Rabu, 15 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013 (Bgn 2)

 

  

Asalkan tidak melekat, ini adalah suciwan kecil. Di dalam Ajaran Buddha disebut baru memasuki pintu, tidak melekat pada segala metode lainnya. Tidak melekat berarti dapat menuruti jodoh yang ada.

 

Orang yang tidak dapat menuruti jodoh dikarenakan adanya kemelekatan, orang lain baru memujinya sepatah dua patah kata, dia merasa kegirangan bukan main, merasa bangga; sebaliknya baru dimarahi sepatah dua patah kata, difitnah sedikit, dia sudah mendendam selama berhari-hari, emosinya sulit dipadamkan.

 

Ini tidak boleh, ini disebut orang awam enam alam tumimbal lahir, ini adalah sesat. Jika anda adalah praktisi sejati, ketika orang lain memujimu, maka itu adalah Bodhisattva, batinmu tetap stabil, tidak timbul rasa senang, menanggapinya dengan hati yang seimbang.

 

Di sinilah anda ditempa, dalam kondisi menyenangkan ini tidak timbul kekotoran batin, tidak timbul keserakahan. Sebaliknya dalam kondisi tidak menyenangkan, orang lain memfitnahmu, menghinamu, mencelakaimu, ini juga adalah Bodhisattva, saya di sini melatih tidak timbul kebencian, dasar hati adalah suci dan bercahaya.

 

Jika bukan menempa diri dengan cara sedemikian rupa, memangnya anda harus ke mana untuk melatih diri?

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013

 

只要不執著,這就是小聖。學佛的人怎麼?這叫入門,於一切法不執著,不執著就能夠隨緣。不能隨緣的人是因為他自己有執著,別人讚美幾句很高興、很得意;別人要罵你幾句、毀謗你幾句,你就怨恨好幾天,氣消不掉。這不行,叫六道凡夫,這是迷惑。你要真要修行,別人讚美你,那是菩薩,為什麼?你能夠不生歡喜心,平常心看待。你在這邊鍛鍊,歡喜是煩惱,能夠不生貪愛。逆境,別人毀謗你、侮辱你、傷害你,這是菩薩,我在這裡修逆境沒有怨恨,心地清淨光明。如果不在這上磨鍊,你到哪裡去修?

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二0集)  2013/1/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0120

 

 

 

 

 

Bagaimana karakteristik seorang praktisi sejati, Sudhana-kumara memberikan teladan yang bagus, dia memberi ceramah dengan tindakan nyata, memperagakan untuk diperlihatkan kepada kita semuanya.

 

Sejak pagi hingga malam, orang-orang yang berinteraksi denganmu, baik pria, wanita maupun tua dan muda, yang bergerak di berbagai bidang pekerjaan, semuanya adalah Buddha dan Bodhisattva, sedang melakoni.

 

Apa yang mereka lakoni? Yakni menyiksa tabiat diriku. Yang anda lihat ada kondisi yang menyenangkan, ada pula yang tidak menyenangkan, ada jodoh baik, ada pula jodoh jahat, fenomena apapun ada, jika terhadap semua ini anda tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan dan tidak melekat, maka anda telah mencapai KeBuddhaan.

 

Anda mengira melatih diri itu harus ke mana? Menggali gua di atas gunung lalu mengubur diri sendiri ke dalamnya, inikah yang disebut melatih diri? Sudah keliru.

 

Seorang praktisi sejati tidak timbul niat pikiran, segala fenomena ditanggapi dengan kesetaraan, sehingga berhasil melatih suci, setara dan tercerahkan.

 

Terpisah dari lingkungan sedemikian rupa, anda harus ke mana melatihnya? Pastinya tidak boleh timbul niat pikiran, jika timbul niat pikiran berarti sesat, tidak timbul niat pikiran adalah tercerahkan.

