Selasa, 07 Juni 2022

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Januari 2013

 

  

Pada satu masa kehidupan ini kita telah bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, juga telah membangkitkan keyakinan, juga telah melafal Amituofo, tetapi begitu kita renungkan, keterampilan melatih diri justru tidak efektif.

 

Bahkan semasa hidupnya Master Tanxu, seorang anggota Sangha senior pada era modern, saat lanjut usia menetap di Hong Kong hingga meninggal dunia.

 

Semasa hidupnya Master Tanxu sering berkata, oleh karena urusannya banyak, selain menjabat sebagai Ketua Vihara, juga mengelola Kampus Buddhis, siswa-nya banyak, umatnya banyak, urusannya bertumpuk.

 

Beliau berkata, dia melafal Amituofo, seuntai tasbih berjumlah 108 butir, saat melafal Amituofo masih ada bentuk-bentuk pikiran, hanya seuntai tasbih pun tidak sanggup dilafalnya.

 

Ini menjelaskan bahwa melafal Amituofo juga bukan hal yang gampang, tetapi jika dibandingkan dengan 84 ribu pintu Dharma lainnya, metode melafal Amituofo adalah yang paling gampang, namun juga tidak se-enteng yang dibayangkan.

 

Di mana letak permasalahannya? Yakni kita tidak melepaskan jodoh duniawi, sehingga di dalam hati masih banyak bentuk pikiran dan khayalan. Setelah menemukan penyebabnya, sekarang harus menghapus penyebabnya tersebut.

 

Andaikata dapat melepaskan jodoh duniawi, memfokuskan pikiran pada Alam Sukhavati, memfokuskan pikiran melafal Amituofo, barulah kita dapat meraih keberhasilan.

 

Lagi pula hal ini tidak boleh ditunda-tunda, jika diulur-ulur waktunya maka sangat sulit berhasil. Hendaknya memanfaatkan waktu sesegera mungkin, sekarang juga.

 

Kapankah kita harus melepaskan kemelekatan? Sekarang juga harus melepaskan kemelekatan, asalkan dapat melepaskan kemelekatan, barulah hati yang suci dapat muncul ke permukaan, menggunakan hati yang tulus dan suci melafal Amituofo, mukjizatnya sungguh tak terbayangkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Januari 2013

 

我們這一生遇到了,也信了,也念佛,可是我們一反省,功夫不得力。連倓虛老法師在世都常講,這是近代一位高僧大德,晚年住在香港,在香港往生的。他老人家常說,因為他事情多,在這邊住持佛法,辦了個佛學院,學生多、信徒多、雜事多。他說他念佛,一串念珠一百零八聲,念的時候還有妄想、還有雜念,一串都念不上來。這也說明念佛不是個容易事情,比起八萬四千法門任何一門它容易,也不是想像那麼容易。問題到底出在哪裡?出在我們對於這個世間的世緣沒放下,所以心裡面還有很多妄想,還有很多雜念,問題在此地。原因找到了,今天最重要的關鍵就是把這個原因消除掉。能不能把這些世緣放下,專想極樂世界,專念阿彌陀佛,我們就能成功。而且這個事情不能等待、不能拖延,等待、拖延,時間是沒完沒了,很難成功。要抓緊時間,時間就是當前、就是現在。什麼時候放下?現在就得放下。只要放下,清淨心就能現前,用真誠清淨心來念這句佛號,感應就不可思議。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0八集)  2013/1/5  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0108

 

 

 

 

Para Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru dari tiga masa, menjelma di dunia yang tak terhingga dan tanpa batas, membimbing para makhluk yang tidak terhitung, mengajarkan pada mereka metode melafal Amituofo.

 

Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini 49 tahun lamanya, adalah demi mengajarkan kita melafal Amituofo, Master Shandao memberitahukan pada kita, “Tathagata bersukacita lahir ke dunia, hanya demi membabarkan lautan tekad Buddha Amitabha”, bukan hanya Buddha Sakyamuni saja, bahkan seluruh Buddha menjelma di seluruh dunia membimbing para makhluk, “Hanya demi membabarkan lautan tekad Buddha Amitabha”.

 

Sutra apa yang hendak dibabarkan Buddha kepada kita semuanya? Yakni “Sutra Usia Tanpa Batas”. Oleh karena Pintu Dharma ini sulit diyakini, anda tidak percaya, makanya menyampaikan padamu Sutra lainnya, apa yang anda sukai maka itulah yang disampaikan padamu.

 

Jika menuruti Buddha, maka Buddha hanya akan membabarkan satu judul Sutra ini saja, hanya satu nama Buddha ini saja. Jika menuruti kehendak para makhluk, maka membabarkan Sutra yang tidak terhingga, pintu Dharma yang tidak terhingga.

 

Ditinjau dari teori, tiap pintu juga dapat mencapainya, ini juga merupakan kenyataan, namun rintangan itu tidak sama, Pintu Dharma Pelafalan Amituofo memperoleh perlindungan dari seluruh Buddha Tathagata, rintangan-nya sedikit.

 

Ini merupakan sebuah jalan yang lurus dan langsung, jalan terdekat, cepat berhasil, dalam satu masa kehidupan ini juga anda dapat meraih keberhasilan. Bahkan bagi yang melatih diri dengan bersungguh-sungguh, yang meraih keberhasilan dalam kurun waktu 3-5  tahun jumlahnya terlampau banyak, baik yang kami lihat maupun kami dengar. Sedangkan pintu Dharma lainnya, mustahil untuk meraih keberhasilan hanya dalam waktu 3-5 tahun, hanya satu-satunya metode ini.

 

Maka itu hendaknya menasehati orang lain supaya ikut melafal Amituofo, boleh juga menaruh rupang Buddha Amitabha di tempat yang mudah terlihat, sehingga siapapun dapat melihatnya, di alayavijnana (gudang kesadaran)-nya telah tertanam benih Amituofo.

 

Ini merupakan jasa kebajikan tidak terhingga, ini adalah menyelamatkan semua makhluk pasti mencapai KeBuddhaan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 5 Januari 2013

 

用這個方法勸別人念阿彌陀佛,這就叫依根本教,但說一字,這一字就是阿彌陀佛,這就是得佛辯才。這是真的,一點都不假。十方三世佛應化在無量無邊的世界,教化無盡無數的眾生,教什麼?就是教他念阿彌陀佛。世尊住世四十九年,就為這一句,善導大師告訴我們的。大師說,「諸佛所以興出世」,不僅是釋迦佛,一切諸佛示現在一切世界教化眾生,「唯說彌陀本願海」。佛要跟大家講經講什麼經?就是這部《無量壽經》。因為這個法門難信,你不相信,給你說別的經,你喜歡什麼就給你說什麼。如果依佛,佛就是這一部經,就是這一句佛號,這是依佛;依眾生,是無量經論、無量法門。從理上講,門門都可以到達,這也是事實,可是障緣不一樣,念佛法門得一切諸佛如來護持,障緣少。這是一條直路,是一條徑路,成就快,你一生就能成就。甚至於真正修行,三年五載成就的人太多太多了,我們看見、聽說的。任何一個法門,三年五載是不可能成就的,唯獨這一門。所以,建立這個法門,勸人家念阿彌陀佛,造一尊阿彌陀佛的像,無論什麼人看一眼,阿賴耶識裡頭阿彌陀佛的種子就種下去了。這就是無礙辯才,這就是無量功德,這就是度一切眾生決定成佛。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第一0八集)  2013/1/5  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0108