Ada praktisi yang sepanjang hayatnya melafal Amituofo, namun pada akhirnya malah tidak berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, apa alasannya? Tidak sanggup melepaskan kemelekatan!
Tidak sanggup melepaskan jalinan kasih sayang dengan keluarganya, tidak sanggup melepaskan kemelekatan pada harta bendanya, ketenaran dan keuntungan, dia masih tidak berniat terlahir ke Alam Sukhavati, dia masih berharap bisa bertumimbal lahir jadi manusia dan menikmati berkah, apa boleh buat, orang tipe begini jumlahnya amat banyak. Lantas mengapa dia melafal Amituofo? Supaya naik pangkat dan kaya raya, bukan demi untuk terlahir ke Alam Sukhavati.
Terlahir ke Alam Sukhavati adalah mencapai kesucian, kebenaran ini mesti dipahami. Dapat bersua dengan Buddha Amitabha, insan zaman dulu berkata “Asalkan dapat bersua dengan Buddha Amitabha, buat apa merisaukan tak tercapainya pencerahan”, anda pasti mencapai pencerahan.
Pencerahan ini adalah penerangan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, yakni mencapai KeBuddhaan. Sesungguhnya, begitu tiba di Alam Sukhavati telah mencapainya, mengapa demikian?
48 tekad memberkatimu, semuanya menjadi Bodhisattva Avaivartika, ini adalah penerangan sempurna. Adalah jasa kebajikan dari tekad agung Buddha Amitabha yang membantumu, menjadikan dirimu berhasil, jadi bukan atas daya upayamu sendiri, hal ini menjelaskan bahwa metode Tanah Suci adalah Pintu Dharma yang istimewa.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012
有人念佛念了一輩子,最後還不能往生,什麼原因?他放不下!親情放不下,財產放不下,名利放不下,他還不想往生,他還想再得人身來享福,那就沒有法子,這種人很多。為什麼念佛?為升官發財,不是為往生極樂世界。所以從根機,圓頓教也變成了漸教。淨土說圓頓,是說它圓滿速疾的利益,你得這個利益非常快。確實世尊四十九年所說的一切經教,哪一個經教能叫你三年證果?有,很少。往生就是證果,這個道理要懂。見到阿彌陀佛,古人說「但得見彌陀,何愁不開悟」,你決定開悟。這個開悟是大徹大悟、明心見性,就是見性成佛。實在講,到極樂世界這就達到了,為什麼?四十八願加持你,皆作阿惟越致菩薩,那就是大徹大悟。是阿彌陀佛本願功德幫助你、成就你,不是你自己修成的,這是說淨土是個特別法門。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十五集) 2012/11/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0035
Melafal Amituofo yang penting tidak boleh terputus, kuncinya terletak di sini. Keterampilan melafal Amituofo tidak efektif, dikarenakan terputus, tanpa disadari terputus, di dalam Buddha Dharma disebut sebagai kehilangan pikiran benar (pikiran benar adalah pikiran yang melafal Amituofo).
Bagi praktisi pemula, kehilangan pikiran benar merupakan hal yang selalu terjadi, hendaknya meningkatkan mawas diri, begitu teringat segera melafalnya kembali, meneruskan lafalan Amituofo.
Setelah melafal satu kurun waktu, kelupaan lagi, pengalaman begini sudah pernah kami alami, jangan takut, saat teringat cepat-cepat melanjutkannya, kesulitan ini harus diatasi.
Ini juga merupakan sebuah hambatan dalam melafal Amituofo, maka itu harus diatasi, setelah ini keterampilan melafal Amituofo akan jadi kebiasaan. Dengan sendirinya jadi kebiasaan, jadi bukan karena saya ingin melafalnya, tetapi telah melekat jadi kebiasaan, sudah terbiasa sehingga jadi begitu alami.
Harus menjadikannya sebuah kebiasaan, praktisi zaman dulu memiliki sebuah pengalaman, yakni dengan cara menghitung. Sehari melafal sepuluh ribu kali, dua puluh ribu kali bahkan seratus ribu kali, dengan sendirinya terpelihara jadi kebiasaan.