 

Hati yang suci dan setara menghasilkan pencerahan, pastinya tidak boleh menciptakan karma buruk, tidak boleh sesat, tidak boleh jatuh ke tiga alam rendah.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013

 

真正修行人,善財做榜樣,他現身說法為我們表法。從早到晚你所接觸的男女老少、各行各業,統統是佛菩薩,都在那裡表演。那表演是什麼?是折磨我的習氣。你看到的有順境、有逆境,有善緣、有惡緣,什麼現象都有,叫你在這裡頭不起心不動念、不分別不執著,成佛了,五十三參圓滿了。你以為修行到哪裡修?深山裡挖個洞把自己埋起來,那叫修行嗎?錯了,全錯了。真正大修行人,沒有世間跟出世間,他有本事讓萬物隨心轉,他就得自在了。他的心是什麼心?不起心、不動念,一切萬物、現象在他面前統統是平等法,清淨平等覺是這麼修成的。離開這些環境,到哪裡修?真空不離妙有,妙有不離真空,真空就是妙有,妙有就是真空。決定不能起心動念,起心動念迷了,不起心不動念是覺。心是清淨平等心,清淨平等心起作用是覺,絕對不造業、絕對不迷惑、絕對不落三惡道。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二0集)  2013/1/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0120

 

 

 

 

 

Manusia hidup di dunia ini sungguh tidak kekal, orang berusia muda masih belum menyadarinya, orang usia paruh baya mulai merasakannya, apalagi orang lanjut usia lebih mengenalinya dengan jelas, mengapa demikian? Sisa hidup tidak lama lagi.

 

Melihat orang yang sebaya satu persatu meninggal dunia, berikutnya adalah giliranku. Manusia kalau sudah terpikir kematian, barulah menyadari segala sesuatu adalah hampa.

 

Hal yang paling sulit diperoleh, adalah menyadari bahwa segala sesuatu adalah hampa, cepat-cepat melepaskan kemelekatan, inilah yang paling berharga.

 

Jika masih ada keinginan memiliki dan takut kehilangan, maka ini sudah sesatnya bukan main, sudah mau mati masih tidak mau sadar-sadar  juga, orang tipe begini sangat banyak, masa depannya tidak cemerlang, kebanyakan jatuh ke tiga alam rendah.

 

Buddha dan Bodhisattva ber-Maitri Karuna mengajarkan kita, menutup pintu ke alam penderitaan, menyumbatnya, hanya menyisakan satu jalan besar terlahir ke Alam Sukhavati, jalur lainnya harus disumbat semuanya.

 

Buddha mengajarkan kita sedemikian rupa, dalam pelaksanaannya harus mengandalkan diri sendiri, Buddha dan Bodhisattva juga tak berdaya, harus mengandalkan pencerahan diri sendiri, mengandalkan keseriusan diri sendiri dalam mengamalkannya.

 

Praktisi Aliran Sukhavati yang penting adalah menguasai lima mata pelajaran maka sudah boleh, “Tiga Berkah Karma Suci”, “Enam Prinsip Keharmonisan”, “Tiga Pelatihan”, “Enam Paramita”, “Sepuluh Tekad Bodhisattva Samantabhadra”, inilah lima mata pelajaran Aliran Sukhavati, gampang diingat.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Januari 2013

 

Lima Mata Pelajaran Aliran Sukhavati :

http://daunbodhi.blogspot.com/2018/01/lima-mata-pelajaran-aliran-sukhavati.html

 

 

人在這個世間真的是無常,年輕人沒有意識到,中年人就意識到了,老年人就更清楚,為什麼?來日無多。眼看著同輩分的朋友們一個一個都走了,下面輪到我了。人想到死,才知道什麼都是空的。最可貴之處,就是知道是空的,趕緊放下,這才可貴。如果還是患失患得,那就迷到底了,叫至死不悟,這種人很多,這種人的前途不光明,多半是惡道去了。佛菩薩慈悲教導我們,教我們把惡趣的門封閉、堵塞,只留一條往生極樂世界的大道,其他的全堵塞。佛這樣教我們,真正去實行要靠自己,這佛菩薩沒有權,要靠自己覺悟、要靠自己真幹。淨宗學人,只要把我們修行五個綱目抓到就行了,淨業三福、六和、三學、六度、普賢十願,我們就五個科目,很好記。

 

文摘恭錄二零一二淨土大經科註  (第一二0集)  2013/1/12  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0120