Selasa, 25 Mei 2021

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012 (Bgn 11)

 

  

            Terlahir ke Alam Sukhavati, praktisi zaman dulu berkata “Asalkan dapat bersua dengan Buddha Amitabha, buat apa merisaukan tidak tercapainya pencerahan”, anda bersua dengan Buddha Amitabha pasti mencapai pencerahan!

 

Sekarang kita masih menggunakan hati semu, dengan hati semu melafal Amituofo, Buddha Amitabha adalah nama kebajikan dari hati sejati, Amituofo adalah nama umum dari semua Buddha.

 

Dengan melafal Amituofo, anda bukan saja memperoleh pemberkatan dari Buddha Amitabha, bahkan bersamaan itu pula anda memperoleh pemberkatan dari semua Buddha di sepuluh penjuru.

 

Dengan mengandalkan 48 tekad agung Buddha Amitabha, berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, melenyapkan kekotoran batin, mencapai KeBodhian, dalam satu kehidupan mencapai kesempurnaan, kesempatan ini tidak mudah diperoleh.

 

Dalam satu masa kehidupan ini, kita dapat terlahir sebagai manusia, bersua dengan Buddha Dharma, bertemu dengan Mazhab Mahayana dan Aliran Sukhavati, belajar Sutra Usia Tanpa Batas, sungguh merupakan “Meskipun melewati ratusan, ribuan bahkan puluhan ribu kalpa juga sulit bersua dengannya”, jodoh ini sangat unggul sekali, hendaknya tahu menghargainya.

 

Sikap ini dicerminkan keluar adalah anda benar-benar meyakini-nya, anda benar-benar memahaminya, ini adalah anda benar-benar tercerahkan. Bagaimana bisa tahu anda benar-benar tercerahkan? Memfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan.

 

Guo Lou-jiang benar-benar tercerahkan, sama halnya pula dengan Master Xiuwu dari Harbin, siang malam melafal Amituofo berkesinambungan. Upasaka Huang Nianzu setelah menyelesaikan menulis “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas”, beliau menampilkan peragaan untuk diperlihatkan kepada kita semuanya, melepaskan segala metode dan sutra, memfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, sehari melafal 140 ribu lafalan, beliau mengatakannya langsung kepada diriku.

 

Beliau menghitung jumlah lafalannya sendiri, setengah tahun kemudian terlahir ke Alam Sukhavati, hal ini nyata adanya. Bagaimana pula dengan kami sendiri? Demi menyelamatkan para makhluk, menampilkan teladan seorang praktisi kepada khalayak ramai.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

Gatha Pembukaan Sutra :

http://semerbaksukhavati.blogspot.co.id/2017/08/gatha-pembukaan-sutra.html

 

Kisah Master Xiuwu :

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 September 2010

http://tekadagung2.blogspot.com/2019/06/kutipan-ceramah-master-chin-kung-14.html

 

Cergam kisah Guo Lou-jiang :

https://negeriteratai.blogspot.com/2018/06/22-tukang-tambal-kuali-guo-lou-jiang.html

 

 

  生到西方極樂世界,古人說的「但得見彌陀,何愁不開悟」,你見到阿彌陀佛你決定開悟,這個話說得好!我們現在是妄心,妄心緣阿彌陀佛,阿彌陀佛是真的,阿彌陀佛是真心的德號,阿彌陀佛是諸佛的通號。你看,你緣這個你得到阿彌陀佛加持,同時你得到十方一切諸佛加持。乘阿彌陀佛四十八願往生極樂世界,在極樂世界斷煩惱、證菩提,一生圓滿成就,這個機會不容易得到。我們能一生當中得人身、遇佛法,遇到大乘,遇到淨宗,遇到這一部會集本,真正是「百千萬劫難遭遇」,這個緣太殊勝,要知道珍惜。珍惜具體的表現,就是你真信,你真懂、明白了,這就是你真覺悟。真覺悟是什麼樣子?一心一意專念彌陀。鍋漏匠真覺悟,哈爾濱極樂寺修無師真覺悟,他一天到晚就一句佛號。黃念祖老居士這個經註解註完了,他給我們示現的叫真覺悟,他經也不要了,一天到晚就一句佛號,十四萬聲,這他告訴我的。他計數念佛十四萬聲,念了半年他走了,這就是真的。我們為什麼?是為度眾生,給眾生做個修行好樣子。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019

 

 

 

 

 

“Merenungkan bahwa semua makhluk memiliki benih KeBuddhaan maka itu bertekad memohon penyelamatan, sehingga memasuki Mahaparinirvana”.

