎麼證得的?徹底放下了。在這一句裡頭放下了分別、妄想、執著,也就是我們常說的不起心、不動念、不分別、不執著,這統放下,放下就成佛了。放下,世出世間一切法自然通達明瞭,自己無始劫以來的業障習氣它就斷掉了。這是自性光明出現,明現暗就消失,就沒有了,一念之間。能大師為我們示現,凡夫成佛就在一念,這我們相信了,他做出來給我們看,有憑有據。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030

 

 

 


Melafal Amituofo harus sampai terampil (menjadi kebiasaan), apa yang menjadi kriteria-nya? Melepaskan kemelekatan, inilah yang dimaksud melafal hingga terampil (jadi kebiasaan).

 

Kita dapat percaya bahwa Guo Lou-jiang melafal Amituofo hingga sudah jadi kebiasaan, dia menggunakan waktu tiga tahun, melafal hingga di hatinya tidak ada lagi niat pikiran kedua. Segenap hati hanya ada lafalan Amituofo, tidak terpengaruh oleh kondisi apapun, baik suka maupun duka, biarkan saja berlalu, saya hanya memfokuskan pikiran melafal Amituofo.

 

Mengenai urusan menyelamatkan para makhluk, walaupun saya memiliki hati Maha Maitri Karuna, namun saat sekarang ini saya masih belum memiliki kesanggupan, saya juga tidak memiliki pahala, setelah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati nanti, pahala, kebijaksanaan dan kemampuan alami-ku akan pulih seperti sedia kala, barulah kemudian kembali lagi ke dunia ini guna menyelamatkan para makhluk.

 

Jika sekarang memaksakan diri mewujudkannya, jika sampai melakukan kekeliruan, malah akhirnya jatuh ke Neraka. Ketika sebersit niat pikiran jatuh ke dalam kesesatan, diri sendiri masih tidak menyadarinya, maka itu janganlah sampai melakukan kekeliruan sama sekali, lebih baik memfokuskan pikiran membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, begini barulah betul.

 

Bagi praktisi yang memiliki hati Maitri Karuna yang berat, memiliki keinginan kuat untuk menyelamatkan para makhluk, hal ini harus mengandalkan pemberkatan kekuatan Buddha.

 

Kekuatan Buddha memberkati siapa saja? Memberkati insan yang benar-benar membangkitkan niat hati, meskipun adalah orang awam, Buddha juga dapat membantunya.

 

Insan yang benar-benar membangkitkan niat hati, adalah orang yang tidak memiliki niat terselubung, andaikata masih memiliki secuil niat mementingkan diri sendiri, maka ini adalah racun, akar dari tiga racun (ketamakan, kebencian, kedunguan), begitu racun ini mengembang maka habislah, berubah menjadi karma buruk. Hal ini tidak boleh tidak dipahami.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 November 2012

 

Cergam kisah Guo Lou-jiang :

https://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html

 

這念佛的法門要念得純熟,純熟的樣子是什麼?萬緣齊放,這就純熟。我們能夠相信鍋漏匠的念佛念得純熟,他用了三年的工夫,念到心無二念。一心就是佛號,什麼境界都不能轉,一切順境、逆境隨它去,我就這一句佛號。救度苦難眾生我有這個大慈悲心,今天我沒有能力,我也沒有福報,我往生到西方極樂世界,智慧、福報、能力統統恢復了,我再來幹不遲。現在要幹,幹得不好就幹到地獄去了,一念迷了的時候自己不曉得,絲毫都錯不得,一心求淨土這對了。慈悲心重,要度苦難眾生,這是要靠佛力加持。佛力加持什麼人?加持真正發心的人,雖然是凡夫,佛也能幫得上忙。真正發心就是沒有絲毫私心,有一絲毫的私心,那就是毒素,那是三毒的根,這個東西一膨脹就完了,都變成罪業了。這些事情不能不知道。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第三十集)  2012/11/23  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0030