Maka itu cara menghitung bagi praktisi pemula, sungguh bermanfaat. Sedangkan praktisi senior sudah terampil, tidak perlu menghitung lagi, setiap saat mampu teringat melafal Amituofo. Menghitung adalah takut kelupaan melafal Amituofo, sama halnya pula menggunakan tasbih.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012
念佛要緊的是不能間斷,祕訣在此地。念佛功夫不得力,沒有別的,就是斷掉,不知不覺的斷掉,這在佛法叫失念,把你的念失掉了。初學,這失念常常有,警覺性要高,一想起來,趕快就提起來,就接著念。念一段時期又忘掉,這種情形我們都經歷過的,不怕,想起來馬上接著,一定要把這個難處要把它克服掉。這也是念佛的一個瓶頸,要把它突破,突破之後,功夫就能成片,自然成片,不是我想念它,它已經念成習慣了,所以習慣成自然。要把它變成習慣,過去人有這麼一個經驗,就是計數。一天念一萬聲、念兩萬聲、念十萬聲,自然就成片。所以計數對初學的人來說,是很有好處的。老修已經純熟,就不需要計數,他時時刻刻佛號提起來。計數是怕佛號忘掉,用念珠也是如此。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十五集) 2012/11/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0035
Master Yin Guang tidak merekomendasikan penggunaan tasbih, beliau mengatakan menggunakan tasbih justru memecah perhatian. Beliau menggunakan cara menghitung, dari angka 1-10.
Cara menghitung ini dapat membantu memfokuskan pikiran, yakni ketika anda melafal Amituofo, bentuk-bentuk pikiran tidak dapat menyusup ke dalam, keterampilannya sangat murni.
Beliau menghitung dari angka 1-10, sampai angka 10, ulang lagi dari angka 1-10, begitulah seterusnya, diri sendiri sangat jelas lafalan Amituofo yang sekarang saya lafal adalah berada di urutan berapa dari sepuluh lafalan.
Beliau menumpukan perhatian di atas hal ini, dengan demikian dapat mengatasi bentuk-bentuk pikiran. Di dalam ““Master Yin Guang Wen Chao” atau “Catatan Master Yin Guang”, diuraikan dengan sangat jelas.
Saya tahu Upasaka Hu Xiao-lin menggunakan cara ini melafal Amituofo, dia memberitahukan padaku, keterampilan ini sungguh efektif, ternyata benar bentuk-bentuk pikiran tidak ada lagi, tempo dulu melafal Amituofo masih timbul khayalan dan bentuk-bentuk pikiran, setelah menggunakan cara ini, khayalan dan bentuk-bentuk pikiran sudah berkurang.
Cara melafal Amituofo itu ada banyak sekali, kesimpulannya, harus sesuai dengan akar kebijaksanaan diri sendiri, diri sendiri melafal dengan nyaman, sangat bersukacita, maka begini sudah boleh. Sebaliknya kalau cara yang digunakan itu membuat diri sendiri tidak gembira, maka cobalah ganti dengan cara yang lain.
Jika telah berhasil menemukan sebuah cara, yang dapat mengatasi kekotoran batin dan tabiat diri sendiri, juga menimbulkan perasaan sukacita waktu melafal, maka teruskan menggunakan cara ini, jangan lagi menggantinya.
Ini dikarenakan kemampuan penerimaan setiap orang itu berbeda-beda.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 26 November 2012
印光大師他不主張用念珠,他說用念珠分心。他用計數法,他的計數法跟別人不一樣,他是從一到十。這個計數,這個計數能攝心,就是你念佛的時候,妄念、雜念進不去,功夫很純。他從一到十,念到十再從一到十,永遠是從一到十,自己清清楚楚我這句阿彌陀佛是這個十句裡頭的第幾聲。他把心用在這上面,這樣就可以對治妄想、對治雜念,讓妄想雜念不干擾你的佛號。《文鈔》裡面說得很詳細。我知道胡小林念佛就用這個方法,他告訴我,功夫很得力,確實妄念沒有了,以前念佛有妄念、有雜念,用這個方法之後,真的雜念、妄念少了。念佛的方法很多很多,總而言之,要與自己的根性相應,自己念起來很舒服、很歡喜那就好。不歡喜了,我再換一種方法試試看。找到一種方法,對自己真能夠對治自己煩惱習氣而又歡喜念的,你就一直念下去,就不要再換。這也是每個人根性不相同。
文摘恭錄 — 二零一二淨土大經科註 (第三十五集) 2012/11/26 香港佛陀教育協會 檔名:02-040-0035