 

Ini adalah tujuan kita belajar Ajaran Buddha, untuk apa kita belajar Buddha Dharma? Demi tujuan ini. Yang pasti adalah semua makhluk memiliki jiwa KeBuddhaan, pastinya adalah semua makhluk sesungguhnya adalah Buddha, saya juga adalah Buddha, maka itu saya belajar Buddha Dharma pasti bisa mencapai KeBuddhaan.

 

Mesti belajar secara benar, di dalam Bodhicitta janganlah menambah sesuatu sama sekali, jika anda menambahkan sesuatu, maka tindakan anda sudah keliru, menguranginya juga salah.

 

Apa yang dimaksud dengan Bodhicitta? Jika disimpulkan hingga yang paling sederhana, yakni sepatah Amituofo. Sepatah Amituofo ini merupakan kesimpulan dari “keyakinan, pemahaman, pengamalan, pencapaian”, kesimpulan yang sempurna. Anda boleh mengabaikan segala-galanya, terkecuali sepatah Amituofo.

 

Guo Lou-jiang memperagakan teladan kepada kita, membuktikan hal ini nyata adanya. Sama halnya pula dengan Master Xiuwu memperlihatkan teladan kepada kita semuanya, beliau tidak mengenal aksara, tidak pernah duduk di bangku sekolah, sebelum meninggalkan keduniawian, merupakan seorang tukang batu, setelah menjadi Bhiksu, menjalani pertapaan keras di Vihara, mengerjakan apa yang tidak sudi dikerjakan orang lain, melakukan pekerjaan kasar dan berat.

 

Dia tidak memiliki kemahiran apapun, hanya tahu melafal sepatah Amituofo, benar-benar melafal hingga penuh dengan kebahagiaan Dharma, apa alasannya? Pekerjaan seberat apapun diselesaikannya tanpa merasa sengsara, dia sangat bahagia, memperoleh kebahagiaan Dharma. Ini adalah pelatihan dirinya, dia melatih melepaskan segala kemelekatan, setitik debu batin pun tidak dapat mencemari dirinya.

 

Di dalam Vihara mengerjakan pekerjaan berat, ini adalah menimbun pahala, melakukannya dengan gembira, dengan hati tulus dan suci, maka itu dia menimbun jasa kebajikan yang tak terhingga.

 

Para relawan yang membantu di Vihara janganlah dianggap remeh, Master Xiuwu merupakan relawan di Vihara, sikap bagaimana yang dia gunakan untuk meladeni orang banyak? Yakni dengan hati yag suci, setara dan tercerahkan, penuh kesungguhan hati, penuh tanggung jawab, menyelesaikan tugas dengan beres, sehingga semua orang bersukacita.

 

Setelah melafal sepatah Amituofo sampai meraih keberhasilan, mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati, tanpa menderita penyakit sama sekali.

 

Ini merupakan teladan bagi kita, kami pernah menyaksikan dengan mata kepala sendiri, ada tiga orang umat berkeluarga yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, semuanya mengandalkan sepatah Amituofo, jasa kebajikan dari nama Buddha sungguh tak terbayangkan.

 

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 13 November 2012

 

 

「念一切眾生悉有佛性而願求度之,令入大般涅槃也」。這是我們學佛的目的,我們為什麼學佛?就為這個。肯定一切眾生皆有佛性,肯定一切眾生本來是佛,我也是,所以我學佛能成佛。要真學,不能在菩提心裡頭加一點東西,那就錯了,加一點就錯了,減一點也錯了。菩提心是什麼?歸納到最後最簡單的,就是一句佛號。這一句佛號是信解行證的總結,究竟圓滿的總結,你什麼都可以不要,就這一句佛號。鍋漏匠給我們做出榜樣,證明它是真的,不是假的。修無師也給我們做了榜樣,他不認識字,沒念過書,在家的時候做泥水匠,出家之後在寺院裡面修苦行,別人不願意幹的他全幹,修苦行,所謂做粗重之活。他什麼都不會,就是一句阿彌陀佛,真的念到法喜充滿,為什麼?做任何苦事他沒有感覺到苦,他很快樂。所以是什麼?得法喜。這就是他的修行,他修什麼行?修萬緣放下,一塵不染。在寺院裡頭做苦工,這是修福報,做得快樂,真誠清淨心在做,所以他成就無量功德。道場裡面的義工不能輕視,修無師就是道場的義工,他就用什麼心態來跟大家服務?用清淨平等覺的心態,非常認真、非常負責,工作做好讓大家都歡喜。那一句佛號念成功了,預知時至,沒有病苦。這是我們的榜樣,在家居士這是我們自己親眼看見的三個,統統都是一句佛號,佛號功德不可思議。

 

文摘恭錄 二零一二淨土大經科註  (第十九集)  2012/11/13  香港佛陀教育協會  檔名:02-040-